CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/557ea63d9a0951c6688b456b/pertelevisian-indonesia--1990-an-vs-2015

Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015

Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015

Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Tahun 1990-an adalah masa di mana dunia pertelevisian di Indonesia mengalami revolusi besar-besaran. Setelah selama hampir 30 tahun hanya ada satu stasiun televisi yaitu TVRI, masyarakat mulai mendapat alternatif siaran televisi dengan kemunculan lima stasiun televisi baru : RCTI, TPI, SCTV, Anteve, dan Indosiar. Saat itu, setiap stasiun televisi memiliki ciri khas masing-masing sehingga program yang ditawarkan unik dan berbeda satu sama lain. TPI sebagai contoh. Mereka mengkhususkan diri sebagai televisi untuk kepentingan edukasi di tahun-tahun awal pendiriannya. Indosiar, yang logonya mirip TVB Hong Kong, menjadi identik pula dengan drama Hong Kong. 1990-an benar-benar masa yang menyenangkan untuk berada di depan televisi! Bagaimanakah pebandingan industri pertelevisian Indonesia pada tahun 1990-an dengan 2015?

1. Jumlah Stasiun Televisi Nasional
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
1990-an
6
2015
14

2. Logo Stasiun Televisi Nasional
1990-an
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015

3. Sinetron
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Penayangan
1990-an
Mingguan
2015
Setiap hari
Rentang waktu penayangan
1990-an
19.00 - 21.00 WIB
2015
17.00 - tengah malam WIB
Jumlah episode
1990-an
Kurang dari 50 (kecuali Tersanjung yang sampai 6 musim dan 300 episode lebih)
2015
Ratusan bahkan ribuan
Durasi
1990-an
1 jam
2015
Lebih dari 1 jam, bahkan pernah ada yang sampai 4 jam sekali tayang
Sinetron akan berakhir jika...
1990-an
Ceritanya tamat
2015
Rating turun dan penonton jenuh

4. Minggu pagi belum lengkap tanpa...
1990-an
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Kartun anak
2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Acara musik live pagi hari

5. Drama asing yang diputar di televisi dan digemari masyarakat adalah...
1990-an
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Drama Jepang, telenovela, dan drama Hong Kong
2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Drama Korea, drama India, dan drama Turki

6. Untuk anak-anak, idolamu di televisi adalah...
1990-an
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015

7. Menonton Televisi
1990-an
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Menonton televisi hanya bisa dilakukan di rumah saja atau nonton bareng di rumah yang memiliki televisi jika belum memiliki.
2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Menonton televisi dapat dilakukan di mana saja lewat streaming atau ponsel dengan TV tuner.[/SPOILER]
Spoiler for Menonton Televisi Bayar:


Update 7 Januari 2018
Perubahan logo stasiun televisi sejak 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
11 Oktober 2017, Global TV bertransformasi menjadi GTV dan mengganti logonya.
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
19 Oktober 2017, Kompas TV mengganti logonya.

Drama asing
Tren drama asing, khususnya India, sudah mulai berkurang gaungnya. Jumlah tayangan bernuansa India semakin berkurang dibandingkan saat masa puncaknya pada 2015 - 16.

Acara musik pagi hari
Acara musik pagi hari sudah semakin berkurang waktu tayangnya. Dari hasil pengamatan ane, hari Minggu pagi, sudah tidak ada lagi acara musik live seperti 5 tahun lalu.

Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Demikian perbandingan keadaan pertelevisian Indonesia tahun 1990-an dengan 2015. Perkembangan zaman, baik ke arah yang lebih baik maupun tidak, ada hal yang pasti dan tak terelakkan. Menjadi tugas kita semua untuk lebih bijak dalam memilih tontontan yang baik dan berkualitas bagi seluruh anggota keluarga. Semoga agan dapat bernostalgia dengan masa tersebut. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga hari agan menyenangkan.

Apresiasi dari Kaskuser
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015

Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015

Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015

Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015

Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015

Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015

Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015

Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015
Polling
582 Suara
Acara Televisi Era 1990-an yang Agan Inginkan untuk Ditayangkan Kembali di TV? 
Diubah oleh gilbertagung
Halaman 1 dari 76
dulu dimonopoli TVRI, acaranya bagus,
Emang dulu mau nonton tipi Iuran ya bray?
baru tau gua emoticon-Matabelo
Jangan dibandingin, bumi langit kecuali satu.

Tipi zimbabwe lebih bagus.
ane kangen anime nya gan , kaya hunter x hunter , tsubasa , seint seiya emoticon-Frown
Yg bikin acara di tahun 2015 ya Generasi 90'an kebawahemoticon-Big Grin Problem?
numpang ngejejak d.trit om" emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S)
Quote:


Kira-kira Rp3.000 sekitar tahun 1997.
Quote:


idihh gak kreatif
Quote:


Maksudnya apanya yg ga kreatif mbah?
Doraemon masi ada kok gan.
Kartun2 lain jg, tp emg jam tayangnya ga sebanyak dl. Jaman ane kecil dr pagi-siang ada gan, bahkan jam 2 atau 3 di hari tertentu ada rerunnya
kangen acara pendidikan jaman dulu gan..

acara tipi sekarang sampah semua..
Dulu acara anak2 ada bando, sekarang apa yah?emoticon-Bingung (S)

GGS ama 7 Manusia Harimau, tontonan Paporit Kita semua emoticon-Cool
Per televisian th 1990an lebih termanagemant penyiarannya & porsinya. . .emoticon-2 Jempol
Klo sekarang gak ada bobotnya cm sinetron & gosip aja emoticon-Cape d...
Dulu klo mau nonton harus pake parabola ane gan.. Dah gitu listrik cmn 6sore - 6pagi kecuali hari libur.. emoticon-Mewek
Diubah oleh harris3382
page 1 gan emoticon-Big Grin
ahahaha
trio kwek kwek sama indra bekti dulu hits banget itu emoticon-Ngakak (S)
Wah
Ternyata perbedaannya jauh drastis gan
Masih enak siaran TV 90 an toh
Meskipun teknologinya belum semaju sekarang
Tapi contennya masih berbobot & bermutu
emoticon-thumbsup
dibandingkan siaran tv sekarang yang makin canggih,tapi konten TV nya Nyampah & Merosot abis
emoticon-thumbdown
Quote:


acara gajebo emoticon-Hammer2
Quote:


Agan di daerah mana?emoticon-Bingung (S)
Diubah oleh gilbertagung
Halaman 1 dari 76


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di