alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/555cdc6c32e2e69a0b8b4569/inilah-istilah-istilah-yang-sering-dipakai-dalam-transportasi-kereta-api-penumpang
icon-hot-thread
Inilah Istilah-Istilah Yang Sering Dipakai Dalam Transportasi Kereta Api Penumpang
Spoiler for Open:



Istilah-Istilah Yang Sering Dipakai Dalam Transportasi Kereta Api Penumpang

Inilah Istilah-Istilah Yang Sering Dipakai Dalam Transportasi Kereta Api Penumpang

Kereta Api merupakan sebuah moda transportasi yang bergerak diatas rel, terdiri dari serangkaian kendaraan yang didorong sepanjang jalur kereta api untuk mengangkut kargo atau penumpang. Gaya gerak disediakan oleh lokomotif yang terpisah atau motor individu dalam beberapa unit.

Kereta api memiliki keunggulan bila dibandingkan dengan moda transportasi darat lainnya. Misalnya dalam hal kapasitas karena satu rangkaian kereta api terdiri dari beberapa gerbong. Bahkan satu gerbong kereta api saja bisa lebih besar kapasitasnya dibandingkan bus konvensional. Selain itu kereta api unggul dalam hal ketepatan waktu karena kereta api tidak akan terjebak macet seperti yang terjadi pada bus atau moda transportasi lainnya yang memanfaatkan jalan raya.

Khusus untuk kereta api penumpang, ada beberapa istilah yang sering dipakai untuk membedakan jenis layanan, sistem ataupun membedakan jenis kereta api yang digunakan. Berikut ini adalah istilah-istilah yang sering dipakai dalam transportasi kereta api penumpang.


Quote:Mass Rapid Transit (MRT)
Spoiler for buka:

Mass Rapid Transit (MRT) adalah sebuah jalur rel penumpang listrik di wilayah dalam kota dengan kapasitas dan frekuensi yang tinggi bila dibandingkan sistem angkutan perkotaan lainnya. Jalur untuk sebuah MRT dibuat terpisah dengan sistem transportasi lainnya. Umumnya jalur untuk sebuah MRT ditempatkan dibawah tanah atau biasa disebut dengan subway. Selain itu jalur untuk sebuah MRT juga ada yang dibuat berupa rel layang.

MRT pertama di dunia adalah London Underground yang dibangun pada tahun 1863. Sementara MRT terbesar di dunia dalam hal panjang jalur dan jumlah stasiun adalah New York City Subway, namun jika dilihat dari panjang seluruh jalur yang terbesar adalah London Underground dan angkutan cepat di Shanghai.MRT tersibuk di dunia dalam hal jumlah penumpang harian dan tahunan adalah Tokyo Metro dan Metro di Moskwa.


Quote:Light Rail Transit (LRT)
Spoiler for buka:

Light Rail Transit (LRT) adalah salah satu sistem Kereta Api Penumpang yang beroperasi dikawasan perkotaan yang konstruksinya lebih ringan dibandingkan MRT. Kecepatan, kapasitas dan frekuensi sebuah LRT cenderung lebih rendah dibandingkan MRT. Karena kecepatannya yang rendah, Sebuah LRT bisa berjalan bersamaan dengan lalu lintas lainnya. Namun ada LRT yang dibuatkan jalur ekslusif layaknya MRT demi memaksimalkan kecepatan dan frekuensi.


Quote:Commuter rail
Spoiler for buka:

Commuter rail adalah sebuah layanan transportasi kereta api penumpang antara pusat kota dan pinggiran kota yang menarik sejumlah besar orang untuk melakukan perjalanan setiap hari. Hal ini karena jadwal sebuah commuter rail biasanya disesuaikan dengan jadwal orang-orang masuk kerja atau pulang kerja. Dengan layanan yang berjadwal tersebut, commuter rail cenderung punya frekuensi yang lebih rendah dibandingkan MRT. Namun kapasitasnya lebih besar dibandingkan MRT. Untuk di Indonesia, KRL Jabodetabek adalah salah satu contoh commuter rail.


Quote:Regional rail
Spoiler for buka:

Di Indonesia, regional rail lebih dikenal dengan sebutan kereta lokal. Sebuah kereta lokal biasanya menghubungkan antara kota besar dengan kota-kota kecil disekitarnya. Jaraknya biasanya lebih jauh dibandingkan commuter rail. Perbedaan antara commuter rail dengan regional rail adalah commuter rail lebih fokus untuk mengangkut orang-orang yang punya kepentingan pekerjaan, sehingga jadwalnya disesuaikan dengan jadwal masuk kerja atau pulang kerja. Selain itu demi menghemat waktu, sebuah commuter rail tidak akan berhenti dibanyak stasiun. Sementara regional rail biasanya berhenti dibanyak stasiun atau bahkan berhenti disemua stasiun yang dilalui. Fungsi regional rail lebih kepada menggaet penumpang sebanyak-banyaknya dari semua stasiun yang dilalui karena biasanya regional rail melewati stasiun-stasiun yang prospek penumpangnya kecil.


Quote:Inter-city rail
Spoiler for buka:

Inter-city rail adalah sebuah layanan kereta api penumpang yang menghubungkan antar kota besar. Inter-city rail biasanya punya kecepatan yang lebih tinggi bila dibandingkan jenis layanan kereta api penumpang lainnya. Bahkan di negara yang perkeretaapiannya sudah maju, biasanya menggunakan kereta api berkecepatan tinggi atau kereta peluru untuk layanan inter-city rail.

Biasanya inter-city rail hanya akan berhenti di stasiun-stasiun besar yang ada pada kota-kota yang dilalui. Contoh inter-city rail di Indonesia adalah kereta api Argo Bromo Anggrek yang menghubungkan Surabaya dengan Jakarta.


Quote:Airport rail link
Spoiler for buka:

Airport rail link adalah sebuah layanan kereta api penumpang yang menghubungkan antara bandara dengan kota terdekat. Seringkali airport rail link juga dibuat terintegrasi dengan layanan MRT maupun commuter rail. Satu-satunya bandara yang memiliki layanan air railink di Indonesia adalah bandara Kuala Namu di Sumatera Utara yang menghubungkan bandara Kuala Namu dengan kota Medan


Quote:Monorail
Spoiler for buka:

Monorail adalah kereta api yang jalurnya menggunakan rel tunggal. Monorail lebih banyak digunakan sebagai angkutan perkotaan. Rel untuk monorail biasanya terbuat dari beton dan rodanya biasanya terbuat dari karet, sehingga menjadikan monorail tidak sebising kereta api konvensional. Secara kapasitas, monorail masih belum bisa mengungguli kereta api konvensional.

Terdapat dua tipe monorail yaitu tipe straddle-beam dimana kereta berjalan di atas rel dan tipe suspended dimana kereta bergantung dan melaju di bawah rel. Dibawah ini penampakan monorail tipe suspended.
Spoiler for buka:


Quote:High speed rail
Spoiler for buka:

High speed rail atau biasa juga disebut bullet train adalah sebuah kereta api berkecepatan tinggi. Biasanya sebuah high speed rail memiliki kecepatan diatas 200 km/jam. Perbedaan high speed rail dengan kereta api konvensional adalah penggunaan gaya magnet pada high speed rail. Gaya magnet tersebut memnyebabkan kereta api mengambang diatas rel sehingga gaya gesek dapat dikurangi. Hal inilah yang menyebabkan kereta dapat meleaju pada kecepatan tinggi. Rekor high speed rail tercepat dipegang oleh negara Jepang yaitu mencapai 603 km/jam. Sementara negara dengan rute high speed rail terpanjang di dunia adalah China yaitu rute yang menghubungkan Beijing-Guangzhou yang memiliki jarak sepanjang 2.298 km. China juga merupakan negara dengan jaringan high speed rail terpanjang di dunia. Total panjang jalur high speed rail di China melebihi 16.000 km.


