alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56206cc05a5163ff468b456a/aplikasi-android-yang-berguna-bagi-pelajar
Aplikasi Android yang Berguna Bagi Pelajar
Selamat pagi para kaskuser. emoticon-Smilie
Kali ini aku mencoba bikin postingan lagi, semoga tidak salah kamar. Aku ingin membahas 4 aplikasi yang berguna nih buat para pelajar.
Silakan dibaca.
Spoiler for Gambar:

Penerapan kurikulum terbaru di sekolah mengajarkan para siswa untuk menjalani proses belajar secara mandiri. Para siswa seringkali mendapatkan tugas membuat karya tulis berupa makalah maupun rangkuman materi pelajaran yang bersifat multimedia semisal presentasi. Para pengajar ingin menguji kreativitas siswa dalam mengolah sejumlah data yang dikumpulkan dari internet menjadi presentasi ataupun makalah.


Bagi siswa yang keluarganya berkecukupan mungkin tugas dari sekolah akan mudah dikerjakan di rumah. Secara mereka memiliki komputer di meja belajarnya atau bisa meminjam dari orangtua mereka. Tetapi bagi siswa yang tidak memiliki komputer di rumah bakal kerepotan. Apalagi jika jarak rumahnya menuju warnet cukup jauh.


Kehadiran smartphone, salahsatunya ponsel android sekiranya dapat digunakan untuk mempermudah mengerjakan tugas sekolah. Tanpa bermaksud memukul rata, kebanyakan siswa telah akrab dengan ponsel android. Biasanya mereka menggunakan ponsel android untuk sekadar bernarsis ria, pamer di jejaring sosial, dan main game.


Ayolah, sudah waktunya berhenti bermain-main dengan ponselmu. Buang saja game yang memakan banyak memori ponsel dan membuatmu keteteran karena tugas sekolah menumpuk. Sudah saatnya memasang aplikasi yang berguna dalam mendukung proses belajarmu di sekolah. Kali ini aku akan membahas 4 aplikasi yang akan membantumu mengerjakan tugas sekolah, yaitu:

1. Docs To Go
Spoiler for Gambar:

Aplikasi ini merupakan program office mobile yang dapat dipasang dengan mudah di ponsel android. Ukurannya hanya 7,8MB. Sangat ringan dijalankan dan besar manfaatnya untuk mengetik tugas.



Pengguna dapat membuat berbagai dokumen menggunakan aplikasi Docs To Go. Tersedia 3 jenis dokumen yang dapat dibuat dalam aplikasi ini yakni Ms.Word, Ms.Excel, dan Ms.Powerpoint. Aplikasi ini juga dapat membaca file e-book berformat pdf.


Aplikasi ini cukup nyaman digunakan untuk membuat dokumen berupa teks tapi masih kurang mendukung untuk memasukkan gambar di dalam dokumen yang dibuat. Mungkin aplikasi office mobile yang lain semisal Quick Office, Polaris Office, KS Office, dan Microsoft Office Mobile memiliki fitur yang lebih lengkap, tetapi butuh ponsel android dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Kalau untuk ponsel android sekelas Gingerbread dan Jellybean lebih cocok dan nyaman menggunakan aplikasi Docs To Go.

2. Buku BSE
Spoiler for Gambar:

Biasanya para siswa akan langsung nanya Mbah Gugel setiap ada tugas dari sekolah. Tinggal buka peramban, ketik kalimat yang dicari, meluncur ke sumber materi, dan berakhir dengan copas alias menjiplak. Haduh, itu sama saja mencontek namanya. Bukan begitu yang yang dimaksud mengerjakan tugas.

Mengutip ataupun meniru karya tulis oranglain yang tersedia di internet boleh saja, tapi ada aturannya lho. Setidaknya cantumkan sumbernya, atau ditulis sesuai dengan aturan menuliskan kutipan. Meniru bukan berarti menjiplak. Melainkan menuliskan kembali materi bacaan yang ada dengan kalimatmu sendiri. Lakukanlah modifikasi kalimat sesuai pemahamanmu.

Maaf, bukan bermaksud menggurui. Sebatas ingin menyarankan untuk mencari sumber referensi materi tugas dari Buku Sekolah Elektronik yang berbentuk e-book pdf. Nah, bagi yang di sekolahnya kekurangan buku paket dapat memanfaatkan aplikasi Buku BSE ini. Aplikasi berukuran 13,59MB ini memiliki koleksi e-book pembelajaran yang cukup lengkap. Pengguna dapat mengunduh e-book yang tersedia sesuai kebutuhannya.

Selain e-book, adapula menu catatan yang dilampirkan dalam aplikasi Buku BSE. Pengguna dapat melakukan penandaan dengan membubuhkan coretan layaknya stabilo pada bagian teks yang dianggap penting. Bisa juga menambahkan gambar nota kecil pada halaman e-book sebagai pembatas buku.

3. Catch Video
Spoiler for Gambar:


Adakalanya seorang guru memberikan tugas untuk mempresentasikan materi pelajaran dalam bentuk video. Ada yang memperbolehkan siswanya untuk sekadar menampilkan video hasil unduhan dari internet. Adapula yang menyuruh siswanya membuat presentasi video sendiri. Aplikasi Catch Video dapat membantu siswa dalam mengunduh video pembelajaran dari internet melalui ponsel android.

Aplikasi berukuran 1.03MB ini sangat mudah digunakan dalam mengunduh video. Cukup mengetik kata kunci di kolom pencarian, maka video yang dicari dapat mudah ditemukan dan langsung di unduh. Pengguna bisa memilih format video yang diunduh sesuai kapasitas ruang ponselnya. Tersedia video berformat 3gpp, MP4 LQ, MP4 HQ, dan musik MP3.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Mobomarket. Layanannya juga gratis walaupun butuh kuota internet untuk menjalankan aplikasinya. Biarpun aplikasi ini memungkinkan untuk mengunduh video apapun, tapi sebaiknya pergunakan secara bijak. Jangan mengunduh video asusila yang akan mencemari ponselmu. Ingat, ketika melakukan presentasi di kelas, ponselmu akan terhubung ke komputer sekolah.

Apabila aplikasi Catch Video sekiranya masih kurang maksimal dalam mengunduh video, pengguna dapat menggunakan Vidmate yang berukuran 3,35MB sebagai aplikasi alternatifnya.

4. Klip Mix
Spoiler for Gambar:


Aplikasi berukuran 5,31MB ini berupa video maker sederhana. Aplikasi Klip Mix dapat diakses secara offline tanpa membutuhkan kuota internet. Fitur yang tersedia meliputi create video(bikin video), trim video(edit video), merger video(gabung video), dan video to MP3(ubah video jadi musik).


Video yang dihasilkan oleh aplikasi Klip Mix berupa slideshow sederhana yang dapat ditambahkan alunan musik. Aplikasi ini belum mendukung penambahan efek maupun teks, mengingat ukurannya yang cuma 5MB. Untuk membuat video dengan berbagai fitur pendukung, silakan mengunduh aplikasi serupa di Mobomarket.
Spoiler for Gambar:


Maaf, bila ulasanku terlalu panjang. Semoga bermanfaat.[maro] ^_^
Tulisan ini juga diposting di blog pribadiku.