alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a1e32256e6afe9548b456c/exoskeleton-teknologi-yang-paling-mendekati-untuk-quottangan-robotquot-pak-tawan
Exoskeleton, teknologi yang paling mendekati untuk "tangan robot" pak Tawan
Exoskeleton, teknologi yang paling mendekati untuk "tangan robot" pak Tawan

Biar gak jadi bully yang berkepanjangan ke yang bersangkutan, yang ane takutkan adalah matinya kreativitas seseorang dan yang bully cuma nyaring aja gak berguna atau disaat orang lain sibuk memuji dan berharap dikembangkan, ane ingin berkomentar sedikit. Karena naiknya berita ini di media jadi semacam viral, akhirnya jadi bully masal bagi yang tidak suka dan menjadi pedoman kebanggan bagi yang tidak mengerti. Disisi lain ane sepakat, ane mengapresiasi kreatifitasnya pak Tawan. Jadi sebenernya media yang harus mulai meluruskan, kasian pak Tawan yang sudah terlanjur besar hati (takutnya nanti besar kepala) karena karyanya. Yang jelas dia kreatif, cuma mungkin pengistilahan teknologi buatan tangannya ini yang kurang pas. Yuk, mari luruskan karena kreativitasnya gak HOAX-HOAX amat.....

Pengembangan teknologi Neuroscience untuk menggerakan tangan mekanis sampai pada tahap implementasi masih sangat terlalu dini. Pada kasus pak Tawan ini masih jauh sekali, bahkan hampir tidak. Di negara-negara maju yang sudah jauh meneliti ini pun masih belum mencapai ekspektasi.

Bukan mendeskriditkan, tetapi ane lebih suka menyebut "tangan robot" pak Tawan adalah projek transformasi exoskeleton, artinya kelumpuhan ditangannya tidak 100%, sehingga dia dapat memanipulasi kerja otot yang masih bekerja dengan tangan rangkai baja yang di desain sesuai keperluannya bergerak untuk menstimulan kinerja otot tangan yg lumpuh.

Spoiler for Cekidot implementasi teknologi exoskeleton:

Exoskeleton adalah hal yang paling masuk akal untuk hal ini, jadi sangat mustahil jika dikatakan ini digerakan melalui kendali pikiran dalam tanda kutip "Neurotransmitter" tersambung langsung ke alat, terlebih hal tersebut harus terpenuhi dari segi alat yang dilengkapi dengan kemampuan AI yang tinggi, jadi sudah jelas nantinya bahasa pemrograman yang akan menerjemahkan komunikasi Neurotransmitter dengan mekanis alat. Bahkan dalam kondisi tertentu, Neurotransmitter harus dipasang di otak. Bukan lagi di kepala, tapi ditanam di otak untuk menerima sinyal listrik, bahkan implementasinya sampai pada susunan tulang belakang jika diperlukan. Belum lagi mekanis tangan harus tersambung dengan listrik atau batere yang kekuatannya cukup memadai untuk menggerakan mekanis tangan robotnya.

Spoiler for Cekidot apa itu EEG:


Jika ini dikatakan model pengendalian EEG, ane rasa juga tidak, sangat jauh untuk menstandarkan ciptaannya dengan teknologi Neurosciene, bahkan EEG saja sampai saat ini masih belum mencapai hasil yang sesuai berdasarkan ekspektasi untuk diterapkan pada orang-orang dengan kebutuhan khusus karena syarat akan dana dan teknologi yang sangat tinggi.

Ane pribadi sangat terganggu dengan pengistilahan "Dengan kendali pikiran". Jika tanpa tanda kutip, ane maklum karena bisa dibenarkan sebagai pengistilahan saja, karena mulai dari apapun gerakan yang kita lakukan adalah atas kendali pikiran. Anda bisa berjalan, atas perintah dari otak yang mengirimkan sinyal ke otot-otot kaki untuk bergerak. Tapi untuk menghubungkannya langsung dengan mekanis tangan robot, deskripsinya sangat menyesatkan dalam kasus ini.


Sampai ane malu sendiri sebagai orang Indonesia ada yang upload di 9gag.com tentang hal ini, bukan atas kreativitas pak Tawan, tapi informasi si peng-upload yang disampaikannya tertulis "brain-controlled-robotic-arm" tadinya pengen bangga, tapi malah kena komen negatif, coba kalo ditulis "Exoskeleton-arm" pasti di apresiasi. Orang diluar sana banyak yang lebih pintar.... Jadi ya cukup WTF juga sih emoticon-Hammer (S)

Spoiler for Pak Tawan di 9GAG:


CEK DISINI kalo pengen liat komen orang di 9gag.com
lonje tinggal satu belokan

jadi kaya di advanced warfare kalo pake exo-skeleton emoticon-army:
jd setengah hoax?
bener kaga sih ini?
Walah udah masuk 9gag
kalo eksoskeleton gak ada hubungan ama otak gitu?

jd yg hoax cuma saluran yg hubungin ke otak, sisanya nggak?
mending nunggu komentar dari menristek dikti, beliau kan mau uji coba.emoticon-I Love Indonesia (S)
sebelum heboh di media pak tawan ini dah berapa lama sih pake tu tangan buatannya? Mungkin beliau awalnya hanya ingin pekerjaannya sebagai tukang las tidak terbengkalai dan bisa terus menafkahi keluarganya, ane yakin pak tawan ini buat tu tangan palsu bukan untuk gagayaan cem anak alay di foto trus di aplot ke pesbuk, kalo ngga salah beliau juga dah 4 kali bikin tangan palsu tapi ngga berhasil dan ini percobaan beliau yang ke 5

Coba perhatiin deh tangan beliau yang katanya lumpuh itu, beda ama tangan kanannya yang masih normal, yang lumpuh terlihar agak pucat
Quote:Original Posted By Klonengannya
kalo eksoskeleton gak ada hubungan ama otak gitu?

jd yg hoax cuma saluran yg hubungin ke otak, sisanya nggak?


Teknologi exoskeleton itu kayak alat mekanis bantu gan, digerakan tanpa atau dengan catu daya. Kayak baju besi istilahnya dan digerakan dengan kekuatan tangan atau otot yang lainnya sesuai manipulasi kesesuaian. Ya pasti ada hubungannya sama otak, wong otak yang gerakin tangan dan otot2 kita, jelas nanti kinerjanya linear. Nahkan bisa jadi penggunaanya pake Neurotransmitter juga karena teknologi ini masih sangat berkembang.

Dalam kasus ini bisa jadi otot tangan pak Tawan itu gak 100% lumpuh, jadi dia memanipulasi kerja otot yang masih bekerja untuk menstimulan otot yang lumpuh untuk digunakan walau gak optimal banget yang penting dia masih bisa gunain tangannya. Saluran yang konon menggerakan alat dari kepalanya itulah yang salah persepsi dari dia dan mustahil berfungsi, karena bikin Neurotransmitter itu rumit dan perlu AI spesifikasi tinggi untuk menjembatani fungsi otak dan mekanis tangan robotnya. AI itu simultan, antara koding dan teknologi embed-nya. Kalo pak Tawan sekelas professor MIT sih ane gak ragu...

Jadi kayaknya yang ngelingker di kepalanya itu cuma tempelan aja (mungkin biar keren). Salahnya media, di catut dan di iya-in aja kalo bisa digerakin pake pikiran, hadeuh....

Secara istilah awam betul, kita aja bergerak pake pikiran. Cuma kalo deskripsinya alatnya yang digerakin pikiran, itu yang salah. Jadi ambigu, lebih baik dilurusin istilah teknologinya

Quote:Original Posted By zakehermit


Teknologi exoskeleton itu kayak alat mekanis bantu gan, digerakan tanpa atau dengan catu daya. Kayak baju besi istilahnya dan digerakan dengan kekuatan tangan atau otot yang lainnya sesuai manipulasi kesesuaian. Ya pasti ada hubungannya sama otak, wong otak yang gerakin tangan dan otot2 kita, jelas nanti kinerjanya linear. Nahkan bisa jadi penggunaanya pake Neurotransmitter juga karena teknologi ini masih sangat berkembang.

Dalam kasus ini bisa jadi otot tangan pak Tawan itu gak 100% lumpuh, jadi dia memanipulasi kerja otot yang masih bekerja untuk menstimulan otot yang lumpuh untuk digunakan walau gak optimal banget yang penting dia masih bisa gunain tangannya. Saluran yang konon menggerakan alat dari kepalanya itulah yang salah persepsi dari dia dan mustahil berfungsi, karena bikin Neurotransmitter itu rumit dan perlu AI spesifikasi tinggi untuk menjembatani fungsi otak dan mekanis tangan robotnya. AI itu simultan, antara koding dan teknologi embed-nya. Kalo pak Tawan sekelas professor MIT sih ane gak ragu...

Jadi kayaknya yang ngelingker di kepalanya itu cuma tempelan aja (mungkin biar keren). Salahnya media, di catut dan di iya-in aja kalo bisa digerakin pake pikiran, hadeuh....

Secara istilah awam betul, kita aja bergerak pake pikiran. Cuma kalo deskripsinya alatnya yang digerakin pikiran, itu yang salah. Jadi ambigu, lebih baik dilurusin istilah teknologinya


keknya emang gak 100% lumpuh, termasuk hebat dong kalo lulusan SMK bisa bikin eksoskeleton dari bahan2 seadanya. Tapi apa lengan pak Tawan itu boleh disebut eksoskeleton?

emang sejauh mana teknologi neurotransmitter? udah ada produk betanya kah? atau sampe saat ini cuma teori aja?

ya walaupun dikit hoax, penemuannya gak ngerugiin orang juga
kemenristek dan dikti mana nih??
ditungguin malah gag jadi2 nyamperinnya
Nyimak aja ane
Penyakit orang indonesia : gumunan
Quote:Original Posted By Klonengannya
keknya emang gak 100% lumpuh, termasuk hebat dong kalo lulusan SMK bisa bikin eksoskeleton dari bahan2 seadanya. Tapi apa lengan pak Tawan itu boleh disebut eksoskeleton?

emang sejauh mana teknologi neurotransmitter? udah ada produk betanya kah? atau sampe saat ini cuma teori aja?

ya walaupun dikit hoax, penemuannya gak ngerugiin orang juga


Pertanyaanya : pak tawang udah nemuin apa gan?
Apa kah itu tangan buatan berfungsi??
Atau sekedar cosplay?
Masih kalah sama Penemuan Bpk Tony Blank saparatos emoticon-Recommended Seller:

Senapan Laser teknologi Starwars ,blue printnya dari senjata Stormtroppers Laser Gun RZX2016
Exoskeleton, teknologi yang paling mendekati untuk "tangan robot" pak Tawan
ponari
kakek telur
airmata berlian
uztad guntur bumi
.........
.........

jangan ada lagi yang mau jadi korban media
TS nya mental inlander banget. giliran banyak komen negatif dari orang luar, "orang sana banyak yg lrbih pintar". dulu awal2 keluar tmn2 anak enginering pada skeptis sama penemuan ini dibilabg sakit hati emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By virgoboyz96
ponari
kakek telur
airmata berlian
uztad guntur bumi
.........
.........

jangan ada lagi yang mau jadi korban media



tambahan 1 untuk di bidang teknologi yang bahkan saking hebohnya dulu bisa sampai nipu presiden sby

Blue energy

hari gini masih percaya berita gituan emoticon-Ngakak
Udahlah gan.
Gak usah cari pembenaran buat sesuatu yang HOAX.

Semua yang ente jabarin diatas itu pastinya butuh alat2 yang mumpuni, bukan sekedar perangkat hardware cpu dan segala yang berbau bekas dan gak bisa dicerna akal.

Dimana chip microprosesornya tertanam?

Hidrolik itu butuh tenaga. Masuk akalkah kalau disupport hanya dengan sebuah batere kering dan batere hp?
Harddisk itu butuh catu daya. Masuk akalkah sebuah Harddisk bisa berfungsi tanpa catu daya? Lalu kemana arah alur datanya didalam harddisk itu diterjemahkan? Dengan bahasa apa? Dengan OS apa?
Board mouse itu butuh catu daya. Apa fungsinya disana? Andaipun ada catu daya yang masuk, maka itu hanya akan menyalakan lednya, tapi fungsinya sebagai penggerak cursor dipertanyakan disana.
Apa fungsi audio card?
Dan kabel2 itu yang mirip dengan kabel harddisk IDE atau kabel floppy drive, itu bukan kabel didalam cpu, tapi lebih kepada kabel didalam perangkat komunikasi.

Terakhir, darimana support catudaya buat kedua batere tersebut?
Yah, malah dibelain, malu2in aja ini mah.
Kebayang tu barang pake barang2 loakan, kalau bikin skematisnya, skematis loakan aja disatu2in wkwkwk ga usah pake itungan, terlalu mainstream skematik pake itungan mah wkwkwk.