Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

CommunistTeamAvatar border
TS
CommunistTeam
Rekber cuma melindungi buyer saja tanpa memperhatikan nasib seller?
Sorry klo judul nya agak2 extrim ....

Ane mau share pengalaman ane baru2 ini ...

Ane buka lapak d FJB jual HP, nah ada buyer yg kontak ane ... nanya2 bisa pake rekber ato tokped apa ngga, ane jawab bisa klo rekber, klo tokped ane g ada id. Nah akhirnya di pakailah rekber. Akhirnya dia transfer ke rekber lalu rekber konfirm k ane. Dan barang sudah sukses di terima buyer.

Nah di sini masalah di mulai, ternyata buyer ngga sreg dengan barang yg ane kirim ane dengan alasan bla2. Padahal sebagai seller ane dah jelasin kondisi dan mengupload gambar. Dan aneh nya sebelum terjadi transaksi buyer sama sekali tidak menanyakan soal barang sama sekali.

Padahal no telp yg ane berikan terhubung dengan WA jadi ane menganggap klo buyer udah ngerti dan trima kondisi hp yg ane jual.

Lalu ane tidak pernah menjanjikan kepada buyer untuk refund apapun kondisi nya, tentu nya kecuali pada saat di terima barang yg ane kirim kondisi nya mati alias tidak hidup, karena hp yg ane jual kondisi hidup dengan ada beberapa minus.

Dan sekarang dana ane tertahan di rekber karena buyer tidak mau konfirmasi barang, dan memaksa untuk refund. Nah klo kasus kaya bgini saya sebagai seller yg salah? atau memang buyer yg ga menanyakan secara detail kondisi sebelum terjadi transaksi yg salah?

Apa ane sebagai seller harus menanggung beban kesalahan dari buyer?

Sekarang posisi buyer mau se enak nya dia aja minta alamat ane buat kirim barang ke ane. Sekarang ane mau tanya .. uang yg sudah ane kluarkan untuk biaya pengiriman pasti d anggap hangus, alias tidak d ganti .... lumayan besar ongkir nya 33rb. Soal biaya buyer yg mesti kirim balik, ane g mau klo d bilang impas karena toh bukan kesalahan ane.

Ane udh rugi waktu dan materi di mana pada saat buyer memutuskan untuk membeli ane dngn terpaksa mengcancel buyer potential lain, karena ane menghormati buyer yg pertama deal.

Yang ini bukan ane menuduh buyer ane yg ngga2 cm ane sempet baca banyak buyer nakal. Yang kerjaan nya cm mau iseng test barang doang, sengaja memanfaatkan jasa rekber untuk mau liat barang doang, test barang doang atau malah memanfaatkan brang tsb untuk menipu ( bisa saja bgitu barang sampai barang d photo2 trus d jual lagi d kaskus dan barang yg dia beli di kembalikan ke seller yg artinya dana dia utuh sementara barang yg dia jual krmbali barang nya fiktif ), atau ane sempet baca ada buyer yang menukar sparepart barang yg di kirim ( nah yg bgini biasa nya memanfaatkan kondisi seller yang sibuk dan ga sempet cek barang contoh nya .... buyer membuat seller terburu2 untuk kirim barang dan biasa nya memanfaatkan waktu weekend karena ada beberapa rekber yg saat weekend tidak bsa mencairkan dana, nah d tenggang waktu tsb si buyer mengkanibal sparepart, lalu pada saat nya buyer mengcancel barang ke rekber, nah mungkin karena seller jg g mau ambil pusing akhir nya mengiyakan saja barang nya d cancel, bgitu barang d trima seller karena kesibukan seller, seller g sempet cek ricek barang yg d kirim balik buyer. akhirnya dana di refund lah ke buyer. dan saat seller ada waktu senggang cek barang dia baru menyadari ada yg ngga beres dengan barang yg dia terima dan pada akhirnya pas seller mau komplain semua sudh terlambat).

Sorry ane kasih contoh di atas karena ada beberapa kejadian yg mirip2 dengan kasus d atas.

