

TS
bayu.indra
Anamorphic Animation - w Link XForm
Basic Modeling - Box Modeling - Autodesk 3DS Max
Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !
Basic Modeling - Attach Detach and Merging
Ayoo gannnnn ... buat pesawat pakai Box Modeling !!! ... SEMUA PASTI BISA !!
ayooo gan ... bgmn rasanya naik pesawat yg satu ini ...
sebelum nge texture ... kita set UV layout dulu gan ...

BAYU Animation Online Class - 3DS Max 2013
Anamorphic Animation - w Link XForm

Anamorphic Animation banyak sekali digunakan utk animasi yg membutuhkan perubahan shape nya utk gerakannya ... banyak yg menyerupai character, tetapi bentuknya bukan character ... sebagai contoh misalnya kotak atau bola yg bisa berjalan seperti character manusia ... yg banyak mengunakan ini biasanya TVC gan n sist ... yg biasnya kerja utk TVC sudah pasti biasa sekali menggunakan teknik ini utk produksi harian nya, mulai dr pack minuman, sampai botol ataupun saset kemasan ...
kali ini ane coba kasih satu solusi dengan Link XForm untuk menganimate sehingga animasinya bisa mnyerupai gerakan manusia ...
NB : utk detail Link XForm description dan how to use nya agan n sist akan bisa lihat di 3DS Max Modifiers Index

utk memulai kita perlu 3 macam object ... 1 model yg akan di animate ... 1 FFD atau lattice object ... dan beberapa dummy sebagai controller, FFD nya hrs lebih besar dr object yg akan di animate nya ...

utk assign dummy pelvis nya sebagai controoler gampang aja ... apply FFD Select, pilih control point nomor 5, 6, 7, 8, 9 ... apply Link XForm, Pick Control Object pilih dummy pelvis
utk tangan kiri ... apply FFD Select, pilih nomor 1, lalu apply Link XForm, Pick Control object nya dummy kiri atas
utk tangan kanan ... apply FFD Select, pilih nomor 2, lalu apply Link XForm, Pick Control object nya dummy kanan atas
utk kaki kiri ... apply FFD Select, pilih nomor 3, lalu apply Link XForm, Pick Control object nya dummy kaki kiri
utk kaki kanan ... apply FFD Select, pilih nomor 4, lalu apply Link XForm, Pick Control object nya dummy kanan bawah
lalu kedua dummy tangan di link parent ke dummy pelvis ...

utk balance ... kita buat 1 dummy lagi utk dummy balance ... lalu dummy balance kita position constraint terhadap kedua kaki dengan value yg sama (50/50), sesudah itu dummy pelvis kita link parent ke dummy balance
selanjutnya model yg akan di animte hrs di Bind To Space Warp ke FFD Lattice ... sehingga ketika dummy controller di gerakan maka FFD Lattice akan mengikuti ... dan pada saat yg sama object model nya juga akan mengikuti juga ...
selesai ... siap animate !!
Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !
Basic Modeling - Attach Detach and Merging
Ayoo gannnnn ... buat pesawat pakai Box Modeling !!! ... SEMUA PASTI BISA !!
ayooo gan ... bgmn rasanya naik pesawat yg satu ini ...
sebelum nge texture ... kita set UV layout dulu gan ...

BAYU Animation Online Class - 3DS Max 2013
Anamorphic Animation - w Link XForm

Anamorphic Animation banyak sekali digunakan utk animasi yg membutuhkan perubahan shape nya utk gerakannya ... banyak yg menyerupai character, tetapi bentuknya bukan character ... sebagai contoh misalnya kotak atau bola yg bisa berjalan seperti character manusia ... yg banyak mengunakan ini biasanya TVC gan n sist ... yg biasnya kerja utk TVC sudah pasti biasa sekali menggunakan teknik ini utk produksi harian nya, mulai dr pack minuman, sampai botol ataupun saset kemasan ...
kali ini ane coba kasih satu solusi dengan Link XForm untuk menganimate sehingga animasinya bisa mnyerupai gerakan manusia ...
NB : utk detail Link XForm description dan how to use nya agan n sist akan bisa lihat di 3DS Max Modifiers Index

utk memulai kita perlu 3 macam object ... 1 model yg akan di animate ... 1 FFD atau lattice object ... dan beberapa dummy sebagai controller, FFD nya hrs lebih besar dr object yg akan di animate nya ...

utk assign dummy pelvis nya sebagai controoler gampang aja ... apply FFD Select, pilih control point nomor 5, 6, 7, 8, 9 ... apply Link XForm, Pick Control Object pilih dummy pelvis
utk tangan kiri ... apply FFD Select, pilih nomor 1, lalu apply Link XForm, Pick Control object nya dummy kiri atas
utk tangan kanan ... apply FFD Select, pilih nomor 2, lalu apply Link XForm, Pick Control object nya dummy kanan atas
utk kaki kiri ... apply FFD Select, pilih nomor 3, lalu apply Link XForm, Pick Control object nya dummy kaki kiri
utk kaki kanan ... apply FFD Select, pilih nomor 4, lalu apply Link XForm, Pick Control object nya dummy kanan bawah
lalu kedua dummy tangan di link parent ke dummy pelvis ...

utk balance ... kita buat 1 dummy lagi utk dummy balance ... lalu dummy balance kita position constraint terhadap kedua kaki dengan value yg sama (50/50), sesudah itu dummy pelvis kita link parent ke dummy balance
selanjutnya model yg akan di animte hrs di Bind To Space Warp ke FFD Lattice ... sehingga ketika dummy controller di gerakan maka FFD Lattice akan mengikuti ... dan pada saat yg sama object model nya juga akan mengikuti juga ...
selesai ... siap animate !!
Diubah oleh bayu.indra 18-11-2015 08:21
0
2.2K
2


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan