- Beranda
- Komunitas
- News
- Berita dan Politik
Sempat Bocor, Nadiem Klaim Sistem Kredit Gojek Sudah Aman


TS
sukmaah
Sempat Bocor, Nadiem Klaim Sistem Kredit Gojek Sudah Aman
Quote:
Jakarta, CNN Indonesia -- Belakangan diketahui bahwa jumlah kredit di akun Gojek bisa dimanipulasi dengan mudah, tapi Gojek mengklaim itu sudah tidak bisa lagi dilakukan.
Yohanes Nugroho, pria yang terbiasa mengutak-atik sistem keamanan aplikasi, menemukan cela pada aplikasi Gojek di Android yang memungkinkan seseorang menambah atau mengurangi kredit akun Gojek.
Bahkan karena cela ini dibiarkan terbuka selama beberapa bulan, memicu maraknya penjualan kredit Gojek dengan harga rendah.
"Sekitar sebulan atau dua bulan setelah saya laporkan ini, mulai ada orang yang memanfaatkan bug ini. Mereka menawarkan isi pulsa Gojek dengan harga miring. Setelah kejadian ini, Gojek men-disable akun yang nilai pulsanya di atas sejuta," tulis Yohanes.
Lihat juga:
Programmer Indonesia Bongkar 'Borok' Aplikasi Gojek

Namun kepada CNN Indonesia, CEO Gojek Nadiem Makarim mengklaim bahwa cela itu sudah tidak ada lagi. Tim Gojek dengan sigap langsung memperbaikinya sesaat setelah mendapat laporan tersebut.
"Dapat kami tegaskan bahwa saat ini kredit milik pelanggan dan mitra pengendara 100 persen aman, Minggu (10/1).
Bug yang memungkinkan pengguna memanipulasi jumlah kredit Gojek memang sudah ditutup. Namun bukan berarti aplikasi Gojek sudah bebas dari cela yang berpotensi merugikan konsumen. Menurut Yohanes, sistem kredit hanya satu dari enam cela berbahaya yang ia temukan, tulisan lengkapnya bisa dilihat pada tautan berikut: 6 Cela Berbahaya di Aplikasi Gojek
"Kami memiliki tim khusus yang bekerja untuk menyelesaikan hal ini dan akan menuntaskan seluruhnya dalam beberapa hari ke depan," kata Nadiem
Nadiem pun mengucapkan terima kasih atas masukan yang dilakukan oleh Yohanes dan berbagai pihak lainnya untuk peningkatan dan penguatan sistem Gojek. Ia mengatakan akan selalu terbuka dan menghargai segala masukan konstruktif untuk perbaikan teknologi Gojek.
"Satu hal yang pasti, keamanan data selalu menjadi salah satu prioritas utama kami. Kami telah memahami adanya permasalahan ini dan telah melakukan perbaikan di hampir seluruh aspek yang disebutkan," ujarnya.
Seperti diberitakan sebelumnya, Yohanes menyatakan bahwa cela-cela vital yang ia temukan telah diinformasikan kepada pihak Gojek. Ia pun mengatakan pihak Gojek telah menyatakan akan memperbaiki sejumlah kekurangan aplikasi tersebut. Kendati demikian, Yohanes menilai Gojek masih lambat dalam melakukan perbaikan.
"Bug-bug ini sudah diketahui luas, kemungkinan besar jika Anda memakai Gojek (atau sebagai sopir Gojek), informasi Anda sudah disalin orang lain. Semoga artikel ini mendorong pihak Gojek untuk segera memperbaiki layanannya, karena sepertinya jika tidak dipublikasikan, perbaikan akan lambat dilakukan, dan fitur baru lebih diutamakan," katanya.
Ngeri juga klo sampe 'Bocor Bocor' seperti ini


Link berita
Diubah oleh sukmaah 12-01-2016 14:18
0
1.4K
Kutip
0
Balasan


Komentar yang asik ya


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan