Kaskus

News

aghilfathAvatar border
TS
aghilfath
Mau Ngeluh Soal Program Pemerintah ke Jokowi? Sampaikanke LAPOR!

Jakarta- Kantor Staf Presiden (KSP) meluncurkan kembali aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!). Masyarakat diminta untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan program pemerintah.

"LAPOR! ini betul-betul kita butuhkan agar masyarakat bisa memberi pengaduan maupun aspirasinya ke kantor ini. Nanti kita pilah ada 80 kementerian dan lembaga lainnya dan juga di 34 provinsi," tutur Kepala Kantor Staf Kepresidenan Luhut Panjaitan dalam jumpa pers di Gedung Bina Graha, Jl Veteran, Jakarta, Selasa (5/5/2015).

Sekedar diketahui aplikasi LAPOR! ini sudah ada sejak pemerintahan Presiden SBY dibawah Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4). LAPOR! merupakan sistem aplikasi elektronik berbasis media sosial sebagai saluran aspirasi dan pengaduan masyarakat yang menerapkan prinsip mudah dan terpadu. Melalui LAPOR! masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan aspirasi dan pengaduan terkait pembangunan dan pelayanan publik melalui berbagai kanal, antara lain situs www.lapor.go.id, SMS ke 1708, mobile apps Android dan Blackberry, serta media sosial Twitter @LAPOR1708 dan Facebook LAPOR!.

"Dengan laporan ini datang kita kelompokkan dan respon dengan cepat input yang kita terima, diverifikasi, disposisi dan tindak lanjut," jelas Luhut

Dengan sistem yang terpadu berprinsip no wrong door policy, LAPOR! telah terhubung dengan 81 kementerian/lembaga, 5 pemda, dan 44 BUMN (total lebih dari 800 unit kerja dalam kesatuan sistem) sehingga setiap laporan masyarakat akan diteruskan ke instansi berwenang secara cepat-tepat dan dapat dipantau tindak lanjutnya secara interaktif.

"Informasi dari masyarakat terkait program prioritas nasional serta statistik kinerja pengelolaan aspirasi dan pengaduan akan dilaporkan secara berkala kepada Presiden dan Wakil Presiden dan digunakan oleh Kantor Staf Kepresidenan dalam melaksanakan fungsi pengendalian program prioritas," paparnya.

"Kementerian atau lembaga diminta menjaga ekspektasi publik terhadap Kabinet Kerja dengan memberikan tindak lanjut yang responsif, cepat, dan tepat sebagai bentuk pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai visi misi dan agenda prioritas Presiden dan Wakil Presiden yang tertuang dalam Nawa Cita," imbuhnya.

Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan Eko Sulistyo menjelaskan, untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat di penjuru Indonesia, institusinya bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah menyusun roadmap untuk menghubungkan sistem LAPOR! dengan seluruh pemda dalam kerangka Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N).

"Melalui LAPOR! masyarakat bukan saja menjadi lebih mudah berinteraksi dengan pemerintah, melainkan juga dapat secara aktif berpartisipasi dalam mengawasi pembangunan dan pelayanan publik. Pada saat bersamaan, pemerintah memiliki sarana untuk menjaring suara-suara masyarakat sekaligus mampu mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik," jelas Eko.(mpr/imk)

Sumber : http://m.detik.com/news/read/2015/05/05/205935/2906727/10/mau-ngeluh-soal-program-pemerintah-ke-jokowi-sampaikan-ke-lapor

Noh disediain tempat lapor, daripada terus ngedumel di BP mending laporin kekecewaan ke saluran yg ada, klo perlu pakai bahasa BP lebih afdol emoticon-Traveller
0
1.2K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan