alexa-tracking

PENEMUAN GALAKSI BARU DAN KEMUNGKINAN ALAM SEMESTA BERBENTUK TEROMPET

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55655ed814088d635a8b456b/penemuan-galaksi-baru-dan-kemungkinan-alam-semesta-berbentuk-terompet
PENEMUAN GALAKSI BARU DAN KEMUNGKINAN ALAM SEMESTA BERBENTUK TEROMPET
emoticon-Hot News WELCOME TO MY 27 th THREADemoticon-I Love Indonesia




CALIFORNIA – NASA baru-baru ini menemukan sebuah galaksi inframerah yang sangat terang. Saking cerahnya, galaksi itu disebut memiliki kecerahan yang setara dengan tiga triliun Matahari. Aje Gile.. satu matahari aja panasnya naudzubillah, apalagi 3 trilyun emoticon-Bingung (S)

PENEMUAN GALAKSI BARU DAN KEMUNGKINAN ALAM SEMESTA BERBENTUK TEROMPET

Sebagaimana dilaporkan Engadget, Senin (25/5/2015), NASA telah menciptakan klasifikasi baru untuk galaksi tersebut beserta dengan 19 galaksi lain yang serupa. Galaksi yang disebut sebagai ELIRGs itu berhasil ditemukan para ilmuwan melalui teleskop luar angkasa Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE).

Galaksi itu memiliki jarak 12,5 miliar tahun cahaya dari Bumi dan diperkirakan terbentuk sejak 13,8 miliar tahun lalu. Menurut salah satu ilmuwan NASA, Chao-Wei Tsai, galaksi tersebut terbentuk karena percepatan pertumbuhan lubang hitam utama di galaksi. What??? 12,5 Milyar tahun cahaya jaraknya dari bumi emoticon-Cape d... (S) , hmmm...coba kita berhitung, kecepatan suara = 0,3 km/detik, kecepatan cahaya = 300 ribu km/detik, jarak bumi ke mars aja 250 ribu km, jadi andai manusia bisa menciptakan kendaraan dengan kecepatan cahaya, cuma butuh waktu 1 detik untuk sampai ke mars emoticon-Hammer (S) . Nah, galaksi ELIRGs jaraknya 12,5 Milyar tahun cahaya, jadi perlu berapa lamakah untuk sampai ke sana, puyeng2 gan ngitungnya, emoticon-Hammer (S) sedangkan umur manusia berkisar 60-80 tahun saja, MUSTAHIL emoticon-Blue Guy Peace

Sebagai informasi, setiap galaksi memiliki lubang hitam super besar yang berada di tengah dan lubang hitam itu aktif menyerap gas, debu, dan material lain dan membentuk cakram di sekitarnya. Cakram tersebut kemudian memancarkan energi dan membuat lubang hitam terlihat lebih terang dari bintang.

Beberapa lubang hitam tersebut diketahui lebih rakus menyerap energi daripada yang lain, sehingga lubang hitam tersebut memiliki ukuran yang lebih besar dan bercahaya lebih terang dari yang lainnya.

Para ilmuwan belum menemukan alasan mengapa galaksi tersebut berukuran sangat besar dan bercahaya sangat terang. Mengingat galaksi tersebut berjarak 12,5 miliar tahun cahaya yang lalu, salah satu ilmuwan NASA, Andrew Blain, menggambarkan galaksi tersebut sebagai lubang hitam yang dahulu berputar sangat cepat dan menyerap energi lebih besar dari lubang hitam lainnya sejak ratusan juta tahun lalu. Mungkinkah ini neraka? Wallahualam emoticon-Takut (S)

CALIFORNIA - NASA meluncurkan sebuah satelit atau probe bernama Wilkinson Microwave Anisotropy Probe (WMAP) pada 2001. Satelit ini kemudian mengungkap bentuk alam semesta yang pernah diungkap badan antariksa Amerika Serikat pada 2012.

PENEMUAN GALAKSI BARU DAN KEMUNGKINAN ALAM SEMESTA BERBENTUK TEROMPET

Observasi WMAP menemukan bahwa alam semesta memiliki bentuk menyerupai 'terompet sangkakala'. Website Science.nasa.gov melaporkan, WMAP mengungkap bahwa alam semesta memiliki usia sekira 13,8 miliar tahun. Entah yang dimaksud alam semesta galaksi bimasakti tempat kita tinggal atau keseluruhannya emoticon-Bingung (S)

Selain itu, WMAP menemukan bahwa pada hari ini, alam semesta terbuat dari 72 persen Dark Energy, 23 persen Dark Matter dan hanya 4,6 persen atom. NASA menjelaskan bahwa WMAP menggunakan radiometer gelombang mikro yang mengukur perbedaan temperatur antara dua titik di langit.

Seorang ilmuwan bernama Charles L. Bennet mendapatkan penghargaan '2012 Gruber Cosmology Prize'. Ia bersama dengan tim WMAP mengamati radiasi peninggalan dari alam semesta awal dan menciptakan model kosmologis standar.

Pengukuran yang dilakukan Bennet membantu untuk mengetahui asal-usul, konten, usia dan geometri alam semesta. Selama beberapa miliar tahun ke depan, perluasan alam semesta secara bertahap melambat karena alam semesta menarik dirinya sendiri melalui gravitasi.

Akan tetapi, saat ini ekspansi alam semesta mulai mempercepat kembali karena efek repulsif energi gelap (dark energy) yang mendominasi perluasan alam semesta.

Satu hal yang pasti alam semesta suatu saat akan hancur dan hampir semua agama menceritakan tentang kiamat di ajarannya masing - masing. Tinggal kita berbenah diri karena beragam tanda tandanya sudah terjadi. emoticon-Blue Guy Peace




Sekian thread edukasi ini. Semoga bermanfaat dalam menambah khazanah keilmuan kita yang sangat terbatas ini. Mengenai kebenarannya silahkan dicari sendiri, tdk untuk diperdebatkan & mohon dipahami secara bijak. Kunjungi beragam thread menarik ane lainnya, Salam emoticon-Shakehand2

Sumber : www.okezone.com
image-url-apps
jadi alam semesta ini berada di terompet sangkakala bre

emoticon-Matabelo
Quote:


Entahlah bray emoticon-Big Grin
KASKUS Ads
image-url-apps
kalau ujung terompetnya ditiup Malaikat Israfil?
tamatlah sudah kehidupan kita.....
image-url-apps
Yg niupnya segede apa yah...
image-url-apps
berita dari jaman bahula gan
kemane aje ente gan??
di kaskus bertahun-tahun lalu sudah ada trit yg ngebahas galaksi berbentuk terompet.
image-url-apps
udah cukup lama gan klo galaxy itu bgtu, tp lumayan lah buat mengingatkan kembali emoticon-Cool
image-url-apps
disini terompet
disana terompet
dimana mana ada terompet
emoticon-Hammer (S)
betapa kecilnya kita dihadapan Tuhan
image-url-apps
Udah pernah baca gan
image-url-apps
Quote:


Suatu saat pasti terjadi emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


Entahlah gan,bkn cakupan manusia emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


Ane ksh kesempatan yg lain utk yg blm pernah baca & d situ ada 2 info, ttg galaksi jg yg blm tentu ente tahu emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


Ane ksh ksempatan yg lain yg blm pernah baca & d situ ada info ttg galaksi, kecepatan suara&cahaya yg belum tentu jg ente tahu emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


Flashback gan,reminder emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


Lg hits rupanya terompet emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


Kunjungi thread menarik ane lainnya emoticon-shakehand
image-url-apps
Quote:


Flashback gan,reminder emoticon-Big Grin
image-url-apps
Udah lama ini berita gans
×