CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Tech / Computer Stuff /
[OFFICIAL THREAD] QNAP NAS (Network Attached Storage)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5547345c32e2e6e0568b456c/official-thread-qnap-nas-network-attached-storage

[OFFICIAL THREAD] QNAP NAS (Network Attached Storage)

 [OFFICIAL THREAD] QNAP NAS (Network Attached Storage)

Dear All Kaskuser,

Salam kenal, kami adalah perwakilan resmi brand QNAP NAS di Indonesia. Kami harapkan dengan adanya forum ini kaskuser dapat saling berbagi informasi dan pengetahuan tentang QNAP NAS.

Adapun tujuan dibuatnya forum resmi ini adalah :
- Memberikan segala update produk dan teknologi QNAP
- Membantu masalah atau pertanyaan kaskuser tentang QNAP
- Review produk terbaru QNAP
- Berbagi dengan kaskuser kegunaan QNAP untuk kehidupan sehari-hari baik di rumah maupun kantor
- Partisipasi dari para pengguna QNAP NAS untuk sharing sesama kaskuser

Semoga forum in bermanfaat bagi teman-teman kaskuser sekalian.

Sekarang QNAP punya fanpage dalam bahasa Indonesia. Bagi kalian pengguna QNAP dan yang ingin tahu tentang QNAP bisa liked fanpage ini. Kita akan rutin memberikan informasi terupdate mengenai teknologi/fitur terbaru, aplikasi, review, event, menjawab pertanyaan seputar QNAP, dan hal lain terkait dengan QNAP. Silahkan bergabung. Jadi selain di forum kita juga bisa interaksi via sosial media. Untuk saat ini yang sudah official adalah facebook. Berikut link alamatnya
FB QNAP Indonesia

Salam,

QNAP Representative

Spoiler for RULES:



---------------------INDEX---------------------


Akan diupdate secara berkala

Diubah oleh agoes.p
Halaman 1 dari 29

Review Hardware

profile-picture
Encez memberi reputasi
Diubah oleh agoes.p

Review Software

Diubah oleh agoes.p
RESERVED
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
RESERVED
RESERVED
RESERVED
RESERVED
RESERVED
RESERVED
RESERVED
Frequenty Ask Questions (FAQ) untuk NAS:

Q: NAS itu apa si gan?
A: NAS kepanjangan dari Network Attached Storage atau Penyimpanan Berbasis Jaringan, jadi kalau kita selama ini simpan data di hardisk external, usb flashdisk ataupun dvd, sekarang kita simpan data via Jaringan. Kalau di kantor agan simpen ke server sebenarnya itu sudah penyimpanan berbasis jaringan hanya saja ke server bukan NAS.

Q: Jadi apa gunanya saya pakai NAS gan?
A: Simpan data di hardisk external, usb flashdisk ataupun DVD ada resiko kerusakan atau kehilangan data, agan2 pasti pernah dengar atau alami sendiri data yang disimpan di hardisk external, usb flashdisk ataupun DVD yang tiba2 datanya hilang/tidak bisa terbaca/tidak bisa diakses atau bahkan tercecer hilang entah dimana. Menggunakan NAS meminimalkan resiko2 diatas.

Q: Emang pakai NAS datanya ga bakal hilang gan, bukannya NAS juga pake hardisk yang bisa rusak?
A: NAS menyimpan data di hardisk juga, tapi NAS memiliki media penyimpanan yang lebih dari 1 hardisk dan memiliki fitur proteksi data yang dinamakan RAID. Dengan fitur tersebut jika terjadi kerusakan hardisk data tidak hilang sehingga kita masih memiliki data2 kita, sehingga dengan penggunaan NAS meminimalkan resiko kehilangan data.

Q: NAS mahal gan, lebih murah pakai hardisk external?
A: Mahal atau murahnya NAS relatif, jika dibandingkan hanya sebagai media penyimpanan, tentu harganya akan mahal. Tapi jika agan pernah mengalami kehilangan data penting, maka agan akan sadar bahwa ada data2 yang memiliki nilai tak terhingga, bayangkan jika ada data foto keluarga atau pernikahan agan yang disimpan di hardisk lalu tiba2 hilang atau rusak, tentunya kita akan melakukan segala cara agar data tersebut bisa dikembalikan. Jika agan pernah lihat jasa recovery data, agan akan kaget harganya yang mahal dan itupun tidak semua data bisa di selamatkan.

Q: NAS bukannya kebanyakan untuk pemakaian di kantor, kayaknya di rumah saya belum perlu deh?
A: NAS kebanyakan digunakan di kantor karena perusahaan sadar bahwa data mereka penting dan harus ada proteksi data, sebab jika data tersebut hilang resiko yang didapatkan tidak sebanding dengan harga perangkat NAS. QNAP NAS memiliki banyak varian dari segment rumahan hingga kantor, sehingga jika untuk penggunaan rumahan kita bisa menyesuaikan tipe dan kapasitas sesuai dengan kebutuhan dan budget kita, dan yang lebih penting lagi, data pribadi kita bukannya juga penting, tentunya layak untuk diproteksi bukan?

Q: Bedanya server sama NAS apa dong gan kalau gitu?
A: Dari segi spesifikasi hardware (CPU dan Memory), umumnya server memiliki spesifikasi lebih tinggi, karena kebanyakan server umumnya diutamakan untuk komputasi/aplikasi misalnya email server, database, web server, termasuk di dalamnya penyimpanan terpusat (sharing file), kapasitas hardisk server biasanya tidak begitu besar. NAS umumnya diutamakan sebagai media penyimpanan, karena itu umumnya memiliki spesifikasi hardware (CPU dan Memory) lebih kecil dari server tetapi memiliki slot hardisk yang lebih banyak sehingga memiliki kapasitas data yang lebih besar. Untuk penggunaan di kantor besar bisa dikombinasikan antara server dan NAS sehingga aplikasi berjalan di server dan data disimpan di NAS, sehingga dari segi dana bisa lebih efisien.

Q: Kalau untuk sharing data kan bisa pakai server aja, ngapain juga kita pakai NAS?
A: Server membutuhkan pengetahuan lebih untuk installasi dan konfigurasi, tidak semua orang mengerti cara konfigurasinya, untuk NAS telah dibuat interface yang lebih mudah, sehingga dengan sedikit pengetahuan kita bisa menggunakan NAS untuk sharing data.

Q: Di rumah saya ada HP sama Laptop gan, bisa ga sharing data pakai NAS?
A: QNAP NAS sudah mendukung multi protokol dan OS, jadi suppot untuk pengguna PC/Laptop dengan OS Windows/MAC/Linux/Unix, juga support untuk HP/Tablet Android dan Apple. Data2 yang kita taruh di QNAP NAS bisa diakses oleh perangkat2 diatas.

Q: Gimana cara kita akses ke NAS gan?
A: Umumnya NAS dihubungkan dengan perangkat wireless/jaringan di rumah/kantor, sehingga kita bisa mengakses semua data kita via jaringan atau wireless.
Diubah oleh agoes.p
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa ga buat di sf hardware aja? Saya kira NAS masuk hardware juga.
Quote:


Bisa aja si gan, bisa juga ke networking, karena tidak ada kategori yang pasti jadinya ditaruh di computer stuff. Jika memang harus dipindahkan akan saya pindah. thanks infonya

Quote:


Ya, memang bisa di network juga tapi saya lihatnya lebih ke bentuknya secara fisik yang lebih masuk ke kategori hardware.

Ya di cs juga ga masalah, tapi jangan sampai menjurus ke promosi apalagi jualan.
Quote:


Tenang gan, ini khusus untuk info mengenai QNAP dan fitur2nya, tapi tidak untuk jualan, dari awal sudah diinfo, tujuan thread ini dari awal adalah untuk sharing sesama pengguna QNAP. thanks

Evolusi NAS (QNAP NAS)

 [OFFICIAL THREAD] QNAP NAS (Network Attached Storage)

NAS pada masa awal bentuknya sangat besar seperti server, fungsinya pun terbatas, hanya dapat difungsikan sebagai penyimpanan dan berbagi data dengan sesama sistem operasi contoh: windows <=> windows, linux <=> linux, dst

Generasi berikutnya (Generasi Ke-1) mengalami perkembangan sehingga dapat menyimpan dan berbagi file dengan beberapa sistem operasi contoh: windows <=> mac, windows <=> linux, windows <=> windows, dst

Generasi Kedua memiliki fungsi tambahan sebagai iSCSI (virtual hardisk via jaringan) dan dapat memiliki fungsi sebagai penyimpanan untuk IP Camera (NVR), sehingga jika kita memiliki IP Camera kita dapat menyimpan hasil rekamannya di NAS kita

Genarasi Ketiga NAS memiliki fungsi yang semakin beragam, adanya fitur2 tambahan seperti myqnapcloud, Qsync, HDMI output untuk XBMC, download manager, dst. Penjelasan singkat untuk fitur2 diatas:
  • myqnapcloud - fitur Dynamic Domain Name Server (DDNS), dengan fitur ini kita bisa akses NAS kita dari mana saja selama NAS kita terkoneksi internet baik di rumah maupun kantor
  • Qsync - Kita dapat berbagi folder atau file dengan beberapa perangkat dan pengguna NAS, jadi saat kita menambahkan satu file di Qsync, seluruh perangkat kita akan mendapatkan file yang sama (seperti dropbox, onedrive, googledrive), bedanya kita menaruh file kita di NAS kita sendiri dengan space data yang jauh lebih besar
  • HDMI Output (XBMC, Kodi, Chrome, Youtube, dst) - Kita bisa memainkan file multimedia yang ada di NAS kita langsung ke TV HD dengan QNAP NAS. Hal ini dimungkinkan karena seri2 tertentu QNAP NAS telah dilengkapi dengan HDMI Output, kita juga bisa browsing ataupun mengakses youtube serta konfigurasi NAS kita langsung di TV kita.
  • Download Manager - untuk agan2 yang suka download, ini fitur paling berguna, sebab kita dapat dengan mudah mencari file (foto, video, lagu, film, dll) langsung dari NAS kita, dan dapat download secara langsung

Generasi Keempat NAS memiliki fitur tambahan yaitu QvPC (QNAP Virtual PC), dengan fitur ini kita dapat melakukan installasi sistem operasi ke dalam NAS yang kita miliki, sehingga kita bisa menggunakan NAS sekaligus PC Kita (Virutal PC) langsung di satu perangkat.
Diubah oleh agoes.p
Akhirnya ada juga thread resmi QNAP di kaskus emoticon-Big Grin

Salam buat pengguna QNAP di sini emoticon-Big Grin

Ane pengguna TS451 emoticon-Cool

Kalo soal urusan NAS, QNAP jago nya dah! emoticon-2 Jempol

Ada port HDMI, bisa colokin langsung ke TV buat nonton berbagai film Full HD emoticon-Big Grin
ninggalin jejak di trit opisial.
kali aja suatu saat butuh tanya2 juga. emoticon-Traveller
Quote:


salam juga gan, makasih testinya,semoga agan puas pake QNAP dan semoga forum ini bisa jadi ajang sharing untuk sesama pengguna ataupun yang tertarik pakai QNAP.
Quote:


boleh gan,ditunggu pertanyaan ataupun sharingnya. thanks
Halaman 1 dari 29


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di