alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
7 Kesalahan dalam Memasak Sayuran
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/553e36b254c07aaf5e8b4567/7-kesalahan-dalam-memasak-sayuran

7 Kesalahan dalam Memasak Sayuran

7 Kesalahan dalam Memasak Sayuran


Cara kita memasak sayuran akan menentukan apakah vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya bisa kita dapatkan seutuhnya. Berikut adalah 7 kesalahan yang sering kita lakukan saat mengolah sayuran.

1. Terlalu lama dimasak
7 Kesalahan dalam Memasak Sayuran
Ini adalah salah satu kesalahan yang paling banyak dilakukan dalam memasak sayur-sayuran. Memasak terlalu lama bukan hanya menghilangkan warna sayuran tapi juga membuatnya terlihat lembek dan pucat. "Proses pemanasan akan menghancurkan sebagian besar nutrisi yang terkandung dalam sayuran," kata Julieanna Hever, ahli diet nabati.

Menurutnya perebusan adalah metode memasak terburuk karena mikronutrien akan larut dalam air dan terhisap keluar melalui air rebusan. Jika Anda diharuskan untuk tetap merebus makanan, minumlah air hasil rebusan tersebut, contohnya pada sup atau makanan steamboat (shabu-shabu), atau jangan terlalu lama merebus. Mengukus sayuran selama tiga sampai lima menit sebelum ditumis juga akan membuatnya kehilangan nutrisinya.

2. Mengunakan segala jenis minyak
7 Kesalahan dalam Memasak Sayuran
Menumis adalah salah satu cara yang baik untuk menjaga kadar nutrisi dalam sayuran, tapi perhatikan juga jenis minyak yang dipakai. Lemak tak jenuh dalam minyak tertentu seperti minyak canola dan minyak biji bunga matahari bisa teroksidasi dalam pemanasan tinggi dan berubah menjadi racun.

3. Pemasakan dengan microwave yang salah
7 Kesalahan dalam Memasak Sayuran
Penggunaan microwave memang akan mempersingkat waktu, tapi hal ini akan menyebabkan sayuran menjadi cepat matang, dengan mengeluarkan sebagian besar nutrisi yang terkandung di dalamnya. Hindari juga melapisi makanan dengan plastik dan memasaknya dalam microwave karena bisa mengeluarkan racun dalam plastik.

4. Suhu terlalu panas
7 Kesalahan dalam Memasak Sayuran
Bila Anda memakai minyak zaitun, suhu kompor yang terlalu panas akan menghasilkan asap dan menciptakan rasa gosong pada makanan. Cara ini juga bisa merusak antioksidan yang terdapat di dalam sayuran. Masaklah tumisan dalam api sedang dan tuangkan sedikit minyak zaitun di atas sayuran saat akhir pemasakan.

5. Mengupas sebelum dimasak
7 Kesalahan dalam Memasak Sayuran
Mengupas sayuran berarti Anda sudah membuang kandungan nutrisi berharga yang terdapat dalam sayur. Kulit pada sayuran mengandung vitamin, mineral, dan beberapa elemen lain yang tidak ditemukan pada bagian dagingnya. Sebaiknya cukup cuci bersih kulit sayuran di bawah air mengalir.

6. Memanggang sayuran
7 Kesalahan dalam Memasak Sayuran
Memanggang merupakan salah satu cara memasak yang sehat karena Anda tidak perlu menggunakan minyak atau saus lain. Tapi, pengunaan panas yang tinggi akan menyerap seluruh kandungan nutrisi dalam sayur. Dan yang lebih buruk, jika Anda memanggang sayuran hingga gosong karena justru menyebabkan produksi karsinogen. Untuk menghindari hal ini, jangan panggang sayuran Anda hingga gosong. Sebagai gantinya gunakan panggangan berbahan dasar stainless.

7. Menenggelamkan sayuran dalam minyak
7 Kesalahan dalam Memasak Sayuran
Kebiasaan makan brokoli, selada, dan produk sayur lainnya dapat membuat Anda merasa sehat karena kelompok makanan ini rendah lemak, rendah kalori dan penuh dengan nutrisi.

Tetapi menambahkan terlalu banyak mentega atau minyak dapat meningkatkan kandungan kalori dengan cepat. Sebagai contoh, satu sendok makan minyak zaitun memiliki 120 kalori dan apakah Anda hanya menggunakan satu sendok makan?

Jika Anda ingin lebih sehat, Anda dapat memasak sayuran dengan kaldu atau air. Pilihlah untuk mengukus sayuran kemudian tambahkan sedikit minyak zaitun di atasnya daripada harus memasaknya bersamaan



7 Kesalahan dalam Memasak Sayuran


7 Kesalahan dalam Memasak Sayuran


sumber

Diubah oleh Kaskus Support 03
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 2
pertamax emoticon-Cool
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Quote:


selamat ganemoticon-Ngakak (S)
Quote:


emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)
kebetulan ane kaga doyan sayur gan emoticon-Request
bikinin ane makanan bray emoticon-Malu
ane klo makan sayuran suka langsung gan.. alias yg msih mentah emoticon-Big Grin
tentu saja setelah di bersihin sayurannya emoticon-Ngacir
Nice trit buat ibu muda yang baru mau belajar masak emoticon-2 Jempol
Btw , Tukang parfum nyasar dimari emoticon-Ngakak
Diubah oleh swat69
Quote:


silahkan gan
Quote:


malah bagus tuh gan, cmn ada jenis beberapasayur yang gk bisa dikombinasi dengan makan mentah (berdasarkan buku gizi ane)
Quote:


emoticon-Ngakak (S) berarti ini bukan thread ente gan
itu post iklan laporin hansip aja gan ganggu bgt dah ah..
sebelumnya ane sdh pernah dengar informasi bahwa sayuran itu tidak bisa terlalu lama dimasak, karena akan menyebabkan kandungan gizi dan vitamin yang terkandung didalamnya menjadi hilang emoticon-Malu (S)

ane jadi tambah ilmu gan..... emoticon-Belo ... ternyata ada beberapa faktor lainnya yang mempengaruhi
emoticon-2 Jempol
garam juga gan emoticon-Belo
mngkin rada oot emoticon-Big Grin tpi dri pnjlsan yg ane dpt, 30 ppm (part per million) KI dlm garam dapur = 30 bagian KI dlm 1 juta bagian garam dapur..
nah jadi klo kita masak sayuran trus dkasih sdikit garam pas lgi dipanasin kan gak kebayang berapa persen kalium iodin yg dlm garam karena menguap, jdi saya saranin kasih garamnya pas udah mateng/ jgn dlm kondisi msih panas emoticon-Big Grin
Diubah oleh kudou21
Quote:


makasih gan klo bermanfaat

boleh bagi cendolnya gan emoticon-Malu (S) emoticon-Ngakak (S)
Quote:


iya gan sepertinya begitu

bagi cendol gan emoticon-Malu (S) emoticon-Ngakak (S)
waduuuh la ane biasanya tinggal makan.gmn dunk gan
Quote:


dirubah gan klo emoticon-Malu (S) bisa lebih baik
Quote:


pengennya gitu gan.makan makanan sehat sotomatis tubuh ikut sehat
Quote:


semoga bisa terrealisasi
Halaman 1 dari 2
×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di