CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Seperti Inikah Peradaban Kita Kelak?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54f5df7ec1cb176f5c8b4568/seperti-inikah-peradaban-kita-kelak

Seperti Inikah Peradaban Kita Kelak?

Halo Kaskuser! Welcome to my Thread!
emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2


Sebelum melangkah lebih jauh, jangan lupa di emoticon-Rate 5 Star dulu gan emoticon-Toast jangan lupa untuk memberikan komentar agan-agan dibawah ya!

Kali ini zulkaiser ingin memberikan artikel yang sangat menarik jika kita dalami. Artikel ini berkaitan dengan kemungkinan peradaban kita kelak yang sedikit digambarkan oleh film Divergent yang diadopsi dari buku Veronica Roth. Ingin tahu bagaimana kisah yang ada di buku Divergent dan bagaimana zulkaiser memberikan pandangan akan hal ini? Mari kita bahas!

Spoiler for Divergent:


Sebelum anda melanjutkan untuk membaca artikel ini, saya sarankan anda untuk menonton film/ membaca bukunya terlebih dahulu agar lebih paham kedepannya. Tapi, jika anda memaksa untuk membaca artikel ini tanpa menonton film/ membaca bukunya, maka akan saya berikan sedikit sinopsisnya. Buka spoiler untuk membaca sinopsisnya.

Spoiler for Sinopsis:


Saya tidak perlu me-review film ini lagi kan? karena menurut saya secara kesuluruhan film ini bagus. 8.8/10. Oke, jika anda sudah tahu ceritanya, maka anda akan saya ajak untuk memandang melalui sudut pandang saya.

Menurut anda, apakah peradaban yang kita jalani saat ini sudah mendekati dengan sistem "pengkategoriasian" atau Categorizing? Kalau menurut saya, kita sudah mendekati sistem kategori ini. Jika saya boleh berasumsi mengenai faksi-faksi yang ada di Divergent ini dan saya samakan dengan apa yang ada di Dunia saat ini, maka perhatikan ini.

Spoiler for Faction:


Entah 'akan' kebetulan atau tidak, Urutan Faksi tersebut hampir membentuk urutan Abjad A-E kecuali Amity dan Abnegation. Dan dari Urutan A-E, jika kita lihat dari sifat dari filmnya membentuk skala kebaikan yang urut dari A-E.

Alasan dibuatnya sistem faksi seperti ini adalah menghindari konflik. Karena kita tahu juga, kalau kita berada di lingkungan yang berbeda pemikiran dengan kita, kita pasti akan beradu argumen tentang pemikiran kita masing-masing. Kita pasti membanding-bandingkan bahwa pilihan/pikiran kita-lah yang paling baik dan benar. Sehingga hal ini akan memicu konflik. Hal inilah kenapa dibuat pembatas antar faksi agar mereka tetap berada pada satu lingkungan yang sama. Lingkungan yang sejalur dengan pikiran kita. Pada film ini, sekali kita menentukan pilihan, maka tidak bisa diubah keputusan kita. Bahkan jika kita ingin memilih faksi yang berbeda dengan faksi keluarga kita, kita harus rela meninggalkan faksi keluarga kita. Kasus ini mirip yang sering kita alami tentang Keluarga/Karir.

Tapi, apakah dengan diterapkannya sistem faksi ini di dunia nyata akan mengurangi konflik? Saya rasa iya. TAPI, pada awalnya saja. Karena seiring berjalannya waktu, kendala atau konflik itu pasti ada. Kalau ada sistem faksi dan ada pembatas yang sangat ketat. Yang terjadi mungkin bukan konflik antar individu lagi. Tapi konflik antar faksi. Dan jika terjadi konflik antar faksi, sudah diketahui siapa yang akan menang. Yaitu faksi orang cerdas. Orang baik akan kalah dengan orang kuat dan berani, orang kuat dan berani akan kalah dengan orang cerdas, tapi orang cerdas akan kalah dengan orang bejo emoticon-Big Grin hehe.

Lalu, bagaimana solusi untuk mengurangi konflik tapi tetap menjaga solidaritas kemanusiaan kita? Kalau menurut saya ya kita jalani saja tugas atau profesi kita dengan baik tanpa memandang rendah profesi atau tugas orang lain. Kita boleh berpikir bahwa profesi kita paling baik, paling Prestige. Kita hidup saling membantu dan melengkapi. Kita bekerja sama menata peradaban ini. Jangan kita rusak hanya karena menurut kita profesi kita lebih oke. Kita butuh mereka yang berprofesi lain. Jika anda petani, anda butuh orang yang mau membeli beras anda. Jika anda orang baik/relawan, anda butuh orang yang seharusnya anda tolong. Jika anda orang jujur dan suka keadilan, maka anda butuh orang yang tidak jujur dan tidak adil untuk anda luruskan. Jika anda orang pemberani, anda butuh orang penakut yang harus anda lindungi, jika anda orang cerdas, anda butuh orang bodoh yang anda tolong. Jadi jangan pernah meremehkan orang lain yang berbeda profesi atau pikiran dengan anda.

Jadilah seorang DIVERGENT! walaupun anda menjalani satu faksi/profesi, tapi anda paham dengan pikiran semua faksi. Jadilah orang yang suka kedamaian, orang yang suka berbuat baik tanpa pamrih, orang yang jujur, orang yang pemberani, dan orang yang cerdas. Coba pikirkan jika kita paham dengan dasar kelima faksi ini, mungkin kita akan menjadi manusia yang berguna. Walaupun sangat sulit untuk bisa menjalani kelima dasarnya, tapi akankah kita untuk diam tanpa mencobanya? Walaupun ada juga yang berkata bahwa fokus pada satu hal itu hal yang baik, tapi ahli dalam satu hal dan paham dengan hal lainnya itu pun lebih baik bukan?

Kesimpulannya adalah, pembatasan peradaban dengan adanya faksi atau pengkategorisasian adalah bukan suatu hal yang baik. Walaupun untuk menghindari konflik, namun cara ini tidak akan bertahan lama. Karena semakin kita sering di lingkungan yang sama, maka ketika kita berada di lingkungan yang berbeda maka kita akan sulit/menolak untuk beradaptasi. Disitulah kita akan mulai membanding-bandingkan. Lakukan apa yang harus anda lakukan sesuai tugas/profesi anda tanpa memandang rendah tugas/profesi lain. Hargailah orang lain. Tanpa disadari, kita hidup bergantung dengan orang lain juga.

Quote:


Semoga bermanfaat gan! jangan lupa emoticon-Rate 5 Star sama beri komentar agan emoticon-Request disini!
Halaman 1 dari 19
Pertamax ane amankan dari para junker
Semua saling membutuhkan bero
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Quote:


hahaha, selamat ya gan! emoticon-Shakehand2 emoticon-Selamat wkwk
Quote:


yup, bener banget gan emoticon-2 Jempol emoticon-Toast
Quote:


hehe sama2 gan, semoga bermanfaat ya emoticon-2 Jempol
Keren gan trit ente, walaupun ane blom baca emoticon-Big Grin
Quote:


wkwkwk, terus ente taunya darimana gan? emoticon-Ngakak
Quote:


ane baca dulu biar tau kerennya dimana emoticon-Big Grin
Quote:


hehe oke gan silahkan emoticon-Big Grin pelan2 bacanya, soalnya agak panjang. Semoga bermanfaat ya emoticon-Toast
Ninggalin jejak dulu gan, panjang banget nih udah tengah malam pula emoticon-Big Grin
Quote:


hehe oke gan silahkan. Ane emang nongolnya sering malem emoticon-Big Grin jadi postnya malem juga emoticon-Ngakak
ninggalin jejak dulu gan emoticon-Big Grin lanjoot baca dulu
Quote:


hehe, oke silahkan gan emoticon-Big Grin semoga bermanfaat ya emoticon-Toast
ane udah nonton ni film gan keren film nya
Quote:


Maknanya pun juga keren banget gan emoticon-2 Jempol
wuah makin mecah dong gan kita, ini aja yang katanya persatuan begini emoticon-Malu (S)
Quote:


Nah! itu gan poinnya. Niatnya menghindari konflik, justru bisa membuat makin pecah.
jadi penasaran pengen nonton filmnya
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Halaman 1 dari 19


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di