alexa-tracking

Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/552b9e50c3cb17be3a8b4574/misteri-letusan-gunung-toba-satu-satunya-supervolcano-di-indonesia
icon-hot-thread
Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia
Quote:emoticon-2 Jempol WELCOME TO MY THREAD GAN emoticon-2 Jempol

emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star


No Repsol



Hai gan ketemu lagi sama ane emoticon-Toast
Kali ini ane mau ngebahas tentang sejarah meletusnya gunung toba nih gan,
trit ini ane buat berdasarkan permintaan kaskuser di trit ane yg sebelumnya yaitu

Fakta tentang meletusnya gunung tambora

Ane berharap hate juga sih, soalnya ane nyari sumbernya susah dan yang bener bener yang falid dan bagus,
Tapi kalo gk dihatein pun yaudah gapapa,
Ini cuma sekedar sharing aja emoticon-Big Grin
Oke gan tanpa basi basi mari kita langsung cekidot emoticon-Big Grin
Tapi check repsolnya dulu ya, kali aja repsolnya gak bagus buat mesin emoticon-Ngakak (S)

Check Repsol

Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia
Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia
Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia
Quote:Quote:PENDAHULUAN
Spoiler for :


Gunung Toba adalah gunung api raksasa (super volcano) yaitu gunung aktif dalam kategori sangat besar, diperkirakan meletus terakhir sekitar 74.000 tahun lalu.

Letusan Gunung Tambora jika dibandingkan dengan letusan maha dahsyat Gunung Toba ini, maka Gunung Tambora tidaklah ada apa-apanya. Apalagi jika dibandingkan dengan letusan Gunung Kratakau yang kalah jauh dengan Gunung Tambora.

Spoiler for :

Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia
Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia
Quote:
Spoiler for :

Jadi, misalkan letusan gunung St. Helen di Washington USA yang meletus tahun 1980 mempunyai angka letusan pada skala 1, maka gunung Krakatau yang meletus tahun 1883 berskala 18, atau 18 kali lebih besar (1:18).

Letusan gunung St. Helen , 8 Mei 1980

Sedangkan jika dibandingkan dengan skala gunung Tambora, letusan gunung St. Helen sangat jauh karena gunung Tambora yang meletus tahun 1815 berskala 80, atau 80 kali lebih besar dari letusan gunung St. Helen (1:80).

Apalagi jika letusan gunung St. Helen dibandingkan dengan letusan gunung Toba yang terakhir, sekitar 74-75 ribu tahun lalu tersebut sangatlah drastis besaran skalanya yaitu 2800, atau 2800 kali lebih besar dari letusan gunung St. Helen! Alias satu banding 2800 (1:2800)

emoticon-Ngacir Tubrukan

Letusan Gunung Tambora adalah letusan gunung terdahsyat yang pernah diketahui oleh peradaban manusia

Dan letusan Gunung Krakatau adalah letusan gunung terdahsyat yang pernah tercatat di era zaman modern.

Sedangkan letusan Gunung Toba sama sekali tak tercatat di dalam buku, namun terlihat bukti-bukti ilmiahnya dimasa kini.


Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia
Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia
Quote:Quote:BUKTI ILMIAH
Spoiler for :


Pada tahun 1939, geolog Belanda Van Bemmelen melaporkan, Danau Toba, yang panjangnya 100 kilometer dan lebarnya 30 kilometer, dikelilingi oleh batu apung peninggalan dari letusan gunung.

Karena itu, Van Bemmelen menyimpulkan, Toba adalah sebuah gunung berapi. Belakangan, beberapa peneliti lain menemukan debu riolit (rhyolite) yang seusia dengan batuan Toba di Malaysia, bahkan juga sejauh 3.000 kilometer ke utara hingga India Tengah.

Letusan supervolcano Yellowstone yang terkenal dahsyat masih kalah dengan letusan supervolcano Toba

Beberapa ahli kelautan pun melaporkan telah menemukan jejak-jejak batuan Toba di Samudra Hindia dan Teluk Benggala.

Para peneliti awal, Van Bemmelen juga Aldiss dan Ghazali (1984) telah menduga Toba tercipta lewat sebuah letusan mahadahsyat.

Namun peneliti lain, Vestappen (1961), Yokoyama dan Hehanusa (1981), serta Nishimura (1984), menduga kaldera itu tercipta lewat beberapa kali letusan.

Peneliti lebih baru, Knight dan sejawatnya (1986) serta Chesner dan Rose (1991), memberikan perkiraan lebih detail: kaldera Toba tercipta lewat tiga letusan raksasa.

Penelitian seputar Toba belum berakhir hingga kini. Jadi, masih banyak misteri di balik raksasa yang sedang tidur itu. Salah satu peneliti Toba angkatan terbaru itu adalah Fauzi dari Indonesia, seismolog pada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

Sarjana fisika dari Universitas Indonesia lulusan 1985 ini berhasil meraih gelar doktor dari Renssealer Polytechnic Institute, New York, pada 1998, untuk penelitiannya mengenai Toba.

Spoiler for :


Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia
Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia
Quote:Quote:BERAD DI TIGA LEMPENG TEKTONIK
Letak Gunung Toba (kini: Danau Toba), di Indonesia memang rawan bencana. Hal ini terkait dengan posisi Indonesia yang terletak di pertemuan tiga lempeng tektonik, yakni Eurasia, Indo-Australia dan Lempeng Pasifik. Sebanyak 80% dari wilayah Indonesia, terletak di lempeng Eurasia, yang meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Banda.

Lempeng benua ini hidup, setiap tahunnya mereka bergeser atau menumbuk lempeng lainnya dengan jarak tertentu. Lempeng Eurasia yang merupakan lempeng benua selalu jadi sasaran.

Lempeng Indo-Australia menumbuk lempeng Eurasia sejauh 5-7 cm per tahun

Lempeng Indo-Australia misalnya menumbuk lempeng Eurasia sejauh 5-7 cm per tahun. Atau Lempeng Pasifik yang bergeser secara relatif terhadap lempeng Eurasia sejauh 11 cm per tahun. Dari pergeseran itu, muncullah rangkaian gunung, termasuk gunung berapi Toba.

Jika ada tumbukan, lempeng lautan yang mengandung lapisan sedimen menyusup di bawahnya lempeng benua. Proses ini lantas dinamakan subduksi atau penyusupan.

Spoiler for :

Gunung hasil subduksi, salah satunya Gunung Toba. Meski sekarang tak lagi berbentuk gunung, sisa-sisa kedasahyatan letusannya masih tampak hingga saat ini.

Danau Toba merupakan kaldera yang terbentuk akibat meletusnya Gunung Toba sekitar tiga kali yang pertama 840 ribu tahun lalu dan yang terakhir 74.000 tahun lalu.

Bagian yang terlempar akibat letusan itu mencapai luas 100 km x 30 km persegi. Daerah yang tersisa kemudian membentuk kaldera. Di tengahnya kemudian muncul Pulau Samosir.

Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia
Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia
Quote:Quote:LETUSAN
Sebelumnya Gunung Toba pernah meletus tiga kali.


  • Letusan pertama terjadi sekitar 800 ribu tahun lalu. Letusan ini menghasilkan kaldera di selatan Danau Toba, meliputi daerah Prapat dan Porsea.
  • Letusan kedua yang memiliki kekuatan lebih kecil, terjadi 500 ribu tahun lalu. Letusan ini membentuk kaldera di utara Danau Toba. Tepatnya di daerah antara Silalahi dengan Haranggaol. Dari dua letusan ini, letusan ketigalah yang paling dashyat.
  • Letusan ketiga 74.000 tahun lalu menghasilkan kaldera, dan menjadi Danau Toba sekarang dengan Pulau Samosir di tengahnya.



emoticon-Ngacir Tubrukan

Gunung Toba ini tergolong Supervolcano. Hal ini dikarenakan Gunung Toba memiliki kantong magma yang besar yang jika meletus kalderanya besar sekali. Volcano kalderanya ratusan meter, sedangkan Supervolacano itu puluhan kilometer.

Yang menarik adalah terjadinya anomali gravitasi di Toba. Menurut hukum gravitasi, antara satu tempat dengan lainnya akan memiliki gaya tarik bumi sama bila mempunyai massa, ketinggian dan kerelatifan yang sama.

Jika ada materi yang lain berada di situ dengan massa berbeda, maka gaya tariknya berbeda. Bayangkan gunung meletus.

Banyak materi yang keluar, artinya kehilangan massa dan gaya tariknya berkurang. Lalu yang terjadi up-lifting (pengangkatan). Inilah yang menyebabkan munculnya Pulau Samosir.
Spoiler for :


emoticon-Ngacir Tubrukan

Magma yang di bawah itu terus mendesak ke atas, pelan-pelan. Dia sudah tidak punya daya untuk meletus. Gerakan ini berusaha untuk menyesuaikan ke normal gravitasi.

Ini terjadi dalam kurun waktu ribuan tahun. Hanya Samosir yang terangkat karena daerah itu yang terlemah. Sementara daerah lainnya merupakan dinding kaldera.

Spoiler for :


emoticon-Ngacir Tubrukan
Sedangkan nenek moyang manusia modern, Homo sapiens, mulai muncul dan tinggal di kawasan Afrika 150.000-200.000 tahun lalu. Mereka mulai bermigrasi ke luar Afrika 70.000 tahun lalu dan menyebar ke seluruh dunia. Pada periode yang lebih kurang sama, 74.000 tahun lalu, terjadi letusan dahsyat Gunung Toba ini.

Apabila dikaitkan dengan letusan Toba, temuan itu juga menunjukkan bahwa nenek moyang kita ternyata mampu bertahan dari bencana dahsyat yang berpotensi memusnahkan kehidupan.

Skenario survival tersebut didukung bukti dari rekam jejak DNA pada populasi di kawasan Wallacea yang menunjukkan campuran gen dengan populasi dari kawasan Sunda Besar (yang sekarang dikenal sebagai kawasan Asia Tenggara).

Selain itu, ada temuan fosil dan peninggalan manusia purba di Gua Niah, Sarawak. Dari umurnya, temuan Niah mengindikasikan bahwa manusia tidak musnah karena letusan Toba.

Para ilmuwan sangat meyakini bahwa semua supervolcano yang ada di dunia termasuk Gunung Toba pasti akan meletus kembali. Namun tidak ada yang dapat memastikan dengan akurat kapan meletus kembali. Yang ada hanyalah perkiraan.

Letusannya bisa saja terjadi esok hari atau ribuan tahun lagi. Yang jelas suatu saat danau Toba yang tercipta akibat hasil dari letusan gunung Toba pasti akan meletus kembali.

Spoiler for DANAU TOBA SAAT INI:

Spoiler for ILUSTRASI MELETUSNYA GUNUNG TOBA:

Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia
Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia
Quote:Quote:PENUTUP


Sekian trit ane gan emoticon-Shakehand2

semoga bermanfaat emoticon-Big Grin

Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia
Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia

Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia
Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia
Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia
Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia
Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia


Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia

emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S)
Tapi sekarang sudah gak ada ya gan gunung nya
ini yang konon terbesar letusannya itu ya bray ?
Quote:Original Posted By kalibaros
Tapi sekarang sudah gak ada ya gan gunung nya


Udah jadi danau gan tengahnya pulau samosiremoticon-Blue Guy Peace
Lho katanya dulu gara2 ada petani yg nemu ikan ajaib? emoticon-Smilie

[B]
Code:
[SPOILER=][/B]
[/SPOILER]
75000 tahun yg lalu emoticon-Matabelo
kl meletus kyk gitu berapa jiwa yg melayang emoticon-Berduka (S)
Krakatoa juga supervolcano, emoticon-Takut (S)
Quote:Original Posted By kalibaros
Tapi sekarang sudah gak ada ya gan gunung nya


