- Beranda
- Komunitas
- News
- Ilmu Marketing
Setidaknya Ini 5 Online Marketing Tools Yang Harus Ente Kuasai [Ala Bujubuset]


TS
bujubusettt
Setidaknya Ini 5 Online Marketing Tools Yang Harus Ente Kuasai [Ala Bujubuset]
![Setidaknya Ini 5 Online Marketing Tools Yang Harus Ente Kuasai [Ala Bujubuset]](https://s.kaskus.id/images/2015/08/08/6687801_20150808010127.jpg)
Spoiler for Disclaimer:
Disclaimer:Thread ini mungkin aje bisa jadi repost atau udah pernah dibahas. Tapi percayalah, thread ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi dari bujubuset sendiri. Jadi mungkin bisa berguna buat abang eneng enyak babeh encang encing semuanye. Thread ini juga BUKAN BUAT PROMOSI BUJUBUSET ET DAH. Ini mah buat contoh aje kalo ada gambar-gambar bujubuset. Sekali lagih, cuman buat sharing. Biar lucu.
Spoiler for Mukadimah:
Spoiler for Mulai dagang:
![Setidaknya Ini 5 Online Marketing Tools Yang Harus Ente Kuasai [Ala Bujubuset]](https://s.kaskus.id/images/2015/08/08/6687801_20150808010842.jpg)
Beginih: kebanyakan pemilik usaha kecil macem onlenshop itu girang banget begitu mau mulai usahanya. Ya gimana gak sumringah, itu kan merupakan satu langkah kecil bagi kita untuk memulai hidup sebagai entrepreneur, pasti kita merasa senang sekaligus senyum-senyum najong gituh. Para pemilik onlenshop pasti udah gak sabar buat nunjukin dan masarin barang atau jasa yang mereka punya atau gak sabar buat memberikan pengalaman pertama kita untuk melayani pelanggan pertama kita (biasanya sih dimulai dari keluarga, temen, atau satpam komplek).
Akan tetapi, sebagian pemilik onlenshop pasti galau mikirin gimana sih cara yang efektif untuk ngedatengin para pembeli dan pelanggan secara konsisten ke onlenshop mereka, kalo bisa kita sebagai pemilik onlenshop tinggal duduk manis aje (sambil ngupi ama maen karambol) tapi para pembeli dan pelanggan pada dateng sendiri gak ada abisnya. Saat kita sebagai pemilik onlenshop galau mikirin hal itu, kita kemudian mikir: “sebenernya apa sih yang harus dilakukan? Networking kah? Kumpul di forum kah? Bayar pengguna Instagram buat paid promote kah? Nerbitin flyer ke lingkungan RW kah?”
Engkong ane jawab: “jangan gaptek lu tong ah! Noh ada internet, sekarang ape aje bisa dicari di internet.”
Ya iya sih bener juga ngkong, pasti ujung-ujungnya mah internet, secara kita kan punya onlenshop. Kata dasarnya aja udah ada kata “onlen” nya. Tapi kebanyakan dari kita kan pasti kebanyakan mikir (sampe galau) langkah apa aja sih yang harus kita lakuin biar bisnis onlenshop kita bisa sakses pertama kali.
Yaelah gausah muluk-muluk. Setiap kesuksesan pasti ada proses. Proses itu yang kita harus riset dan cari sendiri. Oleh karena itu, berdasarkan pengalaman bujubuset, kita mau sharing nih kiat-kiat online marketing yang bisa agan-agan ikutin. Bukannya songong atau angkuh (amit-amit ah!), tapi awalnya kita juga cuman jualan ga jelas marketingnya, tapi dengan melakukan beberapa langkah ini akhirnya kita bisa bersaing dengan para onlenshop ciamik laennya.
Alhamdulillah. Yang namanya rejeki yak kalo mau dicari pasti dikasih deh ama Tuhan Yang Maha Esa. So cekidot gan!
1. Buat Website yang Mobile-Responsive
Spoiler for Website yang mobile responsive:
Spoiler for Squarespace - Salah satu situs penyedia website nyang mobile responsive:
![Setidaknya Ini 5 Online Marketing Tools Yang Harus Ente Kuasai [Ala Bujubuset]](https://s.kaskus.id/images/2015/08/08/6687801_20150808011338.jpg)
Umumnye nih setiap pelaku usaha macem kita yang punya usaha onlenshop itu pasti buat website sebagai bentuk virtual dan menunjukan keberadaan onlenshop kita (nunjukin lah kalo onlenshop kite ade lho). Tapi, kebanyakan onlenshop itu punya website yang gak responsive.
Maksudnya gimane sih?
Jadi, maksudnya itu kita punya website yang kalo dibuka di PC ataupun di smartphone itu bagus, tampilan proporsional, kagak ngelag, indah dipandang. Tapi kalo dipikir, pasti mahal kan yak kalo bikin desain sampe ngejadiin itu website dari awal sampe diterbitin.
Jaman sekarang mah pasti butuh pengorbanan dan uang. Ente jangan pelit buat riset dan ngeluarin uang untuk punya website yang responsive. Sekarang banyak kok website yang nyediain template website yang kece, keren, eksotis, aerodinamis buat onlenshop ente. Dari mulai gratisan, pake free trial ataupun bayar dengan harga murah juga bisa. Contohnya adalah Wordpressdan squarespace.
Wordpress sendiri hadir dengan menawarkan fitur gratis dan berbayar. Banyak kok template gratisan yang udah mendukung fitur mobile responsive. Penggunaannya tapi masih butuh penyesuaian dulu. Tapi cepet lah, paling sehari dua hari udah jago.
Squarespace sendiri lebih sedikit memberikan pilihan template website yang Mobile-Responsive. Tapi, templatenya keren-keren abis. Sopistiketet lah pokoknya. Penggunaanya sendiri mengusung konsep WYSIWYG (What You See Is What You Get). Apa itu WYSIWYG? Gampangnye, ente kalo mau ngatur-ngatur website ente tinggal ‘klik-geser’ aje (drag and drop dah kalo kagak ngarti).
Kedua pilihan ini bisa ente jadiin referensi dah.
Tapi jujur nih yak, Bujubuset masih belom ada website nih sekarang hahaha. Ada sih, tapi udah lama kagak diurus.
2. Networking - Kumpul di Forum Besar Buat Cari Ilmu dan Koneksi
Spoiler for Cekidot:
Spoiler for KASKUS - Forum Diskusi dan Jual Beli Terbesar di Indonesia:
![Setidaknya Ini 5 Online Marketing Tools Yang Harus Ente Kuasai [Ala Bujubuset]](https://s.kaskus.id/images/2015/08/08/6687801_20150808011920.jpg)
Webiste katakanlah udah punya. Trus? Mulai lah perjalanan kita untuk mencari. Nyari apaan? Ape aje yang bisa dicari dah. Mulai dari cari calon pembeli, calon supplier, calon rekan bisnis.
Nah lho, ribet kayaknya kan. Ane aja kalo disuruh kumpul Karang Taruna sering bolos.
Balik lagi: ONLEN. Di Internet, ente bisa ketemu berbagai macam orang kok. Lah ini ente ngaskus kan pake Internet juga kan? Kaskusudah terbukti kok sebagai forum diskusi dan jual beli terbesar di Indonesia. Coba cek disini kalo ente ga percaya. Bohong sih kalo ente gabisa memanfaatkan wadah yang disediakan oleh Kaskus ini untuk onlenshop agan.
Ente mau diskusi tuker pikiran mengenai jualan onlenshop? Bisa.
Ente mau cari supplier buat barang dagangan ente? Bisa.
Ente mau masarin dagangan ente? Bisa.
Manfaatin dengan cara sebaik-baiknya segala fasilitas yang diberikan oleh forum-forum di Internet, terutama Kaskus.
3. Ikuti Tren Dengan Aktif di Sosial Media – Dengan Cara Efektif dan Efisien
Spoiler for Sosial Media yang Hitz:
Spoiler for Sosial Media yang Hitz:
![Setidaknya Ini 5 Online Marketing Tools Yang Harus Ente Kuasai [Ala Bujubuset]](https://s.kaskus.id/images/2015/08/08/6687801_20150808012253.jpg)
Ibarat kata nih yah: Jaman dulu, Si Pitung itu jagoan yang super sakti pada jaman penjajahan buat ngusir kumpeni. Kalo di jaman sekarang – apalagi kaitannya ama onlenshop – sosial media itu merupakan media super sakti di jaman globalisasi untuk mencari sesuap nasi (aih, dapet iramanye).
Eits, ada tapinye tapi.
Sosial media bisa super sakti kalo ente bisa pake dan memanfaatkan sosial media dengan efektif dan efisien. Cocokin sosial media yang ente gunakan dengan barang/jasa dagangan yang ente jual. Jangan sampe ente punya sosial media tapi gak ngaruh ke peningkatan barang dagangan ente. Contohnye:
![Setidaknya Ini 5 Online Marketing Tools Yang Harus Ente Kuasai [Ala Bujubuset]](https://s.kaskus.id/images/2015/08/08/6687801_20150808013010.jpg)
Instagram –Instagram itu cocok bingit buat pelaku onlenshop yang jual banyak variasi barang dagangan biasanya. Biasanya para pelaku onlenshop jadiin Instagram sebagai katalog yang bisa diakses dengan gampang setiap waktu. Sebagian perusahaan besar (macem Starbucks, Coca-Cola dan Razer) menjadikan Instagram mereka buat nunjukin lebih dalam kegiatan mereka dalam mengelola dan menjual dagangannya. Dengan ini, kita-kita sebagai calon pembeli merasa lebih deket dan kenal sama brand besar ini.
Bagi yang mau donlot silahkan cek disini buat iOS dan cek disini buat Android.
![Setidaknya Ini 5 Online Marketing Tools Yang Harus Ente Kuasai [Ala Bujubuset]](https://s.kaskus.id/images/2015/08/08/6687801_20150808013119.jpg)
Facebook –Siapa yang ga kenal Pesbuk??? Cung!!! Amit-amit hari gini kagak tau yang namanya Pesbuk. Sekarang ini Facebook udah diakses oleh semua orang dari berbagai macam kalangan. Dari mulai menjalin silaturahmi, maen game, sampe jualan onlen udah dilakukan melalui Facebook.
Bagi para pelaku usaha onlenshop, Facebook menyediakan fitur Facebook Page agar brand kita lebih deket sama para pelanggan kita. Cara bikinnya gampang bingit. Coba ente klik link ini dan ikutin aje petunjuknya. Melalui Facebook Page ini ente bisa memantau seberapa efektif marketing onlenshop ente di Facebook Page ini efektif.
Bagi yang mau donlot silahkan cek disini buat iOS dan cek disini buat Android.
![Setidaknya Ini 5 Online Marketing Tools Yang Harus Ente Kuasai [Ala Bujubuset]](https://s.kaskus.id/images/2015/08/08/6687801_20150808013253.jpg)
LINE@ -Naah, ini dah yang lagi ngetren belakangan ini tong! Sapa juga coba yang ga kenal Line? Ane kenal ini makhluk gegara Mpok aye girang banget waktu aplikasi chat ini dikenal di Condet, trus Mpok ama encang encing aye kegirangan bisa kirim-kiriman stiker.
Udah gitu, Line bikin apps yang bisa bikin para pengusaha onlenshop macem aye. Banyak banget fitur mantep ajib yang disediain untuk ngegampangin ente dalam berjualan. Nih yah:
a. 1-on-1 Chat Mode dan Auto Reply
Nah, disinilah fitur dari LINE@ dimaksimalkan. Bayangin aja, ente punya 1 akun official (macem artis gituh kayak Raisa ama Afgan) yang nongol di hadapan pihak ketiga, tapi sebenernya di dalemnya ente mengelola akun official ini bisa barengan sama temen-temen ente sesama admin. Jadi ente sama admin satu sama lain bisa saling pantau dan koreksi gimana temen ente dalam menangani calon pembeli. Lalu ada fitur auto reply nya. Misal: kalo misalnya ente ketik “Google Cardboard”, maka dengan otomatis Line ente bakalan ngejawab secara otomatis sesuai dengan keyword yang ente pasang itu, misalnya keluar daftar harga Google Cardboard. Ya begitu dah, canggih.
b. Greeting Message
Bayangin Line ente bisa nyambut para pembeli secara otomatis begitu para pembeli nge add Line Official onlenshop ente. Pasti keren kan? Bisa diatur sendiri ama ente mau nyambut ape pas calon pembeli nge add Line official ente.
c. Statistik
Nah, coba bayangin ente bisa liat data-data (macem orang bener) siapa aja yang follow Line Official ente, siapa aja yang nge blok ente (nasib dah ah -_-), siapa yang liat postingan ente di Timeline Home Line Official ente. Jaman sekarang mah data ama statistik jadi makanan wajib buat para pelaku onlenshop biar bisa ngukur kalo onlenshop kita berkembang apa kagak. Ya masa kuncup mulu kagak ngembang-ngembang?
d. Marketing Campaign dan Pembuatan Kupon
Bukan. Bukan kupon daging kurban. Kupon disini maksudnya ente bisa bikin macem undian ala-ala berhadiah barang dagangan ente gitu sebagai sarana promosi yang ajib. Biasanya dibarengin sama “Lucky Draw” atau jawab kuis yang ente kasih. bujubuset sih pernah bikin, dan pada girang gituh pembeli kita. Malah nagih minta dibikinin lagi. Buset, nanti yak sabar.
