alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/551882fa529a4533768b4567/wta-yang-bisa-manajemen-keuangan-masuk---mohon-bantuannya-gan
[WTA] Yang Bisa MANAJEMEN KEUANGAN masuk - Mohon Bantuannya gan :)
Sebelumnya maaf ya gan, cuman mau tanya aja, soalnya saya kurang mengerti penjelasan jawaban dari soal ini emoticon-Smilie

-----------------------------
SOAL
Perusahaan ABC akan melakukan investasi terhadap proyek A dan proyek B. Kedua proyek tersebut merupakan proyek independen dan mutually exclusive. Investasi dikeluarkan pada awal tahun pertama. Adapun aliran kas bersih dari masing-masing proyek sebagai berikut:
[WTA] Yang Bisa MANAJEMEN KEUANGAN masuk - Mohon Bantuannya gan :)

-----

Perhitungannya/jawaban:

Proyek A =
-100.000 – (50.000 + 40.000 + 10.000) = 2 tahun 4 bulan (10/30 x 12 bulan)


Proyek B =
-100.000 – (10.000 + 30.000 + 40.000 + 20.000) = 3 tahun 5 bulan (20/50 x 12 bulan)


Keputusannya pemilihan proyek :
Proyek A, karena memiliki waktu pengembalian yang lebih pendek

-------------------

nah pertanyaan dari saya,
itu yang saya bold warna hitam berasal dari mana ya gan?
yang ini loh "2 tahun 4 bulan (10/30 x 12 bulan)" dan "3 tahun 5 bulan (20/50 x 12 bulan)"

itu perhitungan asal mulanya dari mana ya gan 2 tahun 4 bulan (10/30) nah 10/30 nay itu dari mana?
ada yang bisa jelasin gak gan? emoticon-Malu

yang mengerti tentang manajemen keuangan mohon bantuannya, kalau jelas saya beliin pulsa deh, ya walaupun gak banyak, tapi lumayan gan bisa buat sms/beli paket data, itung2 sama2 saling membantu gan, agan bantu saya, saya bantu agan emoticon-I Love Indonesia (S)

mohon bantuannya gan, terima kasih emoticon-Cendol (S)

waduh
mungkin bawah ane ngeti nih gan

emoticon-Sundul:
Quote:Original Posted By uao
waduh
mungkin bawah ane ngeti nih gan

emoticon-Sundul:


mohon bantuannya gan, penting banget nih soal menurut ane, ada jawabannya tapi pembahasannya kurang mudang ane emoticon-Embarrassment
Tu pakek payback periode gan . Kayaknya rumus agan ada yg salah. Coba dibaca2 dlu dibukunya. Biasanya kan hasilnya koma2 an. Misal 2,5 = 2,5 tahun = 2 tahun 6 bulan
Itu berdasrkan periode pembayarannya.. kan minus 100000.. periode pertama dapet positif, ngurang deh minusnya.. nah bep nya itu pas periode minusnya jd ga ada lg
Quote:Original Posted By gates.sharingan
Tu pakek payback periode gan . Kayaknya rumus agan ada yg salah. Coba dibaca2 dlu dibukunya. Biasanya kan hasilnya koma2 an. Misal 2,5 = 2,5 tahun = 2 tahun 6 bulan


Maaf gan sbelumnya soal ino sy dapat dri internet dlm bntuk PPT, nah kbetulan sy pnya soal mirip2 kasusnya sprti diatas, tp sy ga bgitu paham sma pmbahasan diatas mngknya sy tanya disni syp tau ad yg bsa jlasin lg emoticon-Embarrassment

Nah menurut agan 2,5 tahun itu perhitungannya dri mana gan? Disitu sy ga paham gan, mohon pnjelasannya gan, sbisa agan wes gpp aslkn sy bsa paham dkit2 emoticon-Malu

Quote:Original Posted By agungadhy
Itu berdasrkan periode pembayarannya.. kan minus 100000.. periode pertama dapet positif, ngurang deh minusnya.. nah bep nya itu pas periode minusnya jd ga ada lg


Nah yg sya ga paham smpe skarang ini emoticon-Embarrassment
Perhitungan (10/30 x 12) atau (20/50 x12 ) itu diambilnya dri mana gan? Jujur sy ga paham sma prhitungan itu, kok tiba2 ada 10/30 atau mngkin 20/50 emoticon-Embarrassment

Bisa jelasin ga gan, sprtiny agan paham nih emoticon-Malu

Untuk syp aja mohon share ilmu agan dsni, mohon gan trima kasih emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By grimmjow.espada

-----------------------------
SOAL
Perusahaan ABC akan melakukan investasi terhadap proyek A dan proyek B. Kedua proyek tersebut merupakan proyek independen dan mutually exclusive. Investasi dikeluarkan pada awal tahun pertama. Adapun aliran kas bersih dari masing-masing proyek sebagai berikut:
[WTA] Yang Bisa MANAJEMEN KEUANGAN masuk - Mohon Bantuannya gan :)

-----

Perhitungannya/jawaban:

Proyek A =
-100.000 – (50.000 + 40.000 + 10.000) = 2 tahun 4 bulan (10/30 x 12 bulan)


Proyek B =
-100.000 – (10.000 + 30.000 + 40.000 + 20.000) = 3 tahun 5 bulan (20/50 x 12 bulan)


Keputusannya pemilihan proyek :
Proyek A, karena memiliki waktu pengembalian yang lebih pendek

-------------------

nah pertanyaan dari saya,
itu yang saya bold warna hitam berasal dari mana ya gan?
yang ini loh "2 tahun 4 bulan (10/30 x 12 bulan)" dan "3 tahun 5 bulan (20/50 x 12 bulan)"

itu perhitungan asal mulanya dari mana ya gan 2 tahun 4 bulan (10/30) nah 10/30 nay itu dari mana?
ada yang bisa jelasin gak gan? emoticon-Malu




kalo menurut ane dari contoh proyek A kan kena BEP diantara tahun ke 2-3 nah kekurangan bulannya diitung dari inflow tahun terakhir dibagi dengan inflow tahun ketiga : (10.000:30.000 = 10/30)x12 bulan.

nah proyek B juga sama BEP diantara tahun ketiga dan empat maka kekurangan bulannya (20.000/50.000 x 12 bulan)

CMIIW
ga mudeng gan ane soal beginian emoticon-Blue Guy Peace

[WTA] Yang Bisa MANAJEMEN KEUANGAN masuk - Mohon Bantuannya gan :)
[WTA] Yang Bisa MANAJEMEN KEUANGAN masuk - Mohon Bantuannya gan :)
Quote:Original Posted By Spirit.Breaker


kalo menurut ane dari contoh proyek A kan kena BEP diantara tahun ke 2-3 nah kekurangan bulannya diitung dari inflow tahun terakhir dibagi dengan inflow tahun ketiga : (10.000:30.000 = 10/30)x12 bulan.

nah proyek B juga sama BEP diantara tahun ketiga dan empat maka kekurangan bulannya (20.000/50.000 x 12 bulan)

CMIIW


oh jadi pakai BEP diantara tahun ya gan, ga ada proses perhitungan jadinya ya emoticon-Embarrassment

kalau seumpama ada kasus lain seperti ini contoh
[WTA] Yang Bisa MANAJEMEN KEUANGAN masuk - Mohon Bantuannya gan :)

nah disitu PROYEK C kalau dilihat BEP yg terjadi pada "kas masuk tahun ke-3"
pastinya seperti ini ya gan (6.000.000 : 7.000.000 = 60:70 gitu ya gan? ) -----> 60/70 x 12 bulan = 14
jadi "4 tahun 2 bulan".

apa bener gitu gan? emoticon-Malu

kalau PROYEK A
BEP terjadi pada "kas masuk tahun ke-3"
( 3.620.000: 3.620.000 = )
jadinya gimana kalau angka seperti itu gan?

saya bingung kalau angka sprti itu harus gimana, mohon bantuannya gan, emoticon-Embarrassment

terima kasih banyak atas bntuannya gan emoticon-Malu

Coba Jawab

Ane lulusan manajemen keuangan gan, tapi ane cobe kerjain pake logika aja yak..

Proyek A :
Angka 50000, 40000, 30000 itu pertahun kan..
jadi untuk BEP 100000 itu :
Tahun I = 50000
Tahun II =40000
jumlah = 90000, masih kurang 10000

Tahun III = 30000/tahun
kalo perbulan nya jadi = 30000/12 = 2500
karena di tahun ke III hanya kurang 10000, jadi dihitung hanya 4 bulan (2500x4bulan = 10000).

Proyek B juga berlaku cara yang sama gan..

mudah2an membantu..hehhee..



Quote:Original Posted By nutricious
Ane lulusan manajemen keuangan gan, tapi ane cobe kerjain pake logika aja yak..

Proyek A :
Angka 50000, 40000, 30000 itu pertahun kan..
jadi untuk BEP 100000 itu :
Tahun I = 50000
Tahun II =40000
jumlah = 90000, masih kurang 10000

Tahun III = 30000/tahun
kalo perbulan nya jadi = 30000/12 = 2500
karena di tahun ke III hanya kurang 10000, jadi dihitung hanya 4 bulan (2500x4bulan = 10000).

Proyek B juga berlaku cara yang sama gan..

mudah2an membantu..hehhee..



wah makasih udah mau mampir dan beri pendapat agan. emoticon-Embarrassment
wah logika agan bisa ane pahamin, itu untuk mencapai titik BEP kan? bisa sampai 10.000 jadi perusaahn itu bisa mngembalikan modal awal gitu? emoticon-Embarrassment

kalau menurut perhitungan sesuai payback period gimana ya gan?
seenggakny jabarin sebisa agan, emoticon-Embarrassment

pakai yang ini aja gan emoticon-Smilie
[WTA] Yang Bisa MANAJEMEN KEUANGAN masuk - Mohon Bantuannya gan :)
soalnya itu yg ane ga paham, angkanya bisa sama semua
untuk proyek A: 3.620.000 semua kasnya
proyek B: kas tahun ke-1 ke2 dan ke3 kosong
proyek C bisa ane pahamin emoticon-Embarrassment

pendapat sy sih untuk PROYEK A
untuk mencapai 10.000.000 awal
3.620.000 + 3.620.000 = 7.240.000
10.000.000 - 7.240.000 = 2.760.000

jadi 3.620.000 / 2.760.000 x 12 = 9.1 = lebih tepatnya 9 bulan
bener gitu gak gan? itu ane nurut sesuai logika agan diatas emoticon-Malu

terus untuk proyek B itu gimana gan? karena kas tahun 1 2 3 kosong emoticon-Embarrassment, ini ane yg gak ngerti

untuk proyek C langsung ketemu BEP pada kas masuk tahun ke-3, jadi tetep ya gan, 3 tahun.

soal diatas lbih susah, kalau itu ane paham sprtinya bisa mahamin kasus2 yg mirip sprti contoh soal diatas emoticon-Embarrassment

mohon bantuannya gan, terima kasih emoticon-Malu
Quote:Original Posted By grimmjow.espada


wah makasih udah mau mampir dan beri pendapat agan. emoticon-Embarrassment
wah logika agan bisa ane pahamin, itu untuk mencapai titik BEP kan? bisa sampai 10.000 jadi perusaahn itu bisa mngembalikan modal awal gitu? emoticon-Embarrassment

kalau menurut perhitungan sesuai payback period gimana ya gan?
seenggakny jabarin sebisa agan, emoticon-Embarrassment

pakai yang ini aja gan emoticon-Smilie
[WTA] Yang Bisa MANAJEMEN KEUANGAN masuk - Mohon Bantuannya gan :)
soalnya itu yg ane ga paham, angkanya bisa sama semua
untuk proyek A: 3.620.000 semua kasnya
proyek B: kas tahun ke-1 ke2 dan ke3 kosong
proyek C bisa ane pahamin emoticon-Embarrassment

pendapat sy sih untuk PROYEK A
untuk mencapai 10.000.000 awal
3.620.000 + 3.620.000 = 7.240.000
10.000.000 - 7.240.000 = 2.760.000

jadi 3.620.000 / 2.760.000 x 12 = 9.1 = lebih tepatnya 9 bulan
bener gitu gak gan? itu ane nurut sesuai logika agan diatas emoticon-Malu

terus untuk proyek B itu gimana gan? karena kas tahun 1 2 3 kosong emoticon-Embarrassment, ini ane yg gak ngerti

untuk proyek C langsung ketemu BEP pada kas masuk tahun ke-3, jadi tetep ya gan, 3 tahun.

soal diatas lbih susah, kalau itu ane paham sprtinya bisa mahamin kasus2 yg mirip sprti contoh soal diatas emoticon-Embarrassment

mohon bantuannya gan, terima kasih emoticon-Malu



kalo diliat 3 proyek itu punya metode pengembalian yang beda ya gan..

tapi, sekarang balik dulu ke pertanyaan nya gan..yang ditanya apa?

Kalo yang ditanya :
1. BEP tercepat = proyek A
2. Keuntungan terbesar = Proyek C
3. Proyek B kemungkinan keuntungan langsung di tahun ke 4 (setelah ditambahkan keuntungan).
Quote:Original Posted By nutricious



kalo diliat 3 proyek itu punya metode pengembalian yang beda ya gan..

tapi, sekarang balik dulu ke pertanyaan nya gan..yang ditanya apa?

Kalo yang ditanya :
1. BEP tercepat = proyek A
2. Keuntungan terbesar = Proyek C
3. Proyek B kemungkinan keuntungan langsung di tahun ke 4 (setelah ditambahkan keuntungan).


kalau yg ditanya itu ini gan
a. ketiga proyek tsb merupakan proyek independent, bagaimana kesimpulannya? mana yang diterima?
b. ketiga proyek tsb merupakan proyek mually exclusive, mana yg lebih baik diterima?

menurut agan gimana itu? emoticon-Embarrassment

------

jujur setelah diberi logika agan, sy langsung paham emoticon-Embarrassment makasih banyak gan atas penjelasannya, sy sangat terbantu emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By grimmjow.espada


kalau yg ditanya itu ini gan
a. ketiga proyek tsb merupakan proyek independent, bagaimana kesimpulannya? mana yang diterima?
b. ketiga proyek tsb merupakan proyek mually exclusive, mana yg lebih baik diterima?

menurut agan gimana itu? emoticon-Embarrassment

------

jujur setelah diberi logika agan, sy langsung paham emoticon-Embarrassment makasih banyak gan atas penjelasannya, sy sangat terbantu emoticon-Embarrassment



Nah, balik lagi ke pengertian proyek independent itu apa dan bagaimana, kalo proyek mually exclusive itu apa dan bagaimana?
kalo ane jujur udah lupa..hhahaa..

nanti berdasarkan pengertian kedua jenis proyek itu baru bisa tau lebih pilih yang mana..

sama2 gan, itung2 an itu emang menyenangkan ko..(kalo ngerti) hhaha..

lupa

Dulu she aku g ngambil matkul MK makanya skrg lupa
Capedeh
Quote:Original Posted By grimmjow.espada
Sebelumnya maaf ya gan, cuman mau tanya aja, soalnya saya kurang mengerti penjelasan jawaban dari soal ini emoticon-Smilie

-----------------------------
SOAL
Perusahaan ABC akan melakukan investasi terhadap proyek A dan proyek B. Kedua proyek tersebut merupakan proyek independen dan mutually exclusive. Investasi dikeluarkan pada awal tahun pertama. Adapun aliran kas bersih dari masing-masing proyek sebagai berikut:
[WTA] Yang Bisa MANAJEMEN KEUANGAN masuk - Mohon Bantuannya gan :)

-----

Perhitungannya/jawaban:

Proyek A =
-100.000 – (50.000 + 40.000 + 10.000) = 2 tahun 4 bulan (10/30 x 12 bulan)


Proyek B =
-100.000 – (10.000 + 30.000 + 40.000 + 20.000) = 3 tahun 5 bulan (20/50 x 12 bulan)


Keputusannya pemilihan proyek :
Proyek A, karena memiliki waktu pengembalian yang lebih pendek

-------------------

nah pertanyaan dari saya,
itu yang saya bold warna hitam berasal dari mana ya gan?
yang ini loh "2 tahun 4 bulan (10/30 x 12 bulan)" dan "3 tahun 5 bulan (20/50 x 12 bulan)"

itu perhitungan asal mulanya dari mana ya gan 2 tahun 4 bulan (10/30) nah 10/30 nay itu dari mana?
ada yang bisa jelasin gak gan? emoticon-Malu

yang mengerti tentang manajemen keuangan mohon bantuannya, kalau jelas saya beliin pulsa deh, ya walaupun gak banyak, tapi lumayan gan bisa buat sms/beli paket data, itung2 sama2 saling membantu gan, agan bantu saya, saya bantu agan emoticon-I Love Indonesia (S)

mohon bantuannya gan, terima kasih emoticon-Cendol (S)



itu pakai rumus non performing value. di awal jelas mines . kan kita keluar modal belom untung kakak.edit



itu payback period dgn asumsi pembayaran modal awal diketahui sebagai di soal


edit.. bner itu pakai payback period . dengan asu
ga tau gan,ane anak desain
bantu sundul ye gan
moga bwah ane tahu
ane anak desain gan, bisa kali nanya nanya sama ane emoticon-Embarrassment