alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / Computer Stuff /
Istilah Dalam Dunia Virus, apa itu Malware? Spyware? Adware? Trojan?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/562205df1854f71c6f8b4567/istilah-dalam-dunia-virus-apa-itu-malware-spyware-adware-trojan

Istilah Dalam Dunia Virus, apa itu Malware? Spyware? Adware? Trojan?

Istilah Dalam Dunia Virus, apa itu Malware? Spyware? Adware? Trojan?

1. Exploit
Ini adalah suatu program atau kumpulan data yang masuk ke komputer melalui kelemahan keamanan komputer kita ataupun bug (cacat / kesalahan) suatu aplikasi atau sistem operasi. Exploit bisa melalui jaringan atau komputer lokal yang tidak terkoneksi ke dalam jaringan, serta berfungsi meningkatkan hak akses atas suatu jaringan atau komputer lokal untuk mengendalikan dan mengambil data di dalamnya.

2. Spyware
Suatu program yang terinstall secara diam-diam di komputermu. Setelah terinstall, dia memonitor kebiasaanmu berinternet dan situs apa saja yang sering kamu kunjungi. Spyware ini seperti seorang mata-mata yang menyusup di sebuah kota lalu mengamati tingkah laku dan kegiatan sehari-hari, setelah itu akan datang banyak surat kerumahmu tentang penawaran – penawaran menarik yang berhubungan dengan kegiatan yang kamu sering lakukan.

3. Adware
Adware adalah isitilah untuk Spyware atau isitilah untuk suatu program mencurigakan yang meng - install dirinya secara diam - diam di komputermu. Jika masih belum paham, mungkin analogi nya seperti ini. Spyware adalah menyepak bola. Sedangkan Adware adalah proses menyepak bola tadi, hanya proses tadi diberi nama. Ok understand? Selalu menampilkan iklan pada saat kamu berselancar di internet. Bisa dengan mudah menyingkirkan nya karena jarang berbahaya dan tidak merusak sistem. Namun, tidak jarang ada adware yang tidak hanya menampilkan iklan pada saat kamu memakai internet. Mereka juga dapat mengambil user-id, password , dan daftar alamat e-mail.

4. Malware
Program yang dapat di eksekusi dan merusak sistem komputer kamu. Seorang programmer sering melakukan kesalahan dalam membuat suatu program dan dalam dunia komputer kesalahan itu disebut Bug. Apa hubungannya Malware dengan Bug? Bug yang dibuat oleh seorang programmer itu bisa saja dikategorikan sebuah Malware jika bug dari program yang dibuat olehnya dapat merusak atau mengganggu sisem komputermu.

5. Backdoor
Backdoor adalah suatu mekanisme atau metode yang bisa digunakan untuk mengakses sistem, aplikasi , atau jaringan. Dulunya backdoor ini dibuat oleh seorang programmer agar bisa mengakses programnya sendiri ketika terjadi bug (kesalahan dalam pemograman atau crash yang terjadi pada programnya).

6. Rootkit
Sebuah program atau kombinasi dari beberapa program yang mengambil alih sistem secara luas, misalnya account administrator pada windows. Rootkit ini bisa menyerang segala jenis sistem operasi, akibatnya bisa menghilangkan atau menyembunyikan file-file di sistem.

7. Trojan
Trojan menyusup dan menghancurkan yang diinginkannya, dalam konteks ini adalah komputermu. Tidak seperti virus biasa yang menyerangmu secara langsung, Trojan bergerak diam-diam tanpa kamu ketahui, tetapi potensi merusaknya jauh lebih besar dibandingkan dengan virus.


Kesimpulan
Memang agak membingungkan, karena satu dengan yang lainnya sangat mirip. Cukup ingat saja, jika ada sebuah program perusak yang melakukan aktivitas seperti menginfeksi file, memanipulasi komputer kamu, menghilangkan beberapa file , nangkring di memori , program tersebut adalah virus seperti malware atau trojan. Jika program tersebut menyusup dan mencari informasi seputar aktivitas komputermu kemungkinan adalah Spyware atau Rootkit. Tergantung apa aktivitas setelah meyusup ke komputer kamu. Dan bagaimana trojan bisa mengendalikan komputermu? Itulah fungsi backdoor.

Ayo minum dulu emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast
Nyumbernya Disini
Urutan Terlama
Makasih gan, sangat bermanfaat sekali emoticon-Salaman
nais info tengkeyu pencerahannya


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di