Trus, bisa juga kita bikin iklan ala-ala propesonal gitu. Bisa dibikin di PC ente. Tujuannya buat brand awareness aje (mulai belagu pake bahasa nginggris).
e. Gampang di share di semua sosial media
Serius dah, tombol “share” di setiap postingan di Timeline Line Official bisa ngebantu banget buat bikin referral ala-ala ‘efek domino’ buat seluruh pengguna Line ataupun pengguna antar sosial media.
Masih bingung yak cara pakenya gimana? Dicoba dulu dah LINE@ tools biar lebih jelas.
Bagi yang mau donlot silahkan cek disini buat iOS dan cek disini buat Android.
4. Bikin Daftar Email
Spoiler for Kelola Email Ente:
Spoiler for Alat Sakti buat Email Sakti:
![Setidaknya Ini 5 Online Marketing Tools Yang Harus Ente Kuasai [Ala Bujubuset]](https://s.kaskus.id/images/2015/08/08/6687801_20150808014952.jpg)
Walaupun ente mungkin terlalu “canggih” malahan sampe-sampe lupa ada teknologi yang namanya ‘e-mail’, ente harus manfaatin penggunaan email ini. Sangat efektif.
Coba kumpulin alamat email dari setiap pembeli atau calon pembeli untuk menerima promo-promo yang ente bikin, atau bisa juga untuk tetep menjalin silaturahmi (biar para pembeli ente gak lupa dah ama ente).
Males nulis nulis ama nyebar emailnya soalnya banyak banget pembelinya? Sombong. Coba pake ini alat namanya Mailchimp. Walaupun dibilangnya bayar, ente bisa pake dengan gratis khusus untuk 2000 alamat email. Mayan kan gretongan? Trus ente bisa desain biar email ente makin lucu gitu. Gak nyesel dah.
5. Pertimbangin “Paid to Promote”
Spoiler for Bayar atau Endorse?:
Spoiler for Mau di Endorse?:
![Setidaknya Ini 5 Online Marketing Tools Yang Harus Ente Kuasai [Ala Bujubuset]](https://s.kaskus.id/images/2015/08/08/6687801_20150808020023.jpg)
Banyak kan sekarang akun Instagram yang bikin meme lucu-lucuan? Trus mereka sampingannya ngiklanin onlenshop yang mau bayar ke mereka. Gengsi? Jangan. Coba pertimbangin lagi. Yang namanya cari sesuap nasi harus coba segala cara (yang penting halal tapi kalo kata engkong). Banyak kok akun-akun kayak gini yang nawarin harga yang variatif, bisa mulai dari harga IDR 50.000 sekali pos.
Kalo misalnya berat, bisa juga negosiasi, tawarin aja produk ente, tapi sebagai gantinya minta di pos atau promote di akun nya doi. Bisa juga kalo ente punya temen artis gituh misalnya, bisa juga minta tolong buat di promosiin.
Percayalah, efeknya lumayan besar ketimbang ente keliling komplek promosiin lapak ente pake toa.
Spoiler for Penutup:
Sebagai penutup, pemakaian 5 marketing tools ini kadang sulit untuk dilakukan, dan nggak jarang kadang beberapa perusahaan besar sampai onlenshop mempekerjakan ahli bidang sosial media untuk melakukan pekerjaan ini. Tapi, coba praktekin pola pikir ini: Lapak jualan ente itu ibarat investasi, gak ada ruginya kalo ente belajar beginian. ciptakan ‘image’ brand yang bagus, sehingga keberadaan brand ente bisa diterima dengan baik dari semua kalangan. Kalo kata engkong mah “Gausah mikir nyari duit dulu, mikir aje gimana caranye brand ente bisa ganteng dulu”.
Yuk ah. Bay.
0
3.8K
Kutip
6
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan