alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55595a3ede2cf21e758b456b/kehidupan-kita-tak-lepas-dari-ilmu-matematika
Kehidupan Kita Tak Lepas Dari Ilmu Matematika
Quote:Kehidupan Kita Tak Lepas Dari Ilmu Matematika

Quote:Quote:Pendahuluan

Kehidupan Kita Tak Lepas Dari Ilmu Matematika

Kehidupan yang kita jalani sampai saat ini, dari kita lahir hingga sekarang ini tidak lepas dari ilmu matematika. Berbagai penggunaan ilmu matematika pun digunakan pada setiap bidang kehidupan kita, dari mulai ekonomi, dan lain lain.

Penggunaan matematika dapat mempermudah kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Nah, berbagai penggunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari dapat agan simak berikut ini:


Quote:Quote:1. Penggunaan Aljabar

Kehidupan Kita Tak Lepas Dari Ilmu Matematika



Penggunaan aljabar dalam kehidupan sehari-hari contohnya adalah untuk mengetahui uang saku anak yang diberikan oleh orang tua jika selama 6 hari (senin sampai sabtu) dikumpulkan mendapat 600.000 rupiah, maka dapat diketahui berapa uang saku sehari yang diberikan oleh orang tua.

Contoh lain adalah pedagang yang membuat salah satu produk makanan dengan menghabiskan biaya 600.000.000 rupiah dapat membuat sebanyak 1000 buah, maka banyak diketahui berapa harga jual tiap buah.

Sementara itu, masih banyak penggunaan aljabar dalam kehidupan sehari-hari.


Quote:Quote:2. Penggunaan Baris Dan Deret

Kehidupan Kita Tak Lepas Dari Ilmu Matematika



Penggunaan baris dan deret dalam kehidupan sehari-hari contohnya adalah untuk mengetahui berapa jumlah kursi yang ada dalam sebuah bioskop. Jika diketahui barisan pertama ada 10 kursi, dan barisan kedua ada 12 kursi, barisan ketiga ada 14 kursi, dan ada 10 baris kursi dalam bioskop tersebut. Penyelesaiannya dapat diketahui dengan menggunakan rumus yang bisa agan cari di google.

Contoh lain adalah mengetahui kapasitas penonton dalam sebuah stadium.

Sementara itu, masih banyak penggunaan baris dan deret dalam kehidupan sehari-hari.


Quote:Quote:3. Penggunaan Kesebangunan

Kehidupan Kita Tak Lepas Dari Ilmu Matematika



Penggunaan kesebangunan contohnya adalah untuk mengetahui tinggi gedung, jika diketahui tinggi bayangan gedung itu sendiri, serta diketahui pula tinggi gedung dan tinggi bayangan gedung lainnya sebagai pembanding.

Contoh lain adalah untuk mengetahui tinggi pohon, tinggi tiang, serta tinggi orang.

Sementara itu, masih banyak penggunaan kesebangunan dalam kehidupan sehari-hari.


Quote:Quote:4. Statistika

Kehidupan Kita Tak Lepas Dari Ilmu Matematika



Penggunaan statistika contohnya adalah penyajian data dalam berbagai bidang. Misalnya jika kamu ke kantor kelurahan, kantor pajak, kantor sekolah, atau kantor instansi pemerintahan, apakah yang dapat kamu lihat di papan informasi? Biasanya di papan informasi terdapat gambar lingkaran, grafik garis, batang, atau balok-balok. Grafikgrafik itu merupakan gambaran mengenai pencacahan penduduk, perhitungan pajak, dan perkembangan kemajuan sekolah. Contoh-contoh tersebut merupakan salah satu aplikasi dari konsep statistika. Dalam perkembangannya, statistika sekarang banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang seperti bidang ekonomi, kedokteran, pertanian dan sebagainya. Penelitian jenis manapun dirasa kurang lengkap apabila tidak memanfaatkan perhitungan-perhitungan statistika. Dalam hal ini kamu akan belajar menggunakan aturan statistika, sehingga dapat membaca dan menyajikan data dalam bentuk table dan berbagai diagram serta menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data beserta penafsirannya.

Sementara itu, masih banyak penggunaan statistika dalam kehidupan sehari-hari.


