alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban
4.53 stars - based on 488 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/560194d91cbfaa425b8b456c/tidak-runtuhnya-teori-evolusi-dalam-20-jawaban

Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban

Thread versi panjang sudah ada di SF sains, jadi di sini bikin versi super singkat aja. Cukuplah untuk kelas lounge.

1. Apakah teori evolusi itu ilmiah?
Jawab: Ya, teori evolusi itu ilmiah dan satu-satunya teori ilmiah yang menjelaskan asal keanekaragaman makhluk hidup

2. Mana yang benar: Teori Evolusi vs Opini Kreasionisme?
Jawab: Secara ilmiah jawabannya teori evolusi. Kreasionisme cuma opini, dan opini gak bisa diadu dengan teori ilmiah. gak level.

3. Kapan manusia mulai ada di muka bumi?
Jawab: Sekitar 2 juta tahun silam atau lebih. Manusia di sini merujuk ke genus Homo. Dan jejak laetoli dibuat australopithecus, gundukan tanah liat penjebak hewan bukan gubuk batu, turkana boy itu ergaster dan bukan sapiens. Intinya, lupakan klaim omong kosong hy.

4. Apa hubungan teori evolusi dan biologi?
Jawab: Teori evolusi itu teori dalam bidang biologi, dan evolusi menjadi cabang dari biologi yakni biologi evolusioner.

5. Apa hubungan ras manusia dan evolusi?
Jawab: Ras manusia muncul akibat migrasi, mutasi dan isolasi, bukan karena persilangan gen semata.

6. Berapa nilai kemiripan gen manusia dan simpanse?
Jawab: Bergantung metode yang dipakai. Dengan membandingkan bagian dna yang menyandi protein (single base substitutions), maka nilai kemiripan akan berkisar 98-99 persen. Jika yang dibandingkan seluruh bagian dna, nilai kemiripan akan turun ke 95-96 persen.

7. Apa burung berevolusi dari dinosaurus?
Jawab: Ya, khususnya dinosaurus theropod. Burung purba seperti archaeopteryx masih mewarisi ciri reptil seperti kaki panjang, tulang ekor panjang, cakar sayap dan rahang alih-alih paruh. Dinosaurus theropod juga diketahui punya fitur khas burung seperti bulu.

8. Apakah teori Haeckel adalah bagian dari teori evolusi?
Jawab: Tidak. Haeckel mempublikasikan teorinya di tahun 1866, dan diagramnya di tahun 1874. Sementara Origin of Species keluar tahun 1859.

9. Apa hubungan kloning dengan teori evolusi?
Jawab: Gak ada hubungan langsung. Kloning itu duplikasi makhluk hidup, sedang evolusi itu perubahan kolam gen makhluk hidup. Karena klon memiliki gen yang identik, tak ada perubahan pada kolam gen.

10. Apa kehidupan berasal dari luar angkasa (panspermia)?
Jawab: Maybe yes, maybe no. Tak masalah, toh teori evolusi gak bicara asal kehidupan. Mau dari mana juga, tetap aja makhluk hidup berevolusi.

11. Apa hukum kedua termodinamika menyanggah evolusi?
Jawab: Gak sama sekali. Hukum II termodinamika bicara soal peningkatan entropi pada sistem tertutup, bukan soal alam semesta menuju kehancuran dsb. Apalagi bumi bukan sistem tertutup, bumi mendapat energi dari luar. Jadinya jaka sembung banget.

12. Apa kaitan organ vestigial dan evolusi?
Jawab: Evolusi menghasilkan organ vestigial. Dan organ vestigial bukan berarti organ tanpa fungsi, melainkan organ yang kehilangan fungsi primer, meski bisa saja punya fungsi sekunder.

13. Apa ledakan kambrium menyanggah evolusi?
Jawab: Tidak. Ledakan kambrium menyangkut kumpulan fosil yang seakan muncul serempak, tapi beda usia lapisan di fosil ledakan kambrium mencapai sekurangnya 5 juta tahun, terlalu panjang untuk disebut serempak. emoticon-Ngakak (S)

14. Benarkah semua ilmuwan besar menolak evolusi?
Jawab: Itu lawakan. Leonardo da Vinci, Copernicus, Kepler, dan Galileo, serta Linnaeus dan Newton, juga George Cuvier semua sudah meninggal sebelum origin of species keluar. Cuma Linnaeus dan Vubier yang berurusan dengan biologi. Albert Einstein dan Max Planck bukan biologis, dan terlebih Einstein itu agnostik, bukan pendukung kreasionisme. Dan pastinya kreasionis takkan menyebut Hawking (agostik) dan Dawkins (atheis) sebagai 'ilmuwan besar' emoticon-Stick Out Tongue

15. Apa hubungan Tuhan dan teori evolusi?
Jawab: Gak ada hubungan. Teori evolusi itu teori ilmiah, sains tidak membicarakan Tuhan. gak menerima, gak menolak.

16. Kapan teori evolusi diakui benar?
Jawab: Sudah sejak lama. Dan sampai sekarang masih diakui demikian, karena belum ada yang mampu menyanggahnya.

17. Apa korelasi metamorfosis dan evolusi?
Jawab: Metamorfosis adalah hasil evolusi, makanya ada metamorfosis tidak sempurna dan metamorfosis sempurna. Metamorfosis dan evolusi adalah dua konteks berbeda, namun terkait.

18. Apa korelasi dna dan evolusi?
Jawab: Evolusi terkait perubahan pada dna, yang mengubah kolam gen makhluk hidup. Mutasi adalah mekanisme yang mengubah gen, dan mutasi itu ada 3 macam: menguntungkan, merugikan dan netral. Mutasi merugikan umumnya gak terwariskan, karena makhluk hidupnya sendiri susah bertahan hidup.

19. Apa korelasi kekebalan bakteri dan evolusi?
Jawab: Kekebalan bakteri didapat dari mutasi, dan perubahan sifat akibat mutasi tersebut terwariskan ke genrasi berikut. Perubahan pada kolam gen = evolusi.

20. Apa teori evolusi sudah runtuh?
Jawab: Ya, dalam imajinasi terdalam para kreasionis. Teori evolusi sudah berkembang menjadi teori sintesa modern (memperbaiki teori Darwin yang bentrok dengan hukum Mendel), dan masih jadi satu-satunya teori ilmiah yang bisa menjelaskan asal keanekaragaman makhluk hidup.

Jawaban bonus
21. Jika manusia dari monyet, kenapa monyet masih ada?
Jawab: Yang bilang manusia dari monyet siapa? emoticon-Bingung (S) Semua monyet dan kera lain adalah kerabat dari percabangan evolusi yang berbeda dengan manusia. Lu gak bisa mengharap ujung satu ranting menyatu dengan ujung ranting lain, sebagaimana lu gak bisa mengharap kerabat dari percabangan evolusi berbeda berevolusi jadi makhluk yang sama.

22. Kok HY bilang berbeda?
Jawab: Cari ilmuwan yang kompeten, Bukan yang hobi quote mining dan rekayasa. jangan tanya soal biologi ke ahli desain interior yang gak tahu beda ular laut dengan belut.

23. Gimana kalau gue gak percaya teori evolusi?
Jawab: Suka-suka agan. Sains bukan untuk dipercaya, dan gak ada tuntutan wajib percaya. Tapi untuk menerima atau menolak, mesti paham apa yang diterima atau ditolak, kalau gak ya gak ada nilainya.

24. Kapan teori evolusi jadi hukum evolusi?
Jawab: Gak bakal. Teori ilmiah gak berubah jadi hukum. Hukum adalah gambaran ataupun prediksi dari fenomena yang ada, yang kadang bisa digambarkan dalam bentuk persamaan matematis. Teori adalah penjelasan untuk fenomena tersebut.

