realtasoftwareAvatar border
TS
realtasoftware
#FYI Tips Efektif Mengelola Customer Relationship Management (CRM) Anda.


Dengan pengelolaan secara baik dan benar kita akan dapat hasil yang memuaskan dalam berbisnis, terutama dalam menjalin hubungan baik dengan para konsumen. Selain menguasai produk yang kita akan tawarkan kepada konsumen, bertegur sapa dengan tutur kata yang halus secara langsung kepada konsumen akan meningkatkan hubungan emosional.

Menjaga hubungan baik kepada pelanggan sudah menjadi sebuah strategi perusahaan yang amat jitu untuk kemajuan perusahaan, salah satunya dengan sistem. Sistem yang populer dengan sebutan CRM (Customer Relationship Management) ini akan sangat membantu perusahaan. Agar pengelolaannya tidak sembarangan, beberapa poin berikut penting untuk diperhatikan.


1. Sewa Administrator

Agar sistem CRM untuk berhasil, sangat penting bahwa perusahaan Anda memiliki administrator CRM. Administrator harus bertanggung jawab untuk memastikan semua data dalam sistem ini akurat, terkini, dan lengkap.Administrator tidak harus ahli atau orang IT. Sistem CRM yang baik harus bersifat user friendly (sehingga bisa digunakan dengan mudah, termasuk oleh mereka yang bukan orang IT). Dengan sedikit pelatihan dan usaha, pengguna akan dapat mengelola perangkat lunak cukup mudah. Administrator sistem harus diberikan otoritas atas software yang ada. Karena ini menyangkut data perusahaan, ada baiknya administrator yang menangani CRM ini diberi posisi atau jabatan dalam perusahaan.


2. Gunakan perangkat lunak

Banyak implementasi perangkat lunak CRM gagal hanya karena banyak karyawan tidak benar-benar mengerti bagaimana caranya menggunakan perangkat lunak. Transisi ke sistem software baru kerap merupakan hal yang cukup sulit bagi mereka. Karyawan harus diminta untuk menggunakan perangkat lunak. Selain itu, perlu diperhatikan juga soal data. Tanpa data yang mendukung, sistem CRM tidak berharga. Pastikan agen penjualan dan tenaga pelayanan pelanggan menggunakan sistem yang secara rutin melakukan pelacakan kontak dan data.


3. Berkonsentrasi pada laporan

Laporan adalah bagian paling penting dari setiap sistem perangkat lunak CRM. Laporan yang baik memuat semua informasi tepat, mulai dari kesaksian para pelanggan, peluang usaha Anda berikutnya dan update seputar kegiatan perusahaan Anda. Pastikan laporan ini diatur sehingga mereka secara otomatis dikirim melalui email ke manajer penjualan Anda secara rutin, setidaknya setiap minggu.



‪#‎CRMSolution‬ ‪#‎Software‬ ‪#‎Aplication‬ ‪#‎Bussiness‬ ‪#‎RelationshipManagement‬ ‪#‎Realta‬ ‪#‎Indonesia‬
0
1.7K
1
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan