alexa-tracking

Lima Kiat Menjadi Pengusaha Muda Sukses

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55f90d65c0cb17444f8b456a/lima-kiat-menjadi-pengusaha-muda-sukses
Lima Kiat Menjadi Pengusaha Muda Sukses
Lima Kiat Menjadi Pengusaha Muda Sukses

Di era sekarang, banyak entrepreneur muda lahir. Bisnis mereka yang menarik menjadi simbol tersendiri untuk pengusaha muda Indonesia yang siap bersaing di pasar dalam negeri dan internasional.

Banyak orang yang beralih dari pekerja kantoran menjadi pebisnis muda. Namun, terkadang di antara mereka banyak yang tidak mengetahui jika dirinya harus memiliki jiwa dan pemikiran entrepreneur agar bisa bersaing dan maju.

Menurut Alvet Salim, pemulik perusahaan minuman jelly terbesar di jawa barat, menjadi seorang entrepreneur sebetulnya tidak rumit. Namun, ada beberapa kiat yang harus diperhatikan.

1. Menentukan produk

Langkah awal untuk menjadi pengusaha / pebisnis sukses adalah menentukan produk atau jamak disebut dengan riset produk. Untuk menentukan produk yang tepat, tentu kita harus melakukan riset terlebih dahulu, mulai dari riset konsumen sampai riset persaingan. Menurut Alvet Salim, produk yang baik adalah produk yang memiliki jumlah peminat (konsumen) yang besar namun memiliki tingkat persaingan kecil. Salah satu cara paling mudah untuk melakukan kedua riset tersebut adalah dengan menggunakan tool dari Google. Ya, tool yang saya maksud adalah Google AdWords Keyword Planner, tool online gratis dari Google ini bisa kita gunakan untuk mencari tahu berapa banyak peminat suatu produk.
Data tersebut, bisa kita manfaatkan untuk menganalisa apakah produk tersebut memilik prospek bagus atau tidak. Jika tren atau jumlah pencarian meningkat, maka bisa dipastikan produk tersebut memiliki prospek bagus.


2. Mencari tahu target pasar

“Pengusaha sukses adalah mereka yang bukan hanya pandai memilih produk namun juga pandai menganalisa siapa yang menjadi target pasar.”, tandas Alvet Salim, “Jadi, disini kita dituntut untuk mengetaui siapa target pasar atas produk yang akan kita jual, karena jika dalam pengapliasiannya salah, maka bisa dipastikan akan sulit untuk memperoleh penjualan.”, tambahnya.
Target pasar secara garis besar dibedakan menjadi 4 bagian: Target produk, Target lokasi, Target demografi, dan Target psikografi
Dengan menentukan dan mengetahui target, maka Anda akan lebih mudah dalam menentukan media dan cara promosi produk seperti apa yang akan digunakan. Pastinya akan meningkatkan persentase untuk terjadi penjualan.


3. Memilih media promosi yang efektif

Ada banyak media yang bisa kita gunakan untuk promosi, seperti media cetak, internet, radio atau tv. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua media tersebut efektif untuk meningkatkan penjualan. Karena kembali lagi pada siapa target Anda, jika target produk Anda adalah anak muda, maka gunakan internet sebagai media promosi, sebaliknya jika target Anda adalah orang tua yang notabenya tidak terlalu paham akan internet, maka gunakan media tv atau radio.

Menurut Alvet Salim, salah satu cara menjadi pengusaha sukses dengan modal kecil bisa dengan cara memanfaatkan situs media promosi gratis di internet, seperti media sosial Facebook, Twitter atau Google+, karena dari media sosial itulah kita bisa mendapatkan banyak pelanggan, mengingat masyarakat modern saat ini lebih memilih untuk bersosialisasi melalui media sosial dibanding bertemu langsung di dunia nyata.


4. Menggunakan strategi promosi kreatif

Secara garis besar tentang strategi promosi kreatif untuk mendapatkan banyak pelanggan : Dapatkan kepercayaan pelanggan, Berikan harga murah diawal, Diskon untuk pembelian lebih dari satu, Sarankan produk lain, dan Jangan lupakan layanan after sales.
Intinya, diawal penjualan kita harus membina hubungan yang baik dengan pelanggan untuk mendapatkan loyalitas dari pelanggan.
Pemasaran yang baik akan meningkatkan persentase untuk terjadi penjualan yang akan meningkatkan keuntungan dalam bisnis atau usaha yang Anda jalankan.


5. Membuat pembukuan untuk menghitung margin

Akan jauh lebih baik jika pengusaha / pebisnis memiliki pembukuan yang jelas, karena dari pembukuan tersebut nantinya bisa menghitung untung dan rugi, jadi kita bisa mengetahui berapa keuntungan yang didapat setelah dikurangi dengan modal yang dikeluarkan.
Intinya pembukuan itu penting untuk membantu kita menjadi pengusaha sukses. Pembukuan juga akan membantu kita dalam merencanakan bisnis kita ke depan.
Intinya disni saya ingin mengatakan bahwa, tidak ada batasan usia dalam berbisnis, dengan kata lain jika kita ingin belajar cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa pun juga bisa asalkan kita mau untuk berusaha, sebagai contoh adalah Mark Zukerberg yang sukses berbisnis di usia muda, dan tentunya tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis, contoh nyatanya adalah Harland Sanders yang mendirikan KFC pada usia 65 tahun.

Semoga cara menjadi pengusaha muda sukses yang diberikan diatas bisa memberikan inspirasi untuk teman-teman semua untuk memulai berbisnis dari sekarang.
image-url-apps
nice gan
Nice info gan. Semoga berkah ilmunya ya emoticon-Malu (S)
KASKUS Ads
Saya boleh kasih tambahan ya.., semoga membantu..
"Penguasaan dan pemahaman iklim yang berlangsung atau perkiraan yang akan terjadi juga umumnya berdampak pada usaha, contohnya: iklim politik pemerintahan, ekonomi, sosial, keamanan dan sebagainya. Kadang kita sebagai pengusaha muda sangat ahli dan menggebu-gebu untuk menentukan dan memdirikan sebuah usaha, namun kurang cukup pemahaman untuk mengembangkan.. minimal mempertahankannya disaat kondisi / iklim sedang tidak bersahabat bagi para pengusaha muda untuk mencapai kesuksesan". Salam Sukses Selalu & Tetap Juara!!
- CHIKA Rotan123-
"Juara Furniture Rotan Indonesia"
image-url-apps
Quote:



setujuu gan ...emoticon-2 Jempol
×