alexa-tracking

Apa Ane termasuk kena gangguan penyakit bipolar??

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55d35b9c529a458d1a8b456a/apa-ane-termasuk-kena-gangguan-penyakit-bipolar
Apa Bipolar?
gara2 dulu pnh liat salah satu artis yg tiba2 bikin rame d tv2 karena penyakitnya yaitu bipolar ane langsunh cari2 di internet tentang bipolar itu sendiri. banyak artikel yg ane baca tetang bipolar ampir smua pembahasan nya sama cuma beda2 katax.

APA SIH BIPOLAR ITU??

Bipolar adalah jenis penyakit psikologi, di tandai
dengan perubahan mood (perasaan) yang sangat
ekstrim, yakni berupa depresi dan mania (situs
wiki). Mereka mengalami mood-swing, yakni
pergantian mood yang cepat dan sangat ekstrim.
Mood ini sangat berlawanan antara satu dengan
yang lainnya. Sehingga perubahan mood yang
ekstrim ini mengakibatkan penderitanya dalam
keadaan sangat tertekan. Ketika berada pada
kondisi mania, mereka bisa sangat berbahagia.
Sebaliknya, ketika moodnya berubah pada kondisi
depresi, mereka akan merasakan kesedihan yang
menyayat-nyayat. Oleh karena itu pada
pengindap penyakit bipolar ditemukan
kecenderungan untuk bunuh diri.

Ada empat episode yang menandai penyakit
Bipolar Disorder ini, yaitu episode depresi,
mania, hipomania, dan campuran.
Episode Depresi
Gejala-gejala dari tahap depresi bipolar disorder adalah sebagai berikut:
1. Kesedihan dan menangis secara umum.
2. Mengalami kesulitan tidur (insomnia) atau terlalu banyak tidur (hypersomnolence).
3. Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat
badan atau sebaliknya.
4. Menarik diri dari pergaulan, hilangnya rasa percaya diri.
5. Kehilangan rasa suka terhadap hal-hal yang menyenangkan saat penderita dalam kondisi
normal.
6. Merasa pesimis, putus asa, tidak ada
yang bersedia membantu, tidak bernilai atau berharga. dan tidak diinginkan.
7. Terjadi komplikasi pada organ lainnya yang disebabkan oleh sugesti yang buruk terhadap kesehatannya.
8. Memiliki respon yang lambat saat berbicara, kesulitan untuk berkonsentrasi, selalu berpikiran yang tidak jelas, dan bingung.
9. Pekerjaan dan hubungan interpersonal terganggu
10. Merasa tidak berdaya dan benar-benar berpikir tentang cara membunuh dirinya sendiri.
Hampir semua penderita bipolar disorder
mempunyai pikiran tentang bunuh diri dan 30% diantaranya berusaha untuk merealisasikan niat
tersebut dengan berbagai cara.

Episode Mania
Gejala-gejala dari tahap mania bipolar disorder

adalah sebagai berikut:
1. Merasa sangat bersemangat, penuh energi,
dan siap untuk apapun.
2. Berperilaku agresif, intoleran, terkadang
membosankan, cepat marah, tidak sabaran,
serta perilaku ugal-ugalan.
3. Penurunan kebutuhan untuk tidur karena
selalu aktif beraktifitas.
4. Memiliki rencana yang realistis, suka berlibur
dan bersenang-senang, serta peningkatan
hubungan seksual.
5. Kepercayaan diri yang meningkat, tidak
takut pada apapun.
6. Suka berbicara dengan cepat dan melompat
dari subyek yang satu ke subyek yang lain.
7. Keputusan tentang bisnis dan keuangan
dilakukan dengan terburu-buru tanpa
memperhatikan akibatnya.
8. Memilih pakaian dan make up yang mendukung
suasananya hatinya yang ceria.
9. Hubungan sosial dan pekerjaan terganggu.
10. Meminta anggota keluarga maupun orang
lain untuk memperhatikannya dan merasa tidak
memerlukan orang lain.
11. Mengalami gejala psychotic yaitu delusion
(kepercayaan palsu) dan hallucination (melihat atau mendengar sesuatu yang tidak nyata).
12. Muncul banyak ide dan gagasan yang
berlebihandan terkesan muluk-muluk.


apa anda termasuk??? ini baru tahap awal
image-url-apps
tanya ke dokter gan
Kalo mau dapet diagnosa langsung dari ahlinya, coba ke psikolog.
Sekalian konseling supaya uneg-uneg dalam diri ente bisa dikeluarkan semua.

Tapi terlepas ente punya penyakit bipolar atau engga, sebaiknya ente sendiri pun engga melabeli diri dengan penyakit-penyakit seperti itu hanya karena baca artikel-artikel di internet. Selain bikin ente berpikir negatif, ente juga akan merasa terhambat karena dibatasi oleh bacaan-bacaan tentang penyakit tersebut.

Coba ubah apapun yang bisa diubah. Dimulai dari perubahan kecil.
Misal masalah bersosialisasi, mungkin ente yang tadinya jarang senyum bisa mulai menebar senyum dan menyapa orang-orang yang ente kenal saat berpapasan. Mulai memperbanyak waktu di luar rumah, ikut dan aktif di UKM, mengembangkan hobby, dll.

Intinya, jangan pernah berhenti introspeksi menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
KASKUS Ads
image-url-apps
coba berobat gan kyanya untuk penyakit ni bnyk solusinya tnya ke psikologi dan beriman selalu
image-url-apps
Di sini ada psikolog?? Maklum gan ane jauh dr kota jd susah buat k psikolog klo dulu waktu sma ane pny guru psikolog tp skrg g da emoticon-Frown ane ingin bs ngendaliin emosi ane yg suka tiba2 rubah sendiri ane gmpng bgt marah, kdng sedih kdng klo ngerasa bahagia suka berlebihan.
image-url-apps
Bipolar bukannya beruang kutub gan?
image-url-apps
Quote:


Iya gan saya selalu berusaha intropeksi dan perbaiki diri untuk lbh baik lg, tp sekalix ane kena masalah ane langsung down, apa lagi klo masalahx g beres2 bikin ane resah sendiri g karuan kepikiran trs. Ini gara2 tmn saya yg jd perawat yg langsung diagnosa saya kena bipolar saat saya cerita apa yg saya rasakan, untungx msh bs ngendaliin.
image-url-apps
Quote:


Wah masa gan?? Apa gara2 ane gendut gt jd ane ky beruang kutub emoticon-Frown
image-url-apps
Setuju Dengan pendapat @jeezcbr. Untuk tau persisnya harus ke psikolog atau lembaga yang menyediakan konsultasi psikologi.

Saya kok melihat yg terjadi itu karena ente ada trauma masa lalu yg belum diberesin. Coba mendekatkan diri pada Tuhan dan berdamai dengan diri sendiri dan masa lalu.
image-url-apps
gara-gara ngeliat ciri2 bipolar langsung bilang "wah gw bngt nih. gw bipolar nih"

ane tau agan yg paling ngerti kepribadian agan sendiri tapi semuanya harus melalui serangkaian tes dari ahli.

utk sementara ini lupakan sugesti bahwa agan bipolar.
bergaullah dgn orang banyak. ikut komunitas hobi.
biar banyak kenalan baru.
agan butuh refreshing dan butuh ngobrol. emoticon-Smilie
kalau ke psikolog / dokter ntar cuma di kasih obat2 penenang mending jangan deh emoticon-Blue Guy Peace
obat penenang hanya menenangkan mu, namun ga mengurangi cara pikirmu dari kondisi sekarang.

ok bipolar.
1. ga usah terlalu khawatir, apakah kamu benar bipolar atau engga.
soalnya pengalaman gw, sesimple apapun penyakitnya, kalo kita khawatir, penyakit itu bertambah parah.
namun se buruk apapun penyakit, klo kita berusaha positif bakal sembuh, maka pas sakit tetap semangat, dan sembuhnya lebih cepat.

kalau saran gw sih.
gimana kalau sekarang kita anggap km benar kena bipolar.
karena km dah kena bipolar, jadi ga usah mikir dan cari tahu lagi tanda2nya. cukup cari tahu gimana penanganannya.
mungkin km bisa cari lewat internet, baca buku psikologi, ke dokter / ke psikolog.
tapi kalo ke dokter / psikolog coba minta aktifitas apa yg bisa km lebih baik.
(saran gw) dan hindari untuk ke obat2an.

ok kalau saran aktifitas dari gw, yg sederhana aja. bikin diari.
isinya apa saja hal positif yg telah km lakukan hari ini.
ya meskipun itu hal yg sederhana. bisa ngasih duit ke pengemis, atau buang sampah pada tempatnya. senyum ke orang lain.
ntar sebelum tidur tulis, "hari ini aku dah bantu anak kecil yg jatuh pas lari"
tujuan dari ini ya, agar pikiran mu percaya pada dirimu sendiri dapat melakukan yg berguna juga.
klo orang lain ga anggap kita, setidaknya kita sendiri yg anggap diri kita ini bermakna.

aktifitas ke dua. olahraga.
bisa jogging berenang(bukan berendam dalam air ya emoticon-Stick Out Tongue) sepedaan,
menurut gw, olahraga bakal bikin km tetap semangat untuk hidup. bikin km tetap berpikir positif,
ga usah lama2, 30menit cukup. ya kalau ga tiap hari, 1x 2hari aja.
mungkin 1minggu/1bulan km bakal merasa bosan. klo dah bosan / jenuh tetap paksakan diri buat tetap olahraga.

better soon
Mm kayaknya sih bukan gan. Manusia normal dimana-mana memang suka berbolak-balik perasaannya. Yang jelas, ada serangkaian tes yang panjang dan biaya yang nggak sedikit untuk mendiagnosis seseorang itu menderita bipolar disorder atau enggak. Menurut ane sih, mendingan nggak usah terlalu dipikirin. Banyak berdoa aja gan. Semoga agan kembali bersemangat dan tidak merasa diri sebagai penderita bipolar.
Quote:


Ya yang paling dikhawatirkan seperti itu.
Terkadang orang itu lebih fokus ke masalah mereka, ke "penyakit" mereka yang bahkan belum didiagnosis langsung oleh ahlinya, ke hal-hal negatif apa yang dia rasakan ketika memiliki penyakit tersebut, bukan fokus ke solusi atau bagaimana cara menanganinya dan melihat hal positif apa yang dia dapatkan ketika menghadapi masalah yang beranekaragam.

Semua diawali dari apa yang ente pikirkan. Mindset.
Kalo ente sering memberi pikiran ente dengan sugesti-sugesti negatif seperti berpikir ente terkena bipolar beneran, ga bisa menangani masalah, ga bisa bersosialisasi, dsb, maka tindakan ente pun akan mengikuti sugesti tersebut.

Coba lihat permasalahan itu dari sudut pandang lain supaya lebih jelas.
Dan setelah permasalahannya jelas seperti apa, ente jadi bisa cari tau bagaimana cara menanganinya.
Tetap optimis walaupun banyak hal yang ga sesuai dengai harapan ente.
Kerikil-kerikil dalam permasalahan hidup itu pasti ada.

Kalo memang masalah engga kunjung rampung, berarti ada cara ente yang salah. Tinggal diperbaiki.
Daripada minta "diagnosa" atau analisa tentang penyakit tersebut dari teman ente itu, kenapa engga minta bantu cari solusi dari permasalahan-permasalahan ente?
image-url-apps
Quote:


iy gan tp mw gmn lg ane g punya tmn di sini gan tmn kuliah jg dikit rata2 sibuk kerja. mau adain acara buat kumpul sulit bgt krn pny kesibukan sendiri.maklum di kampung gan dan ane jg bkn asli org sini. ane jg pngn refreshing keluar kota setidak k tmpt ua ane tp ane g dapat ijin krn kk ane dah nikah smua ane satu2nya yg bs nemenin ortu d sini krn msh single.
image-url-apps
Quote:


iya gan ane punya trauma dan sakit di masa lalu. udah ane ceritain k ortu jg g ngefek apa2 tp yg bikin senengnx ane dpt pelukan dr ortu tuk pertama kalinya tp malah efeknya ane jd g blh kmn2 tiap hari harus d rmh keluar jg g boleh jauh emoticon-Frown
image-url-apps
Quote:


ane g suka olahraga makanx ane gemuk kaya gini. biar g terlalu stres ane suka masak krn mank hobi ane masak. cuma kalau dah mlm yg bikin ane jd kambuh tuh tiap mau tidur rasanya selalu takut dah berdoa berapa kali di ulang malah g tdr2. biar bisa tdr ane baca cerita2 d kaskus ampe ampe ketiduran.
image-url-apps
Quote:


ini smua gara2 tmn ane hehehe
image-url-apps
Quote:


solusi dari permasalahan ane dah ada gan cuma masalahx ane terjebak di kondisi ini. kondisi ane yg g bs kmn2 dan ane yg cuma bs berdiam diri di sini. tuk sibukin diri ane lebih suka masak dan bisnis online tapi ane masih merasa kurang. rasax kosong dan hampa.
Quote:


Coba diomongin baik-baik aja sama orang tuanya, ente mau berubah. Mau memperbaiki semuanya dengan cara lebih banyak mengahabiskan waktu di luar rumah. Pastikan dulu luka karena masa lalu itu benar-benar hilang supaya orang tua ente bisa percaya dan membebaskan ente untuk keluar dari zona nyaman ente.

Saat mereka mulai memberikan kebebasan, dengan kesadaran sendiri ente harus memberikan batasan sampe sejauh mana kebebasan itu digunakan. Jangan menyia-nyiakan kepercayaan orang tua ente karena mereka pasti ga mau sesuatu yang buruk menimpa ente, apalagi kalo berhubungan dengan kejadian yang sama di masa lalu.
image-url-apps
Quote:



ortu ane org khawatiran bgt aoa lg setelah ane cdrita masalah masa lalu ane. ane jg g tega buat ninggal ortu krn pnh ngmng " klo g da km mama sendiri atuch di sini g da yg nemenin" jd g tega buat pergi jg padahal ane pngn mandiri pngn nunjukin klo ane bisa ane dah dewasa. kalay ane trs di sini ane g maju2 malah trs2 j ky gt datar g da tantangan dan merasa g butuh ini itu krn udah ada d rmh. ane mw melakukan yg ane inginkn kdng suka d protes ky misal ane pngn usaha d rmh jualan minuman ir mknn kdng suka d protes ini itu malah bikin ane mls gan jadinya buat usaha g bs lakuin yg ane mw
×