- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
MOBIL LISTRIK ANAK BANGSA YANG DISISIHKAN BANGSANYA
TS
awank.masz
MOBIL LISTRIK ANAK BANGSA YANG DISISIHKAN BANGSANYA
ASSALAMUALAIKUM WR.WB.
ane berharap thread ini berguna untuk kemajuan bangsa dan negara kita tercinta ini ya , dan please no offence untuk pihak manapun
cek dulu
jadi langsung ke inti permasalahan gan
dan tragisnya gan
dan inti kekecewaan sang putra petir adalah
sangat disayangkan apabila para ahli Indonesia tidak dihargai oleh bangsanya sendiri terlebih lagi mereka malah merasa lebih nyaman berada di negara lain. Mau sampai kapan bangsa kita bersikap apatis terhadap para pemikir-pemikir ulung seperti abang Ricky ini
tambahan gan, ternyata bangsa Indonesia juga punya mobil keren macam di negara maju gan , nih beberapa mobil keren buatan Indonesia
Mobil nasional kedua yang memiliki desain menawan, sporty, dan futuristik adalah SV-1. Mobil pengembangan dari SKEV-1 hasil kerjasama coachbuilder Signal Kustom dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini juga hadir dengan motor listrik yang ramah lingkungan.
Meski ramah lingkungan, motor listrik SV-1 ini masih bisa diajak lari dengan kecepatan maksimal yang diklaim dapat menyentuh angka 150 km/jam.?
Desain SV-1 ini terbukti jempolan karena sukses memenangkan salah satu kontes modifikasi terbesar di Indonesia.
yap, terbukti kan kalo putra bangsa sebenernya juga mempunyai potensi yang besar untuk kemajuan bangsa
ane berharap bangsa ini menjadi bangsa yang besar gan, menghargai jasa para pahlawan nya tidak hanya pahlawan kemerdekaan, pahlawan revolusi tapi juga pahlawan globalisasi
sekian dari ane semoga bermanfaat
ane demen buat takjil buka puasa gan wkwk tapi jangan di deh , kasian ane gan masih puasa dilempar lempar wkwk
sekian WASSALAMUALAIKUM WR.WB.
Spoiler for pembukaan dulu gan:
seger gan
ane berharap thread ini berguna untuk kemajuan bangsa dan negara kita tercinta ini ya , dan please no offence untuk pihak manapun
cek dulu
Spoiler for no repost, semoga:
jadi langsung ke inti permasalahan gan
Spoiler for pertama:
Merdeka.com - Mimpi Ricky Elson membawa negerinya menjadi lebih baik, khususnya di bidang teknologi transportasi, dengan cara menciptakan mobil listrik harus kandas di tengah jalan. Mirisnya, mimpi mulia itu dikandaskan oleh negaranya sendiri, Indonesia.
Melalui akun Facebook pribadinya, teknokrat kelahiran Padang, Sumatera Barat ini menyebut pernyataan sejumlah pejabat negara pada APEC 2013 tentang dukungannya, akhirnya tersisihkan begitu saja. Proyek mobil listrik yang dikerjakan bersama rekannya dan tiga BUMN dibiarkan terbengkalai, meski kendaraan listrik buatannya sempat dipamerkan di ajang APEC di Bali.
"Kami berhasil mewujudkan sebelum Oktober, sebelum APEC dimulai, bayi-bayi merah mobil listrik ini adalah bayi prematur, butuh orang tua dan pendidik yang ekstra telaten mungkin timing kelahiran kurang tepat, saat para orang tua kami sedang sibuk mencari muka untuk 2014, dan bayi-bayi prematur ini tersisihkan," tulis Ricky, Rabu (24/6).
Bayi-bayi yang disebut Ricky adalah mobil listrik yang diberi nama Tucuxi dan Selo, yang merupakan mimpi mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan sebagai pembuktian kepada dunia, bahwa anak bangsa mampu menciptakan mobil listrik. Bahkan Direktur Utama PT Sarimas Ahmadi Pratama, Dasep Ahmadi, orang yang ikut dalam proyek pembuatan mobil listrik tersebut ditetapkan sebagai tersangka korupsi mobil listrik oleh Kejaksaan Agung.Lebih lanjut, Ricky juga mempertanyakan kenapa mobil listrik ciptaan mereka disebut tidak laik jalan oleh Kementerian Perhubungan. Namun saat ia menanyakan, bagian apa yang membuat mobil buatannya tidak laik jalan, Kementerian Perhubungan tidak memberi jawaban yang diinginkannya.
"Ternyata saya harus mencak-mencak di Dephub baru bisa mendapatkan hasil ujian yang kami sendiri ga pernah tahu apa yang akan diuji, bagaimana mereka menguji, apa yang kurang dan harus diperbaiki cuma dikasih tahu, 'Gak Layak Jalan'."
Seperti diketahui, saat menjadi Menteri BUMN, Dahlan Iskan berusaha membujuk Ricky agar mau ke Indonesia mengembangkan mobil listrik. Saat diminta Dahlan untuk kembali ke Indonesia, sebetulnya Ricky telah bekerja sebagai kepala Divisi penelitian dan pengembangan teknologi permanen magnet motor dan generator NIDEC Coorporation, Kyoto, Minamiku-kuzetonoshiro cho388, Jepang.
"Sayang ya. Kan banyak orang menyampaikan agar ahli-ahli kita di luar negeri itu dapat kembali ke Tanah Air. Setiap ke kampus-kampus dalam sebuah diskusi terlalu banyak yang mengatakan agar anak kita mau pulang untuk mengabdi kepada negara sendiri," ujar Dahlan saat ditemui di kediamannya jalan Ketintang Baru nomor AA18, Surabaya, Rabu (9/4/2014).
Melalui akun Facebook pribadinya, teknokrat kelahiran Padang, Sumatera Barat ini menyebut pernyataan sejumlah pejabat negara pada APEC 2013 tentang dukungannya, akhirnya tersisihkan begitu saja. Proyek mobil listrik yang dikerjakan bersama rekannya dan tiga BUMN dibiarkan terbengkalai, meski kendaraan listrik buatannya sempat dipamerkan di ajang APEC di Bali.
"Kami berhasil mewujudkan sebelum Oktober, sebelum APEC dimulai, bayi-bayi merah mobil listrik ini adalah bayi prematur, butuh orang tua dan pendidik yang ekstra telaten mungkin timing kelahiran kurang tepat, saat para orang tua kami sedang sibuk mencari muka untuk 2014, dan bayi-bayi prematur ini tersisihkan," tulis Ricky, Rabu (24/6).
Bayi-bayi yang disebut Ricky adalah mobil listrik yang diberi nama Tucuxi dan Selo, yang merupakan mimpi mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan sebagai pembuktian kepada dunia, bahwa anak bangsa mampu menciptakan mobil listrik. Bahkan Direktur Utama PT Sarimas Ahmadi Pratama, Dasep Ahmadi, orang yang ikut dalam proyek pembuatan mobil listrik tersebut ditetapkan sebagai tersangka korupsi mobil listrik oleh Kejaksaan Agung.Lebih lanjut, Ricky juga mempertanyakan kenapa mobil listrik ciptaan mereka disebut tidak laik jalan oleh Kementerian Perhubungan. Namun saat ia menanyakan, bagian apa yang membuat mobil buatannya tidak laik jalan, Kementerian Perhubungan tidak memberi jawaban yang diinginkannya.
"Ternyata saya harus mencak-mencak di Dephub baru bisa mendapatkan hasil ujian yang kami sendiri ga pernah tahu apa yang akan diuji, bagaimana mereka menguji, apa yang kurang dan harus diperbaiki cuma dikasih tahu, 'Gak Layak Jalan'."
Seperti diketahui, saat menjadi Menteri BUMN, Dahlan Iskan berusaha membujuk Ricky agar mau ke Indonesia mengembangkan mobil listrik. Saat diminta Dahlan untuk kembali ke Indonesia, sebetulnya Ricky telah bekerja sebagai kepala Divisi penelitian dan pengembangan teknologi permanen magnet motor dan generator NIDEC Coorporation, Kyoto, Minamiku-kuzetonoshiro cho388, Jepang.
"Sayang ya. Kan banyak orang menyampaikan agar ahli-ahli kita di luar negeri itu dapat kembali ke Tanah Air. Setiap ke kampus-kampus dalam sebuah diskusi terlalu banyak yang mengatakan agar anak kita mau pulang untuk mengabdi kepada negara sendiri," ujar Dahlan saat ditemui di kediamannya jalan Ketintang Baru nomor AA18, Surabaya, Rabu (9/4/2014).
dan tragisnya gan
Spoiler for tragis, mobil "gendhis" tersisih pada ajang pameran:
Merdeka.com - Berbeda dengan mobil Jepang, Eropa dan Amerika yang menempati lokasi utama gelaran IIMS. Mobil nasional kali ini tetap harus rela tampil di belakang area pameran. Meski menempati lokasi semi permanen Hall B, di gelaran IIMS, mobil listrik kreasi Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan dan timnya Pandawa Putra Petir ikutan mejeng.
Mobil yang pernah menjadi kendaraan KTT APEC tahun lalu ini merupakan mobil ramah lingkungan yang terdiri dari mobil biodiesel dan listrik
bodynya sexy bgt gan dan lagi mobil ini bertenaga biodiesel yang otomatis lebih ramah lingkungan gan, sayangnya animo masyarakat terhadap mobil made in Indonesia kurang bagus
Mobil yang pernah menjadi kendaraan KTT APEC tahun lalu ini merupakan mobil ramah lingkungan yang terdiri dari mobil biodiesel dan listrik
Spoiler for penampakan doi:
Spoiler for lagi gan:
bodynya sexy bgt gan dan lagi mobil ini bertenaga biodiesel yang otomatis lebih ramah lingkungan gan, sayangnya animo masyarakat terhadap mobil made in Indonesia kurang bagus
dan inti kekecewaan sang putra petir adalah
Spoiler for jangan nangis gan:
si doi abang Ricky Nelson akhirnya kembali ke Jepang karena merasa apa yang dilakukan nya di negara kelahirannya sendiri tidak dihargai oleh para birokrat bangsa ini.
nih pernyataan yg ane kutip dari Merdeka.com
nih biodata si doi
Ricky Elson (lahir di Padang, Sumatera Barat, 11 Juni 1980; umur 35 tahun) adalah seorang teknokrat Indonesia yang ahli dalam teknologi motor penggerak listrik dan dianggap sebagai pelopor mobil listrik nasional.[1][2]
Ricky menempuh pendidikan tinggi teknologinya di Jepang, dan kemudian bekerja di sebuah perusahaan di negeri sakura itu. Selama 14 tahun di sana, Ricky telah menemukan belasan teknologi motor penggerak listrik yang sudah dipatenkan di Jepang.
Beliau ini merupakan teknokrat yang sangat dihargai di Jepang gan
nih pernyataan yg ane kutip dari Merdeka.com
Spoiler for kutipan:
Merdeka.com - Keprihatinan terhadap masalah ketahanan energi Indonesia khususnya Bahan Bakar Minyak (BBM) membuat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mencetuskan ide pembuatan mobil listrik. Meski bukan yang pertama, namun, mobil Dahlan ini menjadi istimewa karena dikerjakan oleh putra-putri Indonesia terbaik dan menelan dana yang tidak sedikit.
Putra terbaik Indonesia itu salah satunya adalah Ricky Elson. Pencipta mobil listrik Selo ini sebetulnya telah bekerja sebagai kepala Divisi penelitian dan pengembangan teknologi permanen magnet motor dan generator NIDEC Coorporation, Kyoto, Minamiku-kuzetonoshiro cho388, Jepang.
Prestasi Ricky pun tak sedikit. Setidaknya ada 14 teori mengenai motor listrik telah dihasilkan dan dipatenkan oleh pemerintah Jepang. Prestasi inilah yang membuat Dahlan kepincut dan memintanya untuk mengembangkan mobil listriknya.
Melalui akun Facebooknya, Ricky bercerita bahwa belum lama ini dirinya mendapat perintah dari tempat kerjanya di Jepang untuk kembali. Itu berarti dia harus meninggalkan apa yang sudah dilakukannya selama ini di Indonesia.
Di tempat tinggalnya saat ini yakni di Ciheras, Tasikmalaya, Ricky tengah mengembangkan pembangkit listrik tenaga angin. Kincir angin Ricky telah menjadi yang terbaik di dunia untuk kelas 500 watt peak.
Namun, kualitas teknologi Indonesia yang belum mumpuni membuat hasil karyanya tak maksimal. Hal ini, menurutnya, bisa diperbaiki jika dirinya kembali ke Jepang. Lalu apa? Apakah karyanya akan kembali dipatenkan oleh pemerintah Jepang?
Menteri BUMN, Dahlan Iskan, mengaku kecewa jika Ricky Elson kembali bekerja ke perusahaan Jepang. Sebab, tenaga Ricky masih dibutuhkan Indonesia untuk memajukan bangsa khususnya pengembangan mobil listrik.
"Sayang ya. Kan banyak orang menyampaikan agar ahli-ahli kita di luar negeri itu dapat kembali ke Tanah Air. Setiap ke kampus-kampus dalam sebuah diskusi terlalu banyak yang mengatakan agar anak kita mau pulang untuk mengabdi kepada negara sendiri," ujar Dahlan saat ditemui di kediamannya jalan Ketintang Baru nomor AA18, Surabaya, Rabu (9/4).
Dahlan bercerita bagaimana dahulu dirinya berusaha membujuk Ricky agar mau ke Indonesia mengembangkan mobil listrik. Awalnya, Ricky enggan untuk tinggal di Indonesia dengan pertimbangan gaji lebih kecil dari Jepang dan tidak dihargai hasil karyanya oleh negeri sendiri.
Kurangnya penghargaan pada karya anak bangsa selama ini diakui Dahlan memang benar. Maka dari itu, dirinya berusaha untuk merubahnya.
"Saya rayu habis-habisan, makanya seluruh gaji sebagai menteri saya berikan. Namun, sudah membuktikan di dalam negeri tidak mendapatkan sambutan, tidak mendapatkan fasilitas yang memadai, boleh dikata tidak ada kepastian, ketentuan. Saya minta maaf kepada mas Ricky. Karena saya bayangkan bisa mengabdi di dalam negeri," ungkapnya.
semangat gan bacanya Putra terbaik Indonesia itu salah satunya adalah Ricky Elson. Pencipta mobil listrik Selo ini sebetulnya telah bekerja sebagai kepala Divisi penelitian dan pengembangan teknologi permanen magnet motor dan generator NIDEC Coorporation, Kyoto, Minamiku-kuzetonoshiro cho388, Jepang.
Prestasi Ricky pun tak sedikit. Setidaknya ada 14 teori mengenai motor listrik telah dihasilkan dan dipatenkan oleh pemerintah Jepang. Prestasi inilah yang membuat Dahlan kepincut dan memintanya untuk mengembangkan mobil listriknya.
Melalui akun Facebooknya, Ricky bercerita bahwa belum lama ini dirinya mendapat perintah dari tempat kerjanya di Jepang untuk kembali. Itu berarti dia harus meninggalkan apa yang sudah dilakukannya selama ini di Indonesia.
Di tempat tinggalnya saat ini yakni di Ciheras, Tasikmalaya, Ricky tengah mengembangkan pembangkit listrik tenaga angin. Kincir angin Ricky telah menjadi yang terbaik di dunia untuk kelas 500 watt peak.
Namun, kualitas teknologi Indonesia yang belum mumpuni membuat hasil karyanya tak maksimal. Hal ini, menurutnya, bisa diperbaiki jika dirinya kembali ke Jepang. Lalu apa? Apakah karyanya akan kembali dipatenkan oleh pemerintah Jepang?
Menteri BUMN, Dahlan Iskan, mengaku kecewa jika Ricky Elson kembali bekerja ke perusahaan Jepang. Sebab, tenaga Ricky masih dibutuhkan Indonesia untuk memajukan bangsa khususnya pengembangan mobil listrik.
"Sayang ya. Kan banyak orang menyampaikan agar ahli-ahli kita di luar negeri itu dapat kembali ke Tanah Air. Setiap ke kampus-kampus dalam sebuah diskusi terlalu banyak yang mengatakan agar anak kita mau pulang untuk mengabdi kepada negara sendiri," ujar Dahlan saat ditemui di kediamannya jalan Ketintang Baru nomor AA18, Surabaya, Rabu (9/4).
Dahlan bercerita bagaimana dahulu dirinya berusaha membujuk Ricky agar mau ke Indonesia mengembangkan mobil listrik. Awalnya, Ricky enggan untuk tinggal di Indonesia dengan pertimbangan gaji lebih kecil dari Jepang dan tidak dihargai hasil karyanya oleh negeri sendiri.
Kurangnya penghargaan pada karya anak bangsa selama ini diakui Dahlan memang benar. Maka dari itu, dirinya berusaha untuk merubahnya.
"Saya rayu habis-habisan, makanya seluruh gaji sebagai menteri saya berikan. Namun, sudah membuktikan di dalam negeri tidak mendapatkan sambutan, tidak mendapatkan fasilitas yang memadai, boleh dikata tidak ada kepastian, ketentuan. Saya minta maaf kepada mas Ricky. Karena saya bayangkan bisa mengabdi di dalam negeri," ungkapnya.
nih biodata si doi
Spoiler for doi:
Ricky menempuh pendidikan tinggi teknologinya di Jepang, dan kemudian bekerja di sebuah perusahaan di negeri sakura itu. Selama 14 tahun di sana, Ricky telah menemukan belasan teknologi motor penggerak listrik yang sudah dipatenkan di Jepang.
Beliau ini merupakan teknokrat yang sangat dihargai di Jepang gan
sangat disayangkan apabila para ahli Indonesia tidak dihargai oleh bangsanya sendiri terlebih lagi mereka malah merasa lebih nyaman berada di negara lain. Mau sampai kapan bangsa kita bersikap apatis terhadap para pemikir-pemikir ulung seperti abang Ricky ini
tambahan gan, ternyata bangsa Indonesia juga punya mobil keren macam di negara maju gan , nih beberapa mobil keren buatan Indonesia
Spoiler for bikin batal puasa gan wkwk:
Spoiler for si kuning:
Spoiler for si hitam garis:
Mobil nasional kedua yang memiliki desain menawan, sporty, dan futuristik adalah SV-1. Mobil pengembangan dari SKEV-1 hasil kerjasama coachbuilder Signal Kustom dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini juga hadir dengan motor listrik yang ramah lingkungan.
Meski ramah lingkungan, motor listrik SV-1 ini masih bisa diajak lari dengan kecepatan maksimal yang diklaim dapat menyentuh angka 150 km/jam.?
Desain SV-1 ini terbukti jempolan karena sukses memenangkan salah satu kontes modifikasi terbesar di Indonesia.
Spoiler for si merah tuxuci:
Mobil nasional selanjutnya yang juga hadir dengan desain futuristik kelas dunia adalah Tuxuci. Mobil listrik ini memang hadir dengan konsep mobil sport mewah yang akan menarik minat setiap orang yang melihatnya.
Tak heran jika Menteri BUMN kala itu, Dahlan Iskan sampai kepincut membeli mobil seharga miliaran rupiah ini. Namun sayang keinginan Dahlan untuk memproduksi masal mobil ini harus terhenti karena Tuxuci mengalami kegagalan mekanisme rem ketika diujicoba oleh Dahlan.
Tak heran jika Menteri BUMN kala itu, Dahlan Iskan sampai kepincut membeli mobil seharga miliaran rupiah ini. Namun sayang keinginan Dahlan untuk memproduksi masal mobil ini harus terhenti karena Tuxuci mengalami kegagalan mekanisme rem ketika diujicoba oleh Dahlan.
Spoiler for si putih:
ITS Surabaya juga tak mau kalah memproduksi mobil listrik. Mahasiswa perguruan tinggi tersebut berhasil membuat satu mobil listrik bernama E&C yang dengan desain futuristik dan mewah.
Mobil dengan konsep SUV empat penumpang ini memiliki wheelbase 240 cm, sehingga penumpang dipastikan akan mendapatkan ruang yang lega di dalam kabin.
Untuk dapur pacunya sendiri, E&C hadir dengan mengusung motor listrik dengan tenaga maksimal 20kw. Dalam sekali pengisian baterai, mobil ini mampu berjalan sejauh 24 km.
Mobil dengan konsep SUV empat penumpang ini memiliki wheelbase 240 cm, sehingga penumpang dipastikan akan mendapatkan ruang yang lega di dalam kabin.
Untuk dapur pacunya sendiri, E&C hadir dengan mengusung motor listrik dengan tenaga maksimal 20kw. Dalam sekali pengisian baterai, mobil ini mampu berjalan sejauh 24 km.
Spoiler for si pindad viev:
Mobil nasional kelima yang hadir dengan desain tak kalah dari pabrikan dunia berasal dari Pindad. Mobil bernama Pindad Piev ini mengusung konsep mobil listrik ramah lingkungan namun tetap miliki kesan sporty.
Mobil Hactback dua pintu ini mengusung mesin listrik dengan tenaga maksimal mencapai 25KW yang mampu menghasilkan torsi maksimal hingga menyentuhkan angka 40Nm.
Mobil yang masih dalam tahap pengembangan ini diklaim mampu lari hingga kecepatan 80km/jam dengan jarak tempuh maksimal 80 km untuk sekali isi daya baterai.
Mobil Hactback dua pintu ini mengusung mesin listrik dengan tenaga maksimal mencapai 25KW yang mampu menghasilkan torsi maksimal hingga menyentuhkan angka 40Nm.
Mobil yang masih dalam tahap pengembangan ini diklaim mampu lari hingga kecepatan 80km/jam dengan jarak tempuh maksimal 80 km untuk sekali isi daya baterai.
Spoiler for si SKEV-1:
SKEV-1 (Signal Kustom Electric Vehicle 1) adalah mobil sport listrik buatan anak bangsa hasil kerjasama dari coachbuilder Signal Kustom dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
SKEV-1 ini sempat menghebohkan khalayak ramai ketika pertama kali diperkenalkan di Puspitek Serpong bersamaan dengan hari teknologi Nasional 2011.
SKEV-1 sendiri hadir dengan desain sporty bak mobil balap ketahanan Le Mans. Mobil listrik ini juga disokong motor listrik bertenaga 60HP yang mampu melesat hingga 140km/jam.
Sayangnya, karena tujuan utama mobil ini adalah untuk turun di ajang modifikasi, sehingga sulit untuk mewujudkan versi produksi masal dari SKEV-1.
macam mobil di fil film hollywood gan
SKEV-1 ini sempat menghebohkan khalayak ramai ketika pertama kali diperkenalkan di Puspitek Serpong bersamaan dengan hari teknologi Nasional 2011.
SKEV-1 sendiri hadir dengan desain sporty bak mobil balap ketahanan Le Mans. Mobil listrik ini juga disokong motor listrik bertenaga 60HP yang mampu melesat hingga 140km/jam.
Sayangnya, karena tujuan utama mobil ini adalah untuk turun di ajang modifikasi, sehingga sulit untuk mewujudkan versi produksi masal dari SKEV-1.
macam mobil di fil film hollywood gan
Spoiler for si manis gendhis:
Selain Selo, tim Putra Petir juga berhasil membuat mobil SUV berbadan bongsor yang juga memiliki mesin berbasis motor listrik.
Jika Selo hadir dengan kesan murni sport, maka Gendhis hadir dengan konsep elegan dan cocok untuk dijadikan mobil keluarga Indonesia.
Gendhis dan Selo sempat dibawa ke Bali pada akhir 2013 lalu guna dipamerkan dalam ajang KTT APEC yang dihadiri banyak negara maju.
Jika Selo hadir dengan kesan murni sport, maka Gendhis hadir dengan konsep elegan dan cocok untuk dijadikan mobil keluarga Indonesia.
Gendhis dan Selo sempat dibawa ke Bali pada akhir 2013 lalu guna dipamerkan dalam ajang KTT APEC yang dihadiri banyak negara maju.
yap, terbukti kan kalo putra bangsa sebenernya juga mempunyai potensi yang besar untuk kemajuan bangsa
ane berharap bangsa ini menjadi bangsa yang besar gan, menghargai jasa para pahlawan nya tidak hanya pahlawan kemerdekaan, pahlawan revolusi tapi juga pahlawan globalisasi
sekian dari ane semoga bermanfaat
ane demen buat takjil buka puasa gan wkwk tapi jangan di deh , kasian ane gan masih puasa dilempar lempar wkwk
sekian WASSALAMUALAIKUM WR.WB.
0
2.9K
Kutip
5
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan