- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Bandara-bandara Paling Jauh dari Kota Tujuan


TS
runarazenviq
Bandara-bandara Paling Jauh dari Kota Tujuan
Proud to be part of


Welcome to

Hallo Gan

Ketemu lagi dengan trid Kota-kota dari Ane. Kali ini ane mau share tentang Bandara yang Paling jauh dari kota yang dilayaninya


Quote:
Prologue
Bandara merupakan salah satu pintu masuk utama sebuah kota, biasanya terletak di luar batas kota untuk mengakomodir pertumbuhan kota, namun cukup dekat sehingga perjalanan menuju kota dapat ditempuh dalam waktu kurang dari setengah jam atau lebih sedikit. Pertumbuhan kota berjalan sejajar dengan volume lalu lintas udara sehingga sering sebuah kota memerlukan bandara baru kota karena kota telah tumbuh secara cepat. Bandara utama yang awalnya 30 menit dari pusat kota sekarang ditelan oleh kota baru sehingga bandara baru sekarang harus dibangun jauh dari kota karena tidak ada ruang lagi yang tersisa.
Banyak penerbangan murah (low-cost) menggunakan bandara sekunder ini karena biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan dengan bandara utama. Tapi hal-hal menyesatkan muncul ketika perusahaan penerbangan mulai menerbitkan iklan untuk kota tujuan yang memiliki jarak ratusan kilometer dari bandara sekunder tersebut. Pada tahun 2011 Jetstar Asia berusaha untuk menarik pelanggan dengan trik penerbangan murah dari Singapura ke Shanghai, akan tetapi pesawat malah mendarat di Hangzhou yang jaraknya hampir 200 km dari Shanghai
. Penerbangan ini telah dibatalkan, namun masih banyak penerbangan serupa yang masih operasional, dan bahkan dengan nama bandara yang menyesatkan. Berikut adalah beberapa bandara terjauh dari kota yang dilayaninya gan 
Bandara merupakan salah satu pintu masuk utama sebuah kota, biasanya terletak di luar batas kota untuk mengakomodir pertumbuhan kota, namun cukup dekat sehingga perjalanan menuju kota dapat ditempuh dalam waktu kurang dari setengah jam atau lebih sedikit. Pertumbuhan kota berjalan sejajar dengan volume lalu lintas udara sehingga sering sebuah kota memerlukan bandara baru kota karena kota telah tumbuh secara cepat. Bandara utama yang awalnya 30 menit dari pusat kota sekarang ditelan oleh kota baru sehingga bandara baru sekarang harus dibangun jauh dari kota karena tidak ada ruang lagi yang tersisa.
Banyak penerbangan murah (low-cost) menggunakan bandara sekunder ini karena biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan dengan bandara utama. Tapi hal-hal menyesatkan muncul ketika perusahaan penerbangan mulai menerbitkan iklan untuk kota tujuan yang memiliki jarak ratusan kilometer dari bandara sekunder tersebut. Pada tahun 2011 Jetstar Asia berusaha untuk menarik pelanggan dengan trik penerbangan murah dari Singapura ke Shanghai, akan tetapi pesawat malah mendarat di Hangzhou yang jaraknya hampir 200 km dari Shanghai


Jadi, Bandara mana yang Paling Jauh dari Kota? 

Quote:
- Paris Vatry Disney Airport -
The Paris Vatry Disney Airport atau disebut Châlons Vatry Airport dipasarkan Ryanair untuk penerbangan murah ke Kota Paris. Namun nyatanya bandara ini terletak 147 kmdari Paris gan
dan bandara ini malah lebih dekat ke Disney (hanya 105 km) dibanding ke Paris
Spoiler for map:
Quote:

The Paris Vatry Disney Airport atau disebut Châlons Vatry Airport dipasarkan Ryanair untuk penerbangan murah ke Kota Paris. Namun nyatanya bandara ini terletak 147 kmdari Paris gan

Quote:
Frankfurt–Hahn Airport
Frankfurt–Hahn Airport terletak 10 km dari Kota Kirchberg Distrik Rhein-Hunsrück ke barat dari pusat Jerman. Bandara ini letanknya sekitar 120 kmdari Kota Frankfurt dan Luxembourg. Frankfurt-Hahn adalah nama resmi bandara ini karena merupakan bandara alternatif untuk Frankfurt Airport untuk penerbangan murah dan lalu lintas kargo.
Spoiler for map:
Quote:

Frankfurt–Hahn Airport terletak 10 km dari Kota Kirchberg Distrik Rhein-Hunsrück ke barat dari pusat Jerman. Bandara ini letanknya sekitar 120 kmdari Kota Frankfurt dan Luxembourg. Frankfurt-Hahn adalah nama resmi bandara ini karena merupakan bandara alternatif untuk Frankfurt Airport untuk penerbangan murah dan lalu lintas kargo.
Quote:
Memmingen Airport
Memmingen Airport terletak di kota Memmingerberg, di wilayah Swabia Jerman, tapi digunakan sebagai alternatif untuk penerbangan murah ke Munich Airport, letak bandara ini sekitar 110 km dari Munich.
Spoiler for map:
Quote:

Memmingen Airport terletak di kota Memmingerberg, di wilayah Swabia Jerman, tapi digunakan sebagai alternatif untuk penerbangan murah ke Munich Airport, letak bandara ini sekitar 110 km dari Munich.
Quote:
Sandefjord Airport
Bandara Sandefjord terletak sebelah timur laut Sandefjord, Norwegia dan 110 kmsebelah selatan dari Oslo. Mulai tahun 1997, bandara ini menjadi tujuan bagi Ryanair, yang dipasarkan sebagai bandara yang melayani Oslo
Spoiler for map:
Quote:

Bandara Sandefjord terletak sebelah timur laut Sandefjord, Norwegia dan 110 kmsebelah selatan dari Oslo. Mulai tahun 1997, bandara ini menjadi tujuan bagi Ryanair, yang dipasarkan sebagai bandara yang melayani Oslo
Quote:
Stockholm Västerås Airport
Stockholm Västerås Airport terletak di kota Västerås, Swedia, dan digunakan untuk melayani Stockholm meskipun itu 100 km dari Stockholm
Spoiler for map:
Quote:

Stockholm Västerås Airport terletak di kota Västerås, Swedia, dan digunakan untuk melayani Stockholm meskipun itu 100 km dari Stockholm
Quote:
Stockholm Skavsta Airport
Stockholm Skavsta Airport adalah bandara lain yang melayani Stockholm, yang digunakan oleh maskapai bertarif murah dan operator kargo. Bandara ini merupakan bandara terbesar ketiga di Swedia, dengan kemampuan untuk melayani 2,5 juta penumpang per tahun. Namun bandara ini terletak 100 km dari Stockholm, namun tetap menggunakan Stockholm untuk tujuan pemasaran.
Spoiler for map:
Quote:

Stockholm Skavsta Airport adalah bandara lain yang melayani Stockholm, yang digunakan oleh maskapai bertarif murah dan operator kargo. Bandara ini merupakan bandara terbesar ketiga di Swedia, dengan kemampuan untuk melayani 2,5 juta penumpang per tahun. Namun bandara ini terletak 100 km dari Stockholm, namun tetap menggunakan Stockholm untuk tujuan pemasaran.
Quote:
London Oxford Airport
London Oxford adalah bandara swasta yang terletak di dekat Kidlington, 11 km dari Oxford, dan 100 kmdari pusat kota London. Bandara ini pada awalnya disebut Kidlington Airport namun pada tahun 2009 namanya berubah menjadi London Oxford, yang menyebabkan banyak pers memberi komentar dan kritik sebagai nama baru menyesatkan
Spoiler for map:
Quote:

London Oxford adalah bandara swasta yang terletak di dekat Kidlington, 11 km dari Oxford, dan 100 kmdari pusat kota London. Bandara ini pada awalnya disebut Kidlington Airport namun pada tahun 2009 namanya berubah menjadi London Oxford, yang menyebabkan banyak pers memberi komentar dan kritik sebagai nama baru menyesatkan
Quote:
Girona–Costa Brava Airport
Girona-Costa Brava Airport terletak 12,5 km barat daya dari Kota Girona. Bandara ini digunakan sebagai bandara alternatif menuju Kota Barcelona, meskipun bandara ini terletak sejauh 92 kmdi sebelah utara Barcelona
Spoiler for map:
Quote:

Girona-Costa Brava Airport terletak 12,5 km barat daya dari Kota Girona. Bandara ini digunakan sebagai bandara alternatif menuju Kota Barcelona, meskipun bandara ini terletak sejauh 92 kmdi sebelah utara Barcelona
Quote:
Reus Airport
Bandara Reus terletak di pantai Costa Daurada, dekat kota Reus. Bandara ini melayani sejumlah besar wisatawan dan penumpang yang menuju Barcelona, meskipun jaraknya sekitar 100 km
Spoiler for map:
Quote:

Bandara Reus terletak di pantai Costa Daurada, dekat kota Reus. Bandara ini melayani sejumlah besar wisatawan dan penumpang yang menuju Barcelona, meskipun jaraknya sekitar 100 km
Quote:
Beauvais–Tillé Airport
Beauvais-Tille Airport di Tille terletak dekat kota Beauvais di Perancis. Bandara ini terletak85 km dari Paris dan beberapa maskapai penerbangan murah menyebutnya dengan nama Paris-Beauvais untuk tujuan pemasaran
Spoiler for map:
Quote:

Beauvais-Tille Airport di Tille terletak dekat kota Beauvais di Perancis. Bandara ini terletak85 km dari Paris dan beberapa maskapai penerbangan murah menyebutnya dengan nama Paris-Beauvais untuk tujuan pemasaran
Quote:
Weeze Airport
Bandara Weeze terletak di kotamadya Weeze, sekitar 70 kmdari Düsseldorf. Operator biaya rendah seperti Ryanair menyebutnya sebagai "Düsseldorf-Weeze" untuk tujuan pemasaran
Spoiler for map:
Quote:

Bandara Weeze terletak di kotamadya Weeze, sekitar 70 kmdari Düsseldorf. Operator biaya rendah seperti Ryanair menyebutnya sebagai "Düsseldorf-Weeze" untuk tujuan pemasaran
Quote:
London Stansted Airport
Bandara London Stansted terletak di Stansted Mountfitchet sekitar 68 kmdari London. Namun bandara ini digunakan oleh sejumlah operator murah besar Eropa untuk melayani Kota London.
Spoiler for map:
Quote:

Bandara London Stansted terletak di Stansted Mountfitchet sekitar 68 kmdari London. Namun bandara ini digunakan oleh sejumlah operator murah besar Eropa untuk melayani Kota London.
Quote:
London Southend Airport
London Southend terletak di distrik Rochford sekitar 68 kmdari pusat London
Spoiler for map:
Quote:

London Southend terletak di distrik Rochford sekitar 68 kmdari pusat London
Quote:
Tokyo Narita Airport
Bandara Narita Tokyo, sebelumnya dan awalnya dikenal sebagai Bandara Internasional New Tokyo ini terletak sekitar 60 kmsebelah timur dari pusat kota Tokyo
Spoiler for map:
Quote:

Bandara Narita Tokyo, sebelumnya dan awalnya dikenal sebagai Bandara Internasional New Tokyo ini terletak sekitar 60 kmsebelah timur dari pusat kota Tokyo
Quote:
Kansai Airport
Bandara Kansai melayani Kota Osaka yang berjarak 56,2 km dari bandara buatan tersebut.
Spoiler for map:
Quote:

Bandara Kansai melayani Kota Osaka yang berjarak 56,2 km dari bandara buatan tersebut.
Kalo Bandara Soetta ke Jakarta jaraknya brapa sih gan? 

Quote:
Bandara Soekarno-Hatta
Kalo Bandara Soetta sekitar 35 km dari Jakarta gan, sekitar sejam ke kota kalau naik mobil atau taxi
Spoiler for map:
Quote:

Kalo Bandara Soetta sekitar 35 km dari Jakarta gan, sekitar sejam ke kota kalau naik mobil atau taxi

Terus, Kenapa sih Bandara harus jauh dari Kota? 

Quote:
Jawabnya, Karena Ada KKOP gan. Apa sih KKOP itu? 
Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) adalah wilayah daratan dan/atau perairan serta ruang udara di sekitar bandar udara yang digunakan untuk kegiatan operasi penerbangan dalam rangka menjamin keselamatan penerbangan.
Kawasan ini perlu diperhatikan untuk menjaga keselamatan operasional pesawat udara di sekitar bandar udara, hal yang paling umum dan sangat berkaitan dengan kawasan ini adalah mengenai kondisi ketinggian bangunan atau halangan lainnya seperti gunung, bukit, pepohonan di sekitar wilayah operasi penerbangan atau bandar udara. Kawasan ini juga menjadi faktor pendukung utama dalam pembuatan suatu wilayah pendaratan dan lepas landas pesawat udara.

KKOP terdiri dari:
Bingung gan?
Sama gan, ane juga bingung
. Namun pada intinya bandara memiliki jarak aman tertentu dari pembangunan sebuah kota. Dimana wilayah yang ada dalam jarak aman bandara tersebut dibatasi pembangunannya, misal tidak diperbolehkan ada bangunan tinggi dalam radius tertentu. Begitu gan, jadi biar kota bisa berkembang, bandara harus diletakkan jauh diluar kota untuk keamanan penerbangan. Begitu penjelasan singkatnya 

Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) adalah wilayah daratan dan/atau perairan serta ruang udara di sekitar bandar udara yang digunakan untuk kegiatan operasi penerbangan dalam rangka menjamin keselamatan penerbangan.
Kawasan ini perlu diperhatikan untuk menjaga keselamatan operasional pesawat udara di sekitar bandar udara, hal yang paling umum dan sangat berkaitan dengan kawasan ini adalah mengenai kondisi ketinggian bangunan atau halangan lainnya seperti gunung, bukit, pepohonan di sekitar wilayah operasi penerbangan atau bandar udara. Kawasan ini juga menjadi faktor pendukung utama dalam pembuatan suatu wilayah pendaratan dan lepas landas pesawat udara.
Spoiler for Contoh KKOP Kota Bandung:
Quote:


KKOP terdiri dari:

Spoiler for 1. Kawasan ancangan pendaratan dan lepas landas:
Merupakan kawasan perpanjangan kedua ujung landasan di bawah Iintasan pesawat udara setelah lepas landas atau akan mendarat, yang dibatasi oleh ukuran panjang dan lebar tertentu;
Kawasan ini dibatasi oleh tepi dalam yang berhimpit dengan ujung-ujung permukaan utama berjarak 60 meter dari ujung landas pacu dengan lebar tertentu (sesuai klasifikasi landas pacu) pada bagian dalam, kawasan ini melebar ke arah luar secara teratur dengan sudut pelebaran 10% atau 15% (sesuai klasifikasi landas pacu) serta garis tengah bidangnya merupakan perpanjangan dari garis tengah landas pacu dengan jarak mendatar tertentu dan akhir kawasan dengan lebar tertentu
Kawasan ini dibatasi oleh tepi dalam yang berhimpit dengan ujung-ujung permukaan utama berjarak 60 meter dari ujung landas pacu dengan lebar tertentu (sesuai klasifikasi landas pacu) pada bagian dalam, kawasan ini melebar ke arah luar secara teratur dengan sudut pelebaran 10% atau 15% (sesuai klasifikasi landas pacu) serta garis tengah bidangnya merupakan perpanjangan dari garis tengah landas pacu dengan jarak mendatar tertentu dan akhir kawasan dengan lebar tertentu
Spoiler for 2. Kawasan kemungkinan bahaya kecelakaan:
Kawasan kemungkinan bahaya kecelakaan adalah sebagian dari kawasan pendekatan yang berbatasan langsung dengan ujung-ujung landas pacu dan mempunyai ukuran tertentu, yang dapat menimbulkan kemungkinan terjadinya kecelakaan.
Kawasan kemungkinan bahaya kecelakaan dibatasi oleh tepi dalam yang berhimpit dengan ujung – ujung permukaan utama dengan lebar 60 meter atau 80 meter atau 150 meter atau 300 meter (sesuai klasifikasi landas pacu), kawasan ini meluas keluar secara teratur dengan garis tengahnya merupakan perpanjangan dari garis tengah landas pacu sampai lebar 660 meter atau 680 meter atau 750 meter atau 1150 meter atau 1200 meter (sesuai klasifikasi landas pacu) dan jarak mendatar 3.000 meter dari ujung permukaan utama
Kawasan kemungkinan bahaya kecelakaan dibatasi oleh tepi dalam yang berhimpit dengan ujung – ujung permukaan utama dengan lebar 60 meter atau 80 meter atau 150 meter atau 300 meter (sesuai klasifikasi landas pacu), kawasan ini meluas keluar secara teratur dengan garis tengahnya merupakan perpanjangan dari garis tengah landas pacu sampai lebar 660 meter atau 680 meter atau 750 meter atau 1150 meter atau 1200 meter (sesuai klasifikasi landas pacu) dan jarak mendatar 3.000 meter dari ujung permukaan utama
Spoiler for 3. Kawasan di bawah permukaan transisi:
Kawasan di bawah permukaan transisi adalah bidang dengan kemiringan tertentu sejajar dengan dan berjarak tertentu dari sumbu landas pacu, pada bagian bawah dibatasi oleh titik perpotongan dengan garis – garis datar yang ditarik tegak lurus pada sumbu landas pacu dan pada bagian atas dibatasi oleh garis perpotongan dengan permukaan horizontal dalam.
Kawasan ini dibatasi oleh tepi dalam yang berhimpit dengan sisi panjang permukaan utama dan sisi permukaan pendekatan, kawasan ini meluas keluar sampai jarak mendatar 225 meter atau 315 meter ( sesuai klasifikasi landas pacu ) dengan kemiringan 14,3% atau 20% (sesuai klasifikasi landas pacu)
Kawasan ini dibatasi oleh tepi dalam yang berhimpit dengan sisi panjang permukaan utama dan sisi permukaan pendekatan, kawasan ini meluas keluar sampai jarak mendatar 225 meter atau 315 meter ( sesuai klasifikasi landas pacu ) dengan kemiringan 14,3% atau 20% (sesuai klasifikasi landas pacu)
Spoiler for 4. Kawasan di bawah permukaan horizontal dalam:
Kawasan di bawah permukaan horizontal dalam adalah bidang datar di atas dan di sekitar bandar udara yang dibatasi oleh radius dan ketinggian dengan ukuran tertentu untuk kepentingan pesawat udara melakukan terbang rendah pada waktu akan mendarat atau setelah lepas landas.
Kawasan ini dibatasi oleh lingkaran dengan radius 2000 meter atau 2500 meter atau 3500 meter atau 4000 meter (sesuai klasifikasi landas pacu) dari titik tengah tiap ujung permukaan utama dan menarik garis singgung pada kedua lingkaran yang berdekatan tetapi kawasan ini tidak termasuk kawasan di bawah permukaan transisi
Kawasan ini dibatasi oleh lingkaran dengan radius 2000 meter atau 2500 meter atau 3500 meter atau 4000 meter (sesuai klasifikasi landas pacu) dari titik tengah tiap ujung permukaan utama dan menarik garis singgung pada kedua lingkaran yang berdekatan tetapi kawasan ini tidak termasuk kawasan di bawah permukaan transisi
Spoiler for 5. Kawasan di bawah permukaan kerucut:
Kawasan di bawah permukaan kerucut adalah bidang dari suatu kerucut yang bagian bawahnya dibatasi oleh garis perpotongan dengan horizontal dalam dan bagian atasnya dibatasi oleh garis perpotongan dengan permukaan horizontal luar, masing-masing dengan radius dan ketinggian tertentu dihitung dari titik referensi yang ditentukan.
Kawasan ini dibatasi dari tepi luar kawasan di bawah permukaan horizontal dalam meluas dengan jarak mendatar 700 meter atau 1100 meter atau 1200 atau 1500 meter atau 2000 meter (sesuai klasifikasi landas pacu) dengan kemiringan 5% (sesuai klasifikasi landas pacu)
Kawasan ini dibatasi dari tepi luar kawasan di bawah permukaan horizontal dalam meluas dengan jarak mendatar 700 meter atau 1100 meter atau 1200 atau 1500 meter atau 2000 meter (sesuai klasifikasi landas pacu) dengan kemiringan 5% (sesuai klasifikasi landas pacu)
Spoiler for 6. Kawasan di bawah permukaan horizontal luar:
Kawasan di bawah permukaan horizontal luar adalah bidang datar di sekitar bandar udara yang dibatasi oleh radius dan ketinggian dengan ukuran tertentu untuk kepentingan keselamatan dan efisiensi operasi penerbangan antara lain pada waktu pesawat melakukan pendekatan untuk mendarat dan gerakan setelah tinggal landas atau gerakan dalam hal mengalami kegagalan dalam pendaratan.
Kawasan ini dibatasi oleh lingkaran dengan radius 15.000 meter dari titik tengah tiap ujung permukaan utama dan menarik garis singgung pada kedua lingkaran yang berdekatan tetapi kawasan ini tidak termasuk kawasan di bawah permukaan transisi, kawasan di bawah permukaan horizontal dalam, kawasan di bawah permukaan kerucut
Kawasan ini dibatasi oleh lingkaran dengan radius 15.000 meter dari titik tengah tiap ujung permukaan utama dan menarik garis singgung pada kedua lingkaran yang berdekatan tetapi kawasan ini tidak termasuk kawasan di bawah permukaan transisi, kawasan di bawah permukaan horizontal dalam, kawasan di bawah permukaan kerucut
Bingung gan?

Sama gan, ane juga bingung


Spoiler for Rujukan:



Jangan Lupa Rate 5, Komeng, dan Cendol gan.
Sekian dari Ane gan, Semoga Bermanfaat

0
21.1K
Kutip
135
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan