alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / ... / Stories from the Heart /
[TRUE STORY] Peace Love Empathy...
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55773d6ba2c06e69598b4568/true-story-peace-love-empathy

[TRUE STORY] Peace Love Empathy...

Assalamualaikum Wr. Wb

Salam Kenal semua...

Jujur, awal gw ga ada kepikiran nulis kisah2 pribadi masa lalu. bagi gw selama ini yang namanya kenangan itu cukup disimpan saja di dalam hati.. emoticon-Embarrassment
Semua ini bermula kira2 seminggu yang lalu gara2 lagi browsing2 ga sengaja nemu trit dari blog orang lain yang bahas soal SK2H. penasaran ya udah gw buka.. yang bikin gw tertarik itu gara2 ada kata TRUE STORY. iya betul. kisah nyata.. ini bukan sekedar novel2 biasa, tapi ini adalah kisah pengalaman seseorang yang mempunyai kenangan masa lalu..
gw baru tau ada forum begini (STFH) di kaskus (Kemane aje lo... emoticon-Hammer ). maklum selama ini gw klo ngaskus, ga pernah buka forum SFTH sih. hehe emoticon-Malu (S)

gw baca seluruhnya, cukup menyentuh hati.. hmmm, kalau liat dari kronologinya saat itu bertepatan pas masa2 awal gw kuliah (keqnya gw ma meva sang wanita misterius itu 1 angkatan beda kampus emoticon-Big Grin). maklum gw bukan anak kosan. sumpah, ini kisah gw akui bagus banget. kisah yang melegenda.. berkali2 gw baca ampe sedih jg gw emoticon-Frown

berlanjut kisah K2K. ga kebayang gimana sedihnya di akhir cerita orang yang begtu dia kenal selama ini pergi untuk selamanya...

trus soal cerita2 tentang masa2 SMP/SMA di trit yang lain, keqnya jd pengen ikutan emoticon-Big Grin...
gara2 ini gw jd tertarik utk sedikit berbagi kisah pengalaman gw jg.. emoticon-Embarrassment
kenapa ID gw namakan ginyu shijin? hehe emoticon-Malu (S) kata2 pujangga itu keqnya gmanaa.. gtu (jadi pengen ikutan emoticon-Big Grin). ya udah gw pake aja bahasa jepang biar beda dikit (maklum gw blasteran) emoticon-Cool

yah, gw nulis ini ga da mksd lain, cuma sekedar sharing aja emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)

semoga apa yang gw tulis bisa diambil hikmahnya..

jujur, gw bukan ahli dalam hal tulis2 begini,. jd mohon maaf kalau penuturan gw kurang enak didengar..

kalau ada yang nanya, ini True Story apa gak, gw jawab krg lebih 97% iya True Story, sisa yah paling dialog yang beberapa gw inget mgkin ga sama 100% dengan yang diucapin..

kalau nanya TS kayak apa sih ?
jaman kuliah teman2 pada blg katanya mirip artis.. T Firmansyah atau Piyu Padi emoticon-Embarrassment

koq TS nya pede bener sih?
hmm sebenarnya gw orangnya biasa aj. pemalu ga pede gini cm ikut2 an aja biar ad humoris dikit.

soal tokoh, beberapa ada nama panggilan asli, sisanya sedikit modif..

ok. let's start.... 3...2...1.....
Diubah oleh ginyu.shijin80
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Part 1 - Masa TK

Kenalan dulu ye emoticon-Big Grin.... gw Ato kadang dipanggil mat (gw mang punya byk panggilan sih dr dulu) emoticon-Malu (S) , nama gw perpaduan Negeri kita tercinta (lebay emoticon-Hammer) dan negeri Matahari Terbit, saudara tua asia (penjajah lo??? emoticon-Hammer) emoticon-Cool gw lahir sebagai anak dari 2 negara yang masih satu benua, gw lahir di ibukota tercinta...
kakek gw dulu sempat kuliah di univ tokyo tahun 30an cm krena suasana perang kena wajib militer dan ditugaskan di china (jd ga ikutan jajah negara kita tercinta ya emoticon-Big Grin)
hmm. kakek gw tu suka sama sejarah (bangga jg msuk di wikipedia ga tau siapa yg nulis). pernah nerbitin buku ttg sejarah (sempat liat dijual jg di amaz**.com. bahkan pernah mencalonkan ikut pemilihan gubernur tokyo (baru tau bbrp thun belakangan nemu di google). kalau leluhur nenek gw ktnya seorang pembuat pedang jepang yg cukup punya nama jaman thun 1200an (ada di wikipedia jg)
klo nyokap gw pernah main film jd figuran di film bioskop indonesia jaman dulu (sayang ga ad di youtube filmnya). kalau abang (udah alm) gw dulu jaman sekolah sekelas ama artis S***** L******
nah knapa gw bisa lahir dr 2 negara berbeda. alm bokap dulu ktnya mang pinter sih (gw mah biasa aja ga pinter emoticon-Big Grin). dr smp sampai S2 ktnya dpt beasiswa trus. bahkan peringkat 1 trus di tokyo univ. jd dulu critanya bokap pas udah kerja di dept apa ada low beasiswa kuliah di jepang (wktu itu nmnya beasiswa pampasan perang). tggal di asrama dekat nyokap. nyokap kebetulan wktu msh muds pramugari di J*L.

hmm. klo soal percintaan.. gw selama hidup gw dah ngerasain pacaran 8x (tapi semua berakhir tragis alias diputusin, ad bbrp yang selingkuh emoticon-Frown), gw ditolak cwe 5 kali, gw nolak cwe 6x, belum lagi cwe2 yang suka ma gw ga terhitung brp byk tapi gw php-in alias gw nya biasa aja ga mau manfaatin emoticon-Ngakak

awal mula tertarik sama lawan jenis, tuh pas TK (entah 0 besar apa kecil gw lupa emoticon-Peace).. (kecil2 nakal emoticon-Ngakak (S))
gw inget bener, sepulang dari TK dalam perjalanan gw liat si Nike emoticon-Genit lagi jalan sama pembantunya. NIke ciri2 rambut pendek agak keriting dikit trus pake bando kalau ga salah, face cakep emoticon-Genit .. gw kejar tuh pas dah deket rumah dia (padahal harusnya rumah gw belok kiri emoticon-Big Grin malah lurus arah rumah dia emoticon-Ngakak (S)
(gw ma dia beda komplek tp sebenarnya sebelahan dibatasi tembok panjang dengan pohon rambutan tinggi).
(doi larinya cepet bener gan, keq kancil.. emoticon-Ngakak (S)), gtu sampe depan rumah dia. gw cuma berdiri di depan rumahnya (ga ada pagar). gw liat dia ngumpet di balik tembok trus ga lama nongol lagi sambil julurin lidah nantangin emoticon-Stick Out Tongue trus tutup pintu emoticon-Big Grin).. emoticon-Nohope

yah, akhirnya krena gagal ngejar si kancil eh Nike emoticon-Ngakak (S), gw pulang ke rumah dengan perasaan sedih hati berkecamuk, (salah apa hamba emoticon-Frown) dengan muka sedih pulang ke rumah ditemani pembantu gw yang jemput. sementara pembantu doi udah masuk ke dalam rumah

hmm, soal tembok tadi, komplek gw yang kecil itu sama tempat dia tinggal dibatasi tembok yang panjang. sepanjang tembok itu banyak pohon2 tinggi, dari pohon rambutan, kelapa, dll ga inget. tempat tinggal nike bukan komplek perumahan kayak gw dimana rumah sebelah2 an. jadi jarak antar rumah ke rumah sedikit jauh. kalau ga salah disana ada semacam gereja?? (ga inget) jg. gw jg kurang tau persis dalaman sana, cm 2x mampir sana. krena untuk masuknya harus lewat pintu gerbang tinggi.. emang sih kalau malam serem gan sepanjang tembok itu emoticon-Takut. pernah abang gw lg ngobrol sama temen nya malam2 ada suara cekikikan di atas pohon ga tau dari arah mana). lgsg dicari katanya sumber suara.. tau gmana.. nemu pa kagak si tante kunti emoticon-Big Grin

itu aja sih kisah awal mula tertarik ma cwe yang gw inget waktu TK, jaman dimana TV msh TVRI doang, acara anak2 cuma ada Unyil doang. emoticon-Big Grin
yah, klo acara lain saat itu yang gw demen sih The A-Team.. emoticon-Malu (S)

hmmmm. I MISS THE MOMENT... IT'S BEEN A 30 YEARS AGO....WHERE ARE YOU NOW .. NIKE ??? emoticon-Malu
Diubah oleh ginyu.shijin80
Part 2 - Masa SD

Setelah lulus TK, gw lanjut sekolah di SD yang agak jauh dari rumah bersama salah satu sahabat TK gw. disini gw dapat kenalan temen2 baru. karena teman2 TK gw dulu kebanyakan di SD deket rumah..
kelas 1 SD, gw sekelas sama tmn TK gw.. (saat itu gw belum dipanggil Ato tapi si Mat)

dikelas ada cwe yang bikin hati gw ini bergetar selama bbrp tahun emoticon-Wowcantik .. sebut saja si Tri..
gw dari kelas 1 dah menyukainya emoticon-Embarrassment, sementara sahabat gw suka ma yang lain..
gw kalo kalau ke rumah temen gw itu sering gosip tentang cwe2 yang kita suka, kadang disertai ampe lompat2 di kasur emoticon-Ngakak, dunia serasa sepi kalau ga mikirin dia emoticon-Smilie

pas kelas 3, ada kawan gw yang lain suka ma cwe sekelas juga beda orang.. sebut aja sely. ya, gw ama sely ini nyokap gw saling kenal dan cukup akrab (emang sih si sely ni jauh lebih cantik keq artis emoticon-Genit daripada si tri plus tajir jg). cm hati gw ga gw ijinin tuk lirik yang lain emoticon-Embarrassment
ada jg kisah unik dan lucu, saat itu kawan gw yg suka ma sely ini ajak gw tuk bikin surat cinta emoticon-Ngakak

gw tulis surat itu dari malam di selembar kertas dengan perasaan berdebar2 emoticon-Ngakak.. selesai tulis gw selipin di dalam buku. besoknya sebelum masuk sekolah gw janjian sama temen gw itu tuk kumpul di belakang sekolah tuk atur rencana... emoticon-Cool
seinget gw waktu itu, kita mau ngubur surat itu dulu di dalam tanah belakang sekolah.. lupa alasan kenapa saat itu emoticon-Ngakak (S)
tanpa gw sadar, temen gw yang lain datang ke sekolah lewat pintu belakang... dia liat gw ma temen gw sambil gw pura2 bego emoticon-Ngakak.
setelah dia menghilang masuk ke dalam kelas, buru2 gw ma temen gw itu ngubur surat masing2.. emoticon-Ngakak (S) trus masuk ke dalam sekolah..

setelah selesai, gw msuk ke kelas. saat itu msh biasa aja. cm pas kluar kelas (ga inget ke WC atau kemana)... balik2 tas gw udah ga ada di bangku.. gw yang bgung setengah panik cari2 tas garfield gw yang warna kuning.. kemana gerangan tasku.. emoticon-Frown
gw lihat tas gw jatuh di lantai yang agak kotor berdebu.. sambil mau ambil tas, gw lihat si Tri mukanya merah kayak abis nangis (belakangan gw bru tau kalau trnyata tas gw dilempar krena marah). jadinya gw ga berani ngobrol atau negur hari itu. ternyata biang keladinya temen gw yang datang lewat pintu belakang tadi balik lagi trus bongkar2 "harta karun" trus kasih ke temen gw yang lain. lalu ama temen gw itu dikasih ke Tri) emoticon-Big Grin
kalau surat cinta temen gw yg buat si sely dikasih jg, tp sely biasa aja.. (apes gw emoticon-Ngakak)

soal Sely, pernah suatu hari gw ma nyokap diajak jalan2 makan di restoran di hotel yg namanya candi terbesar di jakarta, gw yang lagi jalan di belakang nyokap gw, tau2 dari arah kiri ada yang manggil gw... suaranya merdu banget.. langsung aja gw cari sumber asal suara, tengok kiri eh si sely emoticon-Genit.. ma nyokapnya yang cantik dengan anting yang besar..

Quote:


gw yang lgsg fokus mandangin dia sambil senyum sambil jalan tanpa sadar kaki gw kesandung (lantainya ga datar, ada kayak tangga kecil gtu). sontak, mbak2 waitress pada cekikikan lihat gw (kamprettt.. ) emoticon-Ngakak

yah, itu aja sih kisah2 gw selama SD disini, karena 1,5 thun kemudian gw pindah ke negeri asal salah satu ortu gw (bye bye Tri, kayaknya aku dah ga bakal ketemu kamu lagi seumur hidup. maafkan aku yah, kamu sudah mengisi bagian di hatiku selama 4,5 tahun emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown )
Diubah oleh ginyu.shijin80
cerita baru nih anget.
salken gan.
rajin update yak emoticon-Big Grin
Quote:


hehe, sip gan.. salken jg. ane tulis selengkap mgkin ye.... emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh ginyu.shijin80
Part 4 - Masa2 SD di Luar Negeri (1)

setelah gw meninggalkan tanah air tercinta emoticon-Frown, gw tinggal di Ibukota Jepang selama beberapa tahun di tempat nenek. kota tempat gw tinggal ga terlalu jauh dari Harajuku dan dekat dengan Shinjuku (kangen euy... emoticon-Embarrassment). ke arah selatan jarak 2 km an dulu ada rumah nyokap wktu msh muda. kebetulan dekat situ dulu ada wisma indonesia. dan bokap gw asrama dekat situ saat masih kuliah. dari cerita nenek, dahulu era tahun 60an awal, ketika bung karno datang kesana untuk peresmian pembangunan wisma indonesia, kakek gw yang jepang pernah foto bung karno dari jarak 1-2 m samping kiri bung karno yang lagi pegang pacul sambil teriak "sukaruno sukaruno". sayang foto itu ga sempat gw minta. emoticon-Frown

walau blasteran Indonesia - Jepang, selama tinggal di Indonesia dulu, gw sama sekali ga bisa bahasa Jepang.. waktu nenek datang ke Jakarta aja gw ngomong minta nyokap yg terjemahin. baru belajar huruf hiragana 1 bulan sebelum pindah rumah. (doh.. emoticon-Hammer)

alhasil selama 2 bulan awal2 tinggal disana gw di rumah aja (lom sekolah).. yah, itung2 adaptasi dulu sambil belajar... lom lagi langsung sakit.. (emoticon-Takut dingin pas bru selesai musim dingin..). mana gw sering sedih bayangin si Tri eh tmn2 SD tercinta. kayaknya dah ga bakal ketemu lg selamanya emoticon-Frown

saat itu lom terkenal yang namanye miyabi (apaan sih itu gan?? emoticon-Big Grin)...
beda negara beda budaya.. gw harus memulai lagi adaptasi..
emang sih, gw akui disana yang gw salut itu warganya cukup ramah2 (entah kenapa gw merasa lebih ramah orang2 sana dibanding orang2 sini.. sorry emoticon-Peace).. yah liat aja acara2 Jepun, cewenya kalau ngomong gmana nadanya (jangan bayangin JAV ye gan emoticon-Big Grin)
kalau disini beberapa kali klo ke minimarket mba2 yang nyambut "Selamat Datang" nadanya keq terpaksa gitu ga enak didengar..
beda dengan disana, gw rasakan kalau ke toko2 atau ketemu orang sambutannya berasa tulus, lom lagi warganya patuh dan tidak suka buang sampah sembarangan, hidup bersih.. dll

ya sudah.. skipppp..

2 bulan setelah tinggal dsana, tepatnya 4 juni 1991 gw masuk sekolah ga jauh dari rumah.. hmm, dapat teman2 baru nih ...
1 hari sebelum masuk, pas lagi perkenalan dengan kepala sekolah (KOUCHOU SENSEI).. (awalnya gw sebut ATAMA SENSEI. emoticon-Ngakak. atama artinya kepala. sensei artinya guru.. ya gw terjemahin aja secara harfiyah, krena ga tau).

balik lagi... awal gw sempat tnya2. disni ada pelajaran agama ga? gw tanya ke ortu, krena gw ga bisa ngomong jepang..
krena gw tau disana mayoritas agama beda dgn gw, dan gw takut aja saat itu.
ternyata di jepang itu di sekolah ga ada pelajaran agama, adanya budi pekerti..

tibalah hari pertama gw masuk sekolah, setelah dikenalin oleh wali kelas gw ke temen2 baru gw.. gw disuruh duduk. ga lama masing2 siswa dibagiin kertas kosong (bayangan gw kalau liat kertas lgsg terpikir ulangan)..
gw yang ga bisa ngomong, belum ngerti apa yang mereka omong, yang gw bisa cm keluar air mata emoticon-Frown emoticon-Frown

sedikit gw jelasin mengenai sekolah gw dulu..
sekolah gw itu termasuk sekolah biasa (negeri).. terdiri dari 2 bangunan utama (masing2 4 lantai) antara gedung ada jembatan penghubung tertutup.. ada lapangan atletik (bisa buat main bola jg) ada gedung khusus tempat olahraga indoor (cukup gede, ada lapangan basket indoor kayak di tipi2 klo nonton NBA, ada tempat panggung nya juga). belum lagi di salah satu atap gedung ada kolam renang.
trus apa lagi ya... hmmm. oo iya alat2 musik cukup lengkap.. marching band Drum, trombolin, piano, triangle, dll. gitar ga ada emoticon-Big Grin

selain itu kalau ke sekolah, murid2 ga boleh bawa uang jajan.. karena disana rata2 tiap sekolah ada dapur masak, ada kokinya.. jadi pas makan siang nanti siswa2 yang dapat jadwal piket urus makanan, datang ke lift khusus makanan utk ambil troli.
menu wajib pasti tiap hari ada susu murni yang dari botol kecil.
soal makanan, emang gw perlu hati2. tiap makan siang harus cek menu ada yang "DILARANG" atau gak.

pernah kejadian saat lupa ngecek jadwal menu hari itu, gw yang udah kelaperan abis antri ambil makanan pas duduk, mantengin bentuk paha di piring.. semua murid yang sudah ambil makanan tidak boleh langsung makan dulu sebelum semua murid selesai ambil makan. kalau sudah, salah seorang ketua kelas mimpin sambil ucap itadakimasu (selamat makan). saat makan, gw penasaran sama bentuk paha kayak ayam bakar yg dibungkus aluminium foil. kebayang enak tp ayam apa nih, gede bener.. pikir gw. ya udah dikit2 colek dagingnya icip2 tp ragu.. gede bener nih paha ayam. gw yg ragu akhirnya coba check daftar menu yg ditempel d dinding.. KAMPREETTTT emoticon-Mad (S) ... ternyata anak B2.. emoticon-Ngakak (S)..

ya itu salah satu yang gw akui kelebihan disana.. pemerintah setempat sangat mendukung kemajuan pendidkan..
sekolah gw ini termasuk yang termuda di kota gw (saat itu gw angkatan ke 29, berdiri sekitar tahun 1950an akhir). yang tertua di kota gw saat itu sudah 100 tahun alias dari abad-19 akhir. jumlah murid di kelas gw itu cm 23 orang. 9 cwo 14 cwe... rata2 dr kelas 1 s/d kelas 6 jumlah murid sekitar 22-24 orang. mayan ada beberapa yang cantik2 emoticon-Genit

karena gw masuk bukan dari kelas 1, jadinya gw banyak pelajaran terutama huruf2 kanji yang gw ga pelajari... sama ortu gw di daftarin ikut semacam les tiap hari sabtu sepulang sekolah (gratis khusus warga asing) di SD tertua di kota gw yg gw sebut tadi.
dsana gw punya temen2 asing, ada yang dari cheko, taiwan, russia trus lupa emoticon-Big Grin.. rata2 dibawah gw 2-3 tahun. ad jg teman sekolah yg dr china belakangan ikut les jg. tmn gw ni mang ganjen. kerjaan di sekolah kadang suka megang pantat cwe emoticon-Big Grin sampe diaduin berkali2 ke guru emoticon-Ngakak

didikan ortu yang agak sedikit memaksa gw tuk belajar huruf2 kanji setiap hari.. belakangan membuahkan hasil..
nah di sekolah gw itu, guru2 cukup kreatif.. di tembok belakang dalam kelas ditempel kertas sesuai jumlah siswa dengan masing2 nama di kertas itu. nanti tiap ada ulangan test huruf kanji baru yang baru dipejari saat itu, yang dapat nilai tertinggi dapat stiker emas penghargaan trus di tempel di kertas itu. Alhamdulillah berkat didikan ortu setiap hari sampe gw kadang capek dan bosen serta jenuh lagi pegel belajar huruf kanji, gw menyabet stiker penghargaan terbanyak kalau ulangan test hapalan huruf kanji selalu nilai 100 atau paling rendah 90an emoticon-Cool gw yang baru setahun disana, dari yang ga bisa ngomong jepang, ga tau huruf kanji... (karena tiap cawu ada pelajaran huruf kanji baru yang harus dipelajari dan ga lumayan banyak) bisa mengalahkan anak2 jepun asli satu kelas dalam hal test kanji sampai lulus SD emoticon-Cool ... (bangga jg sebagai orang Indo bisa ngalahin jepun asli emoticon-Metal) emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh ginyu.shijin80
titip sabun gan, berbau" ikkeh ikkeh kimochi nih emoticon-Big Grin
titip sabun gan, berbau" ikkeh ikkeh kimochi nih emoticon-Big Grin
Part 5 - Masa2 SD di Luar Negeri (2)

gw menjalani masa2 SD di Tokyo selama 2 tahun. kalau di Indonesia kenaikan kelas bulan Juli, di Jepang itu awal april (1 April kalau ga salah ingat). butuh waktu untuk bisa adaptasi apalagi bisa mengerti bahasa sana. memang bener kata orang2, kalau kita mau belajar dan mengerti suatu bahasa, harus rajin2 komunikasi dgn sumbernya langsung. cukup 6 bulan gw mulai bisa komunikasi dengan teman2. mgkin karena perbedaan budaya itulah yang mengakibatkan gw berubah total jd suka menyendiri. sama cwe aja takut kadang2 klo lg ngobrol. gw yg tertutup baru mau main klo teman ada yang ngajak.

pertama kali pelajaran olahraga, aat hendak ambil pakaian dari tas persiapan untuk ganti baju, kaget. bagaimana gak kaget, kalau pelajaran olahraga di Indo dulu, cewe cowo ganti baju di kamar mandi masing2, sekarang yang bikin gw kaget adalah baik cwo maupun cwe ganti bajunya di dalam kelas bersama2.... whattttt.. emoticon-Genit gw tengok kiri dan kanan pada ngelepas baju. gw jelas banget lihat tmn2 cwe sekelas gw cm pake celana dalam dan dgn jelas ngelihat dadanya dan mereka cuek aja emoticon-Belo (asli.. gw saat itu malah merinding takut bener sambil napas turun naik emoticon-Ngakak (S)). emang ada bbrp tmn sekelas cwe yg ganti baju di kelas tp mereka ganti di belakang ditutup horden sambil dijagai sama tmn2 nya secara gantian. gw yg panik dan deg deg an (udah ga tahan emoticon-Ngakak (S)), tnpa pikir panjang lari keluar kelas menuju kamar mandi sendiri. gw disana aja ganti baju, pikir gw. baru beberapa langkah lari, tmn gw yg liat gw, lgsg ngejar gw ke WC. sampai depan WC dia gedor2 pintu sambil bilang "daijoubu daijobu" (gapapa, gapapa) emoticon-Ngakak (S). gw yang masih gemetar tetap bergeming ganti baju di WC. (lupa saat kejadian itu gw jd ganti di WC apa balik ke kelas ganti disana).
hmmm Minami, lo emang tmn baik gw paling awal. salut jg skrg lo tinggal dan kerja di jerman, klo chat pake bahasa inggris.haha.

1 bulan kurang setelah gw masuk sekolah, ada namanya semacam "study tour" di akhir bulan juni. lalu ad lagi bulan agustus. kaget campur senang, selama gw sekolah di Indo, ga pernah ad yang namanya "study Tour" nginap di tempat yg jauh dr tmpat tinggal selama 3 hari. sewaktu baru tiba di penginapan, saat istirahat, gw diajak main kartu tebak 2 gambar sama sama tmn baru gw. saat lg main, ad teman sekelas jg yang ga ikutan main, tp berbuat curang, bantuin buka kartu satu2 lalu kasih tau ke tmn gw nanti buka yang ini sambil bisik2. awal gw diam aja, lama2 karena masih terus bgtu, sontak gw yg kesal protes, bukannya minta maaf atau apa, malah dianya nyolot teriak2 balik marah2 kayak bebek :ngkaks. ya gw cuma bisa diam aja, krena gw ga berani jg lom terlalu lancar ngomong. (kalau skrg gw digituin gw keplak beneran bocah songong keq gtu emoticon-Big Grin).
selama acara "study tour" itu ada acara kayak uji nyali malam2 msuk hutan deket gunung fuji. msing2 cwo msuk hutan bareng 1 cewe. krena jumlah cewe lebih byk jdnya gw kebagian jalan dgn 2 cwe. tanpa diminta, kedua cwe itu krena takut gandeng gw di kiri dan kanan (berasa kayak punya 2 pacar emoticon-Ngakak).
abis itu ad jg acara uji nyali. kali ini gw bareng ama cwe kelas sebelah (1 orang) msuk ruangan gelap. (doi gandeng gw jg krena takut)

setiap tahun di sekolah diadakan acara pertunjukan tiap angkatan di hall gedung olahraga. seinget gw pertunjukan utk senior yg mau lulus.
angkatan gw saat kelas 5? (lupa kelas 5 atau 6) nyumbang acara semacam pertunjukan cerita semacam operet? gw kebagian peran sebagai rakyat jelata. tiap hari pulang sekolah kita latihan. beberapa hari jelang hr H, gw terkena radang tenggorkan, ga kluar suara. jdnya saat pentas di atas panggung gw yg sudah memakai kostum rakyat jelata cm bisa gerakin tangan berusaha ngomong. duh, keluar suara dong please... (kampreetttt cape2 latihan) emoticon-Ngakak (S). mana disaksikan adik2 kelas semua emoticon-Embarrassment

menjelang kenaikan kelas 6, sekitar Akhir Maret 1992, gw menjalankan salah satu kewajiban agama yaitu katsurei (sunat) di salah satu rumah sakit yg ga jauh dr lokasi bekas wisma indonesia jaman dulu itu saat itu gw cm ditemani nenek. nenek gw tau ttg kewajiban agama gw. nyokap saat itu lg gawe. yg gw inget gw dibius sampai ketiduran, dgn posisi tangan dan kaki diikat kayak orang disalib. saat reaksi bius berakhir, gw kebangun. gw ga bisa ngelihat ke arah kaki. krena di atas dada gw dipasangi semacam tirai kain. gw yg ga bisa gerak sama sekali,
cm bisa memandang atap langit rumah sakit sambil merasakan sakit dijahit.
begitu selesai, nyokap gw datang ke RS sekitar jam 5 an. krena gw ga bisa pakai celana, jd "anunya" ditutupi pakai cup/gelas plastik kecil. kemudian dipakain sarung. saat pulang mau ga mau gw plg jalan kaki sekitar 1-1.5 km pake sarung sambil nahan gelas cup td. lumayan jauh, sepanjang perjalanan jd perhatian orang2 lihat gw sarungan emoticon-Ngakak (S)


April 1992
Bulan ini gw naik jd kelas 6, skrg kalau olahraga cwe cwo dipisah ganti bajunya. cwo di kelas, cwe di ruang perpus. di kelas B ada temen yang juga pindahan saat kelas 5 dari China beberapa bulan setelah gw pindah, kadang suka ngintip cwe2 ganti baju dengan pede tnpa malu2, tangannya ringan bener pegang pantat cwe emoticon-Ngakak (S). anak2 kelas gw ma kelas dia byk yg ga suka, tukang ribut, tp dia akrabnya ma gw doang. setau gw dia sebenarnya 2 tahun diatas gw, cuma karena pindahan jdnya hrus downgrade. beruntung gw ga mengalami hal sama emoticon-Big Grin

Antara Juli - AGustus 1992
pas kelas 6 ad jg study tour ke daerah Nikko jauh arah utara utara Tokyo. daerah bersejarah dimana ada peninggalan era Shogun Tokugawa Iemitsu. ada acara kita jalan2 menyusuri daerah sana pas hujan2 menuju air terjun yg indah. saat itu gw sama bbrp cwe (lumayan byk sekitar 6- 8 orang) kesasar di hutan. untung aja ga lama ada guru yg nyari lalu kita dituntun ke jalan yg benar emoticon-Ngakak. kluar hutan kita menyusuri areal persawahan. lalu berhenti sebentar difoto sama tukang foto yg ikut diatas jembatan kecil di tengah sawah (siswa dilarang bawa kamera soalnya). gw emang yg paling ganteng sendiri (diantara para bidadari emoticon-Ngakak)


sejak kecil gw gampang sakit, tp sejak sekolah disana gw ngerasa stamina gw meningkat tajam. mgkin krena pola makan jg. awal msuk sekolah klo olahraga balap lari ga pernah bisa ngejar minami. saat kelas 6, tidak lama lagi akan diadakan lomba atletik antar SD ke kota. masing2 sekolah mengirim atlit terbaik untuk ikut lomba.
saat itu di sekolah, akan ditentukan siapa yang akan mewakili lomba lari sprint 100m. gw yang sudah berada setahun lebih, akhirnya gw bisa ngalahin dia emoticon-Cool

rencana awal lomba akan diadakan di Yoyogi National Stadium, berhubung saat hari H itu hujan deras, acara ditunda minggu depan. karena diundur itu, akhirnya lomba diadakan agak jauh dikit (masih 1 kota) di lapangan terbuka biasa. (sedikit kecewa saat itu.. ). gw datang kesana ditemani nenek tercinta. cukup bangga jg saat lomba lari 100m itu gw msuk peringkat 3 dengan waktu 16 detik.


saat kelas 6 ini, ada banyak kejadian yang turut bikin memori sampai sekarang emoticon-Ngakak (S).
saat jam olahraga, gw lg duduk dipinggiran lapangan sendirian sambil istirahat tiba2 tmn2 cwe sekelas sekitar 3 - 5 orang nyamperin gw. mereka ini yang kalau dulu kelas 5 ganti baju di balik horden. yah, klo boleh dibilang mereka ini masuk kategori yang paling cakep2 lah di kelas.
gw yang lihat mereka jalan menuju arah gw, gtu mereka tiba depan gw, mereka jongkok di depan gw sambil salah seorang tmn gw yg pas berada di depan sambil setengah malu2
si sachiko nanya "Ato, Cincin misete!"(Ato, liatin anu kamu dong!). whattttttttttttt emoticon-Embarrassment ga salah dengar ?? emoticon-Ngakak (S)
gw yg lg duduk mandangi mereka2 yg sambil senyum2 penasaran. jarak kira2 50 cm depan gw. gila apa nih cwe2 pikir gw dalam hati.... gw jelas lgsg nolak dengan ucapan yang agak kaku, malu (mau diapain sih neng "dedek" gw emoticon-Embarrassment emoticon-Big Grin). padahal salah satu diantara mereka ad yg gw suka (eh sekip. sekip). ya udah akhirnya mereka berdiri trus pergi. trnyata belakangan mereka minta salah satu adik kelas anak kelas 1 pas dihari lain minta ksh liat. tau sendiri anak kelas 1 msh polos manut2 aja. gw tau krena sempat lihat mereka2 ketawa sambil ngomong ke bocah kelas 1. dasar edun cwe jepang emoticon-Ngakak (ganti baju aja mereka malu2 kliatan dadanya, tapi pede bener pengen liat "dedek" gw emoticon-Embarrassment) emoticon-Ngakak (sorry yah sachiko, hiromi, fumie, trus sapa lg lupa, gw ga bisa memenuhi rasa penasaran kalian emoticon-Big Grin).
hmmm, gw kangen ma kalian. suatu saat kalau gw kesana lg pgen ktmu kalian, tp klo minta liat lg gw nolak lg ya emoticon-Big Grin. takutnya kepancing "dedek" gw tar ngamuk, berabe emoticon-Ngakak. ga tau kenapa gw yang jadi sasaran, apa sebelumnya teman2 gw yang lain ditanya hal yang sama? apa karena gw sebelumnya abis katsurei, jadinya mereka penasaran.emoticon-Ngakak (S).
kebetulan saat itu di kartun Shinchan si bocah TK mesum udah tayang (tahun 92 udah diputar di TV) emoticon-Big Grin

ad lagi kisah lain pas lg olahraga renang (kolam renang di atap sekolah). memang sewktu msh di indo pernah ikut les renang, tp ttp aja gw ga terlalu bisa renang. bisanya cipok2 kaki emoticon-Big Grin. wktu itu kelas gw dan kelas sebelah renang gabungan. lg asik2 belajar renang, tau2 kaki kiri gw dipegang sama salah satu cwe (gw lupa siapa, kayaknya si fumie yg suka isengin gw dan gw emang suka ma dia). sontak gw yang kaget kelelap. lalu dilepas kaki gw. bgtu gw dah bisa atasi keadaan, gw angkat kepala gw sambil lihat sekeliling. para bidadari kelas gw dan kelas sebelah ngelilingi gw bntuk lingkaran emoticon-Embarrassment. gw ga inget brp orang tp banyak sekitar 7-10 orang. gw liat sekeliling mukanya pada senyum2 kayak mau merkosa eh ngerjain gw rame2. emoticon-Ngakak (S). gw mohon2 takut jgn diperkosa eh diisengi (ngelihat bodi kalian pake baju renang ga tahan jg emoticon-Ngakak (S)). akhirnya gw dilepas tnpa terjadi pelecehan apa2. fyuhhhh emoticon-Ngakak (S)


hmmm, selain itu, di lain hari, siang2 setelah jam pulang sekolah di lorong depan ruang perpus yg sepi, saat itu gw lg sendiri tiba2 datang 2 orang cwe anak kelas B (mami (klo ga salah namanya) dan Mari). setelah ngomong sebentar, si mami iseng. tiba2 kedua bahu gw didorong dengan kedua tangannya ama si mami. mami ini orangnya tinggi kayak gw, rambut lurus sebahu, facenya manis. klo si mari agak kecil orangnya rambut dikepang dua. gw yg kaget kedorong ke tembok. lalu si mami sambil senyum2 kedua tangannya nempel ke tembok samping bahu kiri dan kanan gw. jd posisi gw kekunci ga bisa ngeles ke kiri atau kanan. jarak antara muka gw dan dia sekitar 30-50cm. gw dan dia saling memandang kayak orang mau ciuman emoticon-Embarrassment. gw yg kaget dan grogi ngeliat muka dia senyum2 ga tau gw mau diapain saat itu dah pasrah. ya Tuhan gw mau diapain ama cwe yg ini. kalau diperhatiin emang putih dan manis orangnya emoticon-Embarrassment. si Mari yg berada di belakang mami agak kesamping kanan dr posisi gw cm liat gw sambil senyum2 ketawa aja. o iya si mami dan mari ini tmsuk yg ngelilingi gw saat renang itu. untungnya gw ga diapa2 in. fyuh..

sebagai siswa kelas 6 wajib jabat ketua klub ekskul (Pingpong, Perpus, Game, Bola?, dll). gw yg sdah terbiasa dan sudah merasa percaya diri, serta ga minder lg (kecuali sama cewe) dipercaya untuk memegang amanah jd ketua klub perpustakaan sekolah danketua klub game sekolah. kebetulan klub game ruangannya sama dgn ruang perpus. gw emang pencinta buku2, sejarah2, hobi baca sebisa mgkin gw jaga perpus tercinta. buku2 yang berantakan gw rapiin, gw susun ulang jika ad bbrp volume buku yg nomor urut nya acak. perpus tercinta dmana beralaskan karpet, ditemani dengan AC yg sejuk, meja yg bersih jd nyaman dan betah lama2.

akhir 1992, sekolah mengadakan tamasya 1 hari ke alam terbuka di barat tokyo yang masih banyak hutan2 serta sedikit gedung2. kota tokyo sendiri memang kalau dibandingkan jakarta lebih luas Tokyo, dimana sebagian kecil bagian timur adalah kota, sementara sebagian besar wilayah barat masih sejuk. wilayah barat ini termasuk bagian dari kabupaten.
acara saat itu adalah keliling kawasan hutan naik sepeda. gw satu2nya murid kelas 6 yang ga bisa bawa sepeda roda dua (bru bisa pas smp kelas 2 emoticon-Ngakak (S)). beruntung wali kelas gw yg baik banget mau nemenin gw bahkan gw sama dia gantian boncengan. seneng jg bisa bawa sepeda krena ada guru dibelakang gw yg gw boncengin. mgkin karena ada beban yg nahan biar ga goyang. Sensei Arigatou. anta no goon issho wasurarenai emoticon-Frown


****


Maret 1993
sebulan jelang lulus kelas 6, gw sempat balik ke indo selama 3 mggu. untungnya disana ga ada ujian akhir semacam ebtanas. normal seperti biasa aja.
sebelum pulang, gw emang ada tugas seni rupa sama seni musik. dimana saat itu kita kelas 6 mau mempersembahkan orkestra musik Rosia Minyou Melody (Russia Folksong) seagai acara perpisahan seperti tahun sebelumnya. kali ini kita yang sebentar lagi akan meninggalkan sekolah ini.
gw karena postur termasuk tinggi, jadinya bagian megang drum (marching) band. sebelum pulang sebentar ke Indo, bu guru seni musik ksh gw kaset rekaman lagu itu agar dipelajari.
ya selama di Indo, gw sembari denger kaset itu juga tugas seni sura pahatan kayu untuk gantungan.