Nah balik lagi ke REKBER, apa fungsi rekber hanya memberikan keuntungan sebelah pihak saja? hanya buyer yang di proteksi? sedangkan seller selalu di anggap sumber masalah ? kenapa ane bilang sumber masalah karena selama ini seller selalu pihak yang di anggap menipu dan dalam posisi selalu salah. ( karena 90% penipu online berada di pihak seller )

Contoh dalam kasus ane ... sudah 2 hari dana saya mengambang tanpa kejelasan karena rekber dlm Terms and Condition dengan jelas menolak segala campur tangan soal permsalahan dlm transaksi yg terjadi. Dan ane menghormati keputusan itu.

Ane ga menyalhkan rekber dm hal ini, hanya pada saat transaksi melalui rekber ane menyarankan ada term and condition yg jelas soal refund. dan harusnya di jelaskan pada saat posting transaksi. karena ane pada dasar nya menggunakan jasa rekber hanya menjaga kepercayaan buyer bahwa barang benar2 di kirim dan di terima oleh buyer bukan di gunakan untuk refund dengan alasan yg bla2 yg inti nya kesalahan ada di buyer karna tidak teliti dalam membeli barang.

Ane bukan toko, bukan pedgang besar, ane cuma user biasa yang suka gonta ganti barang, ane bukan juga orang yg kelebihn duit karna gonta ganti barang tp ane kalo dah bosan dengan suatu barang ato ada barang yg udah lama g di pake drpd ngga kepake lebih baik ane jual biar bisa beli barang yg lebih berguna buat ane lg.

Sebenarnya ada keanehan dalam kasus transaksi ane ...

1. Buyer ngga mencoba menanyakan soal detail photo barang ato apalah, biasa nya buyer ane coba kontak ane via WA buat photo2 barang.

2. Kalo ane pake rekber biasa nya ane bakalan sante aja barang mau d kirim kapan. toh ane dah dalam proteksi ini. Nah buyer ane ini jam 9 pagi udah nanya barang dah d kirim apa blm. padahal blm genap 24 jam dr proses rekber.

3. Buyer menanyakan harga charger, dengan alasan ga baca klo d thread ane g mencantumkan no charger. padahal udah tertulis jelas kondisi kelengkapan dan gambar

4. Dalam kurang dr 1 jam begitu barang d terima buyer langsung minta refund? Ada alasan2 yg ane ga bs trima. Kecuali klo pas d trima tau2 kondisi mati ato barang beda type baru masuk akal buat ane refund.

Agan silakan cek link jualan ane, rata2 ngga pernah rekber, karena emang kbnykn buyer ane sendiri g pernah minta rekber, Insya Allah aman.

Ane pernah anterin malem naik bis yg mau beli monitor k Bandung. karena ane takut klo via ekspedisi nanti nya ada masalah. Pernah jg ane jual komputer tanpa buyer nya cek dolo, soal nya udah ane bungkus dus :-) ... dan Alhamdulillah ngga ada complain ... malah sebelum jual hp yg terakhir ini ane kirim hp juga k luar daerah ... dan g ada komplain yg aneh2 ....

Inti nya ane berusaha buat kasih tau kondisi brng sesuai yg ane liat .... bs liat d thread ane jual hp zte yg terakhir ane gelar lapak.

Ane g mau ada misjudgment dari agan2 yg lain .... ane cm merasa sbagai seller knp nasib ane malah d gantung ga jelas.....

Ane berharp dengan surat ini mata agan2 lebih terbuka soal nasib seller. Kerugian bukan cm ada d pihak buyer, tp seller jg bs jd korban.

NB:

Setelah ane baca2 soal rekber topked, ternyata juga sama berpihak lbh berat kpd buyer.... knp ane bilng bgitu ... krna klo dpt ripw yg jelek dana bakal lma cair nya. Nah klo ada buyer yg iseng gmna nasib si seller?
Bisa aja ksn buyer ksh bad ripiw pdhl ngga ada masalah sama barang yg d jual.
0
1.5K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan