alexa-tracking

All about temperature control (TC)

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/567ffc5be05227d0068b4567/all-about-temperature-control-tc
All about temperature control (TC)
Thread ini dikhususkan untuk mengenal lebih jauh, membahas dan belajar bersama mengenai temperature control atau temperature sensing atau temperature limiting mungkin dalam pembahasan kita sebut saja TC, dimulai dari ragamnya mods yang support TC, kawat untuk membuat koil dan bagaimana cara membuat koil yang sempurna dengan kawat khusus TC untuk mendapatkan kepuasan vape yang maksimal dengan rasa terbaik dan asap yang tebal.

Vaping dengan menggunakan TC adalah terobosan lebih lanjut di dunia vaping dalam rangka mengurangi dampak buruk karena kapas kering yaitu dengan cara membatasi temperatur koil untuk menghindari rasa dari kapas terbakar (dry hit) atau dengan kata lain menjaga koil supaya tidak menjadi semakin panas.

Penamaan Temperature Control sebenarnya kurang tepat karena Mod yang mempunyai fitur tersebut tidak mempunyai sensor suhu atau yang lebih dikenal sebagai thermostat yang dapat memonitor langsung suhu pada koil. Jadi cara kerja dari Mod tersebut sebenarnya dengan memonitor perubahan hambatan dari koil yang dipanaskan. Saat tahanan tertentu telah tercapai, maka mod akan menaikan, menurunkan atau memutuskan tegangan pada koil.

Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah kawat (koil) yang dapat naik nilai hambatannya ketika dipanaskan pada suhu tertentu.
Contohnya adalah :
Ni200
Titanium
Stainless Steel

Jenis wire terakhir yaitu Stainless Steel ada berbagai varian (304L/ 316L/dll) yang membuat TCR (Temperature Coefficient of Resistance) pada TC device menuntut penyesuaian manual sesuai jenis wire tersebut. Kemungkinan hal ini yang membuat pabrikan menyediakan fitur setting TCR pada TC mods mereka seperti evolve DNA 200 chip, yihi 350J, SMOK Koopor plus, Joyetech Evic VTC mini/cuboid 150 serta varian brand lain.

Lalu, apakah kawat seperti Kanthal dan Nichrome dapat dipakai dalam mode Temperature Control? Jawabannya untuk saat ini adalah : TIDAK. Karena nilai hambatan pada kawat kanthal dan Nichrome pada suhu ruangan maupun ketika dipanaskan pada suhu 400F nilai hambatannya tidak berubah drastis, alias berubah terlalu kecil untuk dibaca secara presisi oleh Mod.

Dewasa ini, hampir semua elektrikal mod memiliki fitur TC sebagai bagian dari program yang tertanam di chip.
Beberapa contoh mod dengan TC:
Spoiler for DNA 200 supported mod:

Spoiler for Yihi SX-Mini ML Class:

Spoiler for Sigelei 150 TC:

Spoiler for Snowwolf v1.5:

Spoiler for IPV5:

Spoiler for Joyetech Evic VTC mini:

Spoiler for Reuleaux RX200 TC:


Contoh gambar koil dengan temperatur control coil, diambil dari beberapa sumber:
Spoiler for Ni200 Build:

Spoiler for Titanium Build:

Spoiler for SS Coil:


emoticon-Blue Guy Cendol (L)
reserved

Quote:


Quote:




new info

Spoiler for mod kekinian:


temperature sensing on khantal wire emoticon-Kiss (S)

Spoiler for dari pbusardo juga ada gan:


The Hohm Wrecker G2 Brings Temp Control to a New Level
Spoiler for pasti penasaran juga sama yang ini:




untuk info lebih lengkap tentang nilai TCR bisa ke nilai TCR wire
reserved
Bakalan seru nih thread. Device TC ane baru punya Sigelei 75w, overall puas banget. Tapi entah kenapa kurang suka sama ni200 soalnya kalo dipasang di lemo2, baru 2 harian udh harus bongkar dan dalemannya kotor banget kayak ada kotoran jelaga item2 gitu (hal ini nggak diemui di khantal atau nichrome). Hampir mustahil dibersihin jadi sekalian ganti koil.

Untuk RDA ane ada velocity, kalo build dual coil hambatan rendah bgt padahal udh pake 28 AWG. Jadi untuk beberapa minggu ini ane balik pake khantal. Rencana sih ganti evic vtc mini biar bisa SS wire tapi belum ada waktu (dan dana). emoticon-Frown

Sekian sharing ane. Tetap semangat om TS biar bisa sharing lebih banyak.. emoticon-Smilie

sorry oot gan ane pake ipv d2 make power mode teruss pake 7w kok fireing nya ampir sama kaya 50w itu kelebihan ipv apa ke kurangannya gan sorrynih oot
Quote:

koil berkerak itu bukan karena Ni200 gan tapi karena liquid yg agan pake mengunakan sweetener (pemanis liquid)
merk titanium wire yang oke apa ya? cuma tau 3 merk lemaga,vaportech,MKWS..mungkin ada yg bisa review merk2 tsb ?
misi om numpang maen d sini sambil menimba ilmu nih 😁😁..
sy punya sigelei 150tc nih om, nah kalo sigelei 150tc ini apa udh support titanium wire sama SS ya om ? soalnya kmren ada temen yg blg kalo sigelei blm support pake titanium sama SS, mohon pencerahannya om.
Quote:


Kekurangan..
Krna step down arusnya gagal.. jd 7watt tp main kaya mecha/by pass..
Quote:



tengkyu gan pencerahan nya bte ane mau move on dari ipv d2 recomend apaan yak yg budget anak kos bahahahaemoticon-Wakaka
Quote:


Titanium ane baru pernah pake Vaportech. Dan ini oke juga, TC nya works. Cuma gulungnya rada susah, mental mentul khas titanium. Ngga bisa bandingkan dengan merk lain karna baru pake ini dan cukup sekian ama titanium. emoticon-Big Grin
Quote:


Evic vtc mini
Upgrade trbaru bisa setting TCR..
Quote:
Di website nya sigelei engga dikasih tau gan tapi ane pake sigelei 150tc, udah coba build titanium dan bisa dipake tapi settingan celcius nya harus lebih rendah dari yang biasa dipake di ni200, lebih rendah 100.

Kalo ss coil ane belum pernah coba sama sekali, jadi ga bisa cerita apa2 ke agan.
Tapi, ane barusan nemu bahwa kanthal di mode joule nya sigelei 150tc ternyata bisa jalan, jadi serasa pake ni200 padahal pakenya kanthal, nah ini ane juga lagi bingung jangan2 sigelo ane error gan emoticon-Ngakak (S)
Flavor sih mirip2 seperti pake ni200 padahal pake A1 emoticon-Ngakak
Quote:


Dengan liquid yang sama, ni200 jauh lebih berkerak gan. Kira2 kenapa ya?
Quote:


Sama gan, ane sudah nyoba juga pake khatal A1 26g build dual coil 0.5 ohm setelah lock resistance malah bisa jalan di mode TC (mod sigelei 150TC)
Quote:


kalo gtu aman sy bli titanium bsa d pake 😁😁😁.
waduh itu khantal d pake mode joule gtu ada efek buruk k modnya ga ya om ? mau nyoba tp takutnya ngefek k mod, maklum msh newbie dan dpt modnya rada susah (harus nguli dlu 7 mlm jumat emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak)
Quote:
Ane build nya spaced gan, jadi engga rapet, agak mendingan lah gak terlalu cepet berkerak. Ane pake ni200, ngulik sana sini sampe nemu kalo memang pake ni200 ga boleh terlalu panas, supaya coil tahan lama, kayanya ni200 cuma cocok buat dapetin cold vapor tapi flavor max. Kalo di kanthal kan kalo cold vapor, flavor gak ada sama sekali emoticon-Big Grin

Quote:


Dan, kapan maen ke rumah? Ada liquid-liquid lucu ni barangkali mau cobain.. emoticon-Big Grin

Quote:


Ane buildnya spaced juga gan. Mungkin karena terlalu panas kali ya, soalnya kalo vapor nggak warm tu rasanya kurang mantep, makanya balik lagi ke khantal. Apalagi kalo build dual coil di velocity pake ni200 ampun dah rendah bener resistantnya.. emoticon-Hammer (S)
Quote:



aiihh id nya mas hasta toh...
ayo kapan mas ? abis taun baru ?
ini sy mau coba buat liquid euy..
modnya msh rubah" trus ohmnya..