CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tips Keren Cara Foto Cosplayer Ala Fotografer Profesional
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/559b3f4b14088d100f8b4569/tips-keren-cara-foto-cosplayer-ala-fotografer-profesional

Tips Keren Cara Foto Cosplayer Ala Fotografer Profesional

Tips Keren Cara Foto Cosplayer Ala Fotografer Profesional


Setelah minggu kemarin ane membagikan tips cara mengambil foto mainan yang dapat menginspirasi para agan untuk dapat mengembangkan imajinasinya menggunakan mainan. Kini sesuai janji, ane kembali memberikan tips tentang fotografi cosplay yang digunakan oleh para fotografer profesional.

Nah, agan pasti tahu dong apa itu dunia cosplay, saat ini budaya ini sudah berkembang di seluruh dunia, terutama di negara Jepang dan bisa dibilang disinilah surga tempat para cosplayer yang sudah mendunia dan kebanyakan berasal dari Negara ini. Akan tetapi setiap cosplayer yang terkenal tidak bukan karena upaya sang fotografer dalam menghasilkan sebuah gambar atau foto yang menarik dan sesuai dengan karakter cosplay yang diusungnya.

Seperti pada acara Ennichisai 2015 kemarin yang berlangsung di Blok M Square banyak para cosplayer yang berseliweran pada acara tersebut dan menampilkan hasil cosplay dirinya pada pengunjung yang datang. Tentunya hal tersebut merupakan kesempatan bagi para cosplayer saling unjuk gigi dan merupakan momen tepat bagi fotografer pemula untuk menghasilkan gambar dari objek cosplay.

Jadi bagaimana kita bisa mengambil foto cosplay yang bagus dengan menggunakan efek menarik, di sini ane akan memberi lima tips yang mungkin bisa membantu agan yang masih pemula dalam bidan fotografi dan hendak akan mengambil objek cosplayer agar dapat mengahasilkan karya seni yang bagus dan dapat menjadi sumber komersil.

1. Kenalan dengan cosplayer agar dapat difoto oleh kamu!

Tips Keren Cara Foto Cosplayer Ala Fotografer Profesional


Di acara-acara pagelaran budaya Jepang atau sebuah perlombaan cosplay pastinya terdapat para cosplayer yang ingin difoto dan dapat terekspose oleh para penggemarnya, akan tetapi kendalanya pasti banyak yang berebut mengambil gambar cosplay tersebut. Oleh sebab itu sebelum memotret ajaklah cosplayer tersebut berkenalan dengan menanyakan nama dan meminta ijin untuk memotret dirinya. Dengan begitu kalian akan dapat lebih leluasa memotret cosplayer tadi dengan memanggil namanya sehingga si cosplayer akan merespon panggilan tersebut kearah kamu apabila ketika banyak fotografer lainnya yang saling berebut mengambil gambar. Hal tersebut juga membuat kalian menjadi terlihat lebih sopan dalam mengambil foto cosplayer.

2. Lihat kekurangan dan kelebihan cosplayer tersebut!

Tips Keren Cara Foto Cosplayer Ala Fotografer Profesional



Setiap cosplay pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan dari segi kostum, postur tubuh, dan lainnya yang membuat si cosplayer agak kurang sedap untuk dilihat, akan tetapi banyak pula cosplayer yang agak kurang enak dilihat secara langsung tersebut juga enak dilihat dalam sebuah gambar foto. Nah, makanya disini sebelum mengambil gambar cosplayer pastikan apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki si cosplayer tersebut. Misal, seorang cosplayer wanita cantik yang agak kurus memerankan tokoh karakter anime yang berbadan cukup seksi dengan memiliki bidang dada besar, maka tonjolkanlah kecantikannya tersebut dengan agak menyampingkan postur tubuh yang dimilikinya.

3. Ajak cosplayer ke lokasi yang sesuai!

Tips Keren Cara Foto Cosplayer Ala Fotografer Profesional



Pastinya aneh dong apabila kalian sedang berjalan-jalan pada event Ennichisai seorang fotografer tengah memfoto cosplayer yang sudah berdandan cantik dan sudah bergaya mati-matian untuk dapat difoto tetapi latar belakang si cosplayer tersebut merupakan kedai tempat menjajakan makanan. Nah, maka karena itu diperlukan insting yang kuat dalam dunia fotografi untuk menentukan lokasi yang sesuai dengan kostum yang dikenakan oleh si cosplayer tadi. Setelah tadi berkenalan, ajaklah si cosplayer tersebut ke lokasi yang merunut kalian sesuai dengan tema yang dikenakan si cosplayer. Misal, cosplayer Hatsune Miku, maka pikirkanlah tempat yang biasanya ada pada serial Hatsune Miku seperti sebuah studio musik, halaman hijau, kolam renang, dan lainnya.

4. Tentukan pengambilan foto cosplayer!

Tips Keren Cara Foto Cosplayer Ala Fotografer Profesional


Setelah membaca ketiga poin di atas tadi, maka teknik pengambilan gambar sangat diperlukan dalam mengambil objek foto cosplayer, usahakan cosplayer yang hendak difoto dapat membantu kalian dalam pengambilan foto karena akan sangat susah bila hanya mengandalkan pose dari cosplayer saja.

Dalam teknik pengambilan foto cosplay ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

a. Sesuaikan fitur teknis kamera

Sebelum memulai kegiatan hunting foto cosplayer, sangat penting sekali kalian mengetahui kemampuan kamera yang anda gunakan untuk mengambil gambaratau foto, maksimalkan kemampuan kamera kalian saat pengambilan foto dan jangan lupa atur fitur-fitur kamera sesuai dengan objek atau posisi yang akan diambil. Seperti ISO, shutter speed, diagfrahma, dan lainnya.

b. Pencahayaan (sumber cahaya)

Pencahayaan adalah teknis yang sangatlah penting dalam pengambilan foto cosplay, karena akan mempengaruhi suatu objek dari segi tingkat kecerahan dan kehalusan gambat yang hendak diambil. Cahaya itu sendiri sangat beragam, dari cahaya matahari dan cahaya buatan atau menggunakan bantuan flash. Maka gunakanlah teknik pencahayaan yang dapat membantu si cosplay agar dapat terlihat lebih bagus.

c. Posisi atau gaya

Untuk saat ini kita sangat diuntungkan dengan adanya kamera digital jadi kita dapat mengambil gambar sebanyak yang kita mau jadi jangan sungkan-sungkan untuk memenuhi memori kamera kalian dengan berbagai posisi atau sudut pengambilan kamera untuk mencari posisi dan sudut yang sesuai dengan anda, karena setiap orang berbeda dalam sudut pengambilannya foto yang bagus bisa dari depan kurang bagus tapi kalo dari atas bagus, atau dari samping.

5. Manfaatkan hardware dan software!

Arti kata manfaatkan hardware dan software disini maksudnya kalian dapat bereksplorasi menggunakan kedua perangkat tersebut dalam pengambilan foto cosplay. Dengan menggunakan perangkat keras seperti benda-benda pendukung dan perangkat lunak seperti aplikasi Photoshop dapat membuat hasil foto cosplay menjadi lebih baik lagi.

a. Hardware

Tips Keren Cara Foto Cosplayer Ala Fotografer Profesional


Untuk menghasilkan gambar yang halus, tidak selamanya menggunakan efek photoshop saja akan tetapi dengan bantuan benda-benda lainnya membuat foto tersebut terlihat seperti nyata. Misal foto cosplay dengan cipratan air didepannya atau menggunakan mesin pembuat asap sehingga membuat objek cosplay tadi terlihat sangat keren.

b. Software

Tips Keren Cara Foto Cosplayer Ala Fotografer Profesional


Disini merupakan kebohongan dapat dibuat menjadi sangat nyata! Penggunakan piranti lunak Photoshop dapat membantu kalian untuk dapat menghasilkan gambar akhir yang telah dimodifikasi sedimikian rupa agar terlihat sangat menarik. Seperti merapihkan bagian-bagian yang kurang enak dilihat, hingga penambahan efek-efek tertentu harus dapat diperhatikan dalam bagian ini.


Itulah sedikit tips fotografi dalam mengambil objek cosplay dari ane, apalagi diantara agan yang masih pemula juga dapat bergabung dalam Komunitas Fotografer Cosplay Indonesia pada akun Facebook-nya.

Spoiler for SUMBER::
mudah2an cosplayer indonesia bisa ngalahin cosplayer luar,
he he di mari cosplayer masih belum booming sih emoticon-Big Grin
msh jaman fotoin kimcil cosplayer? Mending fotoin pacar sndri
Msh jaman fotoin kimcil kosplay?? Fotoin pacar aja deh ato SPG
Seni dan kreatifitas
Semoga costplayer & fhotografer Indonesia bisa bersaing di dunia emoticon-I Love Indonesia


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di