alexa-tracking

Perbedaan Mata Manusia dan Kamera dalam Menghasilkan Gambar

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/553bc53bc3cb17e5018b456a/perbedaan-mata-manusia-dan-kamera-dalam-menghasilkan-gambar
Perbedaan Mata Manusia dan Kamera dalam Menghasilkan Gambar
Quote:


Bagaimana proses pembentukan bayangan (gambar) pada Mata?
Mata manusia bisa melihat benda ataupun kamera dapat menghasilkan gambar yang baik karena ada cahaya. Cahaya matahari yang masuk ke bumi tidaklah seluruhnya, karena yang masuk merupakan cahaya yang telah disaring atmosfer. Cahaya tersebut mengenai benda dan dipantulkan hingga masuk kemata melalui kornea dan pupil serta iris mengatur intensitas cahaya yang masuk.
Spoiler for :

Cahaya tersebut diteruskan ke lensa dan diproses membentuk bayangan benda melalui pembiasan cahaya yang jatuh tepat pada retina untuk mata normal dengan sifat bayangan nyata dan terbalik. Bayangan tersebut kemudian diteruskan oleh saraf optik melalui sel batang dan sel kerucut ke otak yang kemudian diinterpretasikan sebagai impuls listrik dan membentuk pencitraan bayangan yang tegak.

Bagaimana proses pembentukan gambar dengan Kamera?
Seperti halnya pada mata, cahaya yang dipantulkan oleh benda kemudian masuk pada lensa kamera melewati sebuah shutter yang berfungsi sebagai diafragma layaknya pupil dan iris untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk agar lebih fokus.
Spoiler for Bagan dari Kamera DSLR:

Cahaya tersebut kemudian diproses membentuk bayangan atau gambar yang terekam pada sebuah film yang memiliki fungsi persis retina. Perbedaannya pada kamera gambar yang dibentuk cukup tersimpan pada film tidak ada proses pengiriman hasil pembentukan bayangan ke otak.
Spoiler for perbedaan pembentukan gambar pada kamera dan mata:

Mata kita memiliki kemampuan jauh berbeda dengan kamera. Jika kamera harus diatur dan memerlukan waktu cukup lama gara fokus maka mata manusia dengan kemampuan akomodasinya dapat menyesuaikan dengan cepat pergerakan objek. Selengkapnya cek video penjelasan menarik berikut ini:
Spoiler for buffer bentar:

Bagaimana dengan hasil cetak warna dari kamera dan mata?
Tentu sangat berbeda prosesnya. Kamera hanya memiliki satu Fotoreceptor, yang memisahkan warna utama yakni merah, hijau dan biru. Sedangkan mata kita memiliki banyak sel fotoreceptor yang terdiri dari sel batang (sel yang bertangungjawab pada penglihatan warna saat cahaya redup) dan sel kerucut (sel yang bertanggungjawab pada penglihatan warna dalam keadaan cahaya yang cukup terang) secara otomatis menyeleksi warna-warna cahaya agar terbentuk bayangan persis dengan benda yang kita lihat.
Spoiler for Diagram Sel Kerucut (Cone Cell) pada Mata:

Peneliti bernama Curcio pada tahun 1990 mengatakan ada sekitar 4,5 juta sel kerucut dan 90 juta hingga 125 juta sel batang. Hal ini berarti mata kita jelas jauh berbeda dengan kamera yang hanya memiliki satu fotoreseptor.
Spoiler for Sel Kerucut dan sel batang pada mata sebagai fotoreseptor:


Quote:

Spoiler for sumber:

Demikian trit ane semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kaskuser sekalian

emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S)
mata gw sharinggan gan emoticon-Cool
Quote:

sini biar aku tonjok mata lo emoticon-Ngakak (S)
Nice inpoh gan
14Mata emang jauh lebih sempurna daripada kameea..tapi kamera sangat membatu mansa gan....
mata gw keranjang gan emoticon-Cool
creator nya berbeda satu almighty God
Bedanya mata manusia gak bisa cetak foto/gambar gan emoticon-Malu
mata ane keren gan sering diliatin cewek emoticon-Ngakak
Quote:

mata ente belekan gan makanya diliatin emoticon-Ngakak (S)
Quote:


iya kali gan,udah ane duga komen gini emoticon-Ngakak
mantep gan
kamera dari mata
Quote:

matalu soek emoticon-Cool
Quote:


Gede bgt gan mata ente : ngakak
Ya Tjoey...
1 lagi yang ane pikir kekurangannya di sebagian kamera HP kalo kita foto membelakangi cahaya bakaL gelap.. harus aktifin HDR.... Itupun kayak lambat ketangkep (hp ane XTX)... Jadinya ngebLur...
Ukuran pixel nya kalo bisa juga dibahas gan emoticon-Malu (S)
Kamera cm belasan ampe puluhan megapixel
Mata infiniti pixel
Hehe,.
mata ane jereng gan
mata lebih baik drpd kamera apapun ketika malam,,,

sayangnya mata ane udah rabun,
mata lebih baik lah gan... karena ciptaan tuhan
klo kamera gk mungkin bisa ngalahin mata,karena ciptaan manusia emoticon-Ngakak (S)