alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5556be619e74049e138b4569/fakta-makanan-pokok-selain-nasi
FAKTA MAKANAN POKOK SELAIN NASI!!!
FAKTA MAKANAN POKOK SELAIN NASI!!!

FAKTA MAKANAN POKOK SELAIN NASI!!!

FAKTA MAKANAN POKOK SELAIN NASI!!!

Quote:Quote:MAKANAN POKOK SEHARI-HARI
FAKTA MAKANAN POKOK SELAIN NASI!!!
Nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia, pas kecil kita sering banget denger dari ortu kalo blom makan nasi pasti blom kenyang. Nah namun kenyataan pahitnya adalah seiring berjalannya waktu, harga beras semakin mahal membuat banyak orang berpikir untuk mencari alternatif lain selain nasi.

Nah agan-aganwati sekalian ternyata banyak loh makanan yang bisa dijadikan pengganti nasi, bukan cuma bikin kenyang tapi juga bergizi tinggi yuk cekidot emoticon-Ngacir2


FAKTA MAKANAN POKOK SELAIN NASI!!!

FAKTA MAKANAN POKOK SELAIN NASI!!!

Quote:Quote:SAGU
FAKTA MAKANAN POKOK SELAIN NASI!!!

Sagu adalah makanan pokok masyrakat Papua dan Maluku (pedalaman) karena disana Sagu ada dimana dan tumbuh sehingga murah harganya, yang mungkin blom banyak agan dan sis tau adalah ternyata Sagu memiliki banyak manfaat loh bagi tubuh seperti ini nih gan emoticon-Request

1. Sumber makanan yang menyehatkan
Mengkonsumsi sagu lebih sehat jika dibandingkan beras. Selain dapat mencukupi kebutuhan karbohidrat, ternyata sagu merupakan salah satu sumber makanan pokok yang menyehatkan. Beras terbukti kurang sehat apabila dimakan terlalu banyak. Mayoritas masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi nasi sering mengalami sakit.

2. Mencegah risiko kanker usus
Mengkonsumsi sagu secara rutin dapat mencegah risiko terkena kanker usus. Hal ini tentunya terkait karena pati sagu mempunyai sifat resisten terhadap enzim dan mikrobia. Potensi pati sagu sebagai pati resisten yang dapat mencegah resiko terkena kanker usus, karena tidak di cerna oleh usus halus melainkan difermentasi oleh bakteri di kolon.

3. Mencegah obesitas
Sagu termasuk bahan pangan dengan indeks glikemik rendah sehingga aman jika dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Karena memiliki indeks glikemik rendah, sagu cepat mengenyangkan dan tahan lama tapi tidak menyebabkan obesitas atau kegemukan. Ini merupakan salah satu menu diet yang menyehatkan.

4. Mencegah sembelit
Mengkonsumsi sagu secara rutin dapat mencegah sembelit atau susah buang air besar. Selain itu, rutin mengkonsumsi makanan pokok di daerah Indonesia bagian timur ini dapat membantu untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan di bagian pencernaan.

5. Menjaga kekuatan tulang dan gigi
Sagu mengandung fosfor sebanyak 13 mg. Kekurangan mineral fosfor di dalam tubuh dapat menyebabkan tulang keropos atau yang dikenal dengan osteoporosis. Selain itu, mineral fosfor menjadi salah satu komponen yang penting dalam menyusun struktur tulang dan gigi agar tetap sehat dan kuat.


FAKTA MAKANAN POKOK SELAIN NASI!!!

Quote:Quote:SINGKONG
FAKTA MAKANAN POKOK SELAIN NASI!!!
Singkong adalah makanan yang bisa diolah menjadi banyak hal, contohnya adalah Gaplek Singkong kesukaan mantan Presiden ke-2 Indonesia yaitu Alm. Pak Soeharto. Singkong lumrah dikonsumsi oleh masyarakat Sunda dan Jawa. Ada banyak bgt loh olahan Singkong ada yang dijadikan sentiling, keripik, kue lapis, kue getuk, dll. nah ini dia nih manfaatnya :

1. Sumber Serat
Singkong juga dapat menurunkan kadar trigliserida serta menjadi sumber serat yang bagus. Hal itu membuat singkong dapat menurunkan risiko penyakit stroke, jantung, kanker usus besar serta membantu mengendalikan diabetes. manfaat singkong ini didapatkan dengan cara kukus atau rebus.

2. Sumber Karbohidrat
Singkong memiliki jumlah kalori dua kali lipat lebih banyak dibandingkan kentang. Jadi tidak salah bila singkong menjadi salah satu makanan pokok sebagai sumber karbohidrat. Di dalam 100 gram singkong, terkandung 160 kalori, yang sebagian besar terdiri dari sukrosa.

3. Protein Tinggi
Singkong lebih rendah lemak bila dibandingkan sereal dan kacang-kacangan. Namun, singkong juga memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan kentang dan pisang.

4. Vitamin K
Singkong mengandung vitamin K yang berfungsi dalam membangun masa tulang. Vitamin K juga dapat melindungi dan berperan penting dalam pengobatan pasien Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak.

5. Vitamin B kompleks
Tanaman yang satu ini juga merupakan sumber dari vitamin B kompleks dan kelompok vitamin seperti riboflavin, folates, thiamin, piridoksin (vitamin B-6) dan asam pantotenat. Riboflavin dapat membantu dalam pertumbuhan tubuh serta memproduksi sel darah merah untuk mengurangi anemia.

6. Mineral penting
Singkong juga merupakan sumber mineral yang penting bagi tubuh, antara lain magnesium, seng, tembaga, besi, dan juga mangan. Selain itu, Jumlah kalium pada singkong bermanfaat sebagai komponen penting pembentukan sel tubuh serta mengatur tekanan darah. Berdasarkan penelitian yang dilansir Affleap manfaat singkong sebagai penurun kadar kolesterol jahat dalam darah.

7. Melancarkan pencernaan
Kandungan Insoluble Fiber atau Serat pada singkong tidak larut dalam Air. Serat jenis ini membantu memperlancar proses buang air besar, serta dapat menyerap dan membuang toksin dalam usus, sehingga pencernaan menjadi sehat.


FAKTA MAKANAN POKOK SELAIN NASI!!!

Quote:Quote:JAGUNG
FAKTA MAKANAN POKOK SELAIN NASI!!!
Jagung adalah salah satu makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai pengganti nasi. selain kaya akan Karbohidrat, Jagung juga digemari karena rasanya yang manis dan cocok sebagai cemilan. Jagung juga bermanfaat bgt loh guys...

1. Meningkatkan Kesehatan Organ Pencernaan
Kandungan serat yang cukup tinggi dalam jagung dapat membantu proses pencernaan makanan lebih lancar. Oleh karena itulah, berbagai masalah atau gangguan pencernaan seperti susah buang air besar tidak akan menyiksa anda lagi.

2. Memperkuat Tulang Pada Tubuh Anda
Jagung ternyata mengandung nutrisi seperti magnesium, besi, tembaga serta fosfor. Berbagai nutrisi itulah yang dapat menutrisi tulang agar lebih kuat dan tidak mudah rapuh.

3. Menjadikan Kulit Lebih Awet Muda
Antioksidan yang melimpah dalam jagung dapat membantu menutrisi seluruh jaringan kulit di tubuh anda. Jadi, bagi siapapnn yang berniat tampil fresh dan terlihat lebih muda dari usia yang sebenarnya, jagung bisa menjadi salah satu kuncinya.

4. Menangkal Gejala Kurang Darah Atau Anemia
Kepala pusing merupakan salah satu indikasi bahwa seseorang terkena anemia. Jagung memiliki kandungan vitamin B serta asam folat yang berfungsi mencegah anemia yang cukup efektif.

