CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
[Help me!] Bapak Ane Pasien BPJS tapi bayar biaya RS Rp33juta lebih, Gan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5623957a1854f7982e8b456c/help-me-bapak-ane-pasien-bpjs-tapi-bayar-biaya-rs-rp33juta-lebih-gan

[Help me!] Bapak Ane Pasien BPJS tapi bayar biaya RS Rp33juta lebih, Gan!

(Di RSUD Salatiga)

Biaya udah Ane bayar lunas, sih...
Tapi kok rasanya cara bikin harganya gak adil gitu ya?
Masa sih pasien BPJS masih harus bayar biaya Rumah Sakit sampai Rp33.416.999,-

(Total tagihan RS Rp37,4 juta sekian dikurangi potongan BPJS yang hanya Rp4 juta sekian, jadi tombok pasien Rp33.416.999,-)

Ane merasa dirugikan, terutama karena ane sebelum pindah ke VIP yaitu ketika di kelas 1 (3 pasien per kamar), ane udah mencari tahu tanya2 ke banyak tempat di RS tentang kurang lebih berapa banyak tombok ane dan ternyata tidak dapat jawaban.
Tapi setelah menempati VIP semalam, pagi-pagi sudah ada pemberitahuan tagihan sementara Rp13 juta sekian (belum dipotong BPJS). Itu adalah biaya untuk 14 hari di non-VIP dan 1 hari di VIP.

[Help me!] Bapak Ane Pasien BPJS tapi bayar biaya RS Rp33juta lebih, Gan!Klo berkenan, silahkan share thread ini di Facebook, Gan. Biar keluarga, sahabat n teman2 fesbuk agan tidak mengikuti jejak ane.

[Help me!] Bapak Ane Pasien BPJS tapi bayar biaya RS Rp33juta lebih, Gan!

Ini informasi tagihan sementaranya.
[Help me!] Bapak Ane Pasien BPJS tapi bayar biaya RS Rp33juta lebih, Gan!
Download: http://s.kaskus.id/images/2015/10/20...1020124242.jpg

Tolong Gan, Ane musti bagaimana?
emoticon-Bingung

[Help me!] Bapak Ane Pasien BPJS tapi bayar biaya RS Rp33juta lebih, Gan!
Download:
http://s.kaskus.id/images/2015/10/18...1018082027.jpg

YANG BIKIN KAGET ADALAH....

Penjelasan petugas RS yang isinya begini:
Quote:


Tulisan tangan ini ane yang nulis sesuai omongan petugas keuangan RS. Rekaman audio di HP android ane juga ada.

[Help me!] Bapak Ane Pasien BPJS tapi bayar biaya RS Rp33juta lebih, Gan!
Download: http://s.kaskus.id/images/2015/10/18...1018082656.jpg

Karena kaget akan tagihan yang tinggi, ane tanya-tanya ke petugas. Jawaban yang ane dapat adalah:
Quote:




PIHAK RUMAH SAKIT SUDAH MERASA BENAR
Sewaktu ane komplain ke bagian keuangan, staff disana mengatakan semua sudah sesuai aturan. Karena sebelumnya, keluarga pasien sudah menandatangani
Surat Tentang Iur Biaya RS
Butir ke-2 yang isinya:
Quote:


[Help me!] Bapak Ane Pasien BPJS tapi bayar biaya RS Rp33juta lebih, Gan!
Download: http://s.kaskus.id/images/2015/10/18...1018082813.jpg

Ane pikir isi surat tersebut kurang jelas dan tanpa penjelasan lisan yang gamblang sehingga berpotensi menimbulkan kesalahpahaman karena kalimatnya susah dipahami orang awam. Dan lebih buruk lagi, pada waktu tanda tangan, keluarga pasien tidak diberi penjelasan lisan terkait besar biaya yang akan ditanggung dengan pindah ke VIP tersebut. Meskipun bukan angka yang akurat, tapi setidaknya gambaran biaya perkiraan saja tentunya sudah cukup membantu dan menunjukkan keterbukaan terhadap pasien.

Bahkan ketika Ane menemui mbak petugas keuangan, ane tanya kepanjangan INA CBGs dia gak tahu!
Kemudian ane diantar menemui ibu Kepala Bagian Keuangan RS. Menyampaikan keluhan tapi tidak ada jawaban yang memuaskan. Sempat Ane tanya singkatan INA CBGs kepanjangannya apa, beliau bilang juga tidak tahu :-(
Yah.. apalagi keluarga pasien yang orang awam.

Tanpa penjelasan lisan, mana ada sih orang awam yang ngerti:
- Kepanjangan INA CBGs??
- Arti INA CBGs??
- Nilai rupiah terkait INA CBGs??
- Tarif INA CBGs yang menjadi hak peserta??
- Selisih tarif VIP RS dengan tarif INA CBGs yang menjadi hak peserta??
Yang akibatnya pasien tidak bisa memperkirakan besarnya biaya yang harus dibayar.

Ini foto sewaktu ane bertemu ibu Kabag Keuangan (hanya terlihat celananya), yang wajahnya disensor adalah staff nya.
[Help me!] Bapak Ane Pasien BPJS tapi bayar biaya RS Rp33juta lebih, Gan!



Alasan ane pindah dari kelas 1 (3 pasien per kamar) ke VIP (1 pasien per kamar) adalah karena pasien butuh ketenangan, kalau pas ramai pem-bezuk dia suka mengigau dan berontak pas tidur. Apalagi sering pada kondisi kesadaran rendah (seperti koma), kasihan kalau kondisinya kurang tenang.

O, iya.. Sebelum memutuskan mau pindah kamar ke VIP, ane sudah tanya-tanya kira-kira berapa banyak ato berapa persen tambahan biaya yang dibebankan ke pasien.
Ane tanya ke 4 tempat di RS, yaitu:
- Nurse Station Ruang Cempaka
- Bagian Informasi Gedung Paviliun
- Nurse Station VIP lantai 2
- BPJS Center yg berada di Rumah Sakit.

Semuanya jawabannya kompak bin sama: Maaf, kami tidak bisa memperkirakan, Mas... Tapi nanti kalau sudah mau meninggalkan rumah sakit ada tagihannya kok... ---> Sungguh tidak mencerahkan!

Bapak ane dirawat di RS di Salatiga selama 28 hari karena penyakit ginjal, dengan rincian:
- 2 minggu pertama di kelas 1 (satu kamar ada 3 pasien).
- Kemudian pindah ke VIP (Paviliun, satu kamar 1 pasien) tapi hanya beberapa hari saja karena kaget biayanya tinggi tidak terjangkau.
- Kemudian pindah lagi ke kelas I lagi dan sempat dirawat di HCU (High Care Unit).


YANG BIKIN ANE KECEWA ADALAH emoticon-Marah
- Kenapa selama 14 hari di kamar non VIP dikenakan biaya perawatan VIP?
- Kenapa setelah (dari VIP) kembali ke kamar biasa non VIP biayanya tetap biaya perawatan kelas VIP?


YANG BIKIN ANE TAKUT ADALAH emoticon-Takut
Ane khawatir akan banyak pasien BPJS di seluruh Indonesia yang menjadi korban, mengingat kejadian semacam ini bisa terjadi di RS mana saja di tanah air.


YANG ANE INGINKAN ADALAH emoticon-Ultah
Ane ingin ada keterbukaan dan pemberian informasi yang lebih transparan dari pihak RS ke pasien.
Juga, sistem penentuan harga seperti ini bisa direvisi, diubah menjadi lebih adil. Tapi kalau tidak bisa diubah, bisa dikompensasi dengan penjelasan yang lebih transparan sebelum tanda tangan surat pindah kamar.
Biar tidak ada lagi pasien yang sudah kena musibah sakit, tertimpa musibah masalah duit begini.
Bayangkan kalau si pasien kondisinya miskin dan untuk mendapatkan duit segitu perlu jual sepeda motor, hewan ternak dan harus hutang saudara sana-sini.

O, iya.. Kalau duit Ane yang amblas (duit utang, Gan emoticon-Malu (S) ) tentunya sudah gak bakalan kembali lagi, soalnya Ane juga sudah komplain ke Ibu Kepala Bagian Keuangan RS dan jawabnya adalah "maaf, kalau minta kembalian uang enggak bisa, Mas... Datanya sudah keburu masuk komputer, Mas... Maaf, yaa.."


KRONOLOGIS DAN DETAIL INFORMASI
Bapak ane masuk RS di Salatiga tanggal 16 Sept 2015 s/d 13 Okt 2015 dengan keluhan penyakit ginjal. Keluarga kami pilih RS tersebut karena selain merupakan RS besar juga melayani Cuci Darah untuk bapak ane yang gagal ginjal. Cuci darah seminggu 2x.

Kronologis Kamar
Di Kelas 1 (Cempaka 09/2015 - 29/09/2015.
Di VIP (Paviliun Wijayakusuma) 29/09/2015 - 06/10/2015
Di Kelas 1 (Cempaka) 06/10/2015 - 09/10/2015
Di HCU pada 09/10/2015 - 12/10/2015
Di VIP (Paviliun Wijayakusuma) 12/10/2015 - 13/10/2015

Total biaya RS Rp37.462.399,-
Dibayar BPJS Rp4.045.400,-
Dibayar pasien Rp33.416.999,-

[Help me!] Bapak Ane Pasien BPJS tapi bayar biaya RS Rp33juta lebih, Gan!
Download: http://s.kaskus.id/images/2015/10/18...1018082231.jpg

Penyakit
Gagal ginjal dengan komplikasi umumnya.
Sehingga cuci darah 2x seminggu.


Quote:





Tarjo
gembusx@gmail.com
profile-picture
tien212700 memberi reputasi
Diubah oleh lik.paijo1
Halaman 1 dari 35

Silahkan request untuk ditaruh di page one, Gan! Ini tempatnya :-)

Quote:


Baru dari thread ini ada Agan yang kasih pencerahan:

Quote:





Quote:




Ada Agan kaskuser yang juga Sahabat JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) telah nge-share thread ini di Group JKN.
Selanjutnya direspon oleh Tim Kemenkes.

Silahkan disimak, semoga bermanfaat untuk Kaskuser semua!
Quote:





Nice inpoh

Quote:




Dari agan yang lain..

Quote:


Diubah oleh lik.paijo1
Muke gile emoticon-Takut
Mungkin agak bpjs kelas jongos kaya ane
batu sundul gan
Busyett banyak amat mencapai 33 Juta....
Lha biaya obat gmana gan ???
ane bingung mau bantu gimana ganemoticon-Sorry, BPJS makin ruwet sekarang, makanya singkatan BPJS ganti jadi

BaPak Jangan Sakitemoticon-Mewek
Bisa upload suratnya gan? Ane pengen liat tulisan aturan pembayarannya gimana?

Innalilahi wainalilahi rojiun.
Semoga bapa TS diterima amal ibadahnya emoticon-Kiss (S)
Diubah oleh F4thuRz
Quote:


Eh bukanya ada hal tertentu yg gak dicover bpjs
Quote:


Jadi inget meroket roket emoticon-Hammer2
jelas2 curang ni gan.
BPJS ribet amat dah!
mana wajib lg, sial
emoticon-Takut (S)
innalilahi wa innalilahi roji'un gan...

---------------------
BPJS ini memang terbatas untuk obat - obatan yg di cover.
tapi emank peraturan begitu di buat untuk menjebak pasien ye... 14 hari di VIP brp tuh harusnya...? emoticon-Takut (S)

pelajaran yang bisa ane ambil jgn pernah masuk ruang VIP pake BPJS atau gk pake BPJS dah... ngeri mahalnya emoticon-Takut (S)
VIP khusus buat horang kaya tuh kali si RS mikirnya... emoticon-Takut (S)
-------------------------------
ane do'ain orang RS nya nongol di sini gan... biar bisa bayar perawatan nya VIP 14 hari aje yg ke itung... emoticon-Takut (S)
Quote:



ane rasa ini mah BPJS nya gk bermasalah gan... emoticon-Cool

yg di cover BPJS itu 4 juta lho... cuman gara - gara pindah VIP jadi gk di cover BPJS.
ane rasa BPJS itu amat membantu di kala sakit... jadi gk sial" amat lah... emoticon-Betty (S)
parah juga ne BPJS
Wah harusnya ga gitu sih
Kalo yg ane tau ya kalo emank udah pindah k VIP dr hr itu dbhitung bayar
Yg sblmnya klas biasa ttp tanggungan asuransi yah
Ga tau nih BPJS nambah ribet aja
Masih mending juga asuransi yg dlu2 , setidaknya ga menjebak
kadang harus jeli juga make bpjs pasti ada yang engga masuk jaminan
Mending ikut asuransi swasta gan..full cover
dari yang ane tangkap dari diatas kalau pasien bpjs masuk kamar vip sekali aja berarti bpjsnya langsung hangus yemoticon-Bingung (S)
turut berduka gan emoticon-Berduka (S)
thanks for sharing..mudahan banyak yg terbantu karena thread agan emoticon-Belo
BPJS Kesehatan bapak ane adalah yang perorangan kelas 3.

kenapa harus dipindah kan KE RUANG VIP?

jadi yang salah dokter apa rumah sakit?
Diubah oleh ragon88

Nice Info...

Tanggapan dari Manajemen RSUD Salatiga

Quote:








Tambahan dari agan kaskuser:

Quote:



Kasus yang lain...
Quote:



Nice info dari Agan dr Jakarte:
Quote:


Diubah oleh lik.paijo1
Mahal amat
Diubah oleh sapson
Halaman 1 dari 35


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di