alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Melek Hukum /
masalah over kredit mobil di bawah tangan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55cb0f16902cfe62268b457a/masalah-over-kredit-mobil-di-bawah-tangan

masalah over kredit mobil di bawah tangan

Saya ingin berbagi pengalaman mengenai over kredit di bawah tangan / tanpa sepengetahuan leasing.

July 2015 saya pasang iklan over kredit mobil avanza 2014, tidak lama setelah nya ada orang yg menghubungi saya bernama ( Indra ), beliau menanyakan beberapa hal mengenai mobil saya seperti angsuran,kondisi barang dll.
Pa indra memberi tahu bahwa dirinya bukan pembeli melainkan pelantara..
Pa indra pun menyebutkan nama (Hj Reyhan ) yg tertarik dg mobil saya.

Pembicaraan berlangsung normal dan belum ada indikasi mencurigakan.

Dikarenakan saya perlu sekali dan ingin cepat laku mobil tersebut saya pun tidak bertele tele menanyakan tentang siapa pa.indra dan siapa hj reyhan.

Pembicaraan melalui telp bersama pa indra pun selesai..

Keesokan hari nya saya di hubungi seseorang bernama Hj reyhan, dia pun mengenalkan diri dan memberi tau bahwa pa indra yg menginformasikan mengenai mobil saya.
Terjadilah negoisasi antara saya dg pa hj reyhan yg di putuskan dgn harga Rp.23,500,000
Pa hj reyhan pun berniat mengecek dan melakukan transaksi pada mlm hari nya.

Dan mlm pun tiba

Pa hj reyhan menghubungi saya untuk memberi tahu bahwa dia tidak bisa datang di karenakan beberapa alasan dan di gantikan sama orang suruhan nya yg mengaku adik dr pa hj reyhan beliau bernama ( bp Budhi Nugroho )

Pa budhi pun bertemu saya pada mlm itu.. semua berjalan normal sebagai mana proses jual beli..
Dengan surat perjanjian dan tanda tangan di atas materai pun saya lakukan.

Akhirnya mobil pun di ambil pa.budhi setelah selesan transaksi pembayaran.

Ke esokan hari nya saya bermaksud menghubungi pa hj reyhan untuk sekedar menyatakan apakah mobil sudah di terima?

Tapi ternyata pesan singkat saya tidak di balas, saya cuba telp pun tidak di angkat.

Saya mulai gelisah..

2 hari setelah kejadian saya pun mengecek alamat yg berada di ktp pa budhi pada saat transaksi..

Jl.tebet timur dalam raya no 10
Rt/rw 02/02
Kec/kel tebet

tapi ternyata alamat tersebut PALSU.

Sampai sekarang saya sudah melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib dan lembaga perlindungan konsumen untuk menelusri kasus ini.

Saya tidak bicara bahwa nama2 diatas adalah tersangka karena perjanjian yg kita tempuh melalui hitam diatas putih, hanya saja saya kurang berhati hati dan gegabah memutuskan sesuatu.

Berikut saya lampirkan photo dan photocopy pa.budhi orang yg melakukan transaksi pada mlm itu

Pin bb hj reyhan 2909B000
Dg nama RM mobilindo

No tlp hj reyhan +6281912000519
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Quote:


mohon pencerahan dr agan2 yg mengerti hukum.
harusnya dari awal agan memberitahukan niatan agan untuk over kredit ke perusahaan leasing jadi mereka pun bisa ikut membantu mencarikan pengganti agan, dengan melapor ke polisi bukan berarti kewajiban agan hilang..tetap saja agan harus melakukan pelunasan...ane kurang paham ya apakah untuk kejadian seperti ini pihak asuransi dapat menerima klaim asuransi atau tidak..jika bisa artinya nanti hasil klaim dipakai untuk melunasi hutang di leasing, kalau kurang agan tetep kudu bayar nah kalau lebih agan berhak atas lebihannya...nah kalau ternyata pihak asuransi menolak klaim agan artinya agan harus melunasi seluruhnya atas biaya agan sendiri... emoticon-Malu (S)
sama sperti yg dibilang diatas, seharusnya agan kasih tau pihak leasing klo pengen over, jd pas perjanjian jual-beli dg pihak baru ada saksinya secara sah. ambil hikmahnya aja gan, smoga dapet klaim asuransi
akhirnya saya lapor polisi gan, ga tau nih kelanjutannya gmn, mudah mudahan di permudah klo memang asuransi nolak klaim saya.. emoticon-Sorry
Mana ada pihak leasing yg mo bantu nasabahny bt nyari orang yg mo nerima over alih emoticon-Cape d... trkecuali ente sdh dpt buyerny, br deh ente urusin ke leasing emoticon-Big Grin

To the point :
1. Kasus ente pst msk kotak pandora.
2. asuransi ga kan terima klaim ente.
3. Ente bakal tetep disuruh bayar angsuran, sampe tu unit ketemu.

Saran ane :
1. Siapkan mental ente slama masalah ini belom kelar
2. Siapin duit yg buanyak, bt biaya" tak trduga.
3. I wiss u luck emoticon-Angkat Beer
Quote:


saya lapor polisi mengenai penipuan data2, biar polisi tangkep tuh orang setelah nya baru ajak ngobrol sambil ngopi.
kalau over dibawah tangan lbh baik org yg di kenal, saudara atau tmn dekat mas..

modus sperti ini sdh banyak dialami konsumen saya
pasti ribet abis...

siap siap dicariin debt collector
Turut berduka gan, emg kl over kredit bawah tangan resikonya tinggi banget. Mudah2an cepet ketemu gan malingnya.
Kadang, kl bawah tangan hanya hitam diatas putih asuransu gak ada urusan gan, palagi pihak leasing.
Mudah2an cepet beres gan
itu sama aja agan menghilangkan unit dgn sengaja tanpa memberitahu pihak leasing, penagihan itu jlan terus gan sampe lunas meski unit sdh di.oper alih ke pihak ketiga. yg kyk gini meski agan lapor ke polisi tdk bisa di klaim ke asuransi. liat point di akad kredit asuransi biasanya kalo hilang yg di cover hanya yg tidak di sengaja contoh : kemalingan atw perampokan
Quote:



udah pasti di tolak asuransi gan, siap2 aja bayarin tiap bulan sampe lunas.
kalo gak di bayar biasanya nama agan akan di black list bi gan
Siap2 aja klo agan dilaporin oleh pihak leasing.. Klo gak mau dilaporin, lunasin aj sekalian angsurannya.
Trmasuk berani jg dibawah tangan om.
1.anda lunasin
2.kalo anda "berani melawan" pihak2 leasing , yaudah ga usah bayar lagi cicilannya, kalo berani sih bilang aja barangnya udah dioper A di alamat A, dan suruh mereka cari sendiri kalo mau narik tu mobil.
resiko dihantui dc dll, dan nama lu diblacklist.

Over tangan tanpa kuitansi

Kalau Kasus saya begini :
Saya tukar mbl terios dgn xenia..sama2 masih ngangsur.6bln angsur saya ga kuat di take over oleh seseorg VS yg katanya kakak dari makelar yg menghubungi saya.suami saya dikadalin habis sampai selesai melakukan trf kuitansi dibawa..jadilah tdk ada bukti selain slip trsf.seselsai transaksi ..nomor hp masih dihub ....2 mgu sesudah itu tdk aktif.dan sampai skrg tdk diketahui lagi mbl nya alias raib...pemik mbl kemudian menuntut saya dgn tuduhan penggelapan ...sementara bukti di saya hanya slip trf depe mbl...ada yg bs kasih saran?
Quote:


lah ini kenapa SUV di ganti jadi LMPV emoticon-Bingung
gan klo kasus seperti ini apakah pihak bank/leasing bisa/boleh jika ada uang dlm jumlah besar masuk ke rek pemilik yg melalukan takeover kredit, bank bisa menariknya langsung dr rek pemilik?
Lalu sampai saat ini sudah 3 tahun berjalan gmn gan kelanjutannya?
Ane juga sama kaya ente gan udah 6 bulan berjalan
mirip pengalaman ane ni gan..
cuma ane unitnya rumah subsidi dan ane bertindak sbg pembeli yg d tipu..
ikut nimbrung gan...
Penjual Rumah Kredit Yg Belagu.Dgn Ttp Menempati Rumah Yang Sudah Di Jualnya...

Siang...

Sy ada masalah jual beli nech..yg bikin pusing tujuh kliling Kronologisnya begini :

Ada Pemilik Rumah subsidi yg yg mau jual rumahnya karena sudah tak sanggup bayar.rumah tersebut adalah rumah subsidi kredit 20tahun
Tapi pemilik sudah tak sanggup bayar dan hampir di sita pihak bank.
Jd dari pada di tarik Bank maka rumah tersebut mau di over kredit saja oleh pemilik.

Lalu sepakatlah kami saya yg ambil rumahnya.(over kredit bawah tangan)
DP udah dikasih ke pnjual begitu juga pembayaran cicilan bulan pertama dan kedua, tapi setelah uang sudah diterima & pass mau tanda tangan serah terima penjual ke notaris. Penjual malah menolak meninggalkan rumahnya dengan alasan ini dan itu 
Yang semula rumah sudah kosong dan menyerahkan surat perjanjian kredit dan kunci rumah kepada saya.
Lalu dengan alasan pasang sumur bor dia minta kunci kembali 
Dan tanpa pemberitahuan dia kembali menempati rumah tsb.

Setelah kami chek di rumah tersebut juga di sebutkan bahwa unit tidak bisa di perjual belikan karena merupakan rumah subsidi.

Dan ternyata rumah tersebut juga atas nama adiknya bukan atas nama si penjual(yg menempati rumah kembali)

Kesepakatan kami sebelumnya 15.000.000,- nyatanya kami sudah meyerahkan uang kepadanya sejumlah 18,5 juta sbg DP.
Tp hanya 15 juta saja Yg ada di kwitansi dengan materai 6000 di bubuhi tandatangan penjual.


gimana yaa supaya si penjual mau lepas rumahnya & kira-kira bisa gak yaa si penjual dikenakan pidana kalo tetep gak mau lepas rumah kredit tersebut.

Berhubung kami minta uang kembali juga.tidak di pedulikannya..
Selalu beralasan dgn tidak punya uang.
Kejadian ini sudah terjadi sejak 4 bulan lalu dan sampai saat ini tidak ada itikat baik dari si penjual...

Bukti transaksi yang kami pegang 1.kwitansi DP 15.juta ditandatangani dgn materai dan nama terang
2.saksi dari kami pihak pembeli
3.surat perjanjian kredit rumah.

Mohon masukannya....:siang baik buat kita semua..

Penjual Rumah Kredit Yg Belagu.Dgn Ttp Menempati Rumah Yang Sudah Di Jualnya...

Siang...

Sy ada masalah jual beli nech..yg bikin pusing tujuh kliling Kronologisnya begini :

Ada Pemilik Rumah subsidi yg yg mau jual rumahnya karena sudah tak sanggup bayar.rumah tersebut adalah rumah subsidi kredit 20tahun
Tapi pemilik sudah tak sanggup bayar dan hampir di sita pihak bank.
Jd dari pada di tarik Bank maka rumah tersebut mau di over kredit saja oleh pemilik.

Lalu sepakatlah kami saya yg ambil rumahnya.(over kredit bawah tangan)
DP udah dikasih ke pnjual begitu juga pembayaran cicilan bulan pertama dan kedua, tapi setelah uang sudah diterima & pass mau tanda tangan serah terima penjual ke notaris. Penjual malah menolak meninggalkan rumahnya dengan alasan ini dan itu 
Yang semula rumah sudah kosong dan menyerahkan surat perjanjian kredit dan kunci rumah kepada saya.
Lalu dengan alasan pasang sumur bor dia minta kunci kembali 
Dan tanpa pemberitahuan dia kembali menempati rumah tsb.

Setelah kami chek di rumah tersebut juga di sebutkan bahwa unit tidak bisa di perjual belikan karena merupakan rumah subsidi.

Dan ternyata rumah tersebut juga atas nama adiknya bukan atas nama si penjual(yg menempati rumah kembali)

Kesepakatan kami sebelumnya 15.000.000,- nyatanya kami sudah meyerahkan uang kepadanya sejumlah 18,5 juta sbg DP.
Tp hanya 15 juta saja Yg ada di kwitansi dengan materai 6000 di bubuhi tandatangan penjual.


gimana yaa supaya si penjual mau lepas rumahnya & kira-kira bisa gak yaa si penjual dikenakan pidana kalo tetep gak mau lepas rumah kredit tersebut.

Berhubung kami minta uang kembali juga.tidak di pedulikannya..
Selalu beralasan dgn tidak punya uang.
Kejadian ini sudah terjadi sejak 4 bulan lalu dan sampai saat ini tidak ada itikat baik dari si penjual...

Bukti transaksi yang kami pegang 1.kwitansi DP 15.juta ditandatangani dgn materai dan nama terang
2.saksi dari kami pihak pembeli
3.surat perjanjian kredit bank.
Quote:


masalah over kredit mobil di bawah tangan sepertinya masalah kita sama .. maaf gan oki sy baru ikut kaskus
Gan oki bisa hub sy ke nomer 081314139119 itu WA n nomer pribadi sy....sy mau bertanya sama nte gan makasih
Balasan post fanfeb
Ajdjdnfjk
Diubah oleh egyaprianto29
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di