alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55b229ef529a4502698b4568/pv-lounge-18---part-3
PV LOUNGE (18+)

PV LOUNGE (18+) - Part 3


PV LOUNGE (18+) - Part 3


PV LOUNGE (18+) - Part 3

Autolock Thread by Hansip

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://m.kaskus.co.id/thread/54a2ae7...cb1774188b4568 yang sudah melebihi batas reply.

Terima kasih.

Autolock Thread by Hansip

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://www.kaskus.co.id/thread/5450f...cb171a648b4570 yang sudah melebihi batas reply.

Terima kasih.

Autolock Thread by Hansip

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://m.kaskus.co.id/thread/53eb931...740498108b457f yang sudah melebihi batas reply.

Terima kasih.

PV LOUNGE (18+) - Part 3
PV LOUNGE (18+) - Part 3
THREAD RULES
PV LOUNGE (18+) - Part 3




  • Baca dan pahami semua ATURAN FORUM HOBBY & COMMUNITY
  • Wajib membaca Page One sebelum bertanya dan memberikan pernyataan.
  • Bagi PEMULA yang baru dalam dunia PV, silahkan membaca newbie guide terlebih dahulu. Namun apabila masih kebingungan silahkan bertanya dengan sopan dan jelas (jangan pura-pura ngerti / ngarang supaya kami tidak bingung sama pertanyaan Anda).
  • Dilarang memposting segala jenis jualan dan promosi tanpa se ijin TS.
  • PV Lounge adalah forum komunikasi, bukan sekedar tempat tanya jawab ataupun ensiklopedia. Silahkan bertanya jawab, komentar, saran, bercanda, berdebat, dan bertukar informasi seputar PV.
  • Apabila dirasa ada post yang perlu dimasukkan ke Page #1 harap menggunakan icon di bawah dan memberitahukan ke TS.




PV LOUNGE (18+) - Part 3


Lounge Administrator:

sleazy1or2i TS
fuuuuuu TS
apple.support TS


PV LOUNGE (18+) - Part 3

Note:
  • Yang dipajang hanya event formal yang terbuka untuk umum, dan harus di Indonesia tentunya
  • Bila ada yang ingin memberi informasi event berupa poster, silahkan di kirim ke pv.kaskus@gmail.com

Spoiler for EVENT:

PV LOUNGE (18+) - Part 3
Guide ini ditujukan untuk pemula, baik yang baru mau mulai mengenal personal vaporizer, ataupun baru akan beranjak dari PV yang starter kit menuju advanced personal vaporizer. Bantu diri agan sendiri memahami guide ini dengan googling berbagai nama barang supaya agan bisa melihat bentuk nya seperti apa. Semoga dengan guide ini agan tidak terlalu bingung saat membeli vaporizer ataupun sekedar ngobrol dengan kami penghuni thread PV Lounge.

Note:
Mungkin dari guide yg ditulis sendiri ini, ada beberapa info yg salah atau kurang lengkap. Ane sengaja membuat guide ini tidak terlalu detail / tidak terlalu benar yang penting mudah dibaca dan dimengerti oleh pemula supaya mereka tidak lagi bingung kalau mau ngobrol atau mulai belanja first gear mereka. Kalau ada yg dirasa salah banget, mohon bantuan nya untuk dikoreksi gan.

STARTER KIT GUIDE
PV LOUNGE (18+) - Part 3
cocok untuk kamu yang:
- budget 200 ribu sampai 900 ribu
- suka yg diameter kecil / ramping
- cukup dengan menghisap dengan gaya kulum di mulut (tidak langsung ke dada)
- punya power bank
- rela keluar uang 80-200 ribu / bulan hanya untuk ganti coil (sparepart cadangan kecil)
Spoiler for Parts Diagram:

Spoiler for GUIDE:


ADVANCED PERSONAL VAPORIZER GUIDE
PV LOUNGE (18+) - Part 3
cocok untuk kamu yang:
- punya budget diatas 1.3 juta
- baru mau mulai vaping ataupun sudah punya starter kit
- pengen ngebul seperti shisha
- pengen batre tahan lama
Spoiler for GUIDE:


ELECTRICAL GUIDE / OHM'S LAW
PV LOUNGE (18+) - Part 3
Volt: tegangan listrik. dipakai untuk mengukur output tenaga dari batre, dan untuk ngukur sisa power batre.
Ohm: satuan hambatan pada coil. dipakai untuk mengukur hambatan dari coil pada atomizer. semakin kecil angka nya, semakin ngebul.
Watt: ukuran daya pemanasan pada coil. biasanya dipakai untuk setelan power di electrical mod, jadi voltage nya otomatis berubah sesuai target watt. juga bisa dipake untuk membandingkan tenaga dari tiap2 device.
Ampere: arus listrik. biasanya dihitung untuk memastikan set-up PV kita tidak melebihi batas aman dari limit ampere baterai kita.

LIQUID
E-Liquid, biasa disebut dengan liquid saja, biasanya terdiri dari 3 bahan dasar utama: Propylene Glycol (PG), Vegetable Glycerin (VG), perasa makanan, pemanis, dan kadang menggunakan nikotin. Semua bahan dasar tersebut aman dikonsumsi dan punya standar food grade (USP).
spesifikasi yg diperhatikan sebelum beli liquid:
- SIZE: umumnya kebagi jadi 15mL, 20mL, 30mL. ada lagi size lain nya.
- HARGA: untuk liquid kelas jelata atau liquid lokal, biasanya dengan rate harga 90-120rb / 30 mL. kalo yg premium biasanya 200rb+ / 30mL.
- NICOTINE STRENGTH: nikotin ditulis dalam satuan mg / mL. umumnya dijual pecahan 0mg dan 6mg. ada juga yg 3mg, 8mg, 12mg, 24mg, dsb.
- PG/VG BLEND: rasio perbandingan banyak nya PG dan VG. PG itu lebih encer dan manis, sedangkan VG lebih ngebul, kental, hambar. kalo atomizer agan punya lobang besar seperti misalnya RDA atau beberapa RTA, pilih yg komposisi nya 50:50 atau VG lebih banyak. kalau agan pake atomizer lobang kecil, untuk hisap ke mulut, mungkin lebih cocok yg PG nya lebih banyak misalnya 60:40 atau 70:30.

TOOLS
Smartphone App
Vaper's Toolbox (Google PlayStore)
aplikasi ini cocok untuk pemula yg lagi belajar bikin coil, dan gak tau gimana cara bikin coil yang resistance / ohm nya sesuai idaman masing masing emoticon-Malu (S). dia bisa ngasih tau harus berapa lilit, berapa coil, diameter, dsb. bisa juga buat bantu ngitung watt, ampere, tapi gak terlalu bagus.

Ohm's Law Calculator (Google PlayStore)
penghitung Volt, Ohm, Ampere, Watt yg rapi dan simple. interface nya polos, jadi bersih dan ringan. ada checkbox dan satuan unit di tiap variable nya. 100% free tanpa ads tanpa virus. buat yg doyan gonta ganti coil, volt, watt, atau pengen banding2in ngebul sama temen agan, coba pake aplikasi ini.

Kapas
Untuk pemula, usahakan untuk jangan sembarang pakai kapas. Beli ke apotik, cari kapas bayi (biasanya bentuk cotton roll / bola). Pokoknya cari kapas yg kapas bayi, atau ada tulisan 100% cotton, atau tulisan organic, no bleaching, dsb. Merek2 yg umum misalnya medisoft, wellness, indomart, sari ayu, dsb.

Khantal
Khantal itu nama jenis kawat yg umum di pake buat bikin coil. Khantal juga ada tingkat2an nya, dan yg umum dipake jenis nya Khantal-A1. Untuk yang mau bikin coil, perhatikan sebelum beli kawat jangan sampe beli yang salah ukuran nya. Ukuran kawat dinyatakan dalam gauge, atau AWG (american wire gauge). Semakin kecil gauge nya, semakin tebel kawat nya. Semakin tebel kawat, semakin kecil ohm nya.
contoh size yg umum:
- AWG 30, untuk coil 1.5Ω - 2.0Ω
- AWG 28, untuk coil 0.5Ω - 1.5Ω
- AWG 26, untuk coil 0.2Ω - 0.8Ω
semakin kecil AWG nya, semakin ngebul hasil nya

NEWB'S FAQ
Q: Apa beda nya variable voltage (VV) dan variable wattage (VW) ?
A: VV itu hanya mengganti volt saja, sehingga kalau coil nya diganti ngebul nya akan berbeda. VW lebih bagus dari VV karena VW menggunakan penghitung otomatis untuk menyesuaikan volt supaya ngebul nya sesuai keinginan. coil diganti2 pun ngebul nya akan sama.

Q: Irit mana sama rokok biasa?
A: kalau agan pake liquid lokal / liquid kelas jelata, dan PV gak dijadikan hobby, bisa lebih irit. kalo agan kepancing pake liquid premium terus, dan main PV sampe jadi hobby, akan sangat jauh lebih boros. tapi ingat, PV masih bisa dibeli sedangkan jantung gak bisa gan. beli jantung buat diri sendiri aja susah, belom lagi jantung buat orang lain yang ngisep asep rokok bekas kita.

Q: Pengeluaran rutin per bulan berapa?
A: gak bisa dijawab gan. tergantung orang nya pake alat seperti apa, se boros apa ngisep nya, dan biasa pake liquid yg seperti apa. yang jelas, kalau starter kit pengeluaran rutin hanya untuk beli coil @15-40rb dan untuk liquid. kalau pakai yang advanced PV, akan lebih irit pengeluaran rutin nya karena ongkos coil nya jauh lebih irit (beli kawat khantal meteran).

Q: Apakah PV beracun?
A: PV aman untuk dipake, dan bahan dasar nya pun semua nya food & medical grade. Kalau memang agan nemu literatur hasil research yg valid tentang racun PV, silahkan post di sini. Kalau cuma link berita, lebih baik gak usah di gubris.

Q: Berapa kadar nikotin yg cocok?
A: Untuk rasa yg paling halus, nikotin 0mg. Untuk yg pengen rasa lebih manis dan nonjok, bisa coba 6mg. Jangan takut sama nikotin. Asalkan gak berlebihan dan sudah terbiasa, agan gak akan kena penyakit hanya karna ada nikotin di badan agan.

Q: Liquid apa yg enak tapi murah?
A: Kalo impor, bisa coba cek merek feellife, e-juice.my dan merek liqua. Kalau lokal, banyak yg lebih enak dan murah.

Q: Kok asep ane dikit?
A: Mungkin karena agan pake starter kit, lobang udara nya kecil. Coba gaya ngisep nya di tahan dulu di mulut, baru di telen. Kalau asep nya masih dikit juga, mungkin ada baiknya agan ganti ke advanced PV.

Q: Bagusnya beli alat yg merek apa?
A: Untuk starter kit, bisa coba cek merek kangertech dan aspire. Akan ada banyak kombinasi, tinggal pilih mana yg cocok. Untuk advanced PV, lebih baik agan mampir ke toko / instagram mana yang ready stok karena rata2 mirip aja fungsi nya.

NEWB'S GLOSSARY
AFC: Air Flow Control, fitur dari atomizer yg memungkinkan untuk mengubah besaran lobang airhole
Airhole: lobang udara yg jadi ujung jauh dari jalur hisapan
APV: Advanced Personal Vaporizer
Atomizer: satu unit full bagian atas yg dipakai untuk menguapkan liquid
AWG: American Wire Gauge, satuan ukur untuk diameter kawat / jarum
Battery: sebutan untuk satu unit bagian bawah PV yang berisi rechargable battery cell dan komponen lain nya
Burnt taste: rasa saat PV dihisap tapi wick kering sehingga taste nya seperti kapas atau kawat gosong. sakit nya tuh di mana-mana.
Coil: kawat yg digulung melingkar-lingkar supaya menghasilkan panas dan bisa dimasukkan kapas di dalam nya
Drip tip: bagian mulut yang bisa dilepas pasang
Dry hit: kejadian disaat PV dihisap tapi wick nya sudah kering
Electrical: mod yang selain tempat menyimpan batre, juga menggunakan chip pengatur listrik, sekring, layar, dsb
Khantal: Jenis kawat yg umum dipakai untuk bahan coil
Mechanical: mod yang hanya berupa tempat penyimpan batre & penyambung rangkaian listrik tanpa regulator / chip apapun
Mod: tempat menyimpan batre pada bagian bawah advanced PV
Post: tiang pada RBA tempat kita memasukkan ujung kawat coil
RBA: Rebuildable Atomizer, yaitu atomizer kelas advanced PV yang coil nya di lilit sendiri, bukan yang tinggal beli & pasang
RDA: Rebuildable Dripping Atomizer / Dripper, atomizer kelas advanced PV yang sumber liquid nya dari tetesan ke kapas
RTA: Rebuildable Tank Atomizer, atomizer kelas advanced PV yang mempunya tangki untuk menyimpan liquid
Tank: sebutan untuk atomizer dengan tangki liquid
VV: Variable Voltage, fitur baterai yg bisa diatur keluaran voltage nya
VW: Variable Wattage, fitur baterai yg bisa mengatur volt melalui target watt
Wick: tali silica / kapas yg difungsikan sebagai media penyerap liquid ke arah coil
PV LOUNGE (18+) - Part 3

NOTE
  • Vapemeet regional yang akan dimasukkan ke daftar ini minimal ada pertemuan rutin seminggu 1x
  • Terbuka untuk umum
  • Tidak harus punya nama grup
  • Satu lokasi (kabupaten kelurahan kecamatan RW RT kampung desa) boleh punya lebih dari satu tongkrongan vapemeet
  • Untuk dimasukkan ke halaman pertama wajib menunjukkan foto vapemeet dengan minimal 10 orang vaper dan menyertakan contact person, lalu PM ke TS


Jakarta
Spoiler for South Jakarta Vapers:



Surabaya
Spoiler for Surabaya:
PV LOUNGE (18+) - Part 3

Note:
  • Hanya untuk review, bukan tips & trick
  • Berhubung ini bukan ensiklopedia, jadi review yg dimasukkan hanya untuk barang-barang yang super duper umum, banyak dicari & dipake, dan sangat dibutuhkan review nya
  • Apabila dirasa ada post yang perlu dimasukkan ke Page #1 harap di bantu quote dan tambahkan icon di bawah, dan kalau bisa memberitahukan langsung ke TS.



PV LOUNGE (18+) - Part 3

STARTER KIT
- by dipe: review starter kit combo 700rb-2.4jt
Spoiler for Review:


ADVANCED PV

[1] Safety guide untuk unregulated series mod (cth: NOISY CRICKET)
big thanks to Kusuma.f
Quote:Original Posted By Kusuma.f
Safety guide utk mod unregulated series battery

Intinya mod ini bukan utk pemula
Syarat menggunakan unregulated mod series batre
1. Ohm law
2. Paham spek batre
3. Build coil
Mod series menghasilkan power 8,4 volt Kalau batre penuh, jika dipasang atomizer kisaran angka ada di 7,8-8volt (tergantung drop volt atomizer)
Setelah tau itu semua pastikan build tidak melebihi batas kemampuan batre yg digunakan, dengan rumus i=v/r, v=volt, r = hambatan koil
Misal batre full charge = 8volt (dengan drop volt atomizer)
Hambatan 0.5 ohm
I=8/0.5 = 16A
Artinya sekali firing daya batre yg dibutuhkan 16A,
Batre yg digunakan harus 2 buah batre baru yg "dikimpoikan" dari awal, spek sama merk sama, discharge sama2, charge sama2, kasi label di batre misal A dan B setiap habis charging tukar posisi batre a dan B saat pasang di mod,
Gunakan batre yg benar2 terpercaya, (discharge batre yg tertulis di bungkus batre jangan memjadi acuan), kalau ragu silahkan tanya di forum

Dan mod ini hybrid, pastikan pin positif bawah atomizer menonjol keluar
Build koil dengan lilitan setidaknya 11 lilit agar ram up coil tidak instant, atau gunakan koil art seperti clapton, staple dll, kalau koil art sesuaikan hambatannya, tidak perlu lilitan banyak karena koil art ram up nya agak lama
Pasang wick dengan padat, kapas masuk sampai tidak bisa bergerak, bener2 fit agar tidak dry hit,




LIQUID
PV LOUNGE (18+) - Part 3
PV LOUNGE (18+) - Part 3
PV LOUNGE (18+) - Part 3
Spoiler for DIY:
Spoiler for Savings:
Kapan lagi mejeng ganteng di page awal emoticon-Coolemoticon-Peace

Barusan nyobain glenn liquid exclusive butterscotch..
Sorry bgt, gak rekomen nih liquid.. Bentar doang berkerakkk koilnya, kapas sampe hitam pekat.. Serem.. Soal rasa juga kurang emoticon-Frown

Creamy strawberry, kalo yg ini sip.. Kecut manis strawberry berasa banget dan wangiiiii.. Soal koil? Aman!

Gan nanyak dong, liquid sekelas harga glenn apaan yah? Yg 60rb/30ml.. Murah meriahh emoticon-Ngakak
baru ngaso langsung pindahan emoticon-linux2

@mejiig

"belum" pernah jatuh bang, dan "belum" kena air juga
saya baru pegang devicenya hari ini ...hahaha
huwaduuhh...3 bulan?! gagal diet nic dong
huehuehue

Pada buru2 gt ngetiknya buat dapetin page one, padahal ga ada hadiahnya... emoticon-Ngakak
ga kerasa ngebut bingitzz trit nyi....emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By mejiig
stok liquid safe untuk setaun kedepan gan? wah manteb ini, ane cuma puny stok liquid untuk 3 bulan ke depan, itu juga kalo ga ada yang minta, untuk selanjutnya harus masak lagi, manteb agan yang satu ini emoticon-Big Grin


Weh, yang mantep ya elo lah gan, bisa bikin liquid dewek, lah gw cuma bisa beli, jarang yg jual soalnya, sekalinya ada beda varian nicotine, walaupun cuma liquid murmer, feellife djisamsoe 12mg, tp gegara minimum order quantity nya 50 botol ya terpaksa dibeli jg, lgsg dari produsennya hehehehehe.. emoticon-Big Grin

Liquid yg elo jual ada yg tobbaco flavor ga om? Yg nicotine jg pastinya emoticon-Big Grin Posisi dimana
mejeng pejwan dlu

nubi dapet pejwan muahahahaha

kayaknya om meijig nungguin banget tuh dapet pertamax emoticon-Big Grin


Quote:
top poster di part 1 emoticon-Big Grin
http://www.kaskus.co.id/misc/whopost...ge-18---part-1
Spoiler for pic:

congrats kepada top junker di part 1 emoticon-Matabelo




waktunya ganti wick MP3 ane..... rada ngeri juga....

(bisa bongkar HP, bongkar laptop, bongkar PC, tapi bongkar protank doang kecut emoticon-Hammer (S))

nampang rumah anyar
Yeaay rumah baruuu emoticon-Selamat emoticon-Selamat

Mejeng dulu di pejwan sambil nyoba liquid baru beli hangsen butterscotch emoticon-army
Ngeksis dulu di pejwan emoticon-Cool
Rumah baru emoticon-Selamat
keep vaping