CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / ... / Lounge Pictures /
Tips mencari tempat PKL
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5652c73a642eb6f3648b456c/tips-mencari-tempat-pkl

Tips mencari tempat PKL

Nih gue kasih beberapa tips buat temen-temen atau kakak kelas yang ingin mencari tempat Magang.:

Tips Pertama ala Regaster: Tentukan tujuan kalian magang apaan.
Misalnya nih kalian mau sekedar cari pengalaman kerja, atau cari nilai buat laporan magang dari kampus/sekolah, atau cuma mau sekedar isi waktu luang kalian tentu pilihan tempat magangnya akan beda. Kalo buat bikin laporan magang, tentu kalian harus cari yang bener-bener berkaitan ama pelajaran2 yang kalian pelajari di kampus/sekolah. Kalo sekedar isi waktu luang, dimana aja lah, terserah kalian. emoticon-Big Grin

Tips Kedua ala Regaster: Cari tau suasana kerja di kantor inceran kalian gimana.

Gabut kah? (gabut: gaji buta, maksudnya kalian dibayar tapi kerjaannya ga jelas, ga ngapa2in di kantor), atau malah sibuk parah? Cara cari tau bisa lewat gugel, nanya orang yang pernah kerja di situ, dsb.

Tips ketiga ala Regaster: Lokasi kerja juga mempengaruhi.
Kalo kalian misalnya magang ga dibayar tapi kantor kalian jauh banget dan ngabisin ongkos (kasian deh lo). Hehehe.. Jadi, kalo siap ga dibayar, cari yang deket rumah. Kalo kantornya jauh tapi dibayar, itu terserah kalian.

Tips keempat ala Regaster: Jangan males cari info lowongan magang.
Entah di google, papan pengumuman di kampus, tanya temen, ortu atau bahkan kertas di SELOKAN atau mungkin kertas di PISPOT WC KAMPUS (Saking perlunya). Jarang info magang datang ke kalian sendiri kalo kalian juga males cari infonya.

Tips kelima ala Regaster: Malu bertanya sesat beneran.
Apa maksudnya? Jadi begini, saat kerja praktek nanti kita adalah sebagai orang baru disana. Sayangnya, kita orang baru yang benar2 blank dunia baru kita tersebut. Sedangkan orang-orang lama, tentunya memilki kesibukan masing-masing, dan belum tentu bisa menyediakan waktu untuk share ilmu kepada kita. walaupun itu mungkin pimbimbing lapangan kita sendiri. Nah, disinilah kita dituntut untuk aktif bertanya tentang apa yang dilakukan oleh bapak/ibu tersebut. Biasanya mereka akan lebih mudah berbagi ilmu jika kita yang bertanya. Jadi mereka bisa tetap bekerja sambil berbagi ilmu kepada kita.

Tips keenam ala Regaster: Aktiflah di tempat PKL anda.
Justru mereka senang jika mereka bisa berbagi ilmu dengan kita. yang terpenting adalah cara kita berkomunikasi dengan baik kepada mereka.

Tips ketujuh ala Regaster: SKSD alias sok kenal sok dekat.
jangan sampai kita terlihat sombong, sapa lah setiap orang yang berada di sekeliling tempat kita praktek. cobai ngatlah selalu nama-nama bapak/ibu karyawan yang ada lingkungan tempat PKL kita tersebut. Agar tak lupa catat nama mereka. Kalo lupa tanya pada teman PKL anda kalo tidak coba lihat struktur kepegawaiannya,pasti ada namanya. Hal ini penting agar kita tidak canggung jika nanti tiba-tiba diajak ngobrol berdua. Karena kalo kita ingat nama seseorang dan saat ngobrol bisa berkata misal “Pak Nanto sedang apa?” itu lebih baik daripada bilang sekedar “sedang apa pak?” Ingat manusia hakikatnya suka dianggap dan terhargai. Selain itu, syukur-syukur nanti selesai PKL kita dapet berita “Dek, kalo udah lulus mau nggak kerja disini. “ , siapa tahu kan ...

Tips kedelapan ala Regaster: Ingat sopan santun itu perlu, sapa lah bapak/ibu manager, karyawan sampai satpam, entah kenal atau gak, jika kita berpapasan.
Ucapkan salam dan jabat tangan lah ketika absen pagi dan saat akan pulang. Bertanyalah dengan sopan, aktif dengan santun dan nikmati dunia kerja praktek dengan enjoy dan senyaman-nyamannya.

Tips kesembilan ala Regaster: Enjoy dan santai saja saat PKL, jangan terlalu gugup atau penakut.
Dunia kerja itu sebenarnya lebih mudah daripada dunia kuliah. Yang susah itu dapetin kerjaannya. Dunia PKL gak sengeri yang kita pikirkan kok. Ada sih ilmu yang sesuai pada saat kita belajar di kampus. Namun lebih banyak yang tidak kayaknya.^^Tapi tenang saja, bapak/ibu disana siap membantu kok. Jangan takut salah atau rusak, justru disitulah kita belajar agar besok bisa menjadi benar. Dalam hal ini saya berpengalaman (bukan pengalaman pribadi, tapi pengalaman sering denger cerita dari kakak kelas dan sepupu saya). Saya punya seekor sepupu (Maksudnya seorang sepupu). Saat ini sepupu saya lagi PKL di KAP (Kantor Akuntan Publik). Nah, di sana suasana kerjanya asik banget (katanya). Jarang banget ada auditor bisa pulang sore di saat peak season (musim sibuk perusahaan2 menyiapkan laporan akhir tahun) (katanya lagi). Temen-temen sepupu saya di KAP lain lembur terus, jam 11 malam baru pulang. Bahkan denger2 ada yang pulang jam 3 pagi (Masih katanya loh). Tapi mereka merasa enjoy karena mereka sangat akrab dengan atasannya dan atasn siap membantu jika terdapat kesulitan (Masih ingetkan? ini maish katanya loh).

Tips Terakhir dan Terpenting dari saya adalah: "Banyaklah berdoa pada Tuhan agar Kalian mendapatkan tempat kerja yang terbaik buat Kalian.
Karena kita ini adalah mahluk ciptaan tuhan yang masih banyak kekurangan dan masih membutuhkan yang namanya do'a. (Saya masih ingat guru ngaji saya pernah bilang; "Senjata Para tentara perang adalah pistol, granat dan alat tempur hebat lainnya sedangkan senjata seorang muslim adalah Do'a".

Nah karena ini forum video, mau ngasih tau tempat magang paling asik nih



Di video sih bentukan kantornya kaya kosan gan. Padahal gedung perkantoran gituuu
nih gedungnyaa
Spoiler for Gambar gedung:


Lokasinya juga Strategis gan..
Spoiler for Lokasi:


Alamat Lengkapnya Di Kemang Raya, Graha Kapital II, lantai 2.

Yang Pkl disana juga pakaiannya pada santai-santai gan....

Semoga infonya bermanfaat yaaaa emoticon-Salaman emoticon-Shakehand2
profile-picture
4iinch memberi reputasi
PKL = Pedagang Kaki Lima emoticon-Bingung (S)
Praktek Kerja Lapangan?
nice tips gan emoticon-Shakehand2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di