bener2 kangen masa itu. emoticon-Smilie


25 Maret 1993, secara resmi gw lulus. sebelum lulus, untuk terakhir kalinya masing2 kelas foto di lapangan bersama kepala sekolah sama wali kelas. setiap siswa memakai jas dan dasi. di barisan belakang para siswa/i berdiri para orang tua masing2.
tidak lama lagi gw akan masuk sekolah baru sebagai siswa SMP. libur kenaikan hanya 1 minggu. berbeda dengan di Indonesia bisa lebih dari 2 minggu.
tibalah masa menikmati liburan 1 minggu.
ga terasa minggu depan gw akan memasuki lingkungan baru sebagai siswa SMP.

dan seminggu pun berlalu...
Diubah oleh ginyu.shijin80
ijin ndiriin tenda gan..
kayak na menarik ne crita...
ijin bangun kios dimari ya..
buat ts keep update..
jangan sampai ada kentang diantara kita
Quote:


sip gan.. Insya Allah tar malam kalau sempat ane lanjut
Diubah oleh ginyu.shijin80
Quote:


monggo gan
Part 6 - Masa2 SMP di Tokyo (1)

1 April 1993
Hari ini gw mulai memasuki suatu tahapan berikutnya dalam perjalanan hidup dimana gw sudah bukan siswa SD lg. berbeda dgn SD yg sekolah pake baju bebas, di SMP siswa wajib make seragam jas pake dasi merah maroon gtu. setelah acara perkenalan selesai dilanjutkan dengan foto2 bersama tiap kelas.
kali ini jumlah siswa hampir sama dengan jumlah siswa di Indo. sekitar 40an orang. makin banyak kenalan teman2 baru plus gadis2 jepang yang cantik2 emoticon-Embarrassment

sebagai siswa kelas 1-B, gw tmasuk deretan murid tertinggi no 3 di kelas. kelas gw ini boleh dibilang kelasnya juara dalam hal apapun. krena setiap tahun sekolah selalu mengadakan acara "Olimpiade Sekolah" sekitar bulan September(oiya di SD jg ada. lupa dibahas)
berbagai pertandingan diadakan dan hampir setiap pertandingan kelas gw selalu memenangi. juga kalau ada lomba paduan suara kelas gw jg selalu menang.

di kelas ini gw sekelas lg sama si Hiromi. gw ama dia biasa aja ga terlalu akrab2 banget. jarak rumah gw sama dia kurang lebih 100m. hiromi ini gw akui paling cantik dan manis klo di kelas gw dulu wktu SD aplg klo lihat dia senyum. (kabarnya selepas SMA ga lama dia nikah). pernah suatu hari gw plg sekolah sendiri jalan kaki krena dekat dr rumah. gw nengok ke belakang ga jauh di belakang gw si hiromi jg plg sendiri. jalanan cukup sepi. ga ada murid2 sekolah yg lain. gw yg agak kaku kalo ngomong ma cwe dan agak susah jdnya gw cuekin aja. dalam hati pgn gtu ngobrol cm gw nya ga berani memulai. diam2 aja kayak ga kenal. padhal gw sekelas dan duduk sebelah kanan meja gw. dr dulu SD ga pernah jauh duduknya. gtu gw belok menuju manshion tmpat gw tggal. gw sempat nengok lagi trnyata dia belok msuk ke rumah nya yg kecil. tmn2 "genk" dia dulu wktu SD (sachiko, fumie) ga tau mereka sekolah dimana (belakangan gw bru tau klo sachiko agak jauh milih sekolahnya). kalau chiharu di kelas A.

*****
seperti biasa sekolah2 di jepang setiap tahun ad lg yg namanya Shuugaku Ryokou (Study Tour). kali ini acaranya ke jauh di barat daya Tokyo di prefektur Shizuoka nama tmpatnya Omaezaki. tmpatnya berada di pinggir pantai Samudra Pasific. tempat penginapan berada dekat mercusuar. sebelum menuju kesana, kita sempat mampir terlebih dahulu di suatu tempat (lupa namanya) musium pra sejarah. disana banyak peninggalan2 prasejarah jaman Joumon dan Yayoi (abad 1-3 Masehi).
sama seperti biasa, ad beberapa acara dan permainan yang harus kita lakukan seperti napak tilas daerah sana. cukup menyenangkan.

Jepang sebagai negara maju dgn banyak inovasi2 dan penemuan. banyak barang2 dan budaya kita yg diimport dari sana. tp kalau gw perhatiin selama sekolah disana, gw merasa disana lebih mentingin praktek. kelas 1 pelajaran Rika (IPA, di sana SMP belum dipisah Biologi, Fisika gtu) selama 1 tahun gw belajar IPA. tidak ada rumus2 hitungan sama sekali. satu2 nya rumus yang ad dan gw msh ingat cuma hitung frekuensi dan sebaliknya. f = 1/t (bener gtu khan?). selebihnya teori dan byk praktek. sejak SD dulu di tokyo, kalau praktikum IPA kita di lab byk melakukan percobaan2. dr campur2 cairan kimia, meneliti pake mikroskop dll. Pantesan kenapa Indo juara mulu Olimpiade Fisika dll, dr kelas 1 SMP aja udah dijejali rumus2 soal cm minim praktek.

selain itu hal unik lain adalah pelajaran bahasa Inggris. kelas 1 smp msh belajar huruf2 alfabet (walau ktnya tmn2 wktu SD kelas 4 mereka pernah belajar dulu). belum lg menghapal nama2 benda "This is a Pen" emoticon-Ngakak (S). pas ulangan cawu 1 kelas 1, salah satu soal yg gw inget ..
isilah titik2 di bawah ini...

A B .... ..... E F G ..... ...... emoticon-Ngakak (S)

boleh dibilang gw ulangan tmsuk tggi untuk bahasa Inggris walau msh kalah sama tmn gw yg cwe.

wali kelas 1 gw kebetulan pelatih klub voli di sekolah jg. suatu hari temen gw lg ngobrol2 depan kelas gw ga tau mereka omong apa. lalu pas gw jalan menuju kelas wali kelas gw Oono Sensei manggil gw :

"hei . kemari sebentar.."
" .... "
gw jalan menghampiri Oono Sensei
"coba sini telapak tangan kamu"
gw ksh liat telapak tangan gw dengan perasaan bingung ada apa.
"bagus... kamu hrus ikut klub voli"
"hah?"
"Mulai bseok latihan, ga ada tapi2 an"

gw yg bngung saat itu krena merasa "terpaksa" cm liat tmn2 gw yg sebelumnya ngobrol.
yah mgkin krena gw tmsuk cwo yg tinggi dan badan yg boleh dibilang ideal emoticon-Cool mknya tmn gw mgkin bilang gw suruh ikut jg walau awal gw ga ada niat.
gw awalnya pgn ikut klub baseball krena di jepang baseball olahraga favorit (tahun 93 ini mulai berdirinya J-League) krna ga ikut klub baseball jadilah gw ikut klub voli. bayangan gw saat itu latihan paling biasa aja lah..

dan ternyata apa yg gw bayangkan salah ....

Diubah oleh ginyu.shijin80
Weh udh lama jg ya om timeline nya ,

Ditunggu ikeh ikeh kimochi nya om emoticon-Ngakak (S)
Quote:


wkkwwk. ada gan ilyas.. sip gan.. ente trusin jg ya

gmana tuh Tasya nya ngambek.. emoticon-Ngakak

.. kwkwkw. jgn manggil om lah emoticon-Betty (S) . msh muda jg koq gw emoticon-Embarrassment
Diubah oleh ginyu.shijin80
........
Diubah oleh ginyu.shijin80
Part 7 - Masa2 SMP di Tokyo (2)

Mulailah gw ikut ekskul Voli di sekolah. awal dibilang cm setiap hari Selasa latihannya. belakangan ternyata bukan cm hr selasa aja bahkan hampir tiap hari, kadang hari libur pun latihan. makin hari makin malas aja. belum lg latihan2 cukup keras belakangan. latihan dilakukan di gedung olahraga sekolah yang beralaskan kayu. distu gw jg belajar gimana berusaha nangkap bola sambil jatuh (smash sambil diving). untungnya krena lantai dr kayu dan agak licin jadinya ga terlalu sakit. sebelum mulai latihan, kita harus muter dalam sekolah yang lumayan gede sambil lari turun naik gedung sekolah yang 4 lantai berapa kali keliling.

beberapa hari menjelang pertandingan lomba antar sekolah, kegiatan latihan makin intens. walau gw jarang ikut tampil. cm duduk2 di bangku aja emoticon-Big Grin. yah, sekolah gw emang belum beruntung saat itu. alhasil langsung kalah di awal2.

*****
menjelang akhir tahun 1993, ketika masa liburan musim dingin (salju). klub voli mengadakan acara gasshuku selama beberapa hari di daerah utara (Sekitar Nagano). ortu yg ga cukup punya uang untuk bayar acara kesana, lgpula gw nya jg males dan merasa dibohongi dulu ktnya cm tiap selasa latihan emoticon-Smilie(sebenarnya males capek aja). ketika liburan usai, saat masuk sekolah . gw ketemu teman2 gw yg ikut gasshuku badannya pada biru2 krena latihan (ga tau knapa sampai segtunya) emoticon-Big Grin. kalau diingat2 sayang jg sebenarnya gw ga ikut. tp ya sudahlah.

Saat bulan puasa tahun 94 (sekitar Maret). Tokyo msh turun salju yang cukup lebat. di hari libur, gw berangkat ke sekolah yang jaraknya ga jauh dari rumah sambil pakai payung, sepatu bot serta baju dan celana tebal. salju yg turun saat itu cukup tinggi sekitar 30cm. jadinya berasa pelan jalan krena cukup tinggi salju plus kedinginan. tiba di sekolah, gw yg lg menjalankan ibadah puasa, dr pagi sampe magrib hrus latihan dan baru selesai jam 7 malam. sempat sih pura2 capek,sapa tau dpt kompensasi boleh pulang emoticon-Ngakak (S).

ad kejadian selesai latihan (sebelum puasa tau sesudah lebaran gw lupa) gw jalan di dalam gedung olahraga, ga sengaja tangan kiri gw nyentuh bokong kakak kelas cwe (asli ga sengaja emoticon-Embarrassment). sontak aja kakak kelas itu langsung "hei.....????" sambil melotot ke gw. gw yang kaget
buru2 minta maaf sama dia sambil bilang "gomen... gomen.. wazato janai." (maaf .. maaf .. ga sengaja) disaksikan teman2 dia jg ad teman angkatan gw yg pada senyum2 ketawa (ad kakak kelas yg kalem dan manis jg emoticon-Embarrassment).
itu kakak kelas msh liatin gw aja antara marah atau malu. mgkin gw disangka sengaja atau apa kali emoticon-Big Grin
yah, dia emang termasuk kakak kelas yang jago main voli. smash an nya cukup kencang aplg sambil lompat.

****

1 bulan kurang setelah lebaran usai, sekitar april 94 datang kabar yang kembali bikin gw sedih .. saat itu ...
Diubah oleh ginyu.shijin80
Part 8 : Intermezzo

maaf ane sengaja nyeritain kisah dr kecil, mgkin biar rekan2 disini sedikit tahu seperti apa sekolah di sana. sekolah negeri disana bagaikan sekolah swasta mahal disini. di SMP jg gw ga pernah liat namanya siswa/i pacaran, ga pernah ada tawuran antar sekolah (kalau yag berantem ada aja lah tp jarang), kalau siswa yang merokok pernah liat (kebetulan kakak kelas dr klub voli jg) tp itu bisa keitung jari dari satu sekolah. pernah jg gw ceritakan ke teman2 disana kalau anak kecil di Indo aja ad yg udah merokok dan mereka kaget luar biasa, krena anggapan mereka itu furyou (orang buruk/nakal) emoticon-Big Grin siswa/i disana rata2 ke sekolah jalan kaki krena dekat dari rumah. dan lokasi sekolah jauh dr jalan raya yang rame jd aman. jg bagaimana sikap masyarakat disana. saat itu aja udah ada yg namanya seve* eleve*, laws**. famil* mar*. cm memang berbeda seperti disini dimana konsep tempat nongkrong. di singapur, hongkong pas outing acara kantor jg seve* dsana kayak minimarket lokal dsini. satu hal yang gw suka, masyarakat sana bahkan kayak supir bus ramah2, ga ugal2 an serta sopan. mgkin bangsa kita jg perlu mencontoh yg baik2. ga ada salahnya

sorry baru update lg..
Diubah oleh ginyu.shijin80
Cara penulisan lu di benerin, + gak ush setiap adegan troli makanan lah ato lift sd gk ush di jelasian semua nya, terus alur nya duh bingung gw, 'pernah suatu hari blabla' dst.

Sekian dan terima gaji emoticon-Big Grin
Diubah oleh mugi007
Quote:


haha. sip gan. maklum lg belajar.. ane jg lupa2 inget urutan. lgpula ngetik dari browser hp emoticon-Ngakak (S). tar coba dibenerin. thx gan
Diubah oleh ginyu.shijin80
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di