5. Meningkatkan Kesehatan Organ Jantung Anda
Jagung menyimpan nutrisi seperti vitamin C, karotenoid serta bioflavonoid yang berperan dalam mengontrol kadar kolesterol didalam darah serta meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh anda.


FAKTA MAKANAN POKOK SELAIN NASI!!!

Quote:Quote:KENTANG
FAKTA MAKANAN POKOK SELAIN NASI!!!
Kentang adalah makanan yang sangat populer sebagai pengganti Nasi, Hampir seluruh penduduk di dunia mengkonsumsi Kentang. Berbagai varian yang Kentang yang sangat populer dan digemari di berbagai dunia seperti French Fries, Mashed Potatoes, Baked Potatoes, Hash Brown dan Potato Wedges. Nah manfaat Kentang banyak banget loh... yuk kita lihat emoticon-cystg

1. Pencegahan kanker
Vitamin B6 pada kentang ampuh melawan terjadinya pembentukan tumor dalam tubuh yang sangat memicu kanker, dalam hal ini adalah kanker prostat pada pria dan kanker rahim pada wanita. Mengkonsumsi kentang akan mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh dan telah banyak studi yang membuktikannya.

2. Mengurangi kadar kolesterol
Manfaat kentang dalam mengurangi kadar kolesterol berasal dari kandungan zat potasium yang cukup banyak dalam dirinya. Seperti yang dapat kita temui pada manfaat pisang, zat potasium membantu menghalangi penumpukan kolesterol dalam darah. Kalori yang rendah pada kentang, dapat menjadi menu diet rendah kolesterol anda, tentu saja tanpa di goreng.

3. Mengurangi resiko batu ginjal
Memang pada kentang kandungan kalsium dan zat besi dapat memicu pembentukan batu ginjal, namun magnesium yang kaya pada kentang dapat menolak kalsium yang ada pada jaringan ginjal. Pada orang-orang penderita batu ginjal, kentang bukan merupakan makanan yang ‘haram’ bahkan beberapa menu diet juga melibatkan kentang.

4. Kesehatan Tulang
Kentang sangat baik untuk tulang, kandungan zat besi yang terdapat pada kentang memastikan ia sangat membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang secara keseluruhan. Zat Besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan seng yang ada dalam kentang merupakan kombinasi sempurna untuk membangun dan membentuk struktur serta kekuatan tulang.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Asupan natrium harus dikurangi agar dapat membantu dalam hal menurunkan tekanan darah, namun meningkatkan asupan kalium cukup penting untuk menurunkan tekanan darah ini. Sumber zat lain seperti kalium, magnesium, dan kalsium merupakan zat yang dipercaya dapat menurunkan anda yang memiliki tekanan darah tinggi2).

6. Kesehatan Jantung
Ada banyak zat gizi yang terdapat di dalam sebuah kentang yang dapat mendukung kinerja jantung yang sehat, Serat, kalium, vitamin C dan vitamin B-6 adalah beberapa diantaranya. Kentang juga tidak memiliki kandungan kolesterol yang tinggi semuanya sangat baik untuk Jantung.

7. Membangun dan pembentukan sel
Vitamin B6 merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan untuk melakukan pemrosesan reaksi kimia yang dibutuhkan untuk membentuk sel dalam tubuh. Vitamin B6 dibutuhkan lebih dari 100 reaksi enzimatik, enzim sendiri adalah protein yang menyebabkan terjadinya reaksi kimia. Sebagian besar protein dan asam amino membutuhkan vitamin B6 untuk sintesis dalam pembentukan DNA dalam tubuh. Untuk itu vitamin B6 ini juga dibutuhkan untuk pembuatan sel sel baru dalam tubuh kita.

8. Kesehatan Otak & Saraf
Kandungan vitamin B6 yang tinggi juga sangat membantu kesehatan otak dan membantu dalam proses transmisi yang dilakukan dalam saraf.


FAKTA MAKANAN POKOK SELAIN NASI!!!

Quote:Quote:Nah buat agan dan aganwati yang lagi bosen makan nasi bisa coba loh yang namanya Hash Brown dan Potato Wedges emoticon-Jempol
buat yang blom tau apa tuh Hash Brown dan Potato Wedges cekidot di bawah ini nih emoticon-Request


Spoiler for HASH BROWN:


Spoiler for POTATO WEDGES:


FAKTA MAKANAN POKOK SELAIN NASI!!!

Quote:Buat Kalian yang pengen mencoba Hash Brown atau Potato Wedges tapi sibuk / bingung masaknya, Tenang aja gan.... Sekarang udah ada loh Hash Brown dan Potato Wedges dalam bentuk Beku, jadi tinggal digoreng dan disantap tanpa perlu ribet-ribet... ini nih produknya

Quote:FAKTA MAKANAN POKOK SELAIN NASI!!!

Quote:PRICE LIST :
HASH BROWN : RP.20.000
POTATO WEDGTES : RP.18.000

MORE INFO : SEPTEVEN
LINE : SEPTEVEN
IG : FROZEN DELICACIES
SMS / PHONE : 081210463698



FAKTA MAKANAN POKOK SELAIN NASI!!!

FAKTA MAKANAN POKOK SELAIN NASI!!!

FAKTA MAKANAN POKOK SELAIN NASI!!!
Gandum juga gan emoticon-Belo
ane biasa kentang kalo lg mls mkan nasi
Full karbohidrat.
Bisa kencing manis bray..
nasi tetep yang paling nikmat emoticon-Ngakak (S)
Singkong. Pakai Sambel *ngiler*
Ketela kagak Gan? Apasih namanya. Ubi? Orang Jawa bilang TELO.
ane dulu paling demen makan sagu tapi sekarang udah ga pernah makan sagu emoticon-Sorry
ane sih klo g ada nasi paling ya kentang rebus aja emoticon-Ngakak
ujung ujungnya ngiklan si agan emoticon-Cape d... (S)
kalo ane sih makanya sangu gan emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
tetep gan nasi paling ane suka
Kalau org indonesia biasanya kentang itu pelengkap makan nasi gan emoticon-Ngakak
nice info gan...emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By krnwn_indigo
Gandum juga gan emoticon-Belo

hehehe gandum kurang terkenal gan di Indo, kebanyakan bakery roti nya gk semua pake gandum gan cuma akan ane update nanti ya thx gan masukannya emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By gunx.x
ane biasa kentang kalo lg mls mkan nasi

iya gan ane denger-denger sih, diet kentang lagi populer nih.. emoticon-Malu

Quote:Original Posted By strikebackw
nasi tetep yang paling nikmat emoticon-Ngakak (S)

Bener tuh gan ane juga demen... Orang Asia kalo ndak makan nasi keknya kurang afdol gt emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By ikiloooh
Singkong. Pakai Sambel *ngiler*
Ketela kagak Gan? Apasih namanya. Ubi? Orang Jawa bilang TELO.

Thx gan masukannya, akan ane segera ane update gan... emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By jrhen
ujung ujungnya ngiklan si agan emoticon-Cape d... (S)
kalo ane sih makanya sangu gan emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

heheh mananya juga usaha gan emoticon-Malu
biasanya agan sagunya jadi papeda gan?
makan sagu gan...nanti pupnya jadi lem emoticon-Blue Guy Peace
Gandum atau roti juga bisa jadi alternatif pengganti nasi, tp ane walaupun dah makan macem2 kalo belum makan nasi ya berasa blum makan emoticon-Malu (S)
Nasi adalah yg terbaik emoticon-Ngakak (S)
yg diiklan aku ga suka.
aku suka kentang kecil kecil
Gq ada nasi jg ane hidup
Quote:Original Posted By nafas.dewa
Gq ada nasi jg ane hidup

Long Live Zimbabwe emoticon-army
Zimbabwe emang uda parah kasus kekurangan pangannya emoticon-Shutup
kok HASH BROWN bentuknya kaya tempe emoticon-Ngakak
×