CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
MENGUAK SEJARAH MIE AYAM MENJADI MAKANAN FAVORITE DI INDONESIA
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5631b6ef54c07afd078b456c/menguak-sejarah-mie-ayam-menjadi-makanan-favorite-di-indonesia

MENGUAK SEJARAH MIE AYAM MENJADI MAKANAN FAVORITE DI INDONESIA

Mie ayam adalah jajanan rakyat yang semakin banyak di jual di perkampungan. Walaupun demikian, mie ayam adalah jajanan sehat serta bergizi. Terkecuali enak, makanan ini mempunyai kandungan gizi yang terbilang komplit, dari mulai karbohidrat, protein, dan gizi yang didapat dari sayuran pelengkap mie ayam.

Mie Ayam aslinya dari Cina Selatan terutama dari daerah-daerah pelabuhan seperti Fujian dan Guandong. Setelah gerakan besar imigrasi orang-orang Arab dan Cina pada 1870 ke Jawa karena politik keterbukaan imigran Pemerintahan Hindia Belanda maka berkembang kantong-kantong pemukiman penduduk timur asing. Orang Belanda bilang `Vreemde Oosterlingen’.

MENGUAK SEJARAH MIE AYAM MENJADI MAKANAN FAVORITE DI INDONESIA

Meledaknya peningkatan penduduk dari Cina Selatan ini menambah preferensi selera makan. Apalagi dalam budaya cina peranakan terkenal dengan budaya menikmati hidup, artinya `Elo kalo makan jangan tanggung-tanggung yang banyak dan enak sekalian’. Bagi kaum peranakan cina kerja habis-habisan harus diganti dengan makan enak dan hidup nyaman. Nah dari filosofi hidup enak makan enak lahirlah mie ayam ini.

MENGUAK SEJARAH MIE AYAM MENJADI MAKANAN FAVORITE DI INDONESIA

Perkembangan mie ayam tak terlepas dari gerakan besar masakan `caudo’. Lidah kita menyebutnya soto. `Caudo’ melanda nusantara terutama pesisir Jawa setelah habisnya Perang Diponegoro 1825-1830. Awalnya `caudo’ hanya dikenal di Lamongan dan Kudus. Jenis caudo ini bening karena mengambil filsafat `wening ing ati’ atau beningnya hati. Tapi lama kelamaan kuah soto Kudus dan Soto Lamongan tidak sebening di awalnya, karena dapat ketambahan bumbu-bumbu (terutama `koya’ terbuat dari udang tumbuk seperti ebi). Mungkin juga karena orang Lamongan dan Kudus hatinya sudah nggak bening he he

Gerakan Soto Kudus dan Lamongan pada 1932 semakin besar pada zaman pemogokan buruh kereta api di Surabaya masuk ke kampung di Surabaya seperti Gundih (di sini rumah Om saya), Darmo, Waru, Ambengan dan lainnya. Dari situ lahirlah soto Waru, soto Sulung, soto Ambengan, dan yang paling fenomenal `Soto Madura’ (ini makanan paling disukai Mas Fauzan). Soto Madura sendiri mulanya diracik oleh peranakan Cina Surabaya namun karena pembantu masaknya orang Madura dan pembantu itu kemudian lepas dari majikannya lalu mempopulerkan masakan itu.

Setelah era soto pada 1880 pada suatu perayaan Cap Go Meh di Semarang, Kong Koan (perkumpulan elite peranakan) mengundang ahli masak-masakan cina untuk berlomba. Bahan dasar yang digunakan itu mian (mie) berbahan dasar tepung terigu dan tepung beras, mifen (bihun), mian xian (misoa), lumian (lomi), guotiao (kwetiau) juga dipake ravioli alias bianshi atau yang kita kenal sebagai Pangsit. Selain bahan berbasis tepung beras lomba itu juga menyajikan perlombaan masak jenis-jenis tim sum (dim sum) seperti ruo bao (bapao), ruo zong (bacang), nunbing (lumpia). Yang memenangkan lomba untuk kategori bahan dasar terigu dan tepung beras adalah peranakan dari Batavia dan pemenang kategori Tim Sum adalah seorang ibu peranakan cina dari Bandung.

Inilah kenapa sebabnya makanan untuk kategori bahan dasar tepung terigu dan beras di kemudian hari dikuasai oleh Jakarta dan Tim Sum yang melahirkan jenis masakan fenomenal bernama Siomay dikuasai Wong mBandung.

Modernisasi masakan Cina ini disaingi oleh gerakan masakan gaya Arab. Pusat makanan bergaya Arab ini ada di Solo dan Semarang tapi yang paling terkenal di Solo. Makanan yang sampai sekarang masih kita nikmati sisa-sisa kejayaan makanan arab dan merakyat adalah Tongseng dan Gulai Kambing. Jago-jago masak tongseng dan gulai kambing ini sendiri bukan keturunan Arab tapi orang-orang Jawa asli dan mereka kebanyakan dari wilayah Karanggede utara Solo dekat Boyolali.

Gerakan masakan Arab yang mundur di tahun 1950-an kemudian digantikan gerakan baru dari masakan Padang. Masakan Padang awalnya berdiri di Senen tahun 1950-an, Wilayah Pasar Senen dulu banyak dihuni pedagang-pedagang dari Minang. Nah karena orang Minang ini pintar-pintar dan tidak hanya berbakat jadi pedagang, mereka juga pandai bersastra dan juga sering maen film. Maka terbentuklah Komunitas Gelandangan Senen.

Komunitas ini bukan sembarang gelandangan tapi lebih pada komunitas seniman. Tokoh seniman dari Minang yang terkenal dan gemar kongkow sambil kadang-kadang jadi tukang catut banyak banget, sebut aja Chairil Anwar, Djamalludin Malik, Sukarno M Noor (Bapaknya Rano Karno), Adam Malik, ada juga kadang2 Tan Malaka datang ke Senen secara incognito karena diburu-buru intelijen Hindia Belanda.

Pada 1950an para gelandangan rata-rata udah jadi orang. Ada Adam Malik , Chairil Anwar, Djamalludin Malik (Lesbumi) dan lainnya. Ketika seniman udah banyak yang jadi orang, tukang-tukang masak Padang juga mulai memperkuat dagangan, awalnya konglomerasi `Salero Bagindo’ dibangun di seputaran Senen, trus hampir seluruh wilayah Jakarta Pusat pada tahun 1970-1980 dikuasai jaringan Salero Bagindo.

Di saat meledaknya jaringan Salero Bagindo bermuncullah pedagang-pedagang nasi Padang kesohor, baik dari Pariaman yang mempopulerkan sate padang maupun dari Solok yang terkenal ayam bakar dan bareh solok, bareh tanamo. Nama-nama seperti : Singgalang, Goyang Lidah, Ratu Bundo , Sari Ratu, Rajo Salero di mana-mana, ditambah popularitas ayam pop keluaran Medan menambah referensi masakan Padang.

Kini jenis masakan lokal yang memiliki jaringan kuat di Indonesia hanya ada dua, yakni masakan Padang dan jenis masakan Cina


MENGUAK SEJARAH MIE AYAM MENJADI MAKANAN FAVORITE DI INDONESIA

Mie Ayam jadi salah satu type makanan yang dapat disebut telah demikian menjamur di kelompok orang-orang. Tidak sama dengan type mie umum, tetapi mia ayam, biasnaya dilengkapi dengan bermacam type makanan pelengkap seperti ayam, kuah yang cukup kental, serta sawi serta lain sebaginya. Mie ayam telah banyak ditemukan di banyak tempat seperti di pinggi- tepi jalan besar serta di jual dengan harga yang cukup bermacam namun masih tetap sesuai sama ukuran kantong kita. Mie ayam tak cuma dapat dibeli, tetapi untuk ada yng mau membuatnya sendiri, jadi anda dapat bikin resep mie ayam dengan resep yang pas supaya tentu akhirnya dapat sesuai sama berharap anda.

MENGUAK SEJARAH MIE AYAM MENJADI MAKANAN FAVORITE DI INDONESIA

Mie Ayam yaitu masakan yang gampang sekali kita dapatkan di Indonesia, ini menunjukkan bila Mie Ayam telah populer serta akrab di telinga orang-orang Indonesia. Mie di sajikan didalam mangkok serta di taburi dengan potongan-potongan kecil daging ayam. Harga mie ayam juga terbilang murah, bila tidak mau beli anda dapat membuatnya sendiri dirumah.

MENGUAK SEJARAH MIE AYAM MENJADI MAKANAN FAVORITE DI INDONESIA

Untuk kalian pengagum Resep Mie Ayam, kalian dapat juga coba membuatnya sendiri dirumah dengan gampang. Bahan serta bumbu dapat juga didapat dengan gampang di pasar tradisional dengan harga yang relatif terjangkau.

MENGUAK SEJARAH MIE AYAM MENJADI MAKANAN FAVORITE DI INDONESIA

Nyaris di tiap-tiap wilayah yang banyak didapati warung-warung Mie Ayam, dari mulai yang sederhan sampai yang moderen, dari yang murah hingga harga yang lumayan mahal. Mengingat Mie Ayam basah telah popular di kelompok orang-orang, kesempatan ini kami bakal sharing resep langkah bikin mie ayam khusus buat anda.

Beberapa bahan untuk bikin Mie Ayam :

• Sebanyak 1/2 kg mie basah
• Sebanyak 100 ml Minyak ayam
• Sebanyak 100 ml Kecap asin
• Sebanyak 300 gr daging ayam, rebus serta potong kotak
• Sebanyak 3 sendok makan kecap manis
• Sebanyak 2 sendok makan kecap ingris
• Sebanyak 2 batang daun bawang, irislah
• Daun Caisin
• Penyedap rasa ( Jika perlu )
• Bawang goreng seperlunya.

Bumbu Mie Ayam yang di haluskan :

• Sebanyak 4 siung bawang putih
• Sebanyak 4 buah bawang merah
• Sebanyak 1 sendok teh Ketumbar
• Sebanyak 3 cm Kunyit
• Sebanyak 3 cm Jahe
• Sebanyak 4 butir Kemiri

Bahan untuk bikin Kaldu Mie Ayam :

• Sebanyak 2 liter air
• Sebanyak 1/2 kg Tulang ayam
• Sebanyak 1 sendok teh garam
• Sebanyak 1/2 sendok teh lada bubuk

Langkah Bikin Mie Ayam Spesial :

Kaldu Mie Ayam : Rebus air sampai mendidih, input tulang ayam, rebus dengan api kecil sampai kaldu keluarkan aroma harum. Imbuhkan lada bubuk serta garam seperlunya.Tumis bumbu halus sampai harum, input daging ayam, tumis hingga bumbu menyerap ke daging ayam, imbuhkan penyedap rasa, tumis sebentar, angkat, sisihkan.
Masukkan 2 sendok makan minyak ayam ke mangkuk, 1/4 sendok teh penyedap rasa.
Rebus mie basah serta daun caisin yang sudah dirajang sampai masak, angkat serta tempatkan dalam mangkok diisi bumbu, masukkan daging ayam tadi 2 sendok makan.
Taburkan bawang goreng serta daun bawang yang sudah dirajang.

Mie Ayam siap untuk di sajikan.

profile-picture
profile-picture
rony25 dan bayu.good memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
jadi lapar gan emoticon-Hammer (S) apalagi dimakan saat ujan2 hmm emoticon-Hammer (S)
termasuk makan favorit ni mie ayam
apalagi kalo pake daging yg merahemoticon-Ngakak (S)
jadi inget tahun 90an

harga mie ayam masih 50 perak hahahaha
termasuk ane paling suka makan mie ayam emoticon-Genit
mie ayam.baso, tongseng, kamporit ane
Ajib abis gan emoticon-I Love Kaskus
jadi pengen om emoticon-Frown
akan lebih terlihat tampan jika mangkuknya menggunakan gambar ayam jago emoticon-Cool



salam TAMPAN
jadi laper emoticon-Genit
lapar emoticon-Matabelo

ane mah mie lovers, mau mie ayam, mie baso, mie apa deh asal jgn mie ceker ane suka emoticon-Matabelo

jgn lupa ditambah sambel yang banyaaaaaaak banget emoticon-Salaman
kalaw mie sapi ada gaq bray
inget kampung halaman TASIKMALAYA,,,
itu gudangnnya Bakso ma Mie Ayam enak.... emoticon-Ngakak (S)
ternyata begitu sejarahnya emoticon-Matabelo

panjang x lebar ye...
Quote:


taun segitu ane belom lahir, agan udah gede aja emoticon-Ngakak (S)
baru tau ane sejarahnya
cuma suka makannya aja
Yaaang ane tau Mie ayam itu.. Mie yang pake ayam alias tinggal makan emoticon-Ngakak

Udh gitu aja
ane suka serem gan makan mi ayam, takut dagingnya pakai daging tikus emoticon-Takut
ane sukanya pangsit gan emoticon-Big Grin
Quote:


50 perak?
murah bingit gan...


emoticon-Matabelo
makasih
deket kantor ane ada mie ayam spesial gan harganya 12 rb enak banget, bersih cuma sempit tempatnya saosnya juga pake saos botol yang dijual supermarket sayang ane ga bisa sering makan mie karena punya penyakit maag padahal ane doyan banget sama mie
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di