CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / ... / Lounge Pictures /
BANYAK THREAD TENTANG MOS / OSPEK. KENAPA? TAKUT?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55a5c198d675d4c0208b4570/banyak-thread-tentang-mos---ospek-kenapa-takut

BANYAK THREAD TENTANG MOS / OSPEK. KENAPA? TAKUT?

Akhir-akhir ini banyak trit yang isinya tentang MOS atau OSPEK.
Ada yang nanya perlu atau tidak nya ospek..
Ada yang berkisah tentang pengalaman ospek..
Ada yang sekadar nanya-nanya ospek di apain aja.. dsb.

Tujuan OSPEK adalah membangun semangat juang untuk belajar yang baru.. membangun almamater yang baru.. nah.. bicara almamater.. kan ada senior atau junior tuh.. maksudnya supaya yang junior juga ngga ngelunjak..

Sekarang pertanyaan nya begini..
Kaskuser yang baru pada tamat SMA dan mau lanjut kuliah, emang pada takut yah sama MOS/OSPEK?

Saya cuma mau bantu bangun semangat.. percaya diri agan-agan yang mau menghadapi MOS/OSPEK

Gan.. Beruntunglah kalian yang menjalani OSPEK/MOS di jaman sekarang ini.
Kenapa? Karena Cerita pilu tentang OSPEK/MOS yang memakan korban jiwa dan sebagainya sudah berlalu..
Karena banyak cerita pilu.. banyak kampus yang menjadi sorotan media dan sebagian mahasiswa nya di pecat akibat kesalahan metode MOS/OSPEK. Dan kampus jadi hati-hati takut kehilangan mahasiswa dan pemasukan bagi yayasan..
Di awal tahun 2000an sudah mulai banyak kampus yang "mereformasi" sistem MOS/OSPEK nya.. Tidak tertutup kemungkinan, masih ada sebagian kecil kampus yang masih ngejalanin metode MOS/OSPEK pake metode jahiliah.
Sekarang pihak kempus juga sudah lebih selektif dan hati-hati terhadap kemungkinan bentuk kekerasan fisik yang terjadi di kegiatan MOS. Pihak yayasan (perguruan tinggi swasta) atau pengelola perguruan tinggi negeri menjaga hal ini agar tidak terjadi DELIK HUKUM di kemudian hari.

Kegiatan yang paling sering adalah berkumpul di lapangan/aula.. terus di bentak-bentak.. di omelin.. kalau menurut saya anda sebagai laki-laki harusnya tidak perlu takut menghadapi ini. Atau untuk yang perempuan kalian juga harus sadar.. bahwa yang ngebentak kalian itu juga perempuan (biasanya dipisahin.. mana cewe.. mana laki) dan kalian juga ngga akan di beri perlakuan lebih kasar.. misal di tempeleng.. di tendang dan sebagainya.. INGET YAH.. JANGAN TAKUT.. SEMANGAAT..

Fenomena lain.. anda biasanya disuruh bawa sesuatu yang aneh-aneh.. atau disuruh memecahkan kode-kode tertentu.. inget gan.. sekarang ada google.. bisa searching di situh.. Kalau disuru bawa sesuatu yang aneh-aneh.. langsung kabarin orang rumah pas pulang OSPEK.. biar dibantu nyariin.. INGET YAH.. JANGAN TAKUT.. SEMANGAAT..

Terus.. usahakan pada saat awal pertama ke kampus. Cari temen sebanyak-banyaknya. Jangan sungkan untuk mengajak kenalan.. Ini penting, supaya agan/agan wati tidak merasa sendiri.. INGET YAH.. JANGAN MALU..

Siapkan hati.. bahwa OSPEK/MOS tidak mungkin mencelakakan anda secara fisik. Kalau anda dicelakakan secara fisik.. Jangan lupa.. Langsung LAPOR KE POLISI.. Jangan takut lapor gan.. Ente juga ngga kenal orang-orang yang ngospek ente kan? ini paling penting.. JANGAN TAKUT.


Supaya MOS lancar.. ga dapet hukuman.. yang perlu diusahakan adalah:
1. Turuti perintah / arahan senior (selama ga menyimpang)
2. Jangan dateng terlambat
3. Berdoa supaya diberikan keteguhan hati
4. Jangan ngelawan (kalau emang ngga terdesak)
5. Bersikap halus di luar.. Sangar di dalam (sangar maksudnya jangan takut)

Berbagi cerita dikit..
Saya OSPEK di tahun 2000, kebetulan dulu saya sekolah di STM 3 Jakarta (Bonser) makanya.. pas ngeliat yang ngospek "alus-alus" kaya gituh.. jujur aja.. saya ngga terlalu khawatir.. ibaratnya.. kalo kepepet masih sanggup saya lawan dah.. emoticon-Ngakak (S) .. Tapi tetep gan.. saya ikutin aturan maen OSPEK.. Asal ditanya sambil di bentak ama senior.."kamu alumni (sekolah) mana.. saya jawab.. "STM Bonser 3 kak" Senior saya langsung ngomong.. "oo.. ya udah" emoticon-Ngakak (S) .. Apalagi muka saya agak kurang cakep.. emoticon-Betty (S) di jidat kiri saya ada codet panjang bekas tawuran dulu waktu masi belon insyaf.. Tapi yaa.. Saya juga ngga nantang atau petantang-petenteng..

Gitu dah.. kurang lebihnyah.. Ngga pake gambar atau ilustrasi yaa.. gambar OSPEK banyak di google.


Oke yaaaa.. inget.. jadi Laki-laki jangan takut.. jangan memble..

Yang perempuan juga, jangan takut.. kalian pasti tetap di perlakukan lebih halus.


btw.. kayanya saya salah masukin kamar. pengen di lounge malah di picture.. maap yaa..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
IDVerified. dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh langkasenenge
Thread sudah digembok
Kalo menurut ane, masih banyak cara-cara lain yang bisa dilakukan untuk membentuk mental siswa baru. Bahkan dengan cara yang lebih positif. Kebetulan ane pernah lihat orientasi siswa baru di negara lain, beda bingits. Kalo disini yang ditonjolkan sekedar senioritas, dan yang junior mesti ikut apa saja aturan yang dibuat.
Ane setuju sama agan ini:
Quote:


Menurut ane lebih banyak cara yg lebih halus dan lebih positif untuk dilakukan gan, bukan karena takut.
Ane juga pernah liat (walaupun secara tidak langsung) masa orientasi di luar negeri gan, dan ane juga pernah diceritain sama temen-temen mahasiswa yang dari luar negeri pas main di Indonesia kalo MOS atau OSPEK di sana nggak kayak di Indonesia, di sana lebih cenderung ke acara yg have fun, dan tujuan dari masa orientasi itu, yaitu pengenalan sekolah atau kampus itu bener-bener tercapai, di sana dikenalkan dengan kampus, kegiatan-kegiatannya dll. gitu gan.
iya gan. banyak cara positip.. ini hanya cara menghilangkan ketakutan maba terhadap "ritual" ospek.. soalnya.. mau ngga mau kan memang mesti dihadapi. jadi intinya jangan takut kalo menurut ane. suatu saat metode ospek pasti berubah.
jadi intinya meneruskan tradisi yang sorry "kurang ada gunanya" atau membuat gebrakan baru kegiatan ospek yang lebih bermanfaat
contoh
- jepun; di universitas jepang.. ospek mahasiswa baru dikemas dalam bentuk pameran jurusan oleh para senior, setiap jurusan menggelar pameran menampilkan kelebihannya masing2 untuk menarik minat mahasiswa baru supaya masuk ke jurusan mereka
contoh lain banyak lah tingga cari di google!.
ente masih bangga sama budaya ospek yang nindas anak" yang baru masuk sekolah/kuliah kayak gitu??

bukan masalah takut ato enggak nya!.
tapi ada manfaatnya kagak sih?? emoticon-Cape d... (S)
BANYAK THREAD TENTANG MOS / OSPEK. KENAPA? TAKUT?
yahh kita gak bisa bedain antara luar sama dalem negeri, namanya juga dari dulu udah seperti itu ospek di indonesia, bermacam-macam perlakuan yg di lakuin senior..
tergantung dari pihak sekolah atau kampus dan musti ada pengawas dri pihak guru atau dosen biar gak menyimpang juga
Karena OSPEK jaman sekarang gak ada cerdas cerdasnya ama keren kerenya emoticon-Cool
Ane kira OSPEK itu ga perlu, PENYULUHAN DAN SEMINAR YANG PERLU. waktu kuliah dulu ane ga pernah ikut OSPEK SEHARIPUN, ane MALAH LULUS DULUAN DIBANDING SENIOR YANG NGOSPEK no offence ini pengalaman pribadi ane gan.

bokap ane yang kerjanya jadi angkatan aja bilang ke ane " de ga usah ikutan yg begitu, maw-maw aja kamu dikerjain begitu." emoticon-Ngakak
Diubah oleh antwa1988
Banyak omong..kegiatan ga mendidik kok dibelain...makan tai dlu sana sblm ngmg...biar bener..
Nape lu post di sini? Takut banyak yg gasuka?
Udh addict ko ga bisa bedain lonje ama lpvemoticon-Cape d... (S)
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di