CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5538cdd7108b46cc278b4569/perlakuan-kurang-baik-orang-indonesia-terhadap-uang

Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang

Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang
Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang
Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang


Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang
Dalam perekonomian modern, uang, baik kertas maupun logam, kartal maupun giral, fisik maupun maya, telah menjadi hal yang sangat vital. Ia adalah "darah" bagi perekonomian, alat yang mampu membuat perekonomian sebuah bangsa bertumbuh (jika jumlahnya tepat). Uang yang kita pakai sekarang disebut uang fiat (uang yang nilai nominalnya lebih besar daripada nilai intrinsiknya). Nilai uang itu terus-menerus menurun dari waktu ke waktu, dalam ilmu ekonomi penurunan itu disebut inflasi. Meski mendapatkan uang di Indonesia (apalagi di kota besar) cukup sulit, masyarakat Indonesia masih memperlakukan uang dengan kurang baik. Ini sangat miris karena uang Indonesia diakui sebagai salah satu uang dengan desain terbaik di dunia meskipun nilainya merupakan salah satu yang terendah pula di dunia. Perlakuan kurang baik apa sajakah itu?

1. Menggambar
Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang
Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang
Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang
Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang
Entah karena tidak ada kerjaan lain atau kehabisan kertas untuk menggambar, beberapa orang menggunakan media uang kertas untuk berekspresi. Mereka menggambar dan mereka tokoh pahlawan nasional di uang kertas itu menjadi tokoh lain. Meskipun dapat menunjukkan kreativitas bangsa Indonesia, namun tindakan ini kurang bijaksana karena uang adalah dokumen negara (karena ada simbol negara yaitu Garuda Pancasila) yang seharusnya diperlakukan sebagaimana fungsinya.
(N.B. = Gambar bukan milik ane. Ane hanya mengambil gambar lewat Google.)

2. Mencorat-coret
Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang
Terkadang ane heran mengapa orang Indonesia menjadikan uang kertas (terutama pecahan kecil di bawah Rp20.000) sebagai media untuk menulis. Apakah mereka kekurangan kertas atau buku? Saya yakin tidak. Tulisan yang paling sering ditemukan adalah nomor handphone.

3. Dijadikan alat politik saat kampanye
Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang
Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang
Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang
Di Indonesia, pada saat musim kampanye, bagi-bagi uang untuk meraih simpati dan suara konstituen (pemilih) jamak terjadi di berbagai daerah. Bahkan saat pilpres 2014 kemarin, uang berstempel salah satu calon presiden sempat beredar.

4. Menyunting
Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang
Orang Indonesia terkenal kreatif. Uang Indonesia dapat disunting, entah diganti gambarnya dengan gambar figur publik atau orang biasa atau dilebih-lebihkan nilainya.

5. Disimpan dengan kurang baik
Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang
Orang Indonesia cenderung menyimpan uangnya dengan kurang baik. Uang dilipat-lipat, diremas, dikumpulkan di laci meja atau bawah tempat tidur, dan sebagainya. Maka, sangat sering kita jumpai uang yang berada dalam kondisi lusuh, robek, diberi isolasi, dan sebagainya.

6. Distaples
Mulustrasi segera menyusul
Orang Indonesia punya kecenderungan menstaples uang yang bernominal sama dengan alasan kemudahan. Namun, tindakan ini dapat membuat uang menjadi cacat dan tidak bisa dimasukkan ke mesin ATM nontunai.

7. Mengganti kembalian dengan permen
Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang
Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang
Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang
Kalau kita berbelanja di minimarket, seringkali kembalian berupa uang logam diganti menjadi permen. Ini menunjukkan jika bangsa kita masih kurang begitu menghargai uang logam.

Dalam memperlakukan uang dengan baik, kita bisa meniru Thailand dan Jepang.
Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang
Di Thailand, semua uang baht baik kertas maupun logam bergambar Raja Bhumibol Adulyadej (Raja Thailand dari tahun 1946 hingga 2016). Uang ini tidak boleh diinjak. Bila dilakukan, seseorang bisa dikenakan hukuman penjara hingga 15 tahun.
Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang
Di Jepang, setiap toko harus menyiapkan uang dari semua pecahan mulai dari pecahan terkecil hingga pecahan terbesar dengan jumlah yang mencukupi. Uang receh pun harus disiapkan dengan baik, baik tersedia dalam jumlah cukup maupun berada dalam kondisi bagus. Tidak ada yang namanya kembalian berupa permen atau uang lusuh di Jepang. Jika tidak mampu menyediakan pecahan kecil maupun menolak pecahan besar, seseorang akan dianggap kurang serius dalam berbisnis.

Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang
Demikian thread ane kali ini. Semoga dengan adanya thread ini, kesadaran kita semua untuk lebih menghargai uang rupiah yang kita miliki dan memperlakukannya dengan baik meningkat. Terima kasih telah membaca dan semoga hari Anda menyenangkan.

Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang
Referensi I
Referensi II
Referensi III

Apresiasi Kaskuser
Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang

Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang

Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang

Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang

Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang

Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang

Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang

Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang
Diubah oleh gilbertagung
Halaman 1 dari 48
kalo ane dulu masih kecil suka ngelipet uang sampe kecil banget, kadang" ilang ga sadar gatau kemana, trus dulu juga ska nyoret" duit gambar pahlawan ane kasi kaca mata.... tapi dulu gan sekarang udah insyaf.....

Sayang amat duitnya jadi bgitu, mnding diJajanin Cabe2an tuh Duit emoticon-Angel
yang coret-coret tuh yg bikin eneg
untung uang kita masih laku kalau ada kejadian seperti itu
dollar kalau digituin ya kagak laku gan
Coba kalo yang di coret coret yang uang 100.000
emoticon-2 Jempol
Quote:


setuju gan
lebih profitable and enakable
Ane juga kurang sopan nih,...terlalu boros emoticon-Ngakak (S)
Quote:


emoticon-Cape d... (S)
ane gak gitu kok om
saking parahnya "otak bisnis" orang indonesia, permen pun dijadikan modus kembalian emoticon-Cool
ane paling ga suka duit disteples aseli ribet! merusak duit!
emoticon-Malu (S)
budaya norak dan kurang kerjaan emoticon-Berduka (S)
Spoiler for pict:

Synyster gate jadi aktor duit 1000an emoticon-Ngakak
Diubah oleh 70dyan0
paling sering coret2 gambar duit gan jaman sd-smp skg sih uda g pernah emoticon-Ngakak
Mungkin krna nilai rupiah sangat rendah kali gan dibanding mata uang negara lain, jd kek gitu deh
ane udah ngerawat duit biar ga lecek tp sering dibeliin sesuatu dpt kembalian pd lecek bin kumel emoticon-Bingung
Quote:


Agan dulu pernah begitu juga ya?emoticon-Ngakak (S)
Namanya jiga orang indonesia
Quote:


namanya jg bocah iseng gan emoticon-Ngakak
jadi maluemoticon-Malu
Duit itu harus di sayangi kaya tuan krab emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 48


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di