CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemerintah Akan Ambil Alih Blok Mahakam dan Freeport
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5563bc55925233861d8b4567/pemerintah-akan-ambil-alih-blok-mahakam-dan-freeport

Pemerintah Akan Ambil Alih Blok Mahakam dan Freeport

Spoiler for Tengok blok Mahakam gan!:


Spoiler for Tengok penambangan Freeport di Papua gan!:


Selasa, 26 Mei 2015 | 06:06 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan mengambil alih sepenuhnya pengelolaan Blok Mahakam di Kalimantan Timur kepada Pertamina serta pengelolaan tambang emas di Papua yang saat ini dikuasai oleh PT Freeport Indonesia. "Presiden Joko Widodo menegaskan kembali bahwa pemerintah telah memutuskan pengelolaan Blok Mahakam akan diambil alih oleh pemerintah," kata Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, dalam siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Senin (25/5/2015). Saat ini Blok Mahakam masih dikelola oleh perusahaan migas asal Perancis, Total E&P Indonesie dan Inpex Corp hingga 2017.

"Sedangkan untuk Freeport, karena kontraknya baru habis tahun 2021, maka kementerian ESDM akan menjaga agar secara bertahap kepemilikan Indonesia semakin besar," kata Pratikno. Dia mengatakan, mekanisme tersebut juga menjaga agar manfaat fiskal dan ekonomi untuk Indonesia dari Freeport semakin besar.

Menurut dia pemerintah tengah melakukan terobosan pengelolaan sumber daya mineral melalui UU Mineral dan Batubara (Minerba) untuk mengatur hubungan antara negara dengan Freeport. "Hubungan yang semula kontrak karya akan diubah menjadi izin usaha pertambangan sehingga posisi Indonesia sebagai negara lebih kuat," ujar Pratikno.

Dia menjelaskan pemutusan sepihak atas pengelolaan tambang emas dan tembaga di Provinsi Papua tersebut tidak akan menyelesaikan masalah. "Pemutusan sepihak akan memunculkan masalah baru, yakni ekonomi Papua akan terganggu dan masyarakat akan menderita," kata dia, seraya menambahkan masalah ekonomi akan berdampak pada urusan politik, merusak iklim investasi serta melemahkan posisi Indonesia di kawasan Asia Pasifik.

Editor : Bayu Galih
Sumber : Antara
Link berita bisa klik di sini gan

Kontrak Selesai, Pemerintah Janji Kelola Blok Mahakam dan Freeport

Monday, 25 May 2015, 20:58 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pemerintahan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan mengelola blok Mahakam dan Freeport usai kontrak dengan pihak asing berakhir. Kepala Staf Kepresidenan Indonesia, Luhut B Pandjaitan mengaku, pemerintah bersikap menghormati setiap kontrak yang ada.

“Tetapi begitu kontrak itu habis masa berlakunya, blok Mahakam dan Freeport itu akan kembali ke pemerintah Indonesia dan kita yang mengelola. Itu tegas dari presiden Jokowi,” katanya, di Jakarta, Senin (25/5).

Jadi, ia mengklaim komitmen pemerintah mengenai hal ini tidak usah dipertanyakan. Sebelumnya, berbagai elemen mahasiswa menggelar demonstrasi untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di depan Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/5).

Mereka mengajukan beberapa tuntutan, diantaranya penolakan perpanjangan kontrak migas di Blok Mahakam dan Freeport. Selain itu, transparansi pengalihan dana subsidi bahan bakar minyak (BBM) dan menolak harga BBM diserahkan ke pasar. Menanggapi tuntutan kedua, Luhut mengklaim bahwa dana subsidi dikembalikan lagi ke subsidi.

“Kadang-kadang mereka tidak paham bahwa darimana dana untuk bidang kesehatan, infrastruktur. Disatu sisi subsidi BBM akan membebani anggaran belanja kita,” ujarnya.

Ia juga mengungkap bahwa setelah subsidi BBM dicabut, permintaan minyak yang digunakan nelayan turun 30 persen. Setelah ditelusuri, ternyata saat harga BBM murah, Luhut menyebut nelayan menyelundupkannya. Sekarang setelah harga BBM naik dan margin keuntungan menipis, nelayan akhirnya kembali melaut.
Sumber berita

Berita terkait:
Pemerintah Ambil Alih Blok Mahakam dan Freeport
Freeport Indonesia Siap Pakai Rupiah Tuk Bertransaksi di Dalam Negeri

Komentar ane:
Ane berharap setelah kontrak freeport (salah satu perusahaan milik asing yang paling kontroversial di tanah air) setelah habis tidak lagi ditumpangtindihkan dengan kontrak karya yang selalu disebut2 merugikan negara. Nah, yang ane takutin nih, apakah ada intervensi 'asing' di kepolitikan indonesia nantinya, kalo aset 'mereka' di tanah air dikutak kutik...??? Apakah indonesia memang udah mulai berani menentang hegemoni asing yang masih bercokol kuat di tanah air? Ato mungkinkah Indonesia udah punya 'bekingan' kuat kalo suatu saat ada konflik terbuka antara indonesia dengan si 'asing' tersebut? mungkin ada yang mau share pengetahuannya dimari?
Diubah oleh charlies280590
Halaman 1 dari 3
wah siapa berani main2 sama mamarika emoticon-Takut (S)
cuma bapak prabowo yg berani sama mamarika (walau disangkal mati2an sama adiknya emoticon-Big Grin)

Mampir ke trit ane lainnya gan/sis!

Diubah oleh charlies280590
akan mengejar kepemilikan secara bertahp
ya kira-kira 5 % dulu lah nanti
emoticon-Busa
tergantung kadar dan keekonomian di 2021 itu bagaimana..
kalo emang sudah diprediksi menurun ya gak ada yang ngomel dari amrik..
kalo ditahun itu malah tembus ke deposit yang lebih gede ya pasti brantem...
akan
habis kontrak
2017


kirain ambil alih sekarang
Paling jg nanti di kso kan atau di tac kan ... emoticon-Big Grin
Quote:


Ane yakin akan ada intervensi asing gan di kepolitikan Indonesia kalau Indonesia mau mengakuisisi "aset" mereka.
Kecuali kalo mereka menganggap aset mereka udah ga potensial lagi di Indonesia..

Cmiiw emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:


Setuju gan, justru yang nanti kesian yah indonesianya sendiri dong yah...
tapi denger2, hasil tambang yang dikelola sama freeport di papua itu katanya gak bakalan habis sampe 2040an yah gan...???
kalo sampe 2020an diambil alih sama indonesia, artinya yah indonesia masih punya kesempatan mengelola 100% pertambangan 'sisa'.
Lah tapi kalo emang beneran udah abis dan itu si freeport mengeruk gak keru2an, yah berarti tinggal dapet ampasnya doang dong Indonesia
emoticon-Frown
Sompret negh bocah emoticon-Marah
Pagi pagi udeh bikin tlid berat emoticon-Nohope
Kgak ngarti gua hehh emoticon-Mad (S)
jadi maksudnya jokowi jd presiden smpe 2021 trus ambil alih Freeport??

gagal paham emoticon-Hammer2
Quote:


kagak berat kok gan
kalo berat ane juga gak sanggup gan
emoticon-Frown
Quote:


metafora gan...
kembali ke tangan 'kita' dan 'kita' yang mengelola bukan indikasi kalo Jokowi bakalan jadi presiden sampe taun 2020an tohhh...?
karena menurut ane, kita di sini yah 'pemerintah indonesia' ato 'negara indonesia' yang entah siapa nanti presidennya taun 2020an gan.
cmiiw
bakal jadi trit jombie ga nih emoticon-Big Grin
apakah ini pencitraan
ayo panasbung sundul nih thread klo ngga terealisasi emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Quote:

bisa jadi gannn, bisa jadiiiii
karena berita ini tidak mengandung unsur radikalitas emoticon-Malu (S)
becandaaaaa, mungkin gak banyak peminat berita ini gan makanya sepi
Quote:

pencitraan atau bukan, kalo freeport bener2 berhasil jatuh ke tangan indonesia 100% udah bisa dibilang wow lah gan.
nah setelah itu, siapa yang mengelola, berapa keuntungannya dan untuk siapa, lanjut di episode berikut gan...
Freeport ?

kalau cadangan mineralnya udah gak ekonomis, ya bisa.

kalau ternyata masih bernilai ekonomis jika dilakukan penambangan, ya ngimpi. emoticon-Ngakak
kecuali kalau entar presidennya berani. emoticon-I Love Indonesia
Msh ada yang percaya omongan jokowi si raja asbun dan bokis? Selamat coli deh emoticon-Ngakak
Akan akaan akaaaaan emoticon-Big Grin
KALO NGGAK PERCAYA, YA SUDAH emoticon-Big Grin
serba salah,, dikuasai asing salah, di kuasai ama pemerintah dengan mental korup kayak gini ya salah juga emoticon-Bingung (S)
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di