CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Entrepreneur Corner /
Solusi Belajar Ekspor - Impor
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/569705e39252339a608b456b/solusi-belajar-ekspor---impor

Solusi Belajar Ekspor - Impor

Quote:

Quote:

Quote:

All About Export-Import [Bersama Tingkatkan Devisa Indonesia]

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:


Quote:
profile-picture
ndimoon memberi reputasi
Diubah oleh intansegara
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 6
Quote:
Diubah oleh intansegara

Tentang Bea Masuk & Pajak Impor

Perlu Anda ketahui, bahwa pengenaan Bea Masuk dan Pajak Impor berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 160/PMK.04/2010 Tentang Nilai Pabean Untuk Perhitungan Bea Masuk didasarkan atas nilai pabean Cost, Insurance and Freight. Semakin tinggi harga barang (Cost), asuransi (Insurance) dan ongkos kirim (Freigth) dapat berakibat pada besarnya pungutan Bea Masuk dan Pajak Impor.

Untuk barang bawaan penumpang dari luar negeri sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 188/PMK.04/2010 diberikan pembebasan bea masuk sebesar nilai pabean Free on Board (FOB) $250 per penumpang atau $1000 per keluarga, selebihnya akan dikenakan bea masuk dan pajak impor sesuai dengan tarif bea masuk dan pajak impor yang berlaku.
Perlu Anda ketahui, bahwa pengenaan Bea Masuk dan Pajak Impor berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 160/PMK.04/2010 Tentang Nilai Pabean Untuk Perhitungan Bea Masuk didasarkan atas nilai pabean Cost, Insurance and Freight. Semakin tinggi harga barang (Cost), asuransi (Insurance) dan ongkos kirim (Freigth) dapat berakibat pada besarnya pungutan Bea Masuk dan Pajak Impor.

Untuk barang bawaan penumpang dari luar negeri sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 188/PMK.04/2010 diberikan pembebasan bea masuk sebesar nilai pabean Free on Board (FOB) $250 per penumpang atau $1000 per keluarga, selebihnya akan dikenakan bea masuk dan pajak impor sesuai dengan tarif bea masuk dan pajak impor yang berlaku. Untuk ilustrasi videonya bisa dilihat disini

Quote:
Diubah oleh intansegara
Mantab gan, lanjutkann.
Pengen belajar ekspor-impor nih.
Misal kalo jual lewat ebay/amazon, dan barangnya msh dlm jumlah kecil,
Masih bisa pakai dhl/fedex gitu kah?
Trus dokumen yg diperlukan apa saja ya?
Mohon pencerahannya. Thx
Threadnya bagus kak, semoga tetap aktif.

Kak bisa tolong jelaskan pengaruh MEA terhadap ekspor-impor?
Saya pernah dengar bahwa MEA itu memberi kelonggaran terhadap masuknya barang dan jasa dari negara lain, tetapi pada proses dan hukumnya saya kurang mengerti.
Diubah oleh tatapan.kukang
Quote:


Penggunan jasa courier ( DH* / F*D*X) adalah pilihan yang sangat ekonomis & efisien untuk pengiriman dalam jumlah skala kecil. Dan untuk pengurusan dokumen pabean & ekspor biasanya jasa courier akan melengkapi persyaratan itu. Jadi agan tidak perlu pusing memikirkan dokumen, bea / pajak, dan urusan customnya.

Quote:
Quote:


Dari segi pengaruh ekspor - impornya, mungkin yang ane lihat tidak akan terlalu banyak perubahan berarti sampai detik ini. Malah bisa jadi kedepannya kebijakan import dari kita sendiri bakalan diperketat guna memompa peningkatan devisa negara dari segi ekspor. Memang bakal terjadi kelonggaran terhadap masuknya barang, tapi Indonesia sendiri sudah memberi batasan terhadap beberapa komoditi yang diperbolehkan / dilarang masuk di negara kita. Semoga membantu menjawab pertanyaan agan diatas

Quote:
Diubah oleh intansegara
Thread yang menarik...Ijin menyimak sambil nambah ilmu gan..

Tips Mencari Potential Buyer Di LN

Solusi Belajar Ekspor - Impor

Quote:


Diubah oleh intansegara
Gan, klo baru sekali export trus nemu buyer maksa mnta term payment 100% L/C gmna sdangkan kita msh skala mikro. Ada advice klo nemu buyer gtu?
Ninggalin jejak gan. Numpang baca. emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Solusi Belajar Ekspor - Impor
ninggalin jejak dan nyimak dulu ya gan
ane pengen belajar nih yg beginian
Quote:


Untuk transaksi dengan skala internasional seperti ini memang penggunaan L/C sangat dianjurkan. Karena bank yang ditunjuk nantinya akan berperan sebagai perantara / penjamin transaksi ini. Jadi jangan heran gan, kalo ini adalah transaksi pertama ente dengan buyer pastinya masalah kepercayaan adalah nomer 1.
Tentang bagaimana nanti untuk pengurusan L/C dll nya, ane rasa kebanyakan bank besar di Indonesia sudah memfasilitasi nasabah untuk kepentingan ini. Jadi jangan malu-malu gan buat main ke bank, sekedar tanya-tanya dulu sekalian nambah ilmu hehe emoticon-Malu (S)

Sedikit Catatan Buat Yang Serius Ekspor

Quote:

Diubah oleh intansegara
heheh makasih sis sarannya, bukan ga percaya sama buyer sis. tapi di sini ane modalnya pas-pasan bisa dibilang gitu.
100% L/C sight ga masalah, klo dia bukanya bukan sight kan repot kita yang minim modal.
Ane juga mau cari trading company yang mau join, ane mau numpang nama PT/CV nya nanti hitungannya bisa dibicarakan gitu sis emoticon-Malu (S)



Quote:


Quote:


Rugi sis kalo pakai jasa trading company, yang ada profit mereka lebih gede daripada profit ente sis. Tetep usaha dulu lah buka market sendiri, dunia luas permintaan banyak. Ntar kalo cuma mau pinjem nama perusahaan untuk perizinan kirim barang masih bisa dicover pakai jasa undername emoticon-Blue Guy Peace
sis, klo pake jasa undername gitu kira - kira gimana kita kasih company profile ke buyer. Ada advice ?


Quote:


Quote:


Untuk pengajuan company profile tetep aja pakai yang asli sis, hanya saja nanti diberi penjelasan ke buyer bahwa perusahaan sista masih dalam tahap pengurusan ijin, dokumen, dll nya sehingga akan pinjam nama perusahaan lain sementara demi kelengkapan syarat-syarat tadi. Hehehe, semangat sis pasti bisa emoticon-Blue Guy Peace
Mohon pencerahannya nih.agak banyak soalnya.
Saya mau ekspor kelapa jambul or bulat dari indragiri hilir ke malaysia dan buyer minta mode CFR.masalah yg sy bth advise adalah
1.dibagian cost freight.biaya apa yg mesti sy perhitungkan biar gak salah.ex.biaya kapal,loading, dan bagaimana biaya documentnya?
2.apakah ada.pajak ekspor kelapa?
3.apakah ts bisa bantu jd forwarder sy biar?sy gak ribet and bingung soal pengiriman.maklum msh baru.
4.pembayaran pakai lc brapa lama uang bs cair.setelah pengiriman?
No sy 081266350183
Misi gan,

Mau nanya. Ane mau import Locker plastik. Beli nya dari perusahaan Singapur "Locker & Lock Pte Ltd.", tapi manufakturnya di China. Kalo B/L nya pake nama "Top Lockers Co., Ltd", sedangkan invoice nya dari "Locker & Lock Pte Ltd.", bisa nggak ya?

Mohon pencerahan.

Thanks
Quote:


Dear agan indra,
1. untuk CNF = Cost and Freight biasa disebut juga CFR, artinya pihak eksportir bertanggung jawab juga terhadap biaya pengiriman sampai pelabuhan negara tujuan. Biaya yang harus agan perhitungkan adalah nilai dari produk agan sendiri + trucking ke pelabuhan muat + biaya dokument + biaya shipping.
2. untuk setiap ekspor / impor apapun jenisnya pasti akan terkena pajak. Hanya saja untuk ekspor pajak nanti dibayarkan di pelabuhan bongkar & menjadi tanggung jawab importir (begitu juga sebaliknya). Untuk nilai pajak sendiri biasanya per negara sendiri punya kebijakan masing-masing tentang nominal pajaknya.
3. sekilas sudah ane jelaskan tentang gambaran kasar skema yang bakal terjadi jika agan sudah siap untuk ekspor nanti. Untuk lebih detail tentang berapa biaya-biaya pada poin yang muncul di poin tsb ente bisa PM ane / whatsapp ane di 081391790308. TS bisa bantu karena kebetulan TS sendiri kerja di perusahaan forwarding dengan pelabuhan muat di Medan, Jakarta, Semarang, Surabaya.
4. untuk L/C sendiri tetap tergantung kepada perjanjian dengan Bank Eksportir yang bersangkutan.

Semoga jawaban ane membantu menjawab pertanyaan agan diatas

Halaman 1 dari 6
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di