keleponbrebesAvatar border
TS
keleponbrebes
[main kaya kayaan yuk] Tokoh Kita: Danny Oei Wirianto Sosok Dibalik Sukses Kaskus
Sebagai Komunitas terbesar di Indonesia, Kaskus ditemukan pertama kali oleh Andrew Darwis di Seattle, USA pada tahun 1999. KASKUS terkenal dengan muatan lokal yang unik khususnya dalam penggunaan bahasa sehari-hari khas KASKUS. Kesamaan dalam hobi dan ketertarikan akan suatu hal menjadi faktor penting yang menyatukan setiap orang tersebut, tanpa peduli dengan latar belakang masing-masing orang dalam komunitas tersebut. Berdasarkan data dari Alexa, tahun 2010 ini KASKUS berada di peringkat satu sebagai website komunitas dan peringkat enam sebagai website yang paling banyak di akses.

Seseorang dibalik kesuksesan Kaskus adalah Danny Oei Wirianto. Pendiri SemutApi Colony ini menjabat sebagai Chief Marketing Officer KASKUS. Danny telah sukses merubah citra KASKUS sehingga menjadi bintang seperti sekarang ini. Melalui beragam upaya dan publikasi telah sukses mengangkat image KASKUS dimata masyarakat, sebagai website yang berdedikasi tinggi untuk interaksi sosial dan perkembangan komunitas. Danny juga berusaha untuk meningkatkan pengetahuan website ini dengan menekankan solidaritas antar anggota melalui seminar, talk show interaktif, atau gathering.

Danny dikenal sebagai pelopor dalam mengubah citra KASKUS Networks dan juga menciptakan strategi pelaksanaan dan pengelolaan program pemasaran dan penjualan. Pria kelahiran Jakarta, 1 November 1974 ini mendapat gelar kehormatan BFA dari Kendall College of Art and Design, telah menunjukan kemampuannya dalam menangani merek yang mendunia (global brands), khususnya pada Agency.com, dimana ia memimpin inisiatif joint venture di Seoul, Korea.

Danny merasa sangat terhormat dan kaget bisa terpilih menjadi Tokoh Kita Beswan Djarum dibulan Maret dan ia sangat berterima kasih atas kepercayaan yang di beri oleh pihak Djarum. Danny menuturkan menjadi tokoh di Beswan Djarum membuat matanya terbuka karena melihat talenta-talenta muda berbakat di Indonesia yang sangat potensial dan antusias. Danny pun berharap semoga program Beswan Djarum akan tetap berlangsung terus sepanjang masa. Dirinya melihat banyak talenta-talenta muda yang akan menjadi penerus bangsa dan juga berkontribusi untuk bangsa di masa depan. "Terima kasih untuk Djarum yang sangat peduli terhadap pendidikan dan juga terima kasih karena telah menelurkan talenta muda berbakat yang bisa dibanggakan." ujarnya.

Member Beswan Djarum mendapatkan kesempatan untuk bertanya langsung kepada Danny Oei Wirianto dan penanya yang beruntung mendapatkan merchandise berupa buku berjudul "15 Kesalahan Dalam Branding". Mereka yang beruntung mendapatkan buku tersebut ialah Erlina Soebroto, Baraputra Christian Octavianus, Didi Pramono, Danang Santoso, Ferdinand Hidayat, Rida Efriani, Edy Hardiyanto, Puspitaning Tyas Aisyah, Hendra Ariyudha, Arnis Silvia. Selamat ya bagi para pemenang. Danny menilai pertanyaan yang diajukan para penanya sangat challenging dan berbobot. Pertanyaan yang datang dari peserta Beswan, membuat dirinya berpikir keras untuk menjawabnya. Dan pertanyaan-pertanyaannya juga sangat dalam dan bervariasi. Pertanyaan tersebut yang membuka matanya mengenai talenta berbakat di Beswan. Inilah 10 pertanyaan dari sejumlah pertanyaan beswan Djarum kepada Danny Oei Wirianto.

Erlina Soebroto: Gimana caranya dan dari mana mendapat ide mempopulerkan kaskus di saat yang bersamaan dengan maraknya penggunaan facebook???