25. Gimana dengan Zakir Naik gan?
Jawab: Mengharap apa dari orang yang bilang sapiens (spsies kita) sudah punah 500 ribu tahun silam?
Ini ada tanggapan dari ilmuwan muslim (walo dia aslinya astronom) terhadap Zakir naik
Diubah oleh shinhikarugenji
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 101
ora ngoros gan
serah yang percaya emoticon-Big Grin
apa dah . .

wkwkwkwkw
transformer kali yaah...
pertamax dulu..

edited: emoticon-Hammer2
Diubah oleh bayudiono
Quote:

Jangan percaya!
Pahami!
Kalau paham, baru agan bisa nilai benar gaknya.
Gak percaya tapi gak paham juga gak ada nilai.
maksudnya gimana sih?
Quote:


semakin lama semua emang dapat membuat yang salah jadi benar yang benar jadi salah.

ane cuma nilai nggak mungkin aja.
percuma tau jawabannya karena gak bakal ada yang nanya pertanyaan kayak begitu secara langsung ke gue
Semua jawaban itu adalah hasil penelitian org ato penelitian TS sendiri?Kalo punya org kok gak kasih sumbernya?Trus emang yg membantah Teori Evolusi cuman Harun Yahya doang hingga TS harus masukin dlm point 20?. Ane terlalu goblog untuk mencerna semua karya Harun Yahya maupun yg TS tulis, tapi sebagai muslim ane tetep percaya kalo manusia pertama adalah ADAM A.S & dia diciptakan sebagai manusia sempurna bukan hasil evolusi!
Diubah oleh eFVZee
Ts, nanya..
Manusia pertama (homo) itu cewe ato cowo (apa alat kelaminnya)..?
Apakah evolusi cewe dan cowo itu terpisah?
Jika evolusi genital itu terpisah,knp penis dan vagina itu nyambung..?

Minta bukti ilmiah nyambungnya evolusi genital ini?

Kalo nyambung ya pake bluetooth,versi brpkah bluetoothnya?

Btw TS.nya beragama buddha.. Ia gak percaya ghoib tp percaya dewa langit...
Ia percaya manusia itu tumimbal lahir sekaligus kekeuh kalo teori evolusi itu benar...

Ia make standar ganda...
Btw.. Gw udah bosen liat dia di DC..


Diubah oleh subs45
Quote:


hahahaha pernyataan ini masuk akal..
yah sebagai info bagus juga gan,,,,
biar at least tau lah
wew
banyak infonya nih


ijin ninggalin jejak buat baca pelan pelan
Quote:

Untuk nilai benar salah mesti paham apa yang dinilai

Quote:

Kan HY yang bikin tulisan '(tidak) runtuhnya teori evolusi dalam 20 lelucon'.

Quote:

Mau klaim agama agan bertentangan dengan sains,
mau percaya apa,
itu hak agan.
Agan cuma gak bisa nyanggah sains modal iman, itu aja.
Quote:


yups oke gan
nganu gan
ane kagak percaya teori evolusi
biarkan itu jadi teori emoticon-Big Grin

*ane udah belajar biologi selama wajib belajar 12 tahun gan* emoticon-Big Grin
Quote:


kalaupun ada yg nanya begitu pasti kemungkinannya keciiiiiiiiiiiiil sekali emoticon-Big Grin
iya bagus sih gan, lebih bagus lagi kalo TS ngasih sumber trit nya
Diubah oleh jeberjj
Point 1.
Betul sekali, evolusi adalah satu2nya teori (tidak) ilmiah yang menjelaskan asal biodiversity.

Yg namanya teori, tidak akan mungkin sama 100% dengan realita.
Namanya juga teori.
Monyet seandainya bisa bicara juga bisa berteori, apalagi ngaku2 ilmiah.
Ga nyampe nalar ane.. emoticon-Hammer2
Skalian gembok pegi wan emoticon-Hammer2
Diubah oleh aldianzie
Quote:

Ya mesti teorilah.
Teori itu penelasan, bukan sekedar dugaan.
Gak ada teori, gak ada penjelasan.

Cek pertanyaan ke-23

Quote:

Sumber lebih dari 1.
Dan kaskus sekarang sering malah nampilin kode waktu dikasih link emoticon-Hammer

Kalau untuk belajar evolusi dasar, situs ini cukup bagus
Diubah oleh shinhikarugenji
Halaman 1 dari 101
×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di