alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Website, Webmaster, Webdeveloper /
Unpam - Konsep Istilah Dasar dalam Metode Riset Online
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55425565128b46df718b4567/unpam---konsep-istilah-dasar-dalam-metode-riset-online

Unpam - Konsep Istilah Dasar dalam Metode Riset Online

Johanes Chandra Ekajaya - Konsep Istilah Dasar dalam Metode Riset Online. Dalam melakukan riset secara online kita perlu memahami beberapa konsep/ istilah dasar yang akan menunjukan pelaksanaan dalam riset di internet ini, Istilah-istilah tersebut di antaranya:

Unpam - Konsep Istilah Dasar dalam Metode Riset Online


Asynchronous adalah: Tidak dilakukan dalam yang sama, misalnya diskusi dalam mailing list newsgroup yang hanya dilakukan dalam jadawwal tertentu.

Archives adalah: Koleksi historis dari sebagai majalah, koran yang tersedia secara bebas dapat di gunakan sebagai bahan data sekunder dalam riset online.

Bandwidht adalah: Tingkat energi dan persentase waktu tayang yang digunakan untuk transmisi data melalui gelombang udara.

Bit adalah: Jumlah informasi terkecil yang dimengerti oleh komputer.

Byte adalah: (8 Bits) unit informasi, seukuran satu karakter pada halaman yang di ketik satu kilibyte sama dengan seribu bytes: satu megabyte sama dengan seribu kilbyte dan satu gigabyte sama dengan seribu megabytes.

Browser adalah: Perangkat lunak pada komputer klien yang digunakan untuk melihat halaman-halaman web di internet.

CATI adalah: Merupakan kependekan dari "Computer-assisted telephone interviewing" yang di gunakan untuk survei dengan menggunakan telepon.

CADAC adalah: Merupakan kependekan dari "Computer Assisted Data Collection" yang merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengumpulkan data melalui internet. Varian dari CADAC diantaranya: CAPI (Computer Assited Personal Interviewing); CASI ( Coputer Assisted Self Interviewing); CSAQ (Computer Self-Administered Questionnaire): CASI atau CASIIP ( Computer Assisted Self-Interviewing With Interviewer Present): CASI-V (question text on screen: visual): CASI-A (text on screen and on audio): DBM (Disk by Mail) dan EMS (Electronic Mail Survey): CAPAR (Computer Assited Panel Research), Teleinterview, (Electronic diaries): TDE (Touch Data Entry), VR (Voice Recognition), dan ASR (Automatic Speech Recognition).

Cache adalah: Tempat dimana browser menyinpan bagian-bagian web site sehingga memampukan untuk memuat ulang gambar-gambar secara cepat saat kita membuka lagi web tertentu yang pernah kita kunjungi.

Discussion group, discussion list, newsgroup, or mailing list adalah: Sekelompok orang yang melakukan komunikasi secara teratur dengan topik tertentu melalui e-mail.

Email adalah: Kependekan dari electronic mail, atau surat elektronik yang berfungsi seperti surat konvensional tetapi dalam bentuk digital.

Homepage adalah: Halaman utama pada web site kita.

Http adalah: Kependekan dari "Hypertext Transfer Protocol, protocol dala internet yang mendefinisikan cara browser internet dan server berkomunikasi.

Hyperlinks adalah: Link yang menghubungkan halaman web satu ke halaman web lain.

Hypertext adalah: Teks yang jika di klik akan membuat kita dapat pindah ke teks lain atau bagaian lain.

HTML adalah: Merupakan kependekan dari Hypertext Markup Language yang terdiri dari tag-tag yang berfungsi sebagai perintah untuk menampilkan pesan melalui browser sehingga kita dapat memahami isi halaman-halaman Web. HTML bekerja melalui seperangkat perintah yang memerintahkan browser untuk menampilkan dan mengatur suatu dokumen dalam Web instruksi-instruksi ini disebut tags atau markups yang berfungsi untuk membuat suatu dokumen dalam Word Wide Web, Tags ini memerintahkan browser untuk memanggil dan menampilkan file-file tertentu dari server ke komputer klien. Setelah sampai di komputer klien, browser menginterpretasi ke dalam tampilan yang dapat dinikmati oleh penggunan salah satu kemampuan HTML yang canggih ialah mampu menyertakan link-link ke dalam dokumen secara sekaligus.

Internet adalah: Merupakan sekumpulan jaringan yang berskala global. Tidak ada satupun orang, kelompok atau organisasi yang bertanggung jawab untuk menjalankan internet. Mekanisme kerja internet tidak didasarkan pada manusia tetapi merupakan mekanisme kerja elektronik. Masing-masing jaringan yang terhubung satu dengan lainnya berkomunikasi dengan menggunakan protokol-protokol tertentu, seperti "transmission Control Protocol" (TCP) dan "Internet Protocol" (IP). Dari waktu kewaktu jaringan-jaringan yang tersebar di berbagai belahan dunia saling terhubung dengan jaringan-jaringan yang sudah ada terlebih dahulu. Jaringan pusat yang disebut VBNS (Very Higs Speed Backbone Network Service) yang berfungsi menghantarkan lalu lintas data internet keselruh Amerika dan penjuru dunia saat ini di biayai oleh badan Ilmu Pengetahuan Nasional Amerika Serikat. Jaringan pusat inilah yang memungkinkan komputer-komputer yang terhubung dengan internet dapat berkonunikasi dan saling mengirimkan data. Saat ini ribuan jaringan-jaringan regional di seluruh penjuru dunia sudah terkondisi dengan internet sehingga antar komputer dari rumah, dari satu kantor-ke kantor lain dapat berkomunikasi satu dengan lainnya.

IRC adalah: Kependekan dari "Internet Relay Chat" yang merupakan sistem yang memungkinkan terjadinya komunikasi pada wakti yang bersamaan (synchronous) melalui pesan yang di ketikan pada web site.

Komputer Klien adalah: Komputer dimana responden dapat membuka web site dan mengisikan jawaban-jawaban pertanyaan yang akan disampaikan melalui kuesioner elektronik dengan menggunakan email atau web.

Message Boards adalah: Sistem terbuka dimana setiap orang dapat memasang pertanyaan atau tanggapan surat elektronik sebagai sarana pengumpulan data.

Server adalah: Komputer dimana kita akan meletakkan kuesioner elektronik yang kemudian akan diakses oleh responden melalui komputer secara otomatis untuk mengumpulkan data secara online.

Survey software adalah: Perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan suvei online. Perangkat lunak ini mempunyai kemampuan secara otomatis untuk mengumpulkan data secara online.

Synchronous adalah: dalam waktu yang bersamaan.

URL adalah: Kependekan dari Universal Resource Locator, alamat yang menempatkan web site kita di Word Wide Web.

Word Wide Web (WWW) adalah: Merupakan teknologi yang di temukan pada tahun 1990an yang mengubah kemampuan internet sehingga mampu menampilkan tidak hanya data berupa teks atau angka, melainkan juga gambar dan suara serta warna. Melalui teknologi WWW ini kita dapat menikmati tampilan internet seperti sekarang ini, yaitu tidak hanya hitam putih tetapi penuh dengan warna-warni yang menarik dan indah. Dengan menggunakan teknologi ini maka internet dapat menghubungkan "halaman-halaman" web site yang ada di berbagai server di seluruh dunia melalui apa yang disebut dengan hypertext. Dengan menggunkan hypertext, maka kita dapat berpindah-pindah dari satu halaman ke halaman lain dengan mudah dan cepat pada kita melakukan klik pada apa yang di sebut hyperlink. Dengan menggunakan browser tertentu kita dapat mencari halaman-halaman di internet yang di simpan di server-server tertentu.

Web Site adalah: Dikenal dengan kependekan web atau situ web yang merupakan sekumpulan halaman-halaman yang di rancang dengan menggunakan bahasa HTML

Web survey adalah: Survey yang di lakukan dengan menempatkan kuesioner elektronik pada web site tertentu di mana responden diundang melalui email datau pengumuman elektronik untuk memasuki alamat tersebut dan merespon survei tersebut.

Sekian sudah dari saya, semoga artikel Unpam - Konsep Istilah Dasar dalam Metode Riset Online bermanfaat untuk Anda.

Sumber : klik disini
Diubah oleh anggawdianthara


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di