alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/555bdbaea2c06ec3428b456b/inspiratif-membangun-rumah-dengan-segala-pasokan-energi-mandiri
[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri
Quote:[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri

Quote:[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri
Saya membuat thread ini bertujuan untuk memberitahukan kepada seluruh masyarakat Indonesia terkait himbauan untuk merubah pola gaya hidup konsumtif energi yang sudah tidak sesuai dengan ketersediaan energi yang semakin menipis dan mengkampanyekan kesadaran energi mandiri agar setiap warga negara dapat mensejahterakan dan memakmurkan hidup mereka sendiri.
Mimin, Momod, Enthusiast, Officer tolong dong bikin Thread Ini jadi HT
Yuk Jadilah Masyarakat Indonesia Yang Cerdas dan Bergaya Hidup Go Green
emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri
Quote:Menghasilkan Energi Listrik Sendiri
[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri

Energi listrik merupakan kebutuhan mutlak dari setiap masyarakat di Indonesia. Untuk menjalankan alat elektronik apapun
termasuk saat agan sedang ngaskus membutuhkan listrik. Nah, mungkin agan-agan kaskuser disini belum pernah terpikir apakah sumber energi listrik bisa
didapatkan secara mandiri atau tidak. Nah Jawabannya adalah BISA ! Yuk kita pelajari apa saja energi listrik yang bisa kita buat secara mandiri
Quote:HIDROPOWER / MIKRO HIDRO/ PLTA Mini
[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri
'hydropower' adalah energi yang diperoleh dari air yang mengalir. Pada dasarnya, air di seluruh permukaan Bumi ini bergerak (mengalir). Sebagai salah satu aplikasi dari green technology, hydro power menghasilkan sedikit pencemaran dibandingkan dengan teknologi pembangkit lainnya. Prinsip teknologi ini adalah menggunakan energi kinetik dari arus air untuk memutar turbin yang nantinya akan diubah menjadi energi listrik. Untuk penggunaan rumahan, ketika rumah/kampung ente dekat dengan lokasi sungai, agan bisa menghasilkan energi listrik mandiri melalui aplikasi mikro hidro power


Quote:SOLAR PANEL / PLT Surya
[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri
Solar Panel/ Panel surya adalah alat yang terdiri dari sel surya yang mengubah cahaya menjadi listrik. Alat tersebut disebut surya atau Matahari atau "solar" karena Matahari merupakan sumber cahaya paling efektif yang dapat dimanfaatkan. Panel surya sering kali disebut sel photovoltaic, photovoltaic dapat diartikan sebagai "cahaya-listrik". Sel surya atau sel PV bergantung pada efek photovoltaic untuk menyerap energi Matahari dan menyebabkan arus mengalir antara dua lapisan bermuatan yang berlawanan. Indonesia memiliki karunia sinar matahari sinar matahari yang sangat melimpah. Hampir di setiap pelosok Indonesia, matahari menyinari sepanjang pagi sampai sore. Akan sangat simpel dan mudah serta hemat apabila menggunakan energi listrik ini


Quote:WIND POWER / PLT Angin
[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri
Pembangkit listrik tenaga angin adalah suatu pembangkit listrik yang menggunakan angin sebagai sumber energi untuk menghasilkan energi listrik. Pembangkit ini dapat mengkonversikan energi angin menjadi energi listrik dengan menggunakan turbin angin atau kincir angin. Sistem pembangkitan listrik menggunakan angin sebagai sumber energi merupakan sistem alternatif yang sangat berkembang pesat, mengingat angin merupakan salah satu energi yang tidak terbatas di alam. Indonesia yang terletak di negara khatulistiwa memiliki banyak angin. Apabila kita memanfaatkan energi angin ini, kita mendapatkan sumber energi yang terbarukan dan didapatkan secara gratis

[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri

Quote:Bahan Bakar Mesin Alternatif Mandiri Yang Bisa disediakan Di Rumah
[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri
Beberapa tahun ke depan kebutuhan minyak bumi semakin besar, sementara berdasarkan beberapa laporan disebutkan bahwa cadangan minyak dunia semakin menipis. Hal ini menuntut be- berapa upaya untuk diciptakan bahan bakat alternatif, mengingat minyak bumi merupakan bahan galian yang sifatnya tidak dapat tumbuh kembali. Semakin menipisnya ketersediaan minyak membuat harga bbm yang makin meninggi. Namun jangan khawatir, sedikit info di bawah ini bisa menjadi inspirasi sumber BBM alternatif
Quote:Ethanol dari jagung, sayur, dan Buah-buahan.
[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri
Ethanol adalah bahan bakar masa depan yang pada saat ini sedang menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan dan terus dikembangkan di berbagai negara. Konon bahan bakar ini sangat menguntungkan. Kenapa? Karena bahan bakunya terbuat dari makanan kita sehari-hari seperti Jagung, Ubi, Singkong, Kentang, Bunga Matahari, dan Buah-buahan.
Walaupun sebenarnya hal ini tergantung keadaan negaranya mau tidak mengembangkannya. Di Amerika Serikat, ethanol terbuat dari jagung. Tetapi dengan harga jagung yang naik, ethanol pindah ke switchgrass. Sedangkan Brazil bisa memanfaatkan ethanol semaksimal mungkin. Mereka mengolah ethanol dari tanaman tebu yang kebetulan Brazil merupakan salah satu negara produsen gula terbesar. Jadi tanaman tebu tersebut, mereka olah menjadi bahan bakar.


Quote:Algae dari kolam / Algae Fuel
[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri
Alga mungkin dikenal sebagai parasit dan penyebab polusi perairan karena fenomena algal blooming (tumbuhnya alga di perairan yang menyebabkan permukaan air berwarna hijau) atau juga sebagai suplemen makanan (pasti Anda tahu Chlorella). Tapi tidak semua spesies alga berbahaya dan merugikan manusia. Faktanya, yang disebut sebagai algae fuel (bahan bakar yang dihasilkan dari alga) sudah menjadi fokus penelitian yang hot di kalangan ilmuwan.

Selama ini masyarakat mengenai biodiesel atau bioethanol sebagai bahan bakar yang dihasilkan dari biomass dan tanaman seperti jarak atau kacang-kacangan. Namun istilah biodiesel sendiri tidak ekslusif digunakan untuk tanaman, melainkan juga untuk bahan bakar yang dihasilkan dari organisme, termasuk di antaranya alga dan microalga. Rumput laut adalah salah satu contoh alga. Microalga memiliki ukuran lebih kecil, biasanya lebih kecil dari 20 mikrometer, misalnya Chlorella.

Alga memiliki kandungan lipid dalam tubuhnya (dalam campuran yang disebut intracellular organic matter/IOM), dan juga sekaligus menghasilkan cairan lipid yang dikeluarkan dari tubuhnya (disebut dengan extracellular organic matter/EOM). Kandungan lipid dalam alga bisa mencapai hingga 60% dari dry weight/dw (berat kering alga tanpa air/medium/EOM di sekelilingnya). Lipid inilah yang kemudian diolah menjadi biodiesel.


Quote:Sisa Minyak Goreng / Minyak Jelantah
[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri
Minyak goreng sisa atau dikenal jelantah bukan berarti tidak berguna, karena minyak bekas itu dapat didaur ulang menjadi biodiesel, menggantikan solar. Siapa sangka minyak jelantah dapat “bermutasi” dan mengganti solar yang saat ini harganya melangit 8000an/liter. Apalagi, solar yang berasal dari fosil akan habis suatu saat karena tidak bisa terbarukan. Biaya produksi biodiesel dari minyak jelantah Rp 1.000,00 per liter, di luar biaya pembelian minyak jelantah yang harganya murah.

Untuk membuat biodiesel dari minyak jelantah diperlukan bahan-bahan lain seperti methanol 99% dan soda api (NaOH) dengan peralatan ember plastik, gelas ukur, panci, kompor, sarung tangan karet, timbangan, pompa udara pada akuarium, kain katun tipis untuk penyaring, dan selang.

Bahan pelarut (metoxida) dibuat dengan mencampurkan 900 ml methanol dan 21 gram NaOH hingga larut selama 15 menit. Campurkan metoxida ke dalam ember berisi 3 liter minyak jelantah dan aduk memakai sendok plastik selama 30 menit atau campuran sudah rata. Biarkan 4-12 jam sampai terjadi pengendapan.

Pengendapan ditandai dengan dua lapisan berbeda warna dengan lapisan gelap berada di bawah yang disebut crude gliserin, sedangkan lapisan atas berwarna bening, crude biodiesel. Pisahkan crude biodiesel dari crude gliserin lalu masukkan ke dalam ember untuk dicuci dengan cara mencampurkan air bersih sebanyak dua liter.

Proses selanjutnya, pompakan udara melalui pompa udara akuarium dan biarkan beberapa saat sehingga muncul warna putih susu. Pisahkan crude biodiesel yang berwarna kuning dengan air warna putih melalui selang. Biodiesel yang telah bening dimasukkan ke panci lalu panaskan hingga 100?C beberapa menit agar air dan sisa methanol menguap.

[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri

Quote:Pemanas Air dan EnergiAlternatif Mandiri Untuk Memasak
Seiring dengan gaya hidup yang makin kompleks, menyebabkan kebutuhan energi tidak hanya untuk penerangan dan bahan bakar mesin saja. Kebutuhan akan kenyamanan hidup manusia serta kebutuhan akan urusan perut juga memerlukan sumber daya energi yang cukup. Sekali lagi karena kita hidup di negara yang melimpah sumberdaya energinya, kita tidak perlu repot-repot membeli berbagai energi tersebut. Kita bisa mendapatkan dan membuatnya secara gratis. Berikut energi alternatif yang bersifat mandiri dan terbarukan yang bisa kita terapkan.

Quote:Kompor dari Energi Geothermal
[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri
Energi panas bumi atau geothermal energy adalah salah satu sumber energi terbarukan yang dipercaya ketersediannya melimpah dan sangat ramah lingkungan. Kandungan panas bumi yang dipunyai Indonesia, diyakini mencapai 40 persen dari total potensi panas bumi dunia. Jika potensi ini di manfaatkan tidak terbayang berapa energi yang dapat di ‘panen’ Indonesia.

Hali ini seperti yang dilakukan oleh warga di Dusun Bitingan, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Banjarnegara (Jateng) memanfaatkan energi panas bumi (geothermal) untuk keperluan rumah tangga. Sehingga mereka bisa mandi air hangat setiap waktu tanpa memasak dengan kompor ataupun kayu bakar.



Quote:Water Heater Solar Thermal / Pemanas Air Tenaga Matahari
[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri
Mendapatkan air panas dengan cara tradisional telah digantikan oleh pemanas air tenaga surya di sebagian rumah saat ini. Ada banyak keuntungan menggunakan pemanas tenaga matahari. Ini adalah cara alami untuk mendapatkan air panas dan yang paling efektif untuk berbagai keperluan rumah tangga.

Dibandingkan dengan pemanas air konvensional, pemanas air tenaga surya menghabiskan biaya yang jauh lebih efisien karena membutuhkan sumber daya alam tidak terbatas sebagai energi, yaitu sinar matahari. Dengan demikian konsumen dapat menghemat biaya listrik atau gas.

Pemanas air tenaga surya juga dapat digunakan untuk memanaskan air di rumah-rumah di mana ada kekurangan listrik dan pasokan gas. Namun keuntungan terbesar dari menggunakan pemanas ini adalah pemanas air ramah lingkungan. Pemanas air tenaga surya tidak memancarkan gas beracun apapun saat memanaskan air.


Quote:Biogas Untuk Memasak
[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri
Energi Biogas adalah bentuk energi terbarukan yang dihasilkan dari pembusukan bahan organik. Biogas dapat ditangkap dari berbagai sumber dari kotoran sapi limbah TPA. Di negara-negara berkembang seperti China dan India, energi biogas digunakan oleh peternakan kecil dan rumah tangga untuk pemanasan dan memasak. Ini digester dapat diberi makan dengan sesuatu dari sampah rumah tangga ke limbah, yang dapat meningkatkan kondisi sanitasi di daerah di mana infrastruktur modern tidak tersedia. Selain itu, proses pencernaan anaerobik dapat menghasilkan endapan kompos seperti itu membuat pupuk yang baik.

Sudah ada 2628 peternak sapi di Jawa Timur yang membangun biogas melalui Program BIRU. Program tersebut sebenarnya sudah dimulai sejak November 2009 lalu. Program BIRU mentargetkan bisa membangun sebanyak 3450 unit biogas di Jawa Timur. Organisasi nirlaba asal Belanda, HIVOS, akan terus mendorong para peternak sapi perah di Jawa Timur mandiri dalam penyediaan energi alternatif. Cara yang ditempuh adalah dengan memfasilitasi para peternak membangun biogas skala rumah tangga melalui Program Biogas Rumah (BIRU).


Quote:Kompor Surya
[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri
Kompor matahari merupakan salah satu aplikasi pemanfaatan panas matahari untuk memenuhi kebutuhan energi rumah tangga. Kompor matahari merupakan pemanas yang sangat ramah lingkungan, karena hanya membutuhkan sinar matahari sebagai sumber energinya. Kompor ini hemat biaya dan bebas polusi dibandingkan kompor minyak, batubara, dan kayu bakar. Penggunaan secara massal bisa mengurangi polusi udara dalam jumlah yang besar.
Kompor matahari ini secara umum terbagi dalam dua, yaitu kompor parabola dan kotak oven (pemanggang). Kompor parabola merupakan alat yang terbuat dari cermin (atau serupa cermin) yang menfokuskan panas matahari pada satu titik. Suhu yang dicapai bisa mencapai 600 derajat celsius. Sementara oven matahari suhu suhu yang bisa dicapai lebih rendah tapi diatas 100 derajat celsius.
Kompor matahari memasak menggunakan tiga metode, pemanasan, pemanggangan, dan pasteurisasi. Kompor matahari berbentuk parabola memasak makanan dengan pemanasan, yaitu meletakkan panci atau wajan di pusat panas dan berikutnya mengalirakan panas secara langsung maupun melalui media lain (air dll) untuk memanaskan makanan. Kompor parabola juga dapat digunakan untuk pasteurisasi makanan. Prosesnya, panas yang dimanfaatkan untuk cara menghasilkan uap, dan uap inilah yang akan digunakan untuk proses pasteurisasi. Sementara kompor oven berbentuk kotak yang dapat menyerap panas matahari. Makanan dimasukkan dalam kotak untuk dimasak.
Saat ini, banyak negara yang menggunakan kompor matahari untuk memasak. India merupakan negara yang paling getol menggunakan energi yang sangat murah ini. Beberapa negara di Afrika juga banyak menggunakan kompor surya ini.

[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri

Quote:PENTUTUP

Kebayang kan kalau agan-agan semua nerapin seluruh teknologi tersebut atau setidaknya mengkombinasikan beberapa teknologi tersebut. Dijamin hidup agan udah bisa agak sejahtera, harga BBM naik turun, Harga tarif listrik yang terus naik, harga elpiji yang terus meningkat gak jadi masalah buat agan. Semuanya agan yang tentuin sendiri, tapi kembali lagi ke niat dan kemauan agan-agan. Perlu adanya perjuangan tersendiri. Yang jelas gaya eco life style ini bisa jadi inspirasi agan kalau mau membuat rumah. Terimakasih sudah membaca. Jangan lupa kalau artikel ini berguna bagi agan, tolong rate 5 dan share thread ini, sukur-sukur ane dapat cendol. Thanks, wassallam!
[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri

Quote:Original Posted By sumber
SUMBER THREAD
Terinspirasi dan Dirangkum dari:

Spoiler for sumber:
[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri

Quote:[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri [INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri

Quote:Kunjungi Thread Ane Yang Lain
Mengenal Lebih Jauh Kisruh Titah Sultan Keraton Yogyakarta HT
17 Mei, Hari Yang Sering Dilupakan sebagai Hari Buku NasionalHT
[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri

[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri
Quote:[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri[INSPIRATIF] Membangun Rumah Dengan Segala Pasokan Energi Mandiri
reserved buat update
Yang memungkinkan kalo jaman sekarang tuh kayaknya yang solar power . tapi disini mendung terus , gimana ngisinya ? emoticon-Hammer2
Panel surya mahal gan emoticon-Berduka (S)
Kalau mesti buat energi yg aneh", belum lg waktunya kerja , ngurusi istri anak" juga emoticon-Berduka (S)
pengin punya yang panel Surya tuh ane bre

Teknologi tepat guna mantap nih gan
Quote:Original Posted By vivibintoro
Yang memungkinkan kalo jaman sekarang tuh kayaknya yang solar power . tapi disini mendung terus , gimana ngisinya ? emoticon-Hammer2

pakai tenaga hujan gan
jadi butiran hujannya jatuh terus menggerakkan kincir
ntar ane update dah
Quote:Original Posted By krnwn_indigo
Panel surya mahal gan emoticon-Berduka (S)
Kalau mesti buat energi yg aneh", belum lg waktunya kerja , ngurusi istri anak" juga emoticon-Berduka (S)


harus ada tekad dan kemauan gan
upp yukk
sunduulll biar jadi HT
biar berguna dan dibaca masyarakat luas emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)
wah keren banget gan emoticon-Big Grin semoga banyak yang mengimplementasikan
Quote:Original Posted By tokomapan
wah keren banget gan emoticon-Big Grin semoga banyak yang mengimplementasikan


iya gan
ane udah pake yang solar power ama wind power loh
maklum bapak dosen sihh
SIP GAN
page one reserved
Quote:Original Posted By AdidBunbun

pakai tenaga hujan gan
jadi butiran hujannya jatuh terus menggerakkan kincir
ntar ane update dah


harus ada tekad dan kemauan gan

Kan gak semua ujan deras gan ,
Kalo cuma gerimis gimana muter nya gan emoticon-Bingung
Bagus tuh gak perlu pln
Quote:Original Posted By vivibintoro

Kan gak semua ujan deras gan ,
Kalo cuma gerimis gimana muter nya gan emoticon-Bingung


harusnya ada angin gan, kan negara kita melimpah. kalau solar gabisa, hujan cuman gerimis, kita coba pakai angin. atau pakai mikro hidro

Quote:Original Posted By zedaefide
Bagus tuh gak perlu pln


iye gannn
makmur dan sejahtera sendiri
sunduulll gaaannn
biar jadi HT
Rumah idaman ane tuh gan
jadi mau pemerintah kaya gimana juga ane tetep aman emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By ularpiton
Rumah idaman ane tuh gan
jadi mau pemerintah kaya gimana juga ane tetep aman emoticon-Big Grin


yuupp bener banget gaaannn
ane juga kalau besok punya rumah mau kayak gitu gan
biar semuanya swasembada
rumah idaman banget emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By kebotempur
rumah idaman banget emoticon-Matabelo


iyee bener banget gaannn
agan juga pengen kan swa sembada energi ?
Quote:Original Posted By AdidBunbun


iya gan
ane udah pake yang solar power ama wind power loh
maklum bapak dosen sihh


ane tertarik solar cell gan ... gmna cara dapetinnya .. listrik ane 2200 watt / bulan ngabisin 900k ,, beban bgt gan