Quote:Quote:5. Trigonometri

Kehidupan Kita Tak Lepas Dari Ilmu Matematika



Penggunaan trigonometri contohnya pada teknik sipil. Seorang ahli teknik sipil yang handal umumnya lebih mudah dipercaya daripada insinyur sipil yang biasa saja. Tapi tantangan seorang ahli insinyur harus bekerja sama untuk meciptakan kota yang seperti ini, dengan perhitungan sudut-sudut yang super akurat, dengan sistem kurva yang benar-benar yang tak dijumpai dijumpai keslahan. Seorang insinyur sipil hendaknya memiliki kemapuan untuk melakukan pembangunan di medan yang tidak biasa (miring, lautan dan lain-lain dll). Seperti halnya para dokter spesialis onkologi radiasi yang biasa dibantu para ahli dosimetri, maka insinyur sipil dibantu seorang surveyor. Tugas surveyor untuk melakukan pengamatan terhadapsistem geometris tanah yang kompleks (apalagi jika pembangunan akan dilakukan di laut).

Sementara itu, masih banyak penggunaan trigonomteri dalam kehidupan sehari-hari.


Quote:Quote:6. Peluang

Kehidupan Kita Tak Lepas Dari Ilmu Matematika



Penggunaan peluang contohnya pada ilmu ekonomi. Dengan ilmu ini kita belajar menghitung peluang di berbagai kasus asuransi, ilmu yang membahas tentang ini disebut aktuaria, dan ahlinya disebut aktuaris. Aktuaris adalah sebuah pekerjaan dengan skill elite, dikarenakan konsep aktuaris yang cukup memerlukan pengetahuan bidang matematika dan statistik secara mendalam. Oleh karena itu, sejumlah negara memutuskan untuk membuat lembaga khusus untuk mendidik calon aktuaris dan mengujinya dalam ujian profesi aktuaris.Di Indonesia sendiri lembaga ini dikenal dengan nama Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI). Ilmu aktuaria merupakan ilmu gabungan antara ilmu peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer. Studi dari website pencarian kerja Career Cast menempatkan actuaria sebagai #1 job di Amerika Serikat (Needleman, 2010). Studi ini menggunakan lima kriteria kunci untuk mengurutkan rangking pekerjaan: lingkungan, pendapatan, prospek kerja, dampak fisik, and stress. Tren matematikawan memang diprediksikan akan naik pesat pada 2014.

Sementara itu, masih banyak penggunaan peluang dalam kehidupan sehari-hari.



Warning! Thread ini akan di update, please be patient!
Reserved for updates
Reserved for updates
kehidupan beda ama matematika gan,matematika 2 dibagi 2 sama dengan 1,tapi kalau dalam kehidupan nyata 2 dibagi 2 gk dapat apa apa
Quote:Original Posted By bobycoal
kehidupan beda ama matematika gan,matematika 2 dibagi 2 sama dengan 1,tapi kalau dalam kehidupan nyata 2 dibagi 2 gk dapat apa apa


yah, hmmmm, itu dari sisi lain gan emoticon-Malu (S)
Setuju gan.kitanya aja ga nyadar kalo ilmu di sekolah itu dipake dalam kegiatan sehari hari.dan berfungsi bgt buat manusia.gak matematika doang gan.haha
ngitung utang temen yang belom dibayar2 juga matematika tuh gan emoticon-Ngakak (S)
iya lah gan tanpa mtk kita ga bakal bisa ngitungemoticon-Ngakak
nice info gan
Nah itulah megapa ane selalu menganggap serius nilai matematika seseorang gan...
Biasanya orang yang nilai matematikanya bagus dia pasti pinter gan
STATISTIKA JUGA GAN... salam sigma...
Up, one level. emoticon-Malu (S)
ane sedih gan ternyata pedagang sayur di depan rumah ane otaknya sudah di pindah ke kalkulator karena pernah kejadian kalkulator di sembunyikan dia gak jadi jual ....gagal paham ane gan
wah iya dong gan jelas. bikin rumah aja ada itungan matematikanya.
emoticon-Cool
Quote:Original Posted By denhisa
wah iya dong gan jelas. bikin rumah aja ada itungan matematikanya.
emoticon-Cool


Iya gan emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By idheseven


Iya gan emoticon-Malu (S)


maklum gan.... anak matematik. sok kritis gitu jadinya haha.... emoticon-Malu
Noo..!!!

I hate math emoticon-Frown
banyak pelajaran jaman smp ya..
Buat keperluan analisis dan berbagai macem kadutnya juga pake matematik gan. Bahkan deteksi selera orang aja sama makanan yang ga kebayang hasilnya bisa diubah jadi matematik supaya hasilnya jelas. Matematik emang penting gan walaupun ane ga setuju juga ni matematik terlalu didewa dewakan
bener gan, karena inilah matematika itu penting