Danny Oei Wirianto: Tahun 2008-2009 adalah tahunnya Facebook, semua operator berlomba utk menggunakan facebook dalam kampanye mereka, ini adalah salah satu yang membuat facebook sukses. ketika melihat situasi ini, yang kami lakukan lebih menahan diri supaya tidak tabrakan. apalagi dalam memposisikan brand kaskus terhadap facebook. Kalau facebook, kita datang karena kita mau bertemu dengan teman2 yang sudah ada atau kenal sebelumnya. kalau kaskus, kita datang karena informasi dan akan bertemu dengan teman2 baru yang se Interest, sehobby dan sehati, hal ini yang menyebabkan loyalitas dari kaskuser sangat tinggi. idea utk mempopulerkan terinspirasi dari banyak hal, termasuk juga dari pergerakan facebook didunia. Membaca juga bisa membantu naikan inspirasi.

Baraputra Christian Octavianus: Tiga hal apa yang terpenting yang ada di dalam diri anda yang menjadikan anda seperti sekarang dan mengapa tiga hal tersebut menjadi hal yang terpenting? Thx.

Danny Oei Wirianto: Passion, be Curious and Fun Passion sangatlah penting buat saya dan mungkin banyak orang, bagaimana saya bisa sangat menyukai perkerjaan saya dengan penuh hati sehingga membuat saya bangun ketika jatuh, dan makin motivasi utk lebih sukses karena utk memproduce sesuatu yang saya bisa banggakan dan cintai. Be Curious tanpa ada rasa keingintahuan mungkin saya akan menjadi orang yang biasa-biasa aja, gak ada motivasi dalam mempelajari hal yang baru, mengetahui tekhnik marketing yang inovasi, tanpa ada rasa keingintahuan akan membuat saya mati rasa dan bosen dengan apa yang ada. Rasa penasaran dalam mempelajari sesuatu sangatlah membantu dalam hidup saya. Saya lulusan Fine arts yang tidak ada hubungan sama sekali dengan IT, akan tetapi karena saya penasaran maka sampailah saya dengan titik karir saya saat ini. fun. Hidup cuma sekali, setengah dari hidup kita akan kerja, kalau kita tidak menikmati atau menjalani kerjaan kita dengan fun akan menjadi sulit. Apabilia juga kalau kita melihat semua challenge sebagai fun, akan lebih mudah ketimbang kalau kita stress.

Didi Pramono: Halo bang dany. bang, gimana sih caranya ngembangin usaha website KASKUS? mulai dari mana biar masyarakat interest dan gabung m komunitas tersebut? selama ini kendala-kendala yg ada apa bang? dan strategi apa yg abang lakuin buat ngatasin kendala itu? dan yg terpenting, apa sih yg jadi motivasi bagi abang untuk tetep survive?

Danny Oei Wirianto: Kami para management selalu berusaha utk mengembangkan kaskus dari segi bisnisnya, dengan membuka peluang2 yang baru dan membuka kerjasama partnership dengan business lainnya untuk mengembangkan dari sisi commercialnya website kaskus sebelum new management itu kira2 menghasilkan sekitar "X" amount dalam setahun, sekarang sudah menghasilkan sekitar 2 X dalam sebulan. pertumbuhan yang sangat pesat karena restructuring dalam ads inventory dan juga menyusun kerjasama yang sangat bagus dengan bisnis partner yang lain. Dalam marketing untuk meningkatkan interest dan gabung dengan Kaskus Komunitas, banyak Variasi methode yang saya gunakan dalam merubah image kaskus, pertama saya membuat positioning Brand Kaskus berubah dari forum menjadi komunitas dan marketplace yang gratis. kedua membersihkan konten2 yang tidak sesuai dengan uuite ketiga menggunakan guerila marketing dan taktik taktik yang tidak mengeluarkan biaya yang banyak. Kekuatan Loyalitas dari kaskuser dan culture yang sudah ada didalam kaskus sendiri adalah yang membuat kaskus begitu special, saya hanya menggunakan culture mereka dan membuat bahasa mereka menjadi sesuatu yang cool. Empowering kaskuser melalui komunitas kita, seminar dan publication untuk berbangga dengan bahasa/culture yang diciptakan oleh kaskuser untuk kaskuser Sehingga spiral WOM effect yang kaskuser buat adalah membuat kaskuser yang berjumlah 350 ribu orang langsung berlipat menjadi 1.5 juta dalam kurun waktu 1.5 tahun dan saya selalu percaya dengan "be Presence where your consumer are", yang berarti kaskus selalu berada dimana customer kami berada, baik difacebook, komunitas lainnya ataupun twitter sekalipun Innovative adalah key to survive, berusaha utk berpikir yang baru dan mengeluarkan features yang luamayan menarik bagi Kaskuser kita.

