alexa-tracking

Simpel sih, tapi tau gak bedanya MARGARIN, MENTEGA, sama BUTTER? [MASUK YUK GAN]

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55580b9d32e2e6dd6e8b456c/simpel-sih-tapi-tau-gak-bedanya-margarin-mentega-sama-butter-masuk-yuk-gan
Thumbs up 
Simpel sih, tapi tau gak bedanya MARGARIN, MENTEGA, sama BUTTER? [MASUK YUK GAN]
Simpel sih, tapi tau gak bedanya MARGARIN, MENTEGA, sama BUTTER? [MASUK YUK GAN]


Hallo soob.. Tau gak sih lo sama yang namanya MENTEGA?... Kalo MARGARIN?... BUTTER?.. Pasti ada beberapa orang ngedumel gini 'ahh sama aja, sama - sama kuning kok'.. Pasti ada yang kayak gini, jujur ngakuuu wkwkwk


Nah mungkin pengetahuan simpel seperti ini belum banyak orang yang menyadarinya, jujur ane juga gitu waktu dulu.. Mengira bahwa semua - muanya sama aja, tapi...... yuk kita bahas gan.. let`s goo
emoticon-Travelleremoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Ngacir


1. Mentega
Spoiler for Mentega:

Mentega merupakan salah satu produk susu karena terbuat dari lemak hewan. Selain susu, mentega juga terdiri dari air dan garam. Karena itu, mentega mengandung lebih banyak lemak jenuh yakni 66% jika dibandingkan dengan lemak tak jenuhnya yakni berkisar 34%. Lemak jenuh ini biasanya berhubungan dengan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Pada mentega biasanya diperkaya dengan vitamin A, D, protein dan karbohidrat yang tidak larut dalam air.

Mentega juga mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan terasa lebih gurih. Aromanya pun lebih tajam saat dimasak. Maka dari itu, tak mengherankan apabila harga mentega jauh lebih mahal daripada margarin.

2. Margarin
Spoiler for Margarin:

Sedangkan margarin terbuat dari minyak tumbuh-tumbuhan yang di-hydrogenasi dimana pada vegetables oil terkandung jumlah monounsaturated – dan polyunsaturated fats yang lebih banyak dibandingkan saturated fats-nya (13-15 % saturated dan 85-87 % percent unsaturated fats). Dalam prosesnya, akan terjadi perubahan struktur beberapa polyunsaturated fatty acids (asam lemak tak jenuh) menjadi asam lemak trans. Lemak jenis asam lemak trans memiliki karakter serupa dengan lemak jenuh atau saturated fats.

Lemak jenuh/saturated fats dalam daging-dagingan dan fatty dairy products diindikasikan akan menaikkan “bad” kolesterol (LDL cholesterol) dan menurunkan “good” colesterol (HDL cholesterol). Nah polyunsaturated fats yang “umumnya” ditemukan di vegetable oils seperti di minyak jagung atau soy oil itu LDLs nya rendah tapi HDLs nya juga rendah. Karenanya biasanya yang dianjurkan, kita mencari jenis minyak-minyakan yang dapat merendahkan LDL dan menaikkan HDL.

Asam lemak trans ini kerap dikaitkan dengan risiko tekanan darah tinggi. Margarin biasanya juga diperkaya dengan vitamin A dan beberapa vegetables oil adalah sumber vitamin E. Beberapa merek margarin yang bisa ditemui di pasaran yakni denganb merek Blue Band, PalmBoom, dan Meadow Lea. Karena mengandung lebih sedikit lemak, margarin banyak digunakan sebagai pengganti mentega dan harganya lebih murah.

3. Butter
Spoiler for Butter:

Lain lagi dengan butter, meskipun terbuat dari susu, jenis yang satu ini lebih bersifat lebih lunak. Hal itu dikarenakan butter terbuat dari krim susu yang hanya ditambahkan garam sehingga akan mudah lumer bila dibiarkan terlalu lama. Salah satu merek butter yakni Anchor atau Orchid. Di supermarket, butter biasanya diletakkan di lemari pendingin berdampingan dengan produk susu lain seperti yoghurt dan keju.

Beberapa produsen margarin dan butter juga ada yang memodifikasi sedemikian rupa sehingga tercipta produk yang agak ‘rendah kalori’. Dari informasi di atas memang sekilas membuat margarine lebih memiliki “keuntungan”. Namun sayangnya ketika proses pembuatannya, keuntungan ini bisa jadi “turun”. Mungkin agar lebih jelas kita telusuri proses pembuatan margarin itu sendiri. Margarine dibuat dari minyak tumbuh-tumbuhan yang di hydrogenasi (atom hidrogen ditambahkan ke minyak). Dalam proses tersebut biasanya juga akan terjadi perubahan struktur beberapa polyunsaturated fatty acids (asam lemak tak jenuh) menjadi “trans fatty acids”.

Oleh ahli gizi, ketiga jenis di atas digolongkan sebagai produk dengan kadar kalori yang tinggi. Maka itu, para peneliti biasanya memberikan tips agar konsumen memilih produk margarin yang lebih lembut dan konsistensinya mirip sekali dengan liquid. Dengan memilih produk margarin seperti ini diharapkan kandungan trans fetty acids-nya dapat diminimalisir, juga disarankan agar konsumsinya tidak terlalu berlebihan. Untuk mengakomodasi permintaan itu, karena kini juga hadir beberapa produk mentega, margarin dan butter yang telah dimodifikasi sedemikian rupa agar kadar kalorinya tak terlalu tinggi alias rendah kalori.


Nah udah tau kan bedanya apa? So keluar dari thread ini jangan malu - maluin kalo ditanya beda mentega sama margarin apa,, Udah harus tau jawabnnya yaa gan emoticon-Kiss (S)

Jangan sampe kayak gini
A: eh gw pengen masak nih, di resepnya katanya gw disuruh pake mentega nih bro..
B: yaudah masak aja bro, gw minta ye kalo udah jadi emoticon-Malu (S)
A: tapi menteganya abis nih, gw cari di warung adanya margarin, gak jadi deh gw beli.. Bedanya apa dah?
B: yaelah rebek lo, sama-sama kuning jugaemoticon-Cape d... (S)
A: Ohh sama - sama kuning ya.. okesip besok gw bawain ye
B: Sipp

Keesokan harinya

A: hooy.. udah jadi nih, capcay shitake tumis pedas.. lo icipin dong masakan gw
B: *ngicipin
A: gimana?
B: kok sepet, pait sih.. lo gak salah?
A: kan mentega habis, margarin gak ada.. kata lo pake apa aja yang warna kuning kan.. gw pake emoticon-Tai.. kebetulan kuning juga emoticon-Malu (S)
B: Hoooooooeekks Hoooegss *muntah darah

Oiya ngomong-ngomong tentang butter, gw ada video di youtube nih gan cara simpel buat butter cuman pake botol minum.... Cuman pake botol minum!!! gak bohong gw..
Buffer sebentar gak apa apa gan hehe emoticon-Shakehand2 emoticon-2 Jempol


thnx infonya gan, emg kdng2 resep mskan cantumin mcm2 tpi pakenya ttp bl** ba**
wajib nh bagi cwe2 yg suka masak.thx gan infonya
Kenapa sih margarin sama mentega ga di bedain aja wrnanya gan, biar ga salah2 gt
..
emoticon-Ngakak
ane taunya cuma Blueb*and ama forvit* aja gan. ga tau mana yg margarin mana yg butter emoticon-Ngakak
Quote:


Justru itu berdua margarin gan wkwkwk bukan mentega
ane kira butter dan mentega itu sama emoticon-Hammer2
emoticon-Matabelo
oh gitu toh bedanya...
Baru tau ane gan nice share emoticon-2 Jempol
Klo dr bahannya enak butter ya gan, tp klo sehat, sehatan margarin krn bahannya tumbuh"an emoticon-Big Grin
Kalo yang masih awam sich memang susah gan bedain Margarin ama Mentega, tapi kalo yang Butter itu ane rasa sich yang awam juga tau laaah, dalam artian bisa bedain mana Butter dan mana Mentega emoticon-Malu (S)
Ane udah tau sih gan, cuman udah lupa mana mana yg dari lemak nabati mana yg hewani emoticon-Hammer (S)
dairy product emang banyak macemnya gan, tapi ane pernah baca katanya manusia itu gak cocok mengkonsumsi dairy product..
Sebagai bahan, biasanya bisa menentukan harga pruduk kue atau pastry ...
yang menggunakan bahan butter harganya relatif lebih tinggi, tetapi juga punya perbedaan di hasilnya

lbh mantep butter bray, rsnya nendang bgt emoticon-Big Grin
emoticon-I Love Indonesia (S) bagus nih,,selama ini ga bisa bedain. Jadi bingung klo masak emoticon-Ngakak (S)
ane kalo beli cuma bilang bluben gan emoticon-Ngakak
Kirain cuma beda bahasa indonesia sama inggris aj emoticon-Hammer (S)
Butter lebih oke gans
Aroma dan rasa makanan jadi waoow
Emak ane biasa nonton pelem india kok orang sono doyan makan mentega mentah" yak?

Btw bawah ane maho permanently
Nanti ane tanya Gordon ramsay