alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a4e7bf54c07ad01a8b4568/indonesia-sedang-rawan-dbd-waspadai-juga-virus-zika-yang-hebohkan-brazil
Indonesia Sedang Rawan DBD, Waspadai Juga Virus Zika yang Hebohkan Brazil
Quote:Indonesia Sedang Rawan DBD, Waspadai Juga Virus Zika yang Hebohkan Brazil
Jakarta, Penularan virus dengue cenderung meningkat di awal tahun, saat curah hujan sedang tinggi-tingginya. Peneliti biologi molekuler mengingatkan ancaman virus sejenis yang menghebohkan Brazil, yakni virus Zika.

"Sebenarnya nggak perlu terlalu takut karena sangat mild. Namun dengan adanya berita di Brazil, dunia jadi lebih waspada," kata Drs Tedjo Sasmono, PhD dari lembaga biologi molekuler Eijkman, ditemui di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Selasa (12/1/2015).

Kewaspadaan perlu ditingkatkan karena infeksi virus zika di Brazil dikaitkan dengan mikrosefali, yakni kelainan bawaan pada anak yang membuat lingkar kepala tidak tumbuh secara normal. Indikasi keterkaitan antara keduanya hingga kini masih belum terkonfirmasi 100 persen.

Indonesia termasuk negara yang harus meningkatkan kewaspadaan, terlebih setelah ada kasus pertama yang terkonfirmasi secara molekuler baru-baru ini. Selain kewaspadaan, surveilance juga perlu ditingkatkan untuk mendata jumlah kasus sebenarnya.

"Infeksi zika memang susah ditemui karena sangat mirip dengan dengue," tambah Pudjo.

Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan, dr HM Subuh, MPH menyebut virus zika masih berkerabat dengan virus dengue dan chikungunya dari golongan flavavirus. Virus yang ditularkan melalui nyamuk ini pertama kali diisolasi dari monyet rhesus yang terinfeksi di Hutan Zika, Uganda pada tahun 1947.

http://health.detik.com/read/2016/01...ebohkan-brazil



Quote:
4 Hal Seputar Virus Zika yang Perlu Diketahui
Virus Zika dapat menyebabkan infeksi pada manusia dengan ditularkan melalui nyamuk dari genus Aedes. Simak 4 hal seputar virus Zika yang perlu diketahui.
Indonesia Sedang Rawan DBD, Waspadai Juga Virus Zika yang Hebohkan Brazil
Di Indonesia, Lembaga Eikjman telah melaporkan kehadiran virus zika kepada Kementerian Kesehatan. Peneliti Eikjman Institute menemukan virus tersebut saat terjadi wabah demam dengue di Provinsi Jambi pada periode Desember 2014 sampai April 2015.

Memang, hingga saat ini belum ada pasien yang divonis terinfeksi virus Zika di Indonesia meski virusnya sudah ditemukan. Tapi tak ada salahnya jika kita mengetahui tentang virus satu ini, sebab bagaimana pun, tetap saja semua virus harus diwaspadai. Berikut 4 hal seputar virus Zika yang perlu diketahui.

Apa itu Virus Zika?
Virus Zika adalah anggota dari keluarga Flaviviridae dan ditularkan ke manusia oleh nyamuk. Orang yang terjangkit virus Zika akan merasakan gejala seperti sakit kepala, ruam di wajah, leher, lengan atas, mungkin juga menyebar ke telapak tangan dan kaki, demam dan nyeri punggung.

Dapatkah berakibat fatal?
Virus Zika memang tidak menyebabkan kelainan berat seperti demam berdarah, meski Zika merupakan flavivirus yang berhubungan dengan demam kuning, demam berdarah, West Nile dan virus ensefalitis Jepang.

Akan tetapi, virus ini dapat menimbulkan risiko terhadap janin pada wanita hamil. Virus telah dikaitkan dengan mikrosefali, sebuah kondisi dimana bayi memiliki kepala kecil dan perkembangan otak yang tidak lengkap.

Kelahiran bayi dengan mikrosefali di Brazil mengalami lonjakan tajam pada tahun 2015. Namun, menurut Centers for Disease Control and Pervention (CDC), butuh lebih banyak informasi untuk menyimpulkan keterkaitan itu. “Karena ada banyak penyebab mikrosefali pada bayi, butuh waktu untuk menentukan penyebab kasus ini,” ujar salah satu juru bicara CDC pada Time.

Penyebaran Virus Zika
Virus Zika dianggap sebagai penyakit menular yang muncul dengan potensi untuk menyebar ke daerah-daerah baru di mana ada nyamuk Aedes. Keberadaan virus Zika telah dilaporkan di daerah Afrika, Asia Tenggara, Kepulauan Pasifik dan baru-baru ini di Amerika Latin dan Karibia.

Apakah sudah ada vaksin atau obatnya?
Saat ini belum ada vaksin atau obat untuk mencegah demam Zika. Kita dan terutama ibu hamil dapat melindungi diri dengan mencegah gigitan nyamuk dan menjaga kesehatan tubuh.

http://nationalgeographic.co.id/beri...erlu-diketahui



waspada pada virus zika dan demam berdarah
moga2 gak nyampe ke indo
buat ibu hamil harus ekstra waspada nih.
meski belom ada kasus disini tp baiknya dicegah dr pd tar ada apa2 ma janinnya.
Quote:Original Posted By fachrin.aulia
moga2 gak nyampe ke indo


semoga ga masuk

pencegahan nyamuk harus digalakkan lagi


video iklan 3m mana ya emoticon-Bingung
Zika teringat tentang dikau
Zauh di mata dekat di hati
...
virus panastak yg menular lewat kobokan lebih berbahaya bagi rakyat Indonesia
zikazika di dinding diamdiam merayap, datang seekor nyamuk,
wah kalo udah nyamuk susah deh berantasnya emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By hortikulturabks
wah kalo udah nyamuk susah deh berantasnya emoticon-Matabelo


siap siap obat nyamuk yang banyak
Dunia semakin maju, virus jg ikut berkembang emoticon-Hammer (S)
andaikan pilus tersebut dapat menyebabkan kesuburan pada wanita, dirumah pasti banyak pasukan emoticon-Baby Girl
Quote:Virus Zika dianggap sebagai penyakit menular yang muncul dengan potensi untuk menyebar ke daerah-daerah baru di mana ada nyamuk Aedes. Keberadaan virus Zika telah dilaporkan di daerah Afrika, Asia Tenggara, Kepulauan Pasifik dan baru-baru ini di Amerika Latin dan Karibia.

mulustrasi nyamuk aedes pembawa virus zika yang bening don TS emoticon-Mad

itu nyamuk brazil, nyebarin virus antar benua, pake jurus ape ye bor emoticon-Gila
Quote:Original Posted By tamimy


mulustrasi nyamuk aedes pembawa virus zika yang bening don TS emoticon-Mad

itu nyamuk brazil, nyebarin virus antar benua, pake jurus ape ye bor emoticon-Gila


bisa dari manusianya,

misal ada orang indonesia yang berkunjung ke brazil dan kena virus zika

orang itu pulang ke indonesia tidak tahu kalau sudah bawa virus,

dan di indonesia virus itu bisa tambah nyebar lagi kalau ada nyamuk yang gigit orang itu
abis baca trit ginian jadi ngeri semalem abis di gerogotin nyamuk haha
hiiiii emoticon-Takut
Quote:Original Posted By toruwijaya


bisa dari manusianya,

misal ada orang indonesia yang berkunjung ke brazil dan kena virus zika

orang itu pulang ke indonesia tidak tahu kalau sudah bawa virus,

dan di indonesia virus itu bisa tambah nyebar lagi kalau ada nyamuk yang gigit orang itu


maksudnye mulustrasi itu gambar bor, bukan ngilustrasi teks emoticon-Embarrassment
============================
berarti tindakan preventif penularan virus ini, cek paspor + visa orang nyang pergi ke-brazil dong?
nyamuknye maen bola berarti emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By tamimy


maksudnye mulustrasi itu gambar bor, bukan ngilustrasi teks emoticon-Embarrassment
============================
berarti tindakan preventif penularan virus ini, cek paspor + visa orang nyang pergi ke-brazil dong?
nyamuknye maen bola berarti emoticon-Ngakak (S)



wadoo kirain
mulustrasi dicari2 masih blm muncul emoticon-Hammer2



patut diwaspadai orang yang pulang dari brazil dan tiba2 jago gocek bola
bisa jadi sudah kena virus zika
harus waspada nih emoticon-Takut
Zika David emoticon-Hammer (S)



Indonesia Sedang Rawan DBD, Waspadai Juga Virus Zika yang Hebohkan Brazil
virus zika, virus generasi baru kah ?

bahaya banget kalo nyampe Indonesia emoticon-Malu (S)
×