Danang Santoso: Apa sih sebenarnya tipsnya supaya bisa sukses dan jadi seperti mas?

Danny Oei Wirianto: Rasa keingintahuan sih yang utama mendorong saya bisa maju, tanpa adanya rasa tersebut mungkin hidup saya akan bisa beda cerita. emoticon-Smilie Keingintahuan memberi kita kesempatan untuk lebih mengenal lebih dalam atau mendapatkan informasi yang lebih lengkap, mempelajari sesuatu, mengenal seseorang dan semua ini diinisiatifkan dari rasa tersebut untuk mensatisfy pikiran kita. passion juga yang bisa membuat saya seperti sekarang, mencintai apa yang dikerjakan adalah sesuatu yang sangat penting. tanpa adanya passion, ambisi kita akan padam dan akan sangat merana.

Ferdinand Hidayat: Hi mas Dani.. Saya Ferdinand Hidayat.. Saya mau tanya neh, apa yang pertama kali mas pikirkan, sehingga mas mau bergabung dengan kaskus? Lalu interpretasi awal mas tentang kaskus gimana?? lalu saran mas untuk generasi muda sekarang itu apa? (terutama buat beswan djarum).

Danny Oei Wirianto: Pertama kali yang saya pikirkan ketika bergabung dengan kaskus adalah Challenge. Bagaimana bisa membangunkan macan tidur dan bisa mengaum dengan keras sampai didengar kepelosok mancanegara. Merubah persepsi masyarakat yang negatif menjadi positif dalam marketing dan brand kaskus. Pesan saya kepada yang lebih muda.
1. Be curious. rasa keingintahuan adalah kunci kesuksesan, tanpa adanya rasa penasaran dalam diri kita akan membuat kita mau belajar, mengetahui, dan menggeluti.
2. Jangan menyerah. Tuhan tidak akan pernah memberikan beban yang kita tidak sanggup dipikul oleh kita. Oleh karenanya ketika kita mau menyerah, kita harus bangkit dan terus melakukannya, pada akhirnya akan paid off. Dalam berusaha, kadangkala tidak akan berhasil dalam sekali coba, kadang musti berkali-kali dicoba.
3. Be Passionate. tanpa adanya cinta terhadap apa yang kita lakukan, semua akan menjadi berat. Kalau kita mencintai dan menyukai pekerjaan kita, semua akan menjadi ringan.
4. Have Fun. Hidup cuma sekali, ketika kita berkerja, setengah dari hidup kita akan penuh dengan kerjaan. Apabila kita tidak having fun dengan pekerjaan kita, maka hidup kita akan sengsara. You have a choice to pick, have fun or not with your job.

Rida Efriani: Salam sukses untuk pak Danny Oei Wirianto saya sangat menyukai KASKUS, menarik, inform dan tidak membosankan. Bapak sungguh sangat berhasil dalam membuat KASKUS menjadi TOP saat ini. Namun ada yang ingin saya tanyakan, saat ini saya tengah mengelola sebuah web komunitas jambizone.com awalnya saya begitu bersemangat, namun seiring waktu berjalan, rasa jenuh datang, saya merasa tidak bersemangat lagi untuk mengelolanya. Bisa karena faktor kesibukan bisa juga karena saya merasa web ini kurang menari untuk daerah saya, jambi. kepada bapak saya ingin bertanya, bagaimana tips agar web kita menarik bagi pembaca,? kemudian bagaimana cara yang lebih efisien agar pembaca mau singgah di web kita.? dan terpenting untuk saya pribadi, apa yang harus saya lakukan agar kembali bersemangat untuk mengelola web tersebut. terima kasih dan sukses untuk kita semua.

Danny Oei Wirianto: Terima kasih atas complemennya akan tetapi hasil team yang membuat kaskus image sangat baik. dalam menarik pengunjung anda harus melakukan survey kepada audience anda dan tanyakan apa yang disukaiin, dengarkanlah mereka atau perhatikan analyze website kita dan lihat dari perkembangannya apa yang sering dikunjungi atau respon yang bagus dari suatu content di website anda. Kejenuhan dalam bisnis sudah pasti. Akan tetapi kalau kita berhenti ditengah jalan karena jenuh artinya kita menyerah. Jenuh bisa dikalahkan dengan memotivasi diri untuk mencintai apa yang anda lakukan dan membawa partner yang bisa memperluas dan membuat anda lebih bersemangat. Think big, it will come true if you work hard, put your heart on it and dont forget to pray. emoticon-Smilie

Edy Hardiyanto: Apakah keinginan sepuluh tahun mendatang dengan kehadiran kaskus? dan seperti apa kenyataan kaskus sekarang dibandingkan dulu pertama kali diluncurkan, apakah pelajaran penting yang diperoleh atas kenyataan ini?

Danny Oei Wirianto: 10 tahun lagi, mudah2an kaskus bukan sekedar kaskus seperti ini, tapi kaskus yg telah evolve menjadi marketplace yang terpercaya, mempunyai inovasi technology yang baru, menjadi payment online yang standard di indonesia dan mempunyai jaringan luas diseluruh dunia. pelajaran penting. Just dont give up. Andrew darwis started this with 7 dollar. now the company worth more than 50 Million dollar.

Puspitaning Tyas Aisyah: Hai agan Danny. Langkah real apa saja yang sudah dilakukan dalam perubahan citra kaskus? Untuk membuat sebuat web komunitas, bagaimana cara untuk mengontrol para member di Internet yang sulit terkontrol agar tetap berada pada jalur yang dicita-citakan pengembang web? Salam Beswan emoticon-Smilie

Danny Oei Wirianto: Marketing taktik yang kami gunakan di Kaskus sangatlah simple. Mostly empowering the community, open partnership, guerilla marketing and also famous by association teknik. Variasi methode yang saya gunakan dalam merubah image kaskus, pertama-tama saya membuat positioning Brand Kaskus berubah dari forum menjadi komunitas dan marketplace yang gratis. kedua membersihkan konten2 yang tidak sesuai dengan uuite ketiga menggunakan guerila marketing dan taktik taktik yang tidak mengeluarkan biaya yang banyak. Kekuatan Loyalitas dari kaskuser dan culture yang sudah ada didalam kaskus sendiri adalah yang membuat kaskus begitu special, saya hanya menggunakan culture mereka dan membuat bahasa mereka menjadi sesuatu yang cool. Empowering kaskuser melalui komunitas kita, seminar dan publication untuk berbangga dengan bahasa/culture yang diciptakan oleh kaskuser untuk kaskuser Sehingga spiral WOM effect yang kaskuser buat adalah membuat kaskuser yang berjumlah 350 ribu orang langsung berlipat menjadi 1.5 juta dalam kurun waktu 1.5 tahun dan saya selalu percaya dengan "be Presence where your consumer are", yang berarti kaskus selalu berada dimana customer kami berada, baik difacebook, komunitas lainnya ataupun twitter sekalipun dalam mengontrol member, itu sangatlah sulit, akan tetapi kalau member mengkontrol member lain akan menjadi mudah. makanya kita lakukan mekanisme laporan member yang dinamakan Lapor Hansip. pada intinya hansip meronda utk menjaga ketentraman kaskus komunitas.

Hendra (Ariyudha): Kaskus adalah salah satu situs forum komunitas maya terbesar di Indonesia. Dengan member hingga kurang lebih 1 satu juta orang dan perputaran uang mencapai 100 (seratus) miliar per bulan menjadi bukti bahwa member Kaskus adalah pangsa pasar yang sangat potensial untuk digarap. Apa yang membuat orientasi bisnis dari situs ini begitu diminati dan dipercaya oleh masyarakat kita? Untuk Forum Jual Beli (FJB) misalnya, saya dengar ini akan mengadopsi model transaksinya seperti situs lelang e-Bay. Mengapa harus begitu?Apa dasarnya? Terkait dengan etika dunia maya, sebelum adanya undang-undang ITE yang dikeluarkan oleh Depkominfo, sebutlah ada konten thread BB17 (buka-bukaan 17 tahun) yang dulu sempat ada di situs ini. Konon pada topik ini menyajikan berbagai macam erotisme dari yang semi vulgar sampai yang sangat vulgar. Bagaimana dengan sekarang?Apakah pihak Kaskus itu sendiri masih menayangkan konten tersebut?Jika tidak, bagaimana kiat serta antisipasi untuk mengatasi terbitnya konten-konten itu supaya tidak terjadi di situ Kaskus karena saya masih melihat tampaknya masih ada beberapa member yang blak-blakan soal itu (konten tadi). Ada semacam perangkat aturannya atau tidak? Isu terakhir, saya dengar pemerintah kita berencana akan mengeluarkan RPM Konten Multimedia oleh (lagi-lagi) Depkominfo. Bagaimana jika peraturan ini disahkan dan gimana tanggapannya?Saya mendengar di Kompas baru-baru ini, tampaknya pihak Kaskus akan hengkang ke Singapura? Apakah itu benar? Mengapa? Mohon dijawab ya Mz Danny. Terima kasih.

