alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/555d8593a2c06e012e8b4574/ask-tentang-joomla

(ASK) Tentang Joomla

Halo agan dan sista. Baru-baru ini, saya mendapat masalah tentang website joomla saya. Jadi, saat saya ingin menambahkan Extension di joomla, selalu keluar pesan error yang berbunyi ( pesannya munculnya di bagian atas ) :

Warning
JFolder::create: Path not in open_basedir paths.

Error
Unable to create destination

Unable to find install package

Saya sudah searching di beberapa website nasional maupun international, lalu mengikuti beberapa tutorial yang mereka sajikan. Tetap saja, permasalahan tersebut tak bisa diatasi. Jadi, mohon bantuannya bara master website di sini. Saya baru pertama kali main di tempat ini. Mohon bimbingannya.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Woah... saya sudah mendapatkan cara upload file extentions. Sebenarnya masalah yang di atas belum selesai, saya tidak bisa mengupload melalui folder. Jadi saya pakai cara lain.

Caranya, kita kirim dulu file yang mau kita upload ke directory hosting kita. Directory yang saya maksud terletak di Public_Html kita ( File Manager ). Nah kita upload menggunakan directory. Formatnya (nama yang ada di sebelah rumah) << maksud saya yang berada di sebelah icon rumah kecil, di bagian kiri, pasti ada.

Saya ulangi (nama rumah)/(nama folder extentions kamu).

It's Done...

tapi jangan dihiraukan pertanyaan pertama saya yang di post pertama. Saya masih bingung, kenapa tidak bisa diupload melalui folder. Terima kasih, semoga membantu.
Diubah oleh szorgalmas21
udah solved brarti gan? emoticon-Malu
Quote:


Secara keseluruhan belum. Saya mendapat masalah lagi, sebagai seorang newbie tak luput dari masalah.

Saya mendownload template Purity III dan setelah saya pasang di website, tampilannya jadi kacau. Yang saya tanyakan dari masalah ini, dimana tempat untuk mengedit posisi-posisi artikel dan gambar ? Atau mungkin para master bisa bantu kasih tutorial emoticon-Smilie
ane dulu suka template purity. Sekarang sudah pindah ke wordpress. Tapi joomla emang powerfull dalam hal template yg keren, purity yg plg keren utk yg free.

ane gak tahu apakah purity iii punya installer quickstart. Jika ada pakai yg quickstart. Saat install jgn lupa install sample data. Sistem layout frontpage joomla diatur lewat menu "home". Agan cek saja kategori apa yg dimunculkan di setting home, berapa kolom, berapa leading (artikel penuh), berapa yg cuma list Dg deskripsi.

Selebihnya hampir sama dg wordpress. Ukuran thumbnail diatur lewat css. Atau pakai plugin thumbnail.

Semoga membantu
ane coba bantu ya ..
1. untuk yg tidak bisa install extension, coba buka file public_html/configuration.php edit dibagian alamat log sama path, sesuaikan alamatnya ..
2. untuk mengetahui posisi template bisa dengan cara ketik link nya : nama-domain.com/?tp=1 , jika tidak bisa di enable dulu di template manager, Extension --> template manager --> option --> Preview Module Positions = enable

SAVE, semoga bisa membantu ..
Quote:


Terima kasih, sangat membantu.

Quote:


Terima kasih sudah mau membantu. Saya masih sedikit bingung dengan configuration.php. Maksud saya, bagian log dan pathnya diganti dengan alamat apa? Secara keseluruhan saya sudah mengecek di bagian system information bahwa semuanya writable.
Diubah oleh szorgalmas21
Quote:


diganti gini gan :
public $log_path = '/home/nama-web/public_html/logs';
public $tmp_path = '/home/nama-web/public_html/tmp';
Quote:


Oh yah yang itu, saya dari dulu sudah ganti dan hasilnya semuanya Writable. Pernah ada orang lain yang suruh cara kayak yang sekarang agan suruh. Hasilnya semua configuration.php nya writable tapi tetap saja tidak bisa install extention lewat upload T_T.
Diubah oleh szorgalmas21
Quote:

Apakah joomlanya hasil upload lewat ftp? Apakah extensionnya lbh dari 2mb? Mungkin itu masalahnya gan
Double
Diubah oleh nyzko
Quote:


pastikan untuk writable itu permission folder 755, untuk file 644
Quote:


Maksudnya Joomlanya hasil upload FTP? Kalau yang saya tangkap, maksud agan file joomla saya diuploadnya pakai FileZilla/Ftp Lainnya ke File Hosting ya? Kalau itu benar gan, saya upload file joomlanya pakai Filezilla ke bagian directory hosting. Ini memang masalahnya ada dimana dan saya harus gimana?

Kalau extention, iya gan filenya lebih dari 2MB. Tapi saya pernah liat di youtube, bukan hanya satu, banyak yang mengupload file dengan ukuran lebih dari 20MB tapi lancar-lancar saja. Btw, terima kasih sudah mau membantu. Berarti mungkin karena upload pakai FTP ya?? T_T

Quote:


Bagaimana gan ceknya? Maksud ane dimana? Hahaha, maklum newbie emoticon-Smilie
Quote:


kalo di hosting CPanel --> File manager ada di sebalah kanan list tiap2 folder/filenya ..
Quote:

Kalau di atas 2 MB biasanya install lewat directory atau PHP upload limit dibuat lebih besar dr 2MB. yang agan lihat mungkin upload limitnya dikasih 100MB hehehe... kalau shared hosting... mesti set di php.ini
Kalau upload Joomla lewat cPanel maka owner filenya adalah Apache/PHP user (gak tau kalau pake Nginx). Kalau lewat FTP maka file ownernya adalah FTP user. Maka muncul persoalan permission ketika install karena file-file yang terkait ditulis dengan PHP sementara ownernya FTP user.
Yang paling aman adalah upload lewat cPanel (upload zip lewat FTP dan ekstrak filenya di cPanel) lalu install. Bisa upload lewat FTP tapi root mesti writable dan install dg FTP layer.
Ini problem yang sering terlewati saat mulai install Joomla dan tidak terdokumentasi dg baik. Akhirnya banyak yg kesulitan install plugin.

Menurut ane begitu gan... mungkin bawah ane bisa kasih penjelasan lbh baik dan solusinya


Diubah oleh nyzko


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di