alexa-tracking

Penjelasan Pesawat Antariksa Terbang ke Luar Angkasa

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/562ad0de5c77983d558b456a/penjelasan-pesawat-antariksa-terbang-ke-luar-angkasa
Penjelasan Pesawat Antariksa Terbang ke Luar Angkasa
JAKARTA – Roket, siapa yang tidak tahu benda untuk membantu manusia menjelajah luar angkasa ini. Benda yang mampu menampung manusia di dalamnya mampu menembus beberapa lapisan pelindung Bumi dan melayang di antariksa secara aman.
So, bagaimana roket itu bisa bekerja bahkan bisa menembus langit hingga ke luar angkasa dengan selamat? Agar bisa meluncurk ke luar angkasa, sejatinya roket hanya menggunkan konsep teknologi standar, seperti yang dikemukakan dalam video yang diunggah Learn Engineering di YouTube, Sabtu (23/10/2015). Supaya roket bisa bergerak, diperlukan adalah massa dengan kecepatan tinggi sehingga mendorong roket yang berisi pesawat antariksa untuk menembus lapisan atmosfer. Cara Kerja Mesin Roket
ADVERTISING
Untuk menyemburkan massa dengan kecepatan tinggi, pastikan bahan bakar (Fuel) dan oksidator (Oxidizer) terbakar di Cumbustion Chamber (ruang pembakaran) roket. Cumbustion Chamber juga memiliki bahan bakar dan oksidator tercampur dengan cara efisien.
Kecepatan tinggi jet melewati tiga bentuk special Nozzle roket (bagian bawah roket). Fungsi dari Nozzle adalah meningkatkan kecepatan roket lebih jauh, sehingga meningkatkan dorongan roket. Jenis nozzle ini disebut konvergen divergen nozzle. Aliran sub sonic diubah menjadi aliran supersonic dengan bantuan seperti nozzle.
Cairan bahan bakar sebelum masuk ke Cumbustion Chamber berjalan di sekitar tubuh nozzle. Ini membantu mengurangi cakupan suhu dan menghasilkan beberapa penghematan energi. Untuk memompa bahan bahar dan oksidator cukup dua bagian pumps yang digunakan.
Pumps itu akan mendorong turbin yang terhubung ke poros. Bagian turbin tersebut disebut sebagai turbo pump. Setelah itu, generator gas menghasilkan gas panas yang akan memutar turbin. Sementara itu, buangan dari turbin dicampur dengan knalpot pembuangan roket utama.
Unit ini pada roket disebut mesin roket dan lebih spesifik disebut Liquid Propellant Engine. Ini merupakan yang paling kuat dan serbaguna sistem propulsi roket yang tersedia. Tahap Meluncur dengan Selamat
Untuk bisa mencapai luar angkasa, tentunya dibutuhkan bahan bakar. Oleh sebab itu, bahan bakar dan oksidator yang diperlukan untuk mesin roket disimpan di dua tank besar. Selama lepas landas, dorongan yang dihasilkan oleh mesin utama mungkin tidak cukup, sehingga biasanya beberapa propellant yang terikat digunakan untuk membantu mengangkat roket. Roket mulai dari kecepatan nol dari tanah tetapi harus mempercepat kecepatan akhir sekira 28.000km per jam untuk berhasil mencapai orbit. Propellant meluncur sangat cepat, sehingga untuk mengurangi berat roket, mereka ditinggalkan setelah terbakar. Proses ini dikenal sebagai rocket staging.
ADVERTISING
Ketika mesin utama dibakar, itu juga merupakan banded dan mesin berikutnya mengambil alih muatan. Dengan cara ini menjadikan berat roket sangat berkurang, sehingga kecepatan yang lebih tinggi bisa dicapai. Akhirnya, setelah beberapa tahap operasi,
payload dimasukkan ke dalam orbit yang diinginkan.
(din)

sumber : m.okezone.com/read/2015/10/23/56/1237089/penjelasan-pesawat-antariksa-terbang-ke-luar-angkasa?page=2
ohh gitu gan
kapan ane bisa pergi ke antariksa emoticon-Mewek
pelajaran bagus neh buat pakde kalo mau bikin roket ekonomi lagi
Berita kayak gini bakalan sepi dan malas untuk di baca di BP gan, coba ganti dengan berita hujat-menghujat, dijamin bakal ramai bener.. emoticon-Angkat Beer
Gak ada mulusnya gan.
Ane kurang paham klo cuma diceritain.
emoticon-Ngakak