CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/561c9fe21a99754d548b456a/mengapa-rokok-begitu-populer-di-indonesia

Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?

Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?

Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?
Dewasa ini, tak sulit menemukan orang merokok di tempat-tempat umum. Ada 1 miliar perokok di seluruh dunia. Rokok begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Indonesia bahkan menjadi negara konsumen rokok terbesar ketiga di dunia pada 2014 setelah India dan Tiongkok. 65 juta dari 250 juta penduduk Indonesia adalah perokok dengan konsumsi rokok mencapai 270 miliar batang dalam setahun atau setara 4.153,85 batang tiap perokok per tahun. Mengapa rokok begitu populer di Indonesia?

Harga Rokok Terjangkau dan Termasuk Paling Murah di Dunia
Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?
Harga rokok di Indonesia termasuk murah jika dibandingkan dengan negara lain di dunia, bahkan termasuk termurah ketiga di belakang Vietnam dan Tiongkok. Harga rokok di Indonesia untuk kemasan isi 12 batang berkisar antara Rp10.000 dan Rp18.000. Sebagai perbandingan, harga rokok di Singapura mencapai Rp90.000-Rp100.000. Apalagi, rokok di Indonesia dapat dibeli per batang(ketengan)dengan kisaran harga Rp1.000. Namun, perlu Anda garisbawahi bahwa perhitungan ini hanya melihat dari sisi nominal (nilai / harga) saja. Jika melihat dari kondisi perekonomian dan pendapatan di masing-masing negara, kesimpulan yang didapat mungkin akan berbeda.

Indonesia adalah Salah Satu Produsen Rokok Terbesar di Dunia
Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?
Berhubungan dengan poin nomor 1, murahnya harga rokok di Indonesia tak dapat dilepaskan dari posisi Indonesia sebagai salah satu produsen rokok terbesar di dunia. Konon, pada 2010, ada 3.800 pabrik rokok di seluruh tanah Air, terbanyak di dunia. Pada 2014, Indonesia memproduksi 362 miliar batang rokok. Di Indonesia, merek rokok pun sangat banyak dan 1 perusahaan dapat memiliki beberapa merek rokok. Tak heran, konsumen rokok di Indonesia begitu dimanjakan dengan pilihan rokok yang sangat beragam. Tak heran pula, banyak merek rokok asing yang masuk ke Indonesia. Serapan tenaga kerja di industri rokok pun cukup besar. Pada 2015, industri ini melibatkan tenaga kerja hingga 6,1 juta orang. Pendapatan cukai dari rokok mencapai Rp111,4 triliun dengan nilai ekspor US$804,7 juta pada 2014.

Iklan Rokok yang Masif
Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?
Salah satu poin penting dari suksesnya sebuah produk adalah pemasaran, terutama iklan. Iklan rokok di Indonesia jumlahnya sangat banyak dan dapat ditemukan di berbagai media massa seperti surat kabar, majalah, tabloid, internet, billboard, radio, dan televisi. Iklan rokok Indonesia pun terkenal sebagai iklan rokok yang kreatif dan banyak diparodikan. Merek rokok bahkan sering menjadi sponsor berbagai event seperti pertunjukan musik dan kegiatan olahraga meski kini sudah dibatasi.

Mudah Diperoleh
Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?
Rokok di Indonesia cukup mudah diperoleh. Rokok dapat dibeli di warung, minimarket, supermarket, dan pedagang asongan. Bahkan rokok bisa dibeli secara ketengan atau per batang di pedagang asongan.

Anggapan Merokok itu Keren
Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?
Ada anggapan bahwa merokok adalah kebiasaan yang keren dan maskulin. Akibatnya, orang pun merokok agar kelihatan keren di mata teman-temannya.

Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?
Demikian alasan mengapa rokok begitu populer di Indonesia. Rokok di Indonesia bagaikan dua sisi mata uang koin. Di satu sisi, rokok memberikan pemasukan cukai yang besar bagi negara dan memberikan pekerjaan bagi banyak orang. Di sisi lain, rokok membahayakan kesehatan dan menimbulkan berbagai penyakit seperti serangan jantung. Saat negara-negara lain seperti Jepang menunjukkan penurunan jumlah perokok dari tahun ke tahun, jumlah perokok Indonesia menunjukkan peningkatan. Bahkan, mayoritas perokok di Indonesia adalah kelompok menengah ke bawah dan 70 persen dari perokok aktif adalah remaja berusia antara 16 dan 26 tahun yang menjadi masa depan bangsa ini. Semua kembali kepada kebijaksanaan kita masing-masing untuk memilih apa yang terbaik bagi diri kita dan lingkungan kita. Ingatlah bahwa perokok pasif lebih merasakan dampak rokok daripada perokok aktif. Terima kasih telah membaca thread ini dan semoga hari Anda menyenangkan.

Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?
Referensi I
Referensi II
Referensi III
Referensi IV
Referensi V
Referensi VI
Referensi VII
Referensi VIII
Referensi IX
Referensi X

Apresiasi dari Kaskuser
Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?

Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?

Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?
Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?

Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?

Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?
Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?
Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?
Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?


Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?

Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?
Polling
1,498 Suara
Apa Cara Menekan Jumlah Perokok di Indonesia yang Efektif? 
Diubah oleh gilbertagung
Halaman 1 dari 54

Komentar dari Kaskuser (Part 1)

Spoiler for Komentar dari Kaskuser:
Diubah oleh gilbertagung
Bener semua gan
Hukum dan pengaturan ppenjualan rokok masih belum ketat
siapapun bisa beli, bahkan anak-anak yang dibawah umur aja bisa bebas beli diwarung-warung
-----

ada yang nitip nih, siapa tau ada yang bisa bantu:

Quote:


Diubah oleh ularpiton
iya gan kata orang orang ga ngrokok ga laki tapi kalo laki impoten apa masi disebut laki emoticon-Cool
Quote:


alasan yang bisa diterima ama kang rokok : " disuruh bapak " Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?
cukai tembakau salah satu penghasilan negara yg paling besar... :trave
ngerokok enak kalo lagi boker gan emoticon-Blue Guy Peace
ayam berkokok diatas genteng
g merokook agan g ganteng emoticon-Ngakak
ntarr klo nggak merokok dikatain banci emoticon-Frown
aah elllaaaaaaaaaaaaahh benccong taman lawang juga pada ngrokok
Rokok juga jadi salah satu pemasukan untuk negara
Merokok sudah jadi semacam budaya di indonesia,gan

setiap ngumpul2,terutama cowo.pasti ga ada yang namanya rokok kopi
Quote:


Ironis 'kan gan?
rokok dah kayak kacang rebus
merokok mengganggu kesehatan dompet
Quote:


True Story.emoticon-Cool

Quote:


Kalau impoten bahaya tuh. Masa depan suram.emoticon-Takut (S)

Quote:


Agan bisa aja.emoticon-Ngakak
Quote:


Maksud agan?emoticon-Bingung (S)
Ane suka iklan rokok yg dulu. Keren banget
Memperlihatkan kekeayaan alami indonesia emoticon-Matabelo
gara2 kebanyakan nonton filem koboy
termasuk stigma bagi sebagian kalangan kalo ngerokok itu membuat lebih emoticon-Cool
udh membudaya kaya nya rokok
Quote:


Udah mendarah daging gan

Pejwan ane closed emoticon-Betty
bener banget gan, tapi ane gak doyan rokok yaemoticon-Ngakak (S)
Halaman 1 dari 54


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di