Danny Oei Wirianto: Sejak tahun 2008, kaskus telah mengikuti UU ITE dan kaskus juga berkomitmen untuk bersih, aman dan nyaman bagi pengunjungnya. BB117 telah kita tutup dan kita berusaha untuk menurunkan postingan yang bersifat negatif atau merugikan orang lain berdasarkan laporan dari pengguna. Kami sedang mendevelop marketplace yang dimana, orang bisa menggunakan berbagai macam cara untuk berjualan, lewat tawar menawar, bidding ataupun fixed price. kami berusaha menyediakan alat yang disukai oleh penjual maupun pembeli didalam online transaksi. Masalah RPM konten sangat berhubungan dengan privacy policy dan kebebasan dalam berbicara. Pihak Kaskus sangat menghargai kebijaksanaan tersebut, akan tetapi kebijaksanaan tersebut tidak konsekuen dengan UUITE dan terjadi overlapping dalam peraturan. Terdapat beberapa butir dalam RPM konten yang sangat memberatkan kaskus yang naturenya web 2.0 Kalau Rpm konten diterapkan, kaskus akan menjadi korban pertama dan sudah pastinya karena kita tidak bisa beroperasi maka dari itu kita musti memindahkan server kita untuk melayani jutaan masyarakat indonesia yang menganggap kita berguna utk mereka. Tidak ada pilihan lain.

Arnis Silvia: Assalamualaikum Gan.. teringat Kaskus, teringat twitnya Raditya Dika "Kalau muda mau jadi juragan, gabung di Kaskus" (tips bisnis gokil ala Radit). Saya mau tanya nih, 1. Di kaskus ada beberapa istilah unik, yang mungkin hanya diketahui oleh Kaskuser aja, kayak "agan", "momod", "mimin", "cendol", "bata", de el el. Bisa diceritakan asal usul istilah tersebut? 2. Seiring dengan layaknya cyber crime dalam e-trading, apa yang dilakukan Kaskus untuk menjamin keamanan transaksi jual beli antar membernya? 3. Mnurut anda, apa sumbangsih Kaskus bagi bangsa kita? Terima kasih emoticon-Smilie

Danny Oei Wirianto: 1. Bahasa "agan", "momod", "mimin", "cendol", "bata", de el el emoticon-Smilie diciptakan oleh kaskuser untuk kaskuser. Kaskuser yang menciptakan bahasa baru tersebut, membuat lebih mudah diingat dalam bermain dikaskus.
2. Keamanan dalam transaksi jual beli antar member, saat ini kami memperingatkan kepada members untuk berhati-hati dan membaca peraturan atau tips informasi yang ada disetiap komunitas. kalau bisa lakukan COD, atau bertemu langsung, dan cari recommended seller yang terpercaya.
3. Sumbangsih Kaskus bagi bangsa. kaskus telah menjadi suatu tempat dimana banyak orang yang belajar dan mendapatkan info mengenai banyak hal. Dan juga Kaskus telah membuat sarana gratis dimana orang bisa berkumpul dan menikmati pertemanan dan juga tempat untuk bertransaksi, berjualan secara gratis, mendapatkan barang informasi dan dapat membelinya dengan harga yang dimaui. Mudah2an kedepannya kaskus terus bisa membuat innovasi yang bagus dan membantu lebih banyak lagi.

sumur

**************


networth kaskus/darwis USD 50 juta.
networth agnes monica USD 16 juta.

berapa networth agan? emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh keleponbrebes 04-10-2015 16:36
0
4.4K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan