CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Debate Club /
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a31cc1d89b0916148b4569/clean-anda-bertanya-sufisalik-menjawab---part-1

[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab

Tasawuf

Tasawuf atau Sufisme adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihan akhlaq, membangun dhahir dan batin, untuk memperoleh kebahagian yang abadi.


Sufi

Sufi adalah istilah untuk mereka yang mendalami ilmu tasawwuf. Istilah sufi [orang suci] akhirnya dipakai oleh dunia secara luas, bukan saja untuk tokoh agama dari agama tertentu, tetapi bagi seseorang yang secara spiritual dan rohaniah telah matang dan yang kehidupannya tidak lagi membutuhkan dan melekat kepada dunia dan segala isinya, kecuali untuk kebutuhan dasarnya saja.

Sufi dalam konteks ini diamalkan sebagai cara sejati untuk memurnikan jiwa dan hati, mendekatkan diri kepada Tuhan dan mendekatkan diri kepada SorgaNya [menjauhi dunia]. Di agama Budha, dikenal sebagai tahap arupadatu [berbeda dengan kamadatu/kamasutra], di agama Nasrani dikenal sebagai biarawan/ biarawati sebagai cara menjalani kehendak Tuhan secara full/penuh dan memerdekakan diri dari budak kesenangan dunia dst.

Salik

Seorang salik adalah seseorang yang menjalani disiplin spiritual dalam menempuh jalan sufisme Islam untuk membersihkan dan memurnikan jiwanya, yang disebut juga dengan jalan suluk. Dengan kata lain, seorang salik adalah seorang penempuh jalan suluk. Seorang salik yang mencapai tahapan makrifat disebut sufi.

Mursyid


Mursyid adalah sebutan untuk seorang guru pembimbing dalam dunia thoriqoh/tarekat, yang telah memperoleh izin dan ijazah dari guru mursyid diatasnya yang terus bersambung sampai kepada guru mursyid Shohibuth Thoriqoh yang musalsal dari Rasulullah SAW untuk mentalqin dzikir/ wirid thoriqoh kepada orang-orang yang datang meminta bimbingannya (murid)

Jiwa yang merdeka dari KHM.Luqman Hakim



Rule
1. Mohon santun dalam berdiskusi
2. Untuk pertanyaan mengenai Fiqih dan kesahihan hadist silahkan ke ABMM
3. Untuk pemahaman lebih lanjut mengenai ayat al-Qur'an silahkan ke ABQM
4. Semua kaskuser baik yang Theist maupun Atheist diterima di sini emoticon-Smilie
5. Mohon maaf jika saya maupun sahabat-sahabat salik/sufi lainnya lama dalam merespon dikarenakan kesibukan di RL
profile-picture
profile-picture
profile-picture
monkeydfarly dan 3 lainnya memberi reputasi
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 511

Autolock Thread by Hansip

Alhamdulillah.. saya senang sekali ada thread ini, dari dulu pengen nanya2 tentang sufisme, soalnya belajar dari suatu golongan pemonopoli kebenaran, dikasi tau kalo sufi penyembah kuburan.. makanya mau belajar langsung dr sumbernya

Index

Quote:
Diubah oleh rimung13

Lagu-Lagu Part 1

Laskar cinta - Dewa

Aku mau - Once

Arjuna mencari cinta - dewa

Kesempatan kedua - tangga

Ketika cinta bertasbih - melly feat amee

Bunga-bunga cinta - Dude herlino feat Asmirandah

Karena hati bicara - Oki setiana dewi feat Andy arsyil rahman

Mengemis kasih

Pencari jalanmu - Afgan

Demi masa - Raihan

Ya Nabi Salam - Opick

Maha melihat - Opick feat Amanda

Sebuah pengakuan - Marshanda

Cobalah Mengerti - Peterpan

Pertempuran hati - Netral

Insya Allah - Maher Zain

Jika surga dan neraka tak pernah ada - Chrisye feat Ahmad dani

Jika cinta Allah - Ahmad Dani

Cinta pertama dan terakhir - Sherina

Ada cinta - Smash

Aku cinta Allah - Wali

Man Jadda Wajada - Yovie And Nuno

Tombo ati - Opick

Hilang naluri - Once

Dealova - Once

Symphoni yang indah - Once

Karena ku cinta kau - Once

Pasti untukmu - Once

Gelora asmara - Derby

Bring me to life - Evanessence

Pangeran cinta - Dewa

Demi waktu - Ungu

Hitam - Padi

Cahaya mata - Padi

Teruskanlah - Agnes monica

Takdir - Opick feat Melly

Ayat-ayat cinta - Rossa

Separuh aku - Noah

Para pencariMu - Ungu

Satu - Dewa

Disaat aku mencintaimu - Dadali

Tentang Seseorang - Anda

I want to know what love is - Tina Arena

In love with you - Regina & Jacky chung

Kiss from a rose - Seal

Bunga terakhir - Afgan

Pelan-pelan saja - Kotak

Bunda - Melly

Menunggumu - Chrisye feat Peter pan

Bila waktu telah berakhir - Opick

Cinta yang lain - Chrisye feat Ungu

Plus 44 - Lycanthrope ( cover)

Mistikus cinta - Dewa 19

Patience - Slash&Myless Kennedy

Sang penghibur - Padi

Fix You - Coldplay

Allahi Allah Kiya Karo - Maher Zain feat. Irfan Makki

Tomat ( Tobat Maksiat ) - Wali

Catatanku - Melly feat baim

Demi Cinta - Melly Goeslaw

Menunggu - Ridho Rhoma

Tafakur - Opick

Raga Sindhi Bhairavi - Ravi Shankar And Ustad Ali Akbar Khan

Syair Kehidupan - Melly Goeslaw feat Ahmad Albar

Pandangan Pertama - Chrisye

Tell Me Why - Declan

Saleum (lagu aceh di KCB)

Melly Goeslaw - Haramkah

CABE ( Cari Berkah ) - wali

For The Rest Of My Life - Maher Zain

Sayang lahir batin - Wali

Lagu Cinta - Dewa

Tentang Dia - Melly feat Evan

Doaku Untukmu Sayang - Wali

Aku dan Dirimu - Ari lasso feat Bunga citra lestari

Iman Mutiara - Raihan

Forever young - One direction

Nurani - Netral

Dia Maha Sempurna - Ungu

Wahai Kekasih - Nazrey Johani

Kita Hamba - Raihan

I Don't Wanna Miss a Thing - Aerosmith

Ibu - Iwan fals

Sorry Seems To Be The Hardest Word - Elton john feat Blue

Doa Kalbu - Fika-Mupla

Tiada yang lain - Fenomena

Hidup ini indah - Dewa

Rapuh - Opick

Irhamna - Opick

Peri Cintaku - Marcell

Sandaran Hati - Letto

Hidayah - Desy Ratnasari

Arti Kehidupan - Doel Sumbang
nanya dong..

ibu saya seorang penggelut sufisme dari dulu, dia suka ngasih tau ke saya tentang "buka mata batin" atau semacam sixsense, apakah dalam sufisme itu dibenarkan?

saya melihat sekilas sufi ini aliran kebathinan, yang lebih menekankan aspek spiritual yang luar biasa, namun pada kenyataannya, seringkali penggelut jalan sufi lebih menampilkan image yang terkesan klenik, bahkan pengagungan terhadap satu sosok yang dikenal dengan sebutan Mursyid.

sang mursyid ini di presentasikan oleh pengikutnya (demikian dalam kehidupan saya) sebagai sosok wali Allah yang memiliki berbagai kemampuan hebat seperti bisa melihat kuburan orang meninggal, berbicara dengan orang meninggal, meramal masa depan, bahkan salah seorang kawan pernah mewanti-wanti saya akhir 2009 lalu agar tidak dirumah, karena akan terjadi gempa besar yang membelah pulau jawa dan akan tercipta penyakit baru yang hanya bisa disembuhkan oleh mursyidnya...

nah, apakah ini semacam pembodohan oleh so called pengikut sufi, atau memang dikenal di ajaran sufi itu sendiri?

makasi ya gan emoticon-Smilie

Renungan

Quote:
Diubah oleh rimung13
wahhhhh, thread menjawab lagi emoticon-Big Grin

ajaran itu keuntungan secara spiritual, pengetahuan dan sosial nya apa ???emoticon-Smilie
profile-picture
indepediente memberi reputasi
-1

Lagu-Lagu rohani umat Kristen

Quote:


ajib dah manusia sunblock yang satu ini ..

thread masi seumur jagung (masi pejwan) uda di tuduh2
Quote:


hoo gitu, saya ga tau ibu saya masuk tarekat mana, kayanya sih beliau jarang ya ikut perkumpulan tarekat, paling pengajian2 rutin dan biasanya sih cuma buat dagang emoticon-Ngakak (S)

ibu saya ini mengklaim lagi dibuka mata batinnya sehingga bisa melihat yang aneh2, sebut saja tiba2 ibu saya menelpon saya dengan khawatirnya karena bermimpi saya mengalami apalah itu saya lupa, ibu saya menyimpulkan saya mau dibunuh orang emoticon-Hammer

mungkin agan beberes thread dulu aja, posting bahan2 pejwan sehingga nanti bisa saya baca2, jadi agan gak cape juga, oke gan? makasi ya emoticon-I Love Indonesia (S)
Ciri2 orang sufi apa saja gan? emoticon-Blue Guy Peace
Reserved for later
Diubah oleh rimung13
Diubah oleh rimung13
Quote:


masa sih gan kalo sufi lebih ke Hindu?

Lagu-Lagu Part 2

Diubah oleh rimung13
Quote:

wuihhhh,, keren jg nih

apakah ada sebutan kafir/sesat/belum selamat ext. yg bukan bagian dr ajaran tsb ???
Reserved for later
Diubah oleh rimung13

Tokoh

Diubah oleh rimung13
Reserved for Later
Diubah oleh rimung13
Quote:


Tidak ada mas, kami menganggap itu sebagai proses pencarian dari orang tersebut, karena hanya Allah yang berhak menentukan siapa yang kebali padaNya dan siapa yang tidak.

Mengenai ayat Al-Qur'annya silahkan bertanya ke ABQM
Halaman 1 dari 511
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di