alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a50c0d1854f78c458b456c/hmmmproyek-kereta-cepat-disebut-langgar-dua-undang-undang
Hmmm...Proyek Kereta Cepat Disebut Langgar Dua Undang-undang
Pakar tata kota dari Universitas Trisakti Nirwono Yoga menilai setidaknya ada dua undang-undang yang dilanggar oleh pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di kawasan Kebun Teh Mandalawangi, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, Kamis (21/1).

Pertama menurut Nirwano, proyek tersebut diduga telah melanggar Undang-Undang Nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang. "Jadi dari delapan daerah yang akan dilewati itu baru Kabupaten Kerawang yang sudah mencantuman ada rencana pengembangan kereta cepat. Tujuh kota dan kabupaten lainnya belum mencantumkan rencana kereta cepat ini di dalam Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) masing-masing," kata Nirwono Yoga, kepada wartawan di Jakarta, Kamis (21/1).

Kedua lanjutnya, pembangunan kereta cepat ini juga diduga telah melanggar Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

"Dalam Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 tersebut ditegaskan bahwa sebuah program yang besar termasuk megaproyek ini harus didahului dengan kajian lingkungan hidup strategis suatu kawasan. Setelah itu baru keluar Amdal," ujarnya.

Yang terjadi kata Niwono, hasil analisis dampak lingkungan (Amdal) sudah langsung dikeluarkan dengan cepat sementara kajian Amdal belum dilakukan.

"Ini akan berdampak kepada resiko rencana. Kita tahu kondisi sepanjang rute ini kondisi tanahnya lempung. Di musim hujan akan mengembang dan di musim kemarau keras dan mudah pecah. Belum lagi kalau ada ancaman longsong," pungkasnya.(fas/jpnn)

http://m.jpnn.com/read/2016/01/21/35...Undang-undang-


Indikasi Proyek #KeretaCepat Bermasalah. Makin banyak diungkap...
Sebaiknya KPK dan DPR segera bertindak!

Jokowi harus belajar dari kasus pengadaan bus Trans Jakarta yang juga dibeli dari Cina yang menimbulkan masalah hukum dan juga yang kemudian menimbulkan masalah ketika dirinya masih menjadi gubernur DKI Jakarta. Jangan sampai hal itu diulang lagi dengan kasus kereta cepat
memang harus ada pro dan kontranya emoticon-I Love Indonesia
amdal gagal..
tidak masuk proyek tata ruang..
prof yusril merasakan keanehan..
bang faisal basri geleng2..
om jonan mingkem...

tante nini ngitung duit..
all hapilly ever after...
Analisis amdal juga harus cepat. Mengingat ini kereta cepat.
Nah lho.....nambah lagi dech
Alasan kajian amdal blom pasti,
dari dlu ngpain sih pemdanya?
udh jelas dlu sdh mau dilakukan pengadaan kereta cepat

kalau emng amdal gk cocok hrusnya dr dlu dksh sblm dilakukan pembangunan kereta cepat

Krn gk ad duid msk? emoticon-Cape deeehh
Quote:Original Posted By cold.excalibur
Alasan kajian amdal blom pasti,
dari dlu ngpain sih pemdanya?
udh jelas dlu sdh mau dilakukan pengadaan kereta cepat

Krn gk ad duid msk? emoticon-Cape deeehh



lah koordinasinya gimana ???? jonan aja yg menhub ga ikut2 an krn doi tau nih proyek bermasalah
Bodo Amat lah cus,nyang penting singkangseng,kwonthol aseng!! emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By politicus
lah koordinasinya gimana ???? jonan aja yg menhub ga ikut2 an krn doi tau nih proyek bermasalah



Kalau mslah koordinasi dr menhub menurut gw itu hrusnya sdh dilakukan mengingat membangun kereta cepat hrs diliat amdalnya dr daerah masing2

Apakah pemdanya malas atau gk ad inisiatif utk koordinasi ke menhub? smpe bru skrg komplainnya

Itu aja menurut gw
Quote:Original Posted By cold.excalibur
Kalau mslah koordinasi dr menhub menurut gw itu hrusnya sdh dilakukan mengingat membangun kereta cepat hrs diliat amdalnya dr daerah masing2

Apakah pemdanya malas atau gk ad inisiatif utk koordinasi ke menhub? smpe bru skrg komplainnya

Itu aja menurut gw



harusnya ??? wong faktanya blom ada kok emoticon-Traveller
Itu hanya konklusi dr gw aja gan

Kan sdh tau proyek itu bermasalah, harusnya pemda jg sigap gk pasif doang, kalau dh gni spa lg yg mw disalahin? menhub / pemda /

Jokowi lg? emoticon-Cape deeehh

menuru gw aja gan
Quote:Original Posted By tumovicreborn
Bodo Amat lah cus,nyang penting singkangseng,kwonthol aseng!! emoticon-Traveller



emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut
Om jonan mending mundur aja dr menhub deh
Bahaya ni proyek, tau" d masa depan keseret" ntar om
Mending mundur, jangan ikut"an yg bahaya begini
Quote:Original Posted By brojoijo89
Om jonan mending mundur aja dr menhub deh
Bahaya ni proyek, tau" d masa depan keseret" ntar om
Mending mundur, jangan ikut"an yg bahaya begini



ada benarnya.... jadi ingat udar emoticon-Traveller