alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/555c0f27e05227ea148b4568/begini-cara-kenali-ciri-beras-palsu-dari-plastik
Begini Cara Kenali Ciri Beras Palsu dari Plastik
Begini Cara Kenali Ciri Beras Palsu dari Plastik

Beras asli akan menyerap air maka tekstur beras akan lembut dan jika dimasukan ke penanak nasi beras mengeras tapi tekstur kelembutannya masih ada. Untuk beras palsu maka beras lembek dan mengeras.

Dream - Warga Indonesia harus berhati-hati dengan beredarnya beras palsu yang kini sedang marak beredar di pasaran. Disinyalir peredaran beras palsu berasal dari China yang sedang didistribusikan di kota Taiyuan, di provinsi Shaanxi.

Bbahkan, diindikasikan beras-beras palsu tersebut juga diekspor ke Indonesia. untuk itu warga Indonesia harus cermat dalam membeli beras. Perbedaan beras palsu dan asli tidak mudah dibedakan, pasalnya beras palsu sekilas tak jauh berbeda dengan beras-beras asli di Indonesia.

Meskipun begitu antara beras palsu dan beras asli tetap memiliki perbedaan. Baik dari segi tekstur setelah dimasak sampai masih dalam bentuk biji beras.

"Beras asli akan menyerap air maka tekstur beras akan lembut dan jika dimasukan ke penanak nasi beras akan mengeras tapi tekstur kelembutannya masih ada. Sedangkan untuk beras palsu maka beras lembek dan semakin mengeras. Sama halnya saat dikeluarkan dari penanak nasi, beras palsu justru akan semakin kering dan mengeras," kata dokter spesialis gizi klinik Dr Verawati Sudarma, Mgizi, Sp.GK saat dihubungi Dream.co.id, Selasa 19 Mei 2015.

Selain itu juga, beras palsu dapat dikenali walaupun secara kasat mata perubahan tersebut susah dikenali. Namun dari bentuk biji dan warna beras dapat dibedakan.

"Jika beras palsu yang terbuat dari plastik maka tektur beras akan lebih lembut dan licin, berwarna putih seluruhnya. Untuk beras asli, tekstur beras sedikit lebih kasar, warnanya putih dan bening tapi tidak seluruhnya," ujar Dr Verawati.

Vera menambahkan, dari segi rasa dan aroma antara beras palsu dan asli memiliki perbedaan. "Beras asli akan memiliki rasa manis karena glukosa karbohidrat dalam beras terurai sempurna. Sedangkan beras palsu rasanya hambar dan tawar tidak memiliki rasa," katanya

Sementara itu, aroma beras yang tercium juga akan menimbulkan aroma yang berbeda antara beras asli dengan beras palsu.

"Aroma beras palsu cenderung mengeluarkan bau sangit dan beraroma bahan kimia. Untuk beras asli akan mengeluarkan aroma lebih wangi karena H2O di beras yang menjadi nasi akan mengeluarkan bau yang harum, selain itu juga glukosa pada beras keluar dengan sempurna," jelasnya.

SUMUR

ts hanya cpt gan....ada yg tahu lebuh detiail Mohon di share gan....Terimaksih

tambahan info dari agan yang baik hati

Quote:Original Posted By moto.slvr
Hati2 gan,ane pernah makan tuh beras karena nyokap salah beli.yg ane curiga tuh beras rasanya masih kayak nasi aronan walaupun udh matang sempurna....pas di makan masih agak lengket2 terus pas di tanak gak ada wangi nasi nya sama sekali...alhasil ane sakit perut parah dari pagi sampai malam hari...klw mau cek coba di bakar gan,yg palsu pasti meleleh kayak plastik sedotan...


Quote:Original Posted By adamrestu
Begini Cara Kenali Ciri Beras Palsu dari Plastik

Beras Plastik bukan hanya beredar di Indonesia saja, saya melihat di beberapa situs berita internasional banyak negara yang sudah menemukan beras plastik di Pasar-Pasat tradisional. mungkin nanti kalau pengawasan pemerintah kurang baik bisa jadi mal – mal pun menjadi sasaran untuk target beras plastik ini.

di dunia maya pun tersebar beberapa video yang mengungkapkan identitas si Beras Palsu alias si Plastik ini, cukup mengerikan bukan. mau jadi apa Alat pencernaan kita kalau setiap harinya beras Plastik yang dimakan.

1. untuk yang belum diolah tekstur beras cenderung Elastis.
2. Warna Beras cenderung Putih bening yang tidak lazim (tapi sekarang sudah ada yang mirip seperti beras asli)
3. Tidak adanya aroma Beras saat dicuci.
4. Ketika sudah matang nasi cenderung ber-air, saat dibuka pun tidak ada aroma yang biasanya Khas.
5. Tekstur Nasi sangat Sintetis
saat keadaan mentah beberapa dapat dibakar
6. beras asli terdapat putih di bagian tengahnya sedangkan yang palsu kebanyakan bening seperti plastik
7. Beras akan terasa keras setelah dimasak, tapi terlihat basah
rata-rata ketika sudah matang warna nasi terlihat putih mencolok
8. Rasa yang berbeda

sumber http://forguides.com/mengetahui-dan-...beras-plastik/

kalo agan merasa info ini bermanfaat, ane masih terima emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)


DI SIMPAN DULU...
wah makasih gan skr harus extra waspada nih
china menghalalkan segala cara demi uang emoticon-Hammer (S)
Weleh" gw nanam sendiri bray
emoticon-Takut (S) hih beras palsu, beras bisa dipalsuin juga yaa ? emoticon-Bingung (S)
nice inpo gan,
memang lg maraknya beras dr plastik
kalo beras ny dioplos gimana deh tuh...

hiks, udah kudu diputusin, stop import...

ayo pak tani bajak sawah nya lagi, jgan kaset aja yg dibajak

#SalahSiapa?
makasih gan infonya emoticon-Mad
yang bikin beras bener bener ga punya otak
Greget
Greget
iya nih, kacau bener nih beras kw..uda masuk bekasi liat di berita..
moga bisa di ringkus dah yg ngoplosnya..
saran bila ingin beli beras ...jangan malu gigit beras yang akan di beli gan...langsung ketahuan tuh plastik atau beras asli ...............hufft panas ada yang mau berbagi cendol ga ya.....
yg paling ngeri yg kalo dioplos tu gan emoticon-Takut (S) pasti bakal susah bedainnya
ini gan, trit ane kmaren
http://www.kaskus.co.id/thread/555b0...dan-beras-asli
beras plastik...??? keren.. kek apa rasanya yaemoticon-Bingung (S)
Kayanya lebih baik kembali ke jaman dulu aja dah gan...
makan singkong dan ubi... kaya jaman penjajajhan tempoe doloe...
Hati2 gan,ane pernah makan tuh beras karena nyokap salah beli.yg ane curiga tuh beras rasanya masih kayak nasi aronan walaupun udh matang sempurna....pas di makan masih agak lengket2 terus pas di tanak gak ada wangi nasi nya sama sekali...alhasil ane sakit perut parah dari pagi sampai malam hari...klw mau cek coba di bakar gan,yg palsu pasti meleleh kayak plastik sedotan...
Quote:Original Posted By adamrestu
ini gan, trit ane kmaren
http://www.kaskus.co.id/thread/555b0...dan-beras-asli


MAAF YA GAN ....ga maksud repost haya ingin share saja....izin share thread agan....terimaksih banyak telah berbagi informasi gan....

busett smpe beras ada KW'y