Kalo gak salah, gunung Sinabung yang sekarang lagi asyik meletus tuh anak dari gunung Toba gan
Quote:Original Posted By kalibaros
Tapi sekarang sudah gak ada ya gan gunung nya

Gak ada gan, udah tenggelem kedasar tanah emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By boldies99
ini yang konon terbesar letusannya itu ya bray ?

bener bray emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By skip.ad
75000 tahun yg lalu emoticon-Matabelo
kl meletus kyk gitu berapa jiwa yg melayang emoticon-Berduka (S)

entahlah gan, yg hidup di bumi kan populasiny masih dikit emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By dewajashin
Krakatoa juga supervolcano, emoticon-Takut (S)

ini lebih super mega vulcano gan emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By chandelier01
Lho katanya dulu gara2 ada petani yg nemu ikan ajaib? emoticon-Smilie

[B]
Code:
[SPOILER=][/B]
[/SPOILER]


itu cuma legenda gan emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By chandelier01
Lho katanya dulu gara2 ada petani yg nemu ikan ajaib? emoticon-Smilie

[B]
Code:
[SPOILER=][/B]
[/SPOILER]


woy gan, apus code nya, gw baca trit nya jadi susah nih emoticon-Gila
Quote:Original Posted By rakelijo


Kalo gak salah, gunung Sinabung yang sekarang lagi asyik meletus tuh anak dari gunung Toba gan


Ane kalah nih sama gunun,Ane saja belum punya anak gunung malah sudah punya anak,
Itu quote nya kok ada di sebelah kiri gan emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By kalibaros


Ane kalah nih sama gunun,Ane saja belum punya anak gunung malah sudah punya anak,
Itu quote nya kok ada di sebelah kiri gan emoticon-Bingung


tau nih gan jadi miring gini tampilannya emoticon-EEK!
Wuih trit gunung meletus lagi emoticon-Matabelo
ane harus banyak banyak belajar geografis nih emoticon-Belo

btw gunung ini emang yg paling dahsyat letusannya dalam sejarah gan emoticon-Takut
Quote:Original Posted By mamatew
Wuih trit gunung meletus lagi emoticon-Matabelo
ane harus banyak banyak belajar geografis nih emoticon-Belo

btw gunung ini emang yg paling dahsyat letusannya dalam sejarah gan emoticon-Takut


yo gan, kurang afdol kayaknya kalo cuma bahas tambora emoticon-EEK!
Cadasss... Hardcore abis

Gak kebayang dengan populasi manusia seperti sekarang, jika terjadi lagi letusan paling dahsyat yg seperti itu..

Quote:Original Posted By panji.keling
Cadasss... Hardcore abis

Gak kebayang dengan populasi manusia seperti sekarang, jika terjadi lagi letusan paling dahsyat yg seperti itu..



gapapa gan, biar alam yg nyeleksi, supaya bumi gk sumpek emoticon-Big Grin
supervolcano. emoticon-Takut (S)

padahal letusan krakatau sanggup memisahkan pulau sumatra dan jawa (katanya), efek letusan tambora sampai ke eropa yg menyebabkan napoleon kalah perang..
ndak bisa membayangkan bagaimana letusan toba emoticon-Takut (S)
Quote:Original Posted By kar.wazowski
supervolcano. emoticon-Takut (S)

padahal letusan krakatau sanggup memisahkan pulau sumatra dan jawa (katanya), efek letusan tambora sampai ke eropa yg menyebabkan napoleon kalah perang..
ndak bisa membayangkan bagaimana letusan toba emoticon-Takut (S)


ane pernah baca dampak letusan toba itu menyebabkan kepunahan masal termasuk dinosaurus, tapi entah itu bener apa kaga, ane cari cari dulu gan sumber refrensinya emoticon-Traveller
sadis sekali bah, hebat juga manusia dulu bisa survive terhadap letusan maha dahsyat
×