alexa-tracking

Membedakan Liabilitas dan Aset (MAMOK part 2)

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55707106507410ab238b4577/membedakan-liabilitas-dan-aset-mamok-part-2
Membedakan Liabilitas dan Aset (MAMOK part 2)
Rich Dad Poor Dad

Written by Robert Kiyosaki and Sharon Lechter

Penampakan bukunya bisa dilihat disini gan
Membedakan Liabilitas dan Aset (MAMOK part 2)
Silahkan cari bukunya jd bisa buat referensi untuk mengubah sudut pandang anda

Ilmunya sangat menarik gan,
jadi intinya menunjukkan apa yang diajarkan oleh ayah yang bermental sebagai orang kaya dan ayah yang bermental sebagai orang miskin.

NB : Yang dimaksud sebagai orang miskin bukanlah orang yang tidak mampu secara finansial namun uang digunakan untuk kebutuhan hidupnya saja.

Part 2
Pada bagian ini, kita akan membahas apa itu Liabilitas dan apa itu Aset. Sebelumnya saya akan memberikan contoh sederhana yang membedakan aset dan liabilitas. Umumnya orang kelas menengah ke bawah akan membeli yang kita sebut liabilitas, sedangkan orang kaya akan membeli sesuatu yang kita sebut sebagai aset.

Contoh pertama adalah orang kelas menengah selalu bekerja keras untuk menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran, kemudian mereka berpikir untuk menyelesaikan masalah finansialnya mereka harus bekerja lebih keras sehingga upah mereka akan naik. Ketika upah mereka naik, mereka tidak sadar bahwa mereka juga meningkatkan pengeluaran secara pasti terutama oleh pajak penghasilan, kemudian upah yang mereka terima digunakan untuk melakukan kredit rumah yang lebih mewah dan nyaman yang dianggap sebagai aset namun PBB juga naik dan pengeluaran mereka untuk barang" baru yg mengisi rumah tersebut juga naik, ditambah lagi mereka melakukan kredit sehingga dikenakan pajak lagi atau membiayai bank. Ketika mereka tidak sanggup membayarnya mereka akan menambah masa kontrak pinjaman kreditnya sehingga mereka semakin terjerat di dalam masalah finansial mereka. Contoh Liabilitas adalah Rumah, Hipotek (kredit), dll. Sehingga dari contoh diatas terlihat bahwa liabilitas merupakan sesuatu yang menyebabkan pengeluaran kita semakin bertambah.

Contoh kedua adalah orang kaya. Mereka sering mendapat penghasilan yang cukup dan membayar pajak penghasilan yang lebih rendah daripada orang" kelas menengah. Namun mereka memiliki strategi atau pemkiran yang berbeda dengan orang" kelas menengah tersebut. Mereka sangat jelih dan mau mengambil resiko dalam menghadapi masalah finansial. Mereka juga lebih berhati-hati dalam mengatur pengeluaran mereka. Mereka membeli sesuatu yang disebut sebagai aset. Aset sendiri dapat berbentuk saham dimana nilainya akan meningkat dan menurun sesuai dengan kondisi perusahaan tersebut sehingga diperlukan kejelihan dalam membeli saham. Ketika investasi mereka tepat, akan menghasilkan nilai uang yang bahkan dapat membuat pengeluaran mereka semakin sedikit dibandingkan jumlah pemasukan yang naik. Sehingga dari contoh diatas dapat dikatakan bahwa aset adalah sesuatu yang memberikan nilai tambah pada pemasukan kita.

Nilai yang didapat :
Jadi begitu guys, kita harus cermat dalam menentukan apa itu aset apa itu liabilitas.
Dengan memahami itu kita dapat menentukan investasi yang tepat dan cocok untuk menyelesaikan masalah finansial kita.

Terima kasih sudah membaca,
Semoga bermanfaat


Jangan lupa kasih comment dan kasih cendolnya ya gan emoticon-Shakehand2
haha
ajib gan,,,thanks infonya,,,memang dewasa ini banyak orang punya duit,tapi mereka bingung untuk memanfaatkannya.alhasil,uang tersebut lambat laun habis karena kebutuhan yang semakin bertambah.contohemoticon-Embarrassmentrang akan menggunakan uang tersebut untuk membeli mobil,tanpa mereka sadari bahwa setiap tahun mereka harus membayar pajak mobil tersebut.
Quote:


setuju gaan, sepemikiran kita
hahaha