Bagi kita orang Indonesia, beberapa istilah diatas masih terdengar awam. Ini tidak terlepas karena layanannya yang belum terdapat di Indonesia. Baru ada jenis layanan commuter rail, regional rail, airport rail link dan inter-city rail di Indonesia. Sementara jenis kereta api yang digunakan masih kereta api konvensional. Belum ada monorail ataupun high speed rail.

Namun jangan berkecil hati dulu. Saat ini sudah ada proyek MRT yang sedang dalam tahap kontruksi di Indonesia, tepatnya di kota Jakarta. Rencananya akan beroperasi pada tahun 2018. Selain itu juga ada wacana pembangunan LRT dan high speed rail. LRT rencananya akan dibangunan di Jakarta sementara high speed rencananya akan menghubungkan Jakarta-Bandung. Semoga saja proyek-proyek tersebut bisa lancar pembangunannya sehingga Indonesia tidak makin tertinggal dibandingkan negara-negara lain.

Itulah sedikit ulasan dari saya tentang istilah-istilah yang sering dipakai dalam transportasi kereta api penumpang. Semoga saja threadnya bermanfaat dan dapat menambah wawasan.

Tambahan sedikit. Banyak yang mengira kalau kereta yang ada di taman mini adalah monorel. Itu bukan monorel. Itu adalah kereta dengan rel konvensional tapi menggunakan tenaga angin sebagai penggerak. Kereta jenis itu bernama aeromovel. Aeromovel yang ada di Taman Mini Indonesia Indah adalah aeromovel yang pertama di dunia.

Pada gambar dibawah ini bisa dilihat kalau kereta aeromovel yang ada di taman mini memakai rel konvensional.

Inilah Istilah-Istilah Yang Sering Dipakai Dalam Transportasi Kereta Api Penumpang



Reserved dulu!
Pertamax diamankan oleh TS.
Mono rail jalan nya di atas emoticon-Matabelo
Kapan ya gan Indonesia punya high speed rail? emoticon-Matabelo
owh... emoticon-Matabelo
keren
belum pernah naik kereta, emoticon-Mewek
high speed rail laju bner...
Keren gan emoticon-Matabelo mudah-mudahan indonesia bisa menyusul
Quote:Original Posted By zedaefide
Mono rail jalan nya di atas emoticon-Matabelo
Iya gan, hampir semua monorail jalurnya dibuat layang.

mantap kak
Near jd tahu
High speed rail emoticon-Matabelo
Ane tau nya pas ane maen game Open TTD (Transport Tycoon Deluxe) gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By cahnjero74
belum pernah naik kereta, emoticon-Mewek
high speed rail laju bner...

Iya gan. Entah kapan bakal ada di Indonesia.
Seandainya Indonesia punya shinkansen...
seumur umur baru 2 kali naik kereta emoticon-Malu (S)

istilah2nya keren mas brow
adem rasanya kalo ngeliat kereta dibandingkan metromini
indonesia gak kalah keren gan walau cuma punya commuter rail tapi peminatnya banyak sampe desek desakan naiknya emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By vahlepi
High speed rail emoticon-Matabelo
Ane tau nya pas ane maen game Open TTD (Transport Tycoon Deluxe) gan emoticon-Big Grin

Bukti kalau game juga mampu menambah wawasan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By bhetetz
Seandainya Indonesia punya shinkansen...


Kabarnya ada wacana pembangunan Shinkansen Jakarta-Bandung. Semoga saja beneran emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By poac
seumur umur baru 2 kali naik kereta emoticon-Malu (S)

istilah2nya keren mas brow


Kalo ane seumur hidup belum pernah emoticon-Blue Guy Peace
Monorail ini yg lagi di kerjaiin di jakarta ya gan...
numpang mejeng dulu di Thread calon Ht...