CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
Kecewa pemesanan hotel via Traveloka II WARNING!!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/568862cf642eb635078b4567/kecewa-pemesanan-hotel-via-traveloka-ii-warning

closed

case closed.
saya dan traveloka sudah mencapai kesepakatan.

dan pihak traveloka mminta utk menutup trit ini.
mka dengan ini saya menutup trit ini
thx semua
Diubah oleh enchant3r
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 2
Wah kasian banget agan TS. Maunya liburan seneng malah kena masalah.

Ternyata traveloka tuh kayak calo juga yah, untung ane ngga pernah make emoticon-Takut (S)

Kalau hotel mending sih booking.com atau agoda aja gan. Kalo booking.com enaknya bisa bayar belakangan. Sebelum berangkat sebaiknya konfirmasi lagi ke pihak hotel, buat menghindari hal2x kayak gini.

Moga urusan refundnya cepat kelar gan.

ga pernah pake traveloka.
mending booking.com
udah jelas kok.
bayar belakangan lg kmrn ke bali pun pake booking.com ga pernah ada masalah..
Ikuti rule SP gan, bukti2 dilampirin dimari ga perlu PM2 segala.

Makasih juga utk sharingnya, selama ini pake traveloka cuma utk booking pesawat sama hotel domestik, jadi mikir2 klo pesen hotel luar.

Btw pengalaman ane sih klo pesen hotel lewat website beginian pasti langsung minta confirm ke hotelnya, bookingan dah masuk apa belum. Biar order dari booking.com ato agoda pun belum membuat ane yakin selama belum ada confirm masuk dari hotelnya, entah itu kelas backpacker ato berbintang sekalipun.
Quote:



iyaa gan harusnya gitu..
kmrn ane yakin aja. soalnya hampir tiap minggu ane pesen dr traveloka baik pesawat atau hotel buat tamu dr kantor ane..
parah traveloka, banyak kasus... Paling aman pake agoda atau booking.com aja... Yang lain situs lokal jangan dipercaya dah! Apalagi untuk pemesanan hotel2 di luar indo.
wah parah ni...
mudah2an bisa jadi pelajaran buat kita semua...
cari yg recomended aja deh
So far pk agoda lancar meski lbh mahal terkadang.. pk booking plng mantap proses nya..
Wah traveloka lagi. Memang payah ini sistemnya buat yg hotel. Kalo ane sih pernah pake agoda dan pegipegi lancar. Mending yg pasti pasti aja gan, toh harga hotel di traveloka ndak lebih murah kok dibanding agoda, apalagi pegipegi.
Ane selama ini pake agoda ato booking ngak pernah ngecewain...

Kalo traveloka emang banyak kasusnya gan...
expedia ini apa sih? ko bisa direct kesana?
Quote:


expedia tuh sama gan ky traveloka, agoda dll, rekanan airasia juga

https://www.expedia.com
Quote:



ko bsa2nya traveloka ga ngecek secara berlaka ya tentang rekanannya, palingan minimal sebulan sekali lah dijalin komunikasi ttg kerjasamanya
Quote:



gak tau gan salahnya dimana. menurut pihak hotel mereka sudah lama tidak bekerja sama dengan expedia.
knp juga traveloka msh menjual voucher yg direct melalui expedia. ane gak paham. nnya ama cs juga jawabnya cuma babibu..
Quote:


TS booking di agoda dan di traveloka dengan memakai nama quest yang sama ?
jika iya,

menurut ane, dalam kasus ente, itu bukan murni kesalahan expedia maupun travelokanya, tapi kesalahan ada di pihak hotel Al Jafsnya,

kemungkinan kronologinya begini,
CS pertama pihak hotel Al Jafs yang menerima bookingan dari agoda dan bookingan dari traveloka-expedia, sudah memasukan ke komputer databasenya, baik dari bookingan agoda dan yang dari bookingan travelokanya, jadi ada 4 quest dengan nama yang sama dan 4 room.

seperti ini di print outnya.
nama
......
Suparyono - 1 room 31 Des 2015 s/d 3 Jan 2016
Suparyono - 1 room 31 Des 2015 s/d 3 Jan 2016
Suparyono - 1 room 31 Des 2015 s/d 3 Jan 2016
Suparyono - 1 room 31 Des 2015 s/d 3 Jan 2016
......

di print outnya yang dipegang oleh pihak hotel itu tidak ada nama bookingan dari Agonda maupun nama dari bookingan travelokanya.

dan keesokan harinya, ada yang booking 2 room dari travel lainnya atau ada yang nelepon ke hotel Al Jafs atas nama orang lain, yang ternyata sudah penuh roomnya pada hari 31 Des 2015 itu,
dan yang kebetulan shift-nya CS kedua hotel Al Jafs, terus dilihat dan disortir ulang di print out itu ternyata di lihat ada 4 bookingan hotel berturut-turut atas nama quest yang sama dengan date yang sama. dan CS kedua itu mengira CS pertama memasukannya DOUBLE nama quest-nya dan di komputernya oleh CS kedua Al Jafs tanpa konfirmasi ke CS pertama itu mendelete 2 room bookingan dibawahnya itu yang kebetulan itu bookingan dari Traveloka.

karena urutan nama questnya - nama hotel (di komputernya), disusun dengan Alphabet dari A s/d Z.

CS kedua Al Jafs tidak teliti melihat bookingan dari travel yang berbeda !!
dan oleh CS kedua hotel Al Jafs, setelah mendelete 2 bookingan dari traveloka yang TS punya itu,
dan di input lah nama orang lain yang booking di hari yang sama itu yang menerima bookingan dari travel lainnya atau ada orang lain yang telepon ke hotel untuk booking hotel.

ada kemungkinan 99% begitu kasus yang dialami oleh TS.

karena ane curiga, kalau dikatakan oleh pihak hotel Al Jafs tidak lagi kerjasama dengan Expedia-Traveloka,
kenapa selama hampir sebulan itu pihak hotel Al Jafs yang sudah menerima booked & payment dari Expedia,
dan tidak konfirmasikan ulang kembali ke Expedia-nya, soal tidak ada kerja sama lagi ???

selama hampir sebulan kan itu ada cukup 15 hari untuk Expedia-Traveloka membatalkan pesanan 2 room itu dan mengabarin via email maupun via sms kepada TS, dan itu akan terjadi APABILA pihak hotel Al Jafs konfirmasi balik tidak tersedianya atas 2 room itu yang dipesan oleh TS kepada Expedia-Travelokanya.

jadi saran ane buat semuanya.
kalau booking hotel/tiket pesawat di luar negeri maupun di dalam negeri, seminggu sebelumnya telepon dulu ke pihak hotel/pihak maskapainya, yang tercantum di voucher-nya, dan tanyakan ke pihak hotel/pihak maskapainya, apakah tanggal sekian ada nama kalian atau tidaknya.

ane selalu lakukan hal itu terlebih dahulu cek ketersediaannya atas nama ane. Kadang-kadang kalau ada tercantum di hotel/maskapainya, ane tanyakan via email 2 minggu sebelum hari H-nya.

kasus-kasus traveloka yang lain itu pasti ada penjelasannya, kenapa tidak terbooking, kemarin saja ada yang mendatangi alamat hotel yang salah, ternyata orang itu booking hotel yang salah, tidak melihat alamatnya berbeda.






Diubah oleh rendyhero
Quote:


Gak mungkin salah dari hotelnya lah... Kalau salah dari hotelnya, pasti pihak dari traveloka pasti ngotot dan gak mau ganti rugi
Quote:



Quote:



penjelasan dr agan rendy ini bisa jd pertimbangan nih, aneh aja traveloka ga bsa dapet info kalo expedia udh ga kerjasama lg sm hotel itu
kasusnya makin menarik nih
kalo ane mah pake traveloka buat book pesawat aja sih aman" aja... kalo hotel mah belum pernah...

yang tabah aja bro wkwkwk emoticon-Ngacir2
Mendingan make pegi pegi , ane selama setaun make jasa pegi pegi ngga ada masalah emoticon-Big Grin
sebaiknya jika booking hotel via Travel Agent jangan Lupa:

konfirmasi langsung ke pihak hotel mengenai bookingan anda.
jika pulsa mahal, cukup by email. ini berguna menghindari hal yg tidak diinginkan.

Saya tidak membahas travelokanya, tapi sekedar tips jika pesan kamar via travel agent.


termasuk jika pesan tiket pesawatpun, biasakan konfirmasi ke pihak maskapai.
preventive lebih baik daripada kelabakan
Quote:


iya, itu tadi karena sudah penuh di hotel Al Jafsnya, maka dari itu lah travelokanya nyaranin nginap di hotel lain, bukan nginap di hotel Al Jafs itu lagi kalau masih ada roomnya ? jadi gimana ltraveloka/expedia musti ngotot, kalau nama TS tidak tercatat? silahkan berpikir kembali lagi atas kecurigaan ane yang di ceritakan TS diatas.

Quote:



itu dia yang aneh curiganya di sana, padahal itu sudah di bayarkan dan di booked oleh expedia di muka.
tapi lihat saja nanti update dari TS, kesalahannya di expedia ? di traveloka ? atau di pihak hotel Al Jafs-nya ?
Diubah oleh rendyhero
Halaman 